10 cara untuk menghindari komplikasi Diabetes

Posted on

Diabetes dapat muncul dari pola hidup yang salah, umumnya tubuh kita setelah lebih dari 25 tahun mulai menunjukkan beberapa pengurangan potensi.  Oleh karena itu bagi anda yang masih berumur 20 tahun mulai dari sekarang jagalah pola hidup anda, mulai dari olah raga, makanan, dan cara berfikir.  Jangan biasakan diri dengan begadang, narkoba, jarang olah raga, stress karena tugas kuliah atau skripsi, diputusin pacar, ataupun hal lainnya.  Karena bila pola tersebut terus kita lakukan maka dimasa yang akan datang tubuh kita tetap sehat.  Apalagi untuk anda yang punya riwayat keturunan penyakit tertentu, contohnya diabetes… maka jagalah pola hidup anda.

Penanganan diabetes merupakan tanggung jawab seumur hidup. Oleh sebab itu temui dokter untuk pemeriksaan berkala, periksakan mata, gigi dan lakukan gaya hidup sehat agar dapat meminimalkan komplikasi diabetes. Penanganan diabetes dibutuhkan suatu inisiatif dan keteraturan. Dari memeriksa kadar gula darah hingga kaki setiap hari, dengan melakukan peran aktif untuk penanganan diabetes dapat mencegah atau setidaknya mengurangi komplikasi. Dibawah ini ada 10 cara untuk berperan aktif dalam perawatan diabetes sehingga dapat menikmati hidup lebih sehat di masa yang akan datang:

Lakukan pemeriksaan fisik setiap tahun

Selain pemeriksaan rutin untuk mengawasi perawatan diabetes, lakukan juga pemeriksaan fisik sekali setahun. Dokter akan mencari masalah yang dapat terjadi akibat penyakit ini seperti komplikasi pada mata, ginjal dan jantung

Periksa mata setahun sekali

Pergi ke spesialis mata sekali tiap tahun dapat membantu untuk mendeteksi masalah penglihatan yang berkaitan dengan diabetes untuk dapat mendeteksi secara dini, sehingga lebih mudah ditangani maupun dicegah. Bila menderita diabetes dengan tekanan darah tinggi, penyakit ginjal atau kolesterol, mungkin diperlukan pemeriksaan ke spesialis mata lebih dari sekali dalam setahun.

Temui dokter gigi setahun dua kali

Kadar gula darah yang tinggi mengganggu sistem kekebalan tubuh, membatasi kemampuan tubuh untuk berperang dengan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi. Karena mulut penuh dengan bakteri, maka infeksi juga dapat terjadi pada gusi. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk menemui dokter gigi setahun dua kali untuk memeriksakan kesehatan mulut dan gigi.

Vaksinasi tepat waktu

Selalu up to date terhadap vaksinasi yang dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi akibat diabetes. Contohnya adalah:

  1. Vaksinasi flu tahunan. Berapapun usia, maka penderita diabetes akan rentan terkena influenza daripada yang tidak menderita diabetes. Penderita diabetes rentan terserang flu daripada orang yang tidak menderita diabetes. Karena diabetes pula, maka flu dapat berkembang menjadi komplikasi yang serius, termasuk diabetic ketoacidosis (DKA) dan sindrom hiperosmolar.
  2. Vaksin untuk radang paru. Hampir tiap dokter akan merekomendasikan pada penderita diabetes untuk vaksinasi radang paru-paru. Apabila telah menderita komplikasi akibat diabetes atau berusia lebih dari 65 tahun maka akan dibutuhkan vaksinasi ulang setiap 5 tahun.
  3. Vaksinasi lainnya. Selalu uptodate terhadap vaksinasi tetanus juga jangan lupa untuk vaksinasi ulang setiap 10 tahun. Vaksinasi hepatitis B juga sangat penting.

Rawat kebersihan dan kesehatan kaki

Penderita diabetes beresiko tinggi untuk menderita penyakit pada kaki dalam dua cara yaitu:

  1. Diabetes dapat merusak syaraf-syaraf di kaki (neuropathy), mengurangi sensasi nyeri. Ini berarti dapat terjadi ruam dan memar tanpa menyadarinya.
  2. Diabetes dapat menyempitkan atau menutup arteri (atherosklerosis), mengurangi aliran darah menuju kaki. Dengan kurangnya darah untuk memberi makan jaringan di kaki, maka luka akan semakin sulit untuk sembuh. Sayatan yang tersembunyi atau luka kecil yang terlindung oleh sepatu atau kaus kaki dapat dengan cepat berkembang menjadi luka yang serius.

Jangan merokok

Orang yang mengidap diabetes dan merokok sering kali ditemukan meninggal karena serangan jantung, stroke dan penyakit lainnya daripada penderita diabetes yang tidak merokok. Hal ini karena:

  • Merokok menyempitkan pembuluh darah, serta menurunkan aliran darah menuju kaki. Penyempitan arteri meningkatkan resiko dari serangan jantung dan stroke, dan juga membuat luka menjadi lebih sukar untuk sembuh.
  • Merokok meningkatkan resiko untuk kerusakan syaraf dan penyakit ginjal.
  • Merokok juga mengganggu sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat lebih rentan terhadap infeksi pernafasan dan influenza.

Minum aspirin tiap hari

American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan para pengidap diabetes untuk mengkonsumsi aspirin setiap hari satu kali karena dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung. Dosis yang direkomendasikan adalah mulai dari 81 mg sehari,hingga 325 mg sehari. Mengkonsumsi lebih dari jumlah tersebut tidak akan meningkatkan keuntungannya. Konsultasikan pada dokter untuk meyakinkan apakah aspirin aman untuk diminum harian, bila iya, cari tahu berapa banyak dosis aspirin yang harus digunakan.

Awasi tekanan darah

Sama seperti diabetes, tekanan darah yang tinggi juga dapat merusak pembuluh darah. Bila kedua keadaan ini muncul, maka dapat terjadi serangan jantung, stroke atau kondisi lain yang mengancam jiwa. Untuk orang dewasa dengan atau tanpa diabetes, tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Bila anda memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes, ADA merekomendasikan untuk mendapatkan perawatan yang bertujuan agar tekanan darah tidak lebih dari 130/80 mmHg. Kebiasaan hidup sehat yang dapat mempertahankan kadar gula darah yaitu makan makanan yang seimbang dan olah raga yang rutin dapat pula menurunkan tekanan darah. Menurunkan jumlah garam (natrium) dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan membatasi jumlah alkohol juga penting untuk mengontrol tekanan darah.

Memeriksa kadar gula darah

Mengatur kadar gula darah merupakan hal yang paling penting untuk merasa lebih baik dan mencegah komplikasi lebih lanjut dari diabetes. Dengan mengawasi kadar gula darah dan tetap menjaganya normal, maka akan mengurangi resiko kerusakan mata, ginjal, pembuluh darah dan syaraf.

Penanganan stress

Stress dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat memblokir efek dari insulin, yang menyebabkan kadar gula darah meningkat. Bila sedang terserang stress, maka akan sulit untuk merawat diri sendiri maupun mengelola diabetes. Anda mungkin tidak sempat untuk mengkonsumsi makanan yang dianjurkan, memeriksa kadar gula darah, berolah raga atau minum obat seperti yang telah diresepkan. Stress yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan depresi oleh sebab itu penanganan stress yang baik sangat dibutuhkan.

beberapa tulisan dikutip dari http://www.mayoclinic.com

7 thoughts on “10 cara untuk menghindari komplikasi Diabetes

    ionerscandar said:
    20 Februari, 2010 pukul 4:33 pm

    bagaimana kalau penderita diabetes sesak dari perut dan sering keringat dingin keluar dari tangan kaki dan sesaknya dirasakan setiap hari seakan ajal sdh dekat, sdh check jantung, paru dan ginjal masih dalam tahap normal kira2 dari apa >?

    searchthetruth said:
    20 Februari, 2010 pukul 6:32 pm

    @Ionerscandar: trims atas kunjungan anda
    Menurut dokter apa analisanya? kalo dari gejala sih kayaknya jantung.. tetapi check up nya menggunakan metode apa? kalo ronsen biasa kayaknya utk jantung coroner susah dilihat, coba cek dengan scan MRI tetapi cost nya agak mahal dikit.
    Krn pembuluh coroner jantung sangat halus shingga gk bisa dicek dgn scan biasa..
    Alm Paman sy juga penderita diabetes dan dulu jg kasusnya sama, ketika di MRI baru ketahuan.

    Merry damayanti said:
    21 Februari, 2010 pukul 4:55 am

    Sebagai info saja,
    Terapi Mineral baik sekali buat penderita DIABETES..
    Mineral alami yang langka, bsa dijumpai di produk AIR AJAIB SAMADHI. Mengandung 40 macam mineral alami…

    Sudah banyak sekali orang yang terbantu dalam penurunan gula darahnya…Pusatnya ada di SUBANG JAWA BARAt.

    Bisa dipelajari di web nya : http://www.airsamadhi.com
    Semoga info ini berguna.
    Amin

    Dasuki Raswadi said:
    22 Maret, 2010 pukul 2:13 am

    Bapak saya almarhum diabetes sejak juni 2009 sayapun diabetes dan komplikasi dengan paru-paru. Hanpir tiap malam tak bisa tidur selalu batuk berdahak. Pengobatan masih rutin dilakukan sampai 8 bulan ini tapi lebih terfokus pada sakit paru-parunya. Mohon bantu resep yang jitu.

    fansmaniac responded:
    22 Maret, 2010 pukul 6:03 am

    @dasukiraswadi: iya, diabetes memang penyakit keturunan… menurut saya anda lebih baik fokus pada pengendalian gula darahnya, untuk paru2 juga sambil di obati… tetapi kalo seumpamanya anda khawatir byk minum obat sebaiknya anda back to nature… cari resep pengobatan alami melalui alternatif. Perbanyak minum air putih dan olah raga.

      Dasuki Raswadi said:
      1 Desember, 2010 pukul 9:50 am

      Ketika gula darah saya 463 mg berat badan dari 62 turun drastis menjadi 48 kg. Tapi al hamdulillah sekarang gula darah 135 mg berat badan balik menjadi 60 kg paru-paru hasil test laborat sudah negatif. Saya tiap hari minum rebusan daun lidah maratua. Dipotong-potong masukan kedalam kuali kemudian direbus sampai mendidih setelah dingin diminum. Trims banyak bantuannya

    farhan said:
    23 Mei, 2012 pukul 2:14 pm

    Bisa gunakan INSUPLUS FORTE…jaminan garansi 2 minggu konsumsi gula darah tidak turun,uang kembali http://aglobalmart.com/index.php?_a=viewProd&productId=65

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s