5 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Posted on

Daya tahan tubuh adalah kemampuan fisik untuk menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Bila daya tahan tubuh baik, tubuh akan selalu sehat, sebaliknya, bila daya tahan tubuh menurun, kuman mudah masuk, sehingga gampang sekali terserang penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diderita bila daya tahan tubuh kita menurun misalnya flu dan masuk angin (common cold). Karena itu, agar tidak mudah sakit, tingkatkan daya tahan tubuh. Paling tidak ada 5 cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain :

1.Makan bergizi, Makanan bergizi sangat dibutuhkan tubuh, makanan bergizi adalah makanan yang cukup mengandung unsur karbohidrat, lemak, protein, mineral dan unsur lain /  susu. Bila makanan yang dimakan setiap hari tidak bergizi, tubuh akan lemas. Hal itu membuat daya tahan menurun. Sebaliknya, bila makanan yang dimakan selalu bergizi, maka daya tahan tubuh prima, dan tubuh selalu bugar. Karena itu, usahakan salalu makan bergizi, yaitu empat sehat lima sempurna.

2. Istirahat cukup, Rutinitas kerja yang padat membuat seseorang terkadang kurang istirahat. Misalnya saja, berangkat kerja jam 6 pagi, baru tiba di rumah jam 12 malam. Rutinintas kerja seperti itu atau sering begadang hingga larut malam, kurang baik. Salah satu dampak kurang istirahat adalah penurunan daya tahan tubuh. Untuk itu, agar daya tahan tubuh baik, istirahatlah yang cukup. Kebutuhan tidur, orang dalam sehari sekitar 8 jam.

3. Olahraga teratur, Semua orang tahu manfaat olahraga. Dengan olahraga teratur, fisik kita semakin baik. Jika fisik baik, tentu daya tahan tubuh juga akan baik. Karena itu, lakukan olahraga teratur. Ketika berolahraga lakukan dengan serius hingga bercucuran keringat. Jenis olahraga sesuaikan kamampuan tubuh masing-masing. Misalnya senam, lari, tenis, sepak bola. Idealnya olahraga dilakukan 3 kali dalam seminggu.

4. Hindari pikiran berat, Pikiran berat sangat mempengaruhi psikologis seseorang. Dalam kondisi pikiran yang berat, orang akan malas beraktivitas, nafsu makan menurun, sulit tidur, dan mudah emosi. Kondisi seperti itu, bila terus dibiarkan akan menurunkan daya tahan tubuh. Karena itu, hindari pikiran beras, kalaupun memang ada masalah rumit, segera carikan jalan keluar.

5. Minum vitamin, Untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan gizi bagi tubuh, tidak ada salahnya minum vitamin setiap hari. Sekarang ini banyak tersedia vitamin yang telah dikemas sedemikian rupa sehingga praktis dalam penggunaannya. Hanya, jangan salah pilih, pilihlah vitamin yang manfaatnya benar-benar telah teruji.

2 thoughts on “5 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

    kabar ibu said:
    8 Januari, 2016 pukul 11:19 am

    Mantab baner mas tulisannya.. 🙂 Sangat bermanfaat.. ijin saya share ya..

    berkece said:
    8 Januari, 2016 pukul 11:20 am

    Ijin share ya mas.. kapan2 tak main kesini lagi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s