Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif

Seorang guru/instruktur/dosen harus memiliki kemampuan yang baik dalam menyampaikan materi yang diajarkannya, bila tidak… maka yang terjadi adalah siswa/mahasiswa akan kurang faham, tidak menyukai mata pelajaran tersebut atau bahkan anda sendiri sebagai pengajar tidak disukai. Tidak pelit nilai mungkin hal yang bijak sebagai seorang pengajar dan tentunya anda akan menjadi pengajar favorit dikelas, tetapi hal ini tidak mendidik dan merugikan siswa yang anda didik. Berikut ini ada beberapa tips yang biasa saya lakukan bila menyampaikan materi dikelas :

Sebelum Menyampaikan Materi :

  1. Pelajarilah kembali materi yang akan disampaikan dan buatlah rangkuman atau point-point penting pada materi tersebut, karena mungkin anda banyak mengajar mata pelajaran lainnya maka terkadang sudah agak lupa dengan materi ini sehingga perlu dipelajari lagi agar lebih siap.
  2. Buatlah diktat atau rangkuman yang dapat di fotocopy atau disalin oleh siswa, sehingga kita tidak perlu merujuk banyak buku kepada siswa. Hal ini juga memudahkan siswa sehingga ia tidak perlu banyak membeli buku. Apabila mata pelajarannya eksak/hitungan, buatlah rangkuman rumus kepada siswa.
  3. Siapkan soal-soal latihan sebanyak-banyaknya dan dibagi menjadi kategori ringan, sedang, dan susah. Rangkum semua soal tersebut dalam satu buku atau file dan buat memo disetiap soal tersebut… memo ini dibuat agar anda tahu kapan anda pernah memberikannya kepada siswa dan pada kelas berapa, sehingga soal yang sudah diberikan tidak disampaikan lagi pada pertemuan berikutnya.
  4. Milikilah absen siswa anda, dan buatlah tabel nilai dan presentase kemajuan siswa. Hal ini berguna agar anda dapat mengetahui apakah materi anda telah diserap dengan baik oleh siswa dan siswa mana yang perlu anda bimbing lebih ekstra agar nilainya tidak jatuh.

Saat di Kelas :

  1. Buatlah suasana yang menarik dan tidak membosankan, untuk itu anda harus banyak latihan agar cara berbicara, sikap, dan metode ajar anda dapat diterima dengan baik oleh siswa. Menjadi guru yang garang dan terlalu disiplin terkadang akan membentuk siswa yang keras juga, untuk itu buatlah siswa takut karena hormat kepada anda dan bukan takut karena hukuman anda. Pernah ada siswa yang sangat nakal, namun ia justru malu dan takut dengan salah satu guru yang sangat dihormatinya. Berikan perhatian anda dengan penuh kasih sayang, bukan mencari kesalahan mereka..
  2. Buatlah quiz di awal dan akhir penyampaian materi, bila waktu tidak memungkinkan lakukan hanya di akhir materi bukan diawalnya… hal ini dapat menjadi indikator apakah materi yang telah disampaikan sudah diterima dengan baik oleh siswa. Saya banyak mengalami quiz dilakukan hanya di awal materi, hal ini hanya membuang waktu dan tidak efisien karena secara logika tentunya siswa belum mengetahui materi yang akan disampaikan. Kalo soal quiznya materi hari kemaren itu namanya ulangan… jadi perlu bedakan antara quiz dengan ulangan yach…
  3. Sampaikan materi dengan menyampaikan point-point pentingnya saja, jangan terlalu banyak bertele-tele atau terlalu banyak bercerita yang bukan dalam ruang lingkup materi anda. Untuk materi eksak, perbanyaklah contoh soal… sampaikan perlahan dan buat agar siswa juga sama2 ikut berfikir.
  4. Lakukan sistem ajar yang lebih interaktif berupa tanya jawab, pancinglah siswa agar banyak bertanya. Selain itu ada juga perlunya anda bersenda gurau disela-sela penyampaian materi agar tidak terlalu tegang.
  5. Pekerjaan Rumah (PR) dapat anda berikan setiap akhir penyampaian materi, namun bila ternyata itu tidak efektif misalnya banyak yang tidak mengerjakan atau ternyata banyak yang saling mencontek pekerjaan teman2nya sebaiknya metode PR nya anda ubah misal dengan beda soal tiap siswa atau cara lainnya.
  6. Anda perlu melakukan evaluasi terhadap cara anda mengajar, ini bisa dilakukan dengan memberikan questioner pada siswa terhadap cara mengajar anda.
  7. Anda juga dapat melakukan quiz interaktif, yaitu dengan membaca soal satu persatu dan mahasiswa langsung menjawab.. anda berikan waktu yang terbatas untuk menjawab soal tersebut. Misal bacakan soal no. 1 kemudian langsung dijawab oleh siswa, setelah itu bacakan soal no.2 kemudian siswa menjawab, demikian seterusnya… metode ini membuat siswa berfikir cepat dan tidak dapat mencontek.

Selamat mengabdi, didiklah anak kita untuk kemajuan bangsa dimasa yang akan datang… Semoga Bermanfaat.

100 pemikiran pada “Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif

  1. terima kasih buat informasinya, telah mengingatkan saya kembali tentang kuliah akta IV yang pernah saya ambil, tips nya berguna buak pekerjaan saya.

  2. salah satu kelemahanku dulu sewaktu jadi guru, aq ga suka mempelajari materi krn kupikir aq udah hafal di luar kepala…namun kalau ada yg aq blum tahu, aq coba cari dr referensi lainnya.. seneng banget kasih tugas n PR apalagi kalau outdoor, wah anak2 seneng banget… ^^
    jadi ingat jadul… makasih infonya mas…^^

    • @nouf : menurut saya jangan dihafal apalagi diluar kepala bisa lupa hehe… di pahami aja. Tetapi tergantung gurunya sih, kalo pandai mengajar maka anak akan mudah mengerti. Itu adalah seni dalam mengajar…

  3. Info yng bermanfaat………thanks

  4. Trims ya tulisannya berguna sekali buat saya yang baru mau terjun ke dunia pendidikan.

  5. mas tolong saya kirimi tutorial mengajar bahasa inggris kelas x. saya mau diklat sertifikasi 2010.
    apa saja yang bisa saya presentasikan nanti pada saat diklat. maklumlah saya bukan dari jurusan pendidikan tapi pengen mengajar. selama ini saya mengajar tidak selalu menggunakan bahasa inggris. karena klo mengunakan bahasa inggris mereka tidak mau ikut belajar dengan alasan tidak mengerti. saya mengajar di swasta di desa.
    yang selama ini saya ajarkan hanyalah structure atau grammer. trims atas perhatianya.

  6. trima kasih atas sarannya sangat baik dan efektif sekali…singkat, mudah dipahami dan padat…

  7. bentar saia save dulu :)

  8. terims banyak,
    sy seorang calon guru ,bagaimana cara kita untuk lebih berwibawa dan disegani anak murid?

    • @jos : untuk menjadi guru yg berwibawa dan disegani itu relatif pak, inti utamanya adalah semakin anda dihormati maka anda semakin disegani… guru yang dihormati dan disegani adalah guru yang dicintai murid2nya. Jadi segan dan hormat itu bukan karena garang tetapi karena dicintai :D dicintai bukan berarti karena baik dan gampang nilai, tetapi karena kita menyayangi murid2 kita dan mendidiknya dengan setulus hati..
      Selamat mengabdi pak guru :D

  9. Saya calon pengajar, makax skrg lagi nyari sumber mengenai cara-cara untk mngajar yg baik. (^_^)
    makasih ya atas infonya…smoga bisa saya terapkan nnti. & sya yakin psti akn sngat brguna.
    Thx..

  10. saya belum pernah mengajar,bahkan ini pengalaman petama saya mengajar di smp…
    yang ingin saya tanyakan
    1. bagaimana cara mengajar yang baik dan tidak terlihat grogi?
    2. bagaimana cara menguasai materi?
    3. bagaimana jika ada siwa yang bErtanya kita tidak bisa menjawabnya?
    4. bagaimana cara menguasai kelas

    • munculnya grogi dalam diri manusia itu sendiri merupakan hal yang natural
      selama ini kita menganggap bahwa grogi merupakan sesuatu yg akan mengahncurkan penampilan kita
      klw kita berfikir seperti itu ………….kurang tepat!!!!!!!!!

      kebanyakan pembicara2 hebat dunia merupakan org2 yg memang pada awalnya punya rasa grogi yang sangat tinggi….
      tapi mengapa mereka bisa jadi pembicara yg hebat???????

      dari situ sy bisa simpulkan bahwa grogi itu merupakan sebuah kekuatan yang sangat besar atau bisa sy katakan sebuah mesin pendorong yang sangat kuat yg akan membuat penampilan kita lebih baik dari yang kita bayangkan

      logikanya seperti ini:
      kita grogi karena kita takut untuk menampilkan sesuatu yang buruk..
      iya kan!!!!
      klw kita takut menampilkan sesuatu yg buruk, maka pasti kita terdorong untuk menampilkan sesuatu yg LEBIH BAIK

      maka dari itu:
      nikmati grogimu
      biarkanlah dia mengalir
      menjadi energi positif

    • Terima kasih sekali atas tambahannya :D

  11. trimakasih atas infonya,,, karna ini sangat berguna bwt saya,,,,

  12. pak, makasii yah atas sharing inFo nYahh

    ditunggu inFo tehnik mengajar Yg lain..

  13. Ping-balik: Mari bertukar link « Yoyon12's Blog

  14. Infonx sng bermanfaat tlg klu boleh di tampilkan macam2 metode yg tepat dan banyak di gunakan utamanx menghadapi anak yg nakal dan lelet

  15. bagaimana cara menjadi guru yang di segani ? dengan cara yang halus murid tetap tidak patuh apakah harus dengan sikap keras ? kasih saran donk ?

    • @dyn : saya rasa ada 2 faktor penyebab mengapa guru di segani, yang pertama di segani karena garang atau mempunyai peran penting dan yang kedua disegani karena disayangi dan dihormati. Mungkin cara kedua agak lebih gampang, buat siswa merasa senang dan sayang dengan anda maka anda akan disegani sampai mereka besar..

  16. Terima kasih banyak tulisannya, terus terang sangat bermanfaat sekali bagi kami sebagai guru yang harus banyak belajar supaya menjadi lebih baik lagi.

  17. tx bangat buat tulisannya, terus terang sangat bermanfaat bgt buat, yang menjadi masalah saya sering grogi dlm mengajar, kurang percaya diri dan tidak bisa banyak bicara, kasi ide donk

  18. oke deh,,,makasih y

  19. trimksih banyak. semoga inspirasi anda menggugah para guru utk mengajar lebih baik lagi…

  20. terima kasih pak Irfan atas teknik mengajarx yg baik
    insya Allah bsa brmnfaat utk kami smua
    amin………..

  21. Ping-balik: Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif « mazbenz

  22. informasi bagus ijin di share ke kawan2 guru ya, thxs

  23. bagus…….
    tapi kalo kebanyakan quisioner siswa cenderung bosan terutama siswa yang susah diajak berfikir…… apa lagi siswa yang berani pada guru….. maklum guruku banyak pake quisioner…. dan nilai yang dikeluarkan mesti dipresentasi dari semua aspek…. tapi teknik diatas cukup membangun…. thank kyu…

  24. trima kasih atas informasinya…

  25. makasih atas informsinya…..

  26. wa infonya sangat membantu ni pak…haturnuhun y…

  27. Terima Kasih pak Guru…

  28. terimakasih saran dan infonya.. :)

  29. terimakasih saran anda tepat sekali saya pendidik merasakannya dan itu memang terjadi coba kalau semua guru berfikir seperti anda dunia pendidikan kita akan maju

    • @riki : terima kasih pak riki, sebagai guru/instruktur/pelatih kita harus profesional terhadap apa yg kita geluti dan tentunya mempelajari berbagai teknik mengajar yg dpt membuat siswa mudah menerimanya

  30. Assalamu’alaikum… Mantap pak share anda khususnya untuk guru seperti saya, ijin share posting ini ke blog sekolah kami ya pak…? Terimakasih… Wassalamu’alaikum…

  31. Aslmkm
    Terima kasih ya pak…
    Saya jd tau…
    Cocok bgt saya mengetahui ini,karna saya calon guru yang nantinya akan mencerdaskan anak bangsa..

  32. dalam mengajar diperlukan ketenangan….
    penguasaan materi, humor….saya sangat setuju…trims boss…

  33. makasi tas infona mas, ini jadi motivasi saya buat menjadi guru yang lebih baik. saya da problem neh mas ma murid saya……sy punya murid private perempuan usia 5 tahun. sy cuma dtugaskan ortuna utk mengajarkn dia membaca dan kjain pr.kliatanna gampang mas tp stela djalani trnyata sangat sulit krn anakna pemalas dan tidak ada minat blajar ma skali….sudah 3 bln sy ajarkn dia pningkatana sngat lambat bahkan blakangan mlah mnurun drastis. stiap kali dsuru buat pr dia nangis jerit2.padahal tdk sy apa2in. sy bujuk pake permen jg uda ga mempan dia cuma mau permenna aja sy baik2in jg ga mempan dplototin dia triak2……. sy suda ptus asa mas sy malu ama mamana krn anakna tdk ada kmajuan sy harus bagaimana mas??? tolong kasi saran pliz………………………

  34. adkah matri yang baik selain dri yang tu

  35. wah, info yang sangat berguna pak ! Teman saya yang nyari ini, saya mah bukan siswa bukan juga guru.

  36. Hai..salam kenal..nama saya Kak Zepe.
    Saya juga punya sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris.
    Khususnya buat anak-anak.. yaitu.. METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGRIS LEWAT LAGU.
    Kalau mau tahu lebih lengkap, silakan bergabung di blog saya.
    Ada di

    http://lagu2anak.blogspot.com

    Sekalian ikut serta dalam mengembangkan lagu anak di tanah air yang kian merosot…
    Mohon dukungannya untuk mensukseskan gerakan ini.
    Salam cinta lagu2anak…

  37. Thanx’s bget yach ats info’y.. B’gna bget bwt sy yg bru mulai terjun di dunia pendidikan..

  38. saya sebagai guru sangat bermanfaat atas informasi anda. thx again!!! :)

  39. terimaksih atas informasinya karenaa informasi ini penting untuk aku sebagai siswa yg bercita-cita menjadi seorang pengajar (guru). thx again!!!

  40. bagaimana jika kita sebagai pengajar kalah dalam hal materi dr murid?

    • @tri setyo : tidak selamanya guru harus lebih pintar dari murid, tetapi tugas kita sebagai guru adalah membimbing dan membina murid bukan menjadi lebih pintar dari murid :)

  41. trima ksih atas infox,,,

  42. hebat……
    makasih atas infonya…………………

  43. trimakasi bnyak…atas penjelsnnya

  44. Mksih BnyAk tAS infONya sMoGa biSA q AmaLkan KeLak.

  45. semua caranya jadi satu.

  46. assalamu’alaikum.
    makash mas atas infonya. sangat berguna untk saya yang mungkin saya akan menjadi guru. sbenarnya sih gmw jd guru hehehe tp mungkin ini adalah jln terbaik yg dberikan Alloh.
    hari ini adlah hr pertma saya PPL d salah satu SMA Kota Bandung. grogi, malu smw’y cmpur aduk, pdhal itu bru perkenalan terhadap murid. apa jd nya mnggu dpan saat mngajarkan materi.
    krna pada dasar’y saya pemalu dan kurang handal dalam bersosialisasi. saya tkut murid yg akan saya didik akan kurang berminat terhadap materi yg akan saya ajarkan.
    dan umur mrka jg tdak jauh dari umur saya.. tkutnya mrka yg malah take control of the class.
    sarannya mas?

    salam kenal mas

  47. hatur nuhun vsan mas.
    inyaAlloh saya akan ikhlas menjalankannya.
    hehehe

  48. Trimakasih banyak atas informasinya.. Sbenarnya sy blum jadi guru.. Sy msi kuliah smester 6,. Mudah mudahan kedepannya bsa jd gru.. Skli lg thksss..

  49. trims pak dngan ini sy sbgai clon guru mnjd lbih byk tau bgaimana tknik mngajr yg baik……..

  50. pak bantu sya krimkn metode pembeljran penjas yg lengkap

  51. pak bantu sya krimkn metode pembeljran penjas yg lengkap, trims………..

  52. kereen, aku bru be2rapa mnggu jdi gru les b. Inggrs, tpi msh bngung bgaimna cara mngjar yg baik dn cra mnghbskn wktu mngajar’a.

  53. kadang orang yang pinter tidak basa menyampaikan sesuatu yang anda tau untuk orang lain, dan begitu pula dengan sebaliknya orang yang berpengetahuan sedang2 ia dapat menyampaikan materi2 dengan baik,, padahal materi yang ia sampaikan biasa2 saja… bermodalkan pandai mengolah kata saja….

  54. Ping-balik: Good Teach and Effective Teaching « rahmastarshine

  55. Thank’s bwt infonya..

  56. bagaimana supaya bisa banyak omong,maksudnya,saya adalah tipe pendiam yg ga banyak omong. kadang saya sendiri merasa kurang nyaman karna terlalu kaku/formalitas.mohon saran n nbimbingannya,trims….

  57. mohon saran tuk mengajar tdk terlalu pelit bicara/pendiam. trima kasih sebelumnya.

  58. Manage time is so important for teach..

  59. mohon saran dalam mengajar anak2 bisa enjoy dalam proses belajar d sekolahan!? matur swun

    • saya blum bisa menemukan jurus/cara jitu tuk supaya siswa bisa tenang/nurut dngn omongan guru dlm wktu kls (belajar mengajar),mohon bantuannya,trims

    • Buat menjadi Menarik, buat penyampaian materi menjadi menarik tentu perhatian siswa akan terfokus kepada kita

    • Salam bu Aniar, agar anak2 bisa enjoy dalam menerima materi pelajaran kita menurut sy penyampaiannya juga harus enjoy (santai).. jangan tlalu menggunakan bahasa formal, pakai bahasa sehari2 saja dan jangan terlalu serius. Mudah2an bisa membantu

  60. terima kasih bnyak ya…. infonya sangat mendukung…. saya bisa terinspirasi….

    • z kurang paham bagai mana cara kita berbahasa inggris yang baik beserta aturan yang baik,,,, tolang berikan saran kawan kawan,,,,? terimakasi

  61. saya mau tanya syarat-syarat menyampaikan materi yang baik itu bagaimana?

    • Penyampaian materi yg baik artinya materi tersebut dapat diserap oleh siswa secara baik puka, namun biasanya bbrp faktor yg berpengaruh yaitu : penguasaan materi oleh guru, kondisi kelas (misal jumlah siswa bila kebanyakan akan sulit, udara panas buat tdk konsen, dsb), dan terakhir faktor siswa itu sndiri. Mgkn perlu banyak uji coba krn biasanya lain kelas lain siswa lain pula caranya

  62. useful…
    tq so much. saya jg br insaf setelah beberapa hari lalu mengikuti PLPG. Namun yang ingin saya tanyakan, bagaimana mengatasi siswa yg over (suka mengganggu teman, ribut sendiri) maklum saya mengajar di sekolah swasta pak. bukan meng-jugs anaknya nakal namun rata-rata seperti itu. akhirnya pengendalian kondiisi kelas lebih utama. tq before for your suggestion…..

  63. Ping-balik: Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif « lukecyber

  64. tolong bagaimana cara untuk berbicara kepada siswa yang luwes??

  65. tq pak infonya. tp y memang malesnya guru untuk persiapan mengajar. he… hbs sdh capek duluan buat2 perangkat yang setiap tahun berubah. selalu persiapan monitoring baik dari sklh atau dinas. btw saya butuh banyak info dr bpk. supaya bs lebih baik lg dalam mengajar. lebih baiknya lg ada contohnya, baik materi dan contoh soalnya. terimakasih…

  66. mkasih pak infonya sangat membantu sya dalam melaksanakan PLP ini,,

  67. maaf, artikel ini bagus menurut saya, tapi siapa penulisnya yach? soalnya saya butuh nama penulis untuk membantu skripsi saya… thanks before

  68. Makasih atas Pencerahannya yah Mr/Mrs. admin? aku jadi paham sedikit ttg Pembawaan materiku u/ pembelajaran besok lagi pula saya mahasiswa baru maw PPL,. jadi aku butuh bimbingan admin, bgmana cara memulai pembelajaran, inti pembelajaran, n akhir pembelajarn,. apa ajah intinya? makasih.

  69. Ping-balik: Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif (share) • Guraru

  70. Terima kasih bagus sekali… ijin share ya…???

Tinggalkan Balasan

