Menentukan Lokasi yang Strategis Untuk Rumah dan Tempat Usaha

Anda pernah ditawari brosur atau melihat iklan-iklan di koran tentang rumah ataupun ruko ? Kalau diperhatikan lebih baik setiap iklan tersebut pasti selalu ada kata-kata “Lokasi Strategis”… ya kan? Namun apakah benar tempat tersebut strategis ? Tentunya gk mungkin kan kalo iklan itu bilang ” “lokasi kurang strategis, jauh, air susah” hihi..  Namun pada kenyataannya kadang kala tidak seperti yang kita duga, oleh karenanya kita jangan terlalu terburu-buru dalam keputusan untuk menginvestasikan uang kita dalam jumlah yang cukup besar.  Lokasi yang strategis tidak mesti harus berada di tengah kota, tetapi strategis itu sendiri memiliki makna yang berbeda untuk setiap individu terutama dari anda sebagai calon pembeli.

Mari kita cekidot beberapa aspek yang harus kita lihat untuk berinvestasi bila dilihat dari segi Lokasi yang strategis :

Lokasi yang strategis untuk rumah tempat tinggal :

  1. Jarak yang tidak terlalu jauh dari tempat bekerja anda sehari-hari, ingat sebagian besar aktivitas anda berada di kantor jadi alangkah lebih baiknya apabila lokasi rumah juga tidak terlalu jauh dari kantor apalagi sampai lebih dari 1 jam perjalanan.
  2. Dekat dengan fasilitas umum, misalnya lokasi pasar yang tidak terlalu jauh, dekat dengan sekolah bila nanti anda akan memiliki anak, dan lainnya.
  3. Bisa di akses oleh angkutan umum, artinya lokasi tersebut juga dilewati oleh angkutan umum misal angkot atau bus kota.  Mungkin anda berfikir ahh saya kan punya kendaraan, tetapi mungkin ini bermanfaat bagi calon tamu anda yang ingin berkunjung kerumah dan tidak punya kendaraan pribadi atau mungkin sewaktu-waktu anda harus menggunakan angkutan umum karena kendaraan mogok atau lainnya.
  4. Tenang dan aman, karena kita mengiginkan tempat tinggal yang nyaman maka ketenangan adalah bagian wajibnya.. tenang disini bisa saja seperti bukan dipinggir jalan umum jadi kendaraan yang lalu lalang juga kurang, tidak didekat pabrik, tidak didekat pembuangan sampah, tidak mudah banjir dan sebagainya sehingga tercakup juga nuansa aman didalamnya.
  5. Mudah air dan mudah pembuangan, air adalah komponen penting dalam rumah tangga sehingga lokasi yang susah air akan membuat anda sengsara sendiri ya kan ? memiliki sistem pembuangan limbah yang baik juga sangat penting agar lingkungan menjadi sehat terutama parit pembuangan dan safety tank

Lokasi yang strategis untuk tempat usaha

  1. Dekat dengan keramaian, ini adalah komponen penting bagi usaha anda karena lokasi yang tidak ramai akan membuat biaya promosi menjadi lebih besar agar pelanggan mengetahui lokasi anda.  Anda juga dapat melakukan metode survey untuk mengetahui ramai atau tidaknya lokasi tersebut dengan mengambil sampel jumlah kendaraan yang lewat per jam.  Sebagai contoh misalnya anda berencana akan membuka toko di jalan A yang akan beroperasi dari jam 08.00 pagi sampai dengan 17.00.  Maka ambillah sampel berapa kendaraan yang lewat pada jam 09.00-10.00, 12.00-13.00, dan jam 15.00-16.00 dengan cara menghitung secara manual atau bila anda merasa terlalu ribet cukup ambil rata-rata per 15 menitnya saja.  Sehingga pada akhirnya anda dapat mengetahui lokasi tersebut ramai atau tidak.  Metode ini berlaku hanya bila anda merasa ragu dengan keramaian lokasi tersebut, apabila kalau sudah jelas-jelas dengan pengamatan anda ramai ya jangan habisin waktu buat nganalisa kayak gini malah capek sendiri haha..  Kalo gk salah McDonald baru buka di lokasi yang dalam sejam dilalui oleh lebih dari 10.000 kendaraan.
  2. Dekat dengan fasilitas penunjang usaha, penunjang usaha disini maksudnya adalah faktor X yang sangat berpengaruh pada usaha anda.  Misal anda buka toko alat tulis, tentu harus dekat dengan sekolah, kampus, atau kantor.
  3. Tempat parkir yang luas, jangan mengira ini bukan faktor penting lho.. saya sendiri sangat males belanja ditempat yang susah parkirnya
  4. Aman, hal ini sebenarnya susah juga dicari karena pasar identik dengan tempat yang kurang aman sebenarnya.  Pelajari dulu lokasi tersebut sebelum anda membuka usaha, bagaimana respon lingkungan sekitar ramah atau tidak, sarang preman atau bukan xixii.. Namun anda bisa menyesuaikan dengan jenis usaha anda, misal mau membuka toko emas carilah lokasi yang jalan keluarnya susah misal bukan di tepi jalan protokol, karena para perampok umumnya melihat situasi dan kondisi sebelum beraksi bila merasa susah  untuk kabur biasanya dia juga pikir-pikir (wah mantan rampok kayaknya ni haha)

Jadi, sesuaikan semuanya dengan kebutuhan anda ya ? jangan mudah tertarik dengan kata-kata “Lokasi Strategis” yang ada di iklan dan brosur-brosur karena strategis itu maknanya luas.. oke selamat Menentukan Lokasi yang Strategis Untuk Rumah dan Tempat Usaha anda..

About these ads

6 pemikiran pada “Menentukan Lokasi yang Strategis Untuk Rumah dan Tempat Usaha

  1. Kalau mencari rumah yang strategis sepertinya kendala besar ada pada dana, biasanya harganya lebih tinggi dari rumah biasa.

  2. kalo untuk penentuan jenis usaha gimana mas? maksudnya kira2 usaha apa yang punya menjanjikan untuk saat ini tp dengan modal yg relatif sedikit…

    • Mas Dedy, untuk mengetahui peluang usaha kita harus peka terhadap pasar dan kebutuhannya. Sebenarnya lain lokasi lain pula peluangnya, kalo menurut saya usaha jasa adalah salah satu usaha yang memerlukan modal yang paling sedikit

  3. benar sekali informasinya,kalau mencari rumah harus stategis.terima kasih.

  4. bnr bgt tuh, tempat parkir jadi syarat mutlak bagi para pengendara khususnya roda empat, maless boo klo brenti pinggir jalaan, bkin maceet, huhuhuhu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s