Bila Hutan Semakin Berkurang

Kabut asap lagi… kabut asap lagi!!! Rasanya sudah bosan aku melihat kabut asap setiap bulan kemarau.  Rasanya dulu nggak pernah ada kabut setebal ini diatas langit di kotaku… tapi sekarang kok langit nampak keabu2an, cahaya matahari juga menjadi merah.  Anehnya aku menjadi kebal karena asap ini, tidak ada batuk atau kena penyakit ISPA :D hehe… Orang bule aja terheran2 dengan masyarakat kota ku yang nyantai aja saat kabut asap melanda, malahan ngerokoknya tetap lancar ck..ck..ck..

Sebenarnya dari mana asal kabut asap ini ? katanya sih dari kebakaran hutan.. ada juga yang bilang dari pembakaran ladang dan bla bla bla.. Masyarakat mulai menyalahkan si ini, si itu, perusahaan ini, perusahaan itu.  Akhirnya digalakkan lah untuk stop membakar hutan dan lahan, tetapi tetap aja kabut asap selalu ada waktu musim kemarau.

Saya heran, ini orang kita kok pada bandel2 ya? Semua karena mencari duit.. semua karena mencari makan, sedikit2 pemerintah yang salah.. padahal emang dasar kitanya yang nggak mau disiplin dan menjaga kelestarian alam kita.

Emang di akui, untuk membuka lahan tanpa dibakar memerlukan banyak waktu, tenaga, dan biaya.. tetapi bila rusak kelestarian alam kita maka kita akan lebih banyak lagi membayarnya dengan biaya dan nyawa.

Apa yang terjadi bila hutan kita berkurang ?

  1. Oksigen di dunia secara keseluruhan akan berkurang, akibatnya udara menjadi kotor dan panas, suhu udara menjadi naik
  2. Banjir besar akan datang, karena tidak ada yang menyerap air hujan (ini anak SD uda tahu)
  3. Tanah Longsor, akibat hujan yang turun langsung ke tanah akan menyebabkan erosi, tanah menjadi gembur dan tidak ada penahan dari akar2 pohon.. Akar tanaman perdu dan rerumputan tidak cukup kuat untuk menahan kepadatan tanah
  4. Global Warming alias pemanasan global, karena suhu udara yang panas akibat kurangnya oksigen dan cahaya matahari yang tidak diserap.. perlu diingat bahwa tanaman menyerap sinar matahari untuk proses fotosintesis kalo nggak diserap cahaya tersebut akan mantul lagi ke langit dan buat panas udara ini yang dikenal dengan efek rumah kaca
  5. Rusaknya ekosistem alam, bintang2 pada mau tinggal dimana kalo rumahnya di babat? Akibatnya tuh ular pada masuk rumah, macan pada masuk desa..

Global Warming Apa itu?

Apa artinya Global Warming? Ya kalo diterjemahkan artinya pemanasan global, jangan anggap enteng ni masalah bung!! Negara2 dunia aja sedang membicarakan tentang penanggulangan hal ini, kita jangan celingak-cdlinguk aja liat berita.. sibuk mikirin politik aja.. ni  yang kayak gini boleh di demo buat pembabat hutan.

Pemanasan global maksudnya dunia kita secara keseluruhan mengalami peningkatan suhu udara, akibatnya cuaca menjadi panas.. iklim menjadi tidak teratur, kita nggak tahu kapan musim hujan dan kapan musim kemarau.  Perlu diingat bahwa alam memiliki daya tempurnya sendiri dalam menghadapi ancaman.  Artinya bila ia merasa kekurangan oksigen dan merasa panas, maka ia akan berusaha mendinginkannya.. itu sudah kodrat alam.  Coba lihat, gelombang laut menjadi tinggi, badai dimana2, banjir dan tanah longsor, belum lagi serangan dari tekanan tektonik yang menyebabkan gempa.

Sekarang yang sedang mengancam kita adalah mencairnya es dikutub utara dan selatan akibat peningkatan suhu udara.  Apa yang akan terjadi? Seperti yang difilm kan dalam The Day After Tomorrow.. banjir besar yang menyerupai gelombang tsunami super raksasa akan datang diikuti peningkatan suhu yang luar biasa drastis turunnya.  Akan terjadi hujan es dimana2, akan muncul badai topan yang super besar dan mengancam umat manusia.

Kalau bencananya sudah global, sekarang anda mau menyelamatkan diri kemana? Lari kekampung nenek ? karena sifatnya mendunia kita akan kesusahan mencari tempat perlindungan, gelombang tsunami yang besar akan mengancam dan merubah bentuk geografi bumi kita.

Untuk itu, sebelum semuanya terlambat… mulailah menanam pohon sekarang juga, lestarikan hutan, jangan bakar2 lahan… buat para juragan2 sawit, tolong pake zero burning aja, kalo nggak mampu biayanya silahkan anda buka usaha lain.  Dan bagi anda yang suka produk olahan dari kayu, sebaiknya dikurangi nanti bisa jadi peluang usaha bagi para pembabat hutan.  Sebaiknya sekarang manfaatkan pengolahan limbah alias Recycle, sampah2 kita olah lagi menjadi yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi.

Pokoknya STOP Menebang hutan, STOP bakar-bakaran hutan, untuk keselamatan kita dan anak cucu kita.

About these ads

8 thoughts on “Bila Hutan Semakin Berkurang

  1. bener ya. Kalau waktu saya SD dulu, musim hujan dan musim kemarau ditambah musim pancaroba itu bisa ditetapkan dan buat ulangan. Kalau sekarang sudah tidak bisa diprediksi lagi :)

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

  2. Saya setuju bila sebelum penebangan hutan dilakukan penanamn dahulu :P
    Thanks informasinya :D

  3. semoga ajakan ini didengar sama para penebang hutan :D

  4. Mari kita menjaga hutan kita :P

  5. hutan emang perlu dijaga bro..tapi gimana yak bagi kami2 ini justru diutanlah nyari sumber daya alam bro…kayak bahan logam dsb.jadi mau ga mau kudu digunduli utannya.hehehee…tapi ada penghijauan lagi kok bro,jangan kawatir,,, :-)

  6. global warming yah? setahu saya banyak kontroversi tentang itu. soalnya penanggulangan dampaknya juga belum terasa nyata walau sudah mendunia. yah, semoga bumi tidak semakin panas.

    • @hanif: tul, bukan hanya blm terasa tapi tidak disosialisasikan dgn baik, padahal akibat global warming ini suangat menyeramkan sama kayak tragedi 2012 he :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s