Penyimpanan Darah tali Pusar

Posted on Updated on

Bunda n ayahTanggal 7 Januari 2009 hari Rabu malam… 21.30 WIB Waktu itu aku dan istriku lagi senda gurau sambil nonton pelem Rambo di TV… Lagi asik2 senda gurau eh tiba2 istri tercintaku ngeluh ada suara seperti pecah ketuban… Langsung aja sambil bergegar aku bawa dia ke RS Anugerah Bunda Khatulistiwa Pontianak (istriku udah 9 bulan hamil waktu itu)…

Aku kalang kabut banget waktu itu, maklum ini kelahiran anakku yang pertama… “Maaf pak, bayi bapak posisinya sunsang (muter terbalik di perut gitcu..), jadi tindakannya harus operasi caesar” kata perawat di IGD nya. “Iya bu, saya sudah tau..” begitu kataku karena emang sejak umur 7 bulan kandungan istriku posisinya tetap sunsang meski uda diurut ama dukun.

Waktu menunjukkan pukul 23.00 WIB, istriku sudah berada diruang opearsi.. tampak ia udah berbaring dimeja operasi dengan kedua tangan diterlentangkan dan mulutnya ditutup masker oksigen. Pada saat itu aku segera telpon mbak rofika dari Cordlife Indonesia sebuah perusahaan yang sudah 1 bulan terakhir ini sering kuhubungi untuk dapat menyimpan darah tali pusar anakku.
Ya..Bank Darah Tali Pusar.. sekarang sudah ada di Indonesia, aku ketahui secara tidak sengaja waktu aku buka situs yang membahas tentang Leukimia. Konon katanya darah tali pusar ini merupakan sel induk dari tubuh kita yang dapat membentuk jaringan2 tubuh seperti jantung, hati, ginjal, otak, darah, dan sebagainya sewaktu bayi didalam rahim. 1 bulan yang lalu aku telpon kesana kemari untuk mengetahui perusahaan ini, eh akhirnya dapat dan aku menawarkan diri untuk ikut.

Waktu pertama kali ku hubungi, aku langsung dapet kit tentang bank darah tali pusar.. disitu tertera lebih dari 80 penyakit kelainan darah dan beberapa kanker dapat diterapi dengan sel induk ini. Tetapi harganya juga lumayan… 12 juta untuk pengambilannya, untungnya waktu itu lagi diskon awal taon jadi yang kubayar paling 9,5 juta (masih mahal juga yah?!)
Tapi bagiku ini adalah investasi biologis dimasa depan, bisa dipake untuk anakku sendiri (100% cocok), saudara kandungnya (50%-75% cocok) atau untuk ortu (25%-50% cocok). Katanya dimasa depan sel induk ini bisa untuk terapi berbagai penyakit yang berbahaya, bahkan sel induk ini bisa juga untuk bahan kloning (wah bayangin….. !!#@ udah cukup…. jangan lama2 membayangkan, ilernya nanti netes2)

Setuju nggak Setuju
Sebelum aku mengambil keputusan ini aku udah rembukan dengan istriku meski ortu rada nggak setuju karena biayanya selangit dan belum tentu digunakan. Tapi bagiku mana kita tau ya nggak? kayak sekoci dikapal mana kita bisa duga kapan digunakan meski kita berharap gak akan kita pake, tapi kalo pas kapalnya karam kalo gak ada gimana coba? emang kita ikan, bisa berenang lama2 dilaut? Kayak asuransi itu kan cuma duit, tapi ini kan kayak spare part gitu (katanya) ya paling ndak ini genuine partnya lah. Ya begitu deh, intinya tetap aku lakukan meski harus merogoh kocek dalam2 tapi yang penting anak dan keluargaku ada asuransi biologinya.

Aku udah banyak baca cerita tentang manfaat darah tali pusar ini (mau lihat? klik disini atau disini) dan aku sangat2 tertarik, ini sebuah inovasi baru dibidang kesehatan… kita wajib usaha lho meski penyakit itu adalah sebuah takdir atau cobaan, tapi sekali lagi harganya masih belum terjangkau untuk PNS seperti aku ini… untungnya sewaktu kami menikah udah ada tabungan untuk biaya persalinan istriku (untungnya ada askes juga).

Proses pengambilannya sangat singkat, bahkan dokter yang ngoperasi juga nggak terlalu sulit ngikuti instruksinya (kayaknya sih… meski dokternya agak marah2). Besok paginya utusan dari Cordlife datang dari Jakarta untuk ngambil darah tali pusar itu, cuma nyinggah aja nggak diam2 di Pontianak.. Jadi begitu datang dari bandara, naik taksi ke RS, ngambil darah, ngurus administrasi ini itu, langsung deh berangkat lagi ke Jakarta karena harus segera dimasukin ke dalam tempat bersuhu dibawah 0° ya… kira2 -200° gitu… (kalo di kulkas nggak segitu suhunya, belum lagi dikirain sirup…yaa kan berabe)

Sekarang aku udah punya sertifikat penyimpanan darah tali pusar anakku, meski nggak tau apa akan banyak memberi manfaat tapi setidaknya aku uda punya asuransi biologis untuk anakku tercinta. Karena aku yakin dimasa depan, seiring dengan kemajuan teknologi dibidang kedokteran pasti akan ada manfaat yang sangat berarti, terlebih dengan seriusnya Dinas Kesehatan mempromosikan penyimpanan darah tali pusar ini..(karena nomor telp Cordlife aku dapat dari dinas)… Terima kasih ya Allah.. anakku lahir dengan selamat… kuberi nama IRLEY MALIANURY (baca: irli malianuri) buah hatiku, impian dan masa depanku..
Ya Allah lindungilah keluargaku, sehat adalah harta terbesar yang engkau berikan…

4 thoughts on “Penyimpanan Darah tali Pusar

    indah said:
    11 Oktober, 2009 pukul 6:12 am

    selamat yach..
    anaknya pasti lucu banget..
    mga sekeluarga sehat selalu yach..

    Rizka said:
    9 Desember, 2009 pukul 8:24 am

    terima kasih buat info soal stem cell di indonesia…. terutama cara pengambilannya…. membantu banget….

    Citra Andinna said:
    28 Februari, 2012 pukul 8:48 am

    Hi salam kenal..

    Saya Citra dari Majalah Ayahbunda.. Boleh saya minta nomor teleponnya? Saya sedang menulis artikel mengenai Sel punca tali pusat / darah tali pusat dan membutuhkan testimoni dari orangtua yang sudah melakukan penyimpanan di cord blood bank (salah satunya PT. Cordlife Indonesia). Saya dapat dihubungi di nomor telepon: 081510297156 / email: andinna.citra@gmail.com dan citra.andinna@feminagroup.com
    Terimakasih atas perhatian dan bantuannya..

      fansmaniac responded:
      21 Maret, 2012 pukul 5:37 am

      Maaf baru membalas sekarang mb, baik akan sy hubungi

Tinggalkan Balasan

