‘Saluri’ – perikSA LUpus sendiRI

Posted on

Lupus (Systemic lupus erythermatosus) adalah sebuah penyakit sistemik yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi sangat agresif sehingga menyerang dirinya sendiri.  Untuk mengetahui gejala klinis dari penyakit ini dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut :

  1. Sakit/nyeri atau bengkak selama lebih dari 3 bulan
  2. jari tangan atau jari kaki pucat atau tidak nyaman pada saat dingin
  3. sariawan selama lebih dari 2 minggu atau berulang
  4. terjadi kelainan darah seperti anemia, leukositopenia atau trombositopenia
  5. terdapat ruam kemerahan berbentuk kupu-kupu yang bersayap melintang meliputi ke pipi
  6. demam di atas 38 derajat Celcius tanpa sebab yang jelas dan terjadi secara berulang
  7. nyeri dada saat menarik napas panjang selama beberapa hari
  8. merasa sangat lemah meskipun telah cukup beristirahat
  9. kulit menjadi hipersensitif terhadap cahaya matahari
  10. terdapat protein pada pemeriksaan urin
  11. kejang, disebabkan karena sudah memasuki jaringan otak

sumber: Lupus Foundation of America

Jika terdapat minimal 4 gejala, segera hubungi dokter pemerhati LUPUS.   Karena saya tinggal di Kalbar, ada dokter pemerhati Lupus yang saya ketahui yaitu dr. Yustar Mulyadi, Sp.PD bisa anda temui di RS Soedarso Pontianak.

Lupus BUKAN disebabkan virus, kuman atau bakteri, dan bukan penyakit menular atau menurun.  Hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab dari penyakit ini, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya (belum ada bukti/penelitian tentang cara ini tapi boleh diterapkan)  :

  1. Jangan bekerja terlalu stress, terutama untuk wanita sebaiknya jangan terlalu stress terutama saat menstruasi (ada kaitan dgn hormon)
  2. Hindari ketergantungan pada obat2an, misal kalo setiap pusing sering mengkonsumsi obat dipasaran tanpa melihat dosis dan efek samping kalo bisa pergilah ke dokter bila sering sakit
  3. Berhati2lah dalam mengkonsumsi obat2 antibiotik, sebaiknya minumlah obat antibiotik sesuai dengan petunjuk dari dokter biasanya setiap resep dari dokter harus habis meskipun penyakitnya sudah sembuh, jangan minum obat antibiotik sembarangan tanpa petunjuk dokter
  4. Hindari terlalu sering mengkonsumsi obat yang memiliki efek untuk meningkatkan daya tahan tubuh (biasanya pada multivitamin yang banyak dijual dipasaran atau MLM)
  5. Jangan mengkonsumsi narkoba
  6. Banyak olah raga dan makan buah2an

Sistem imun didalam tubuh kita terbentuk saat kita masih kecil, untuk itu bagi orang tua… pada saat anak masih balita sebaiknya jangan kita proteksi terlalu berlebihan maksudnya apa-apa harus serba steril dan terlalu bersih.  Ini akan menyebabkan sistem imun anak akan lambat terbentuk atau mungkin malah lemah sehingga sewaktu ia dewasa sistem imunnya tidak bekerja dengan baik, mudah sakit, atau menderita penyakit serius lainnya.  Coba lihat anak2 yang hidup biasa saja dan seadanya kebanyakan mereka kuat dan sehat tanpa harus minum multivitamin yang menguatkan daya tahan tubuhnya.  Karena daya tahan tubuh yang terbentuk alamiah akan lebih kuat.

Sebaiknya biasakan makan buah2an atau kalo susah ya minum jus buah2an aja setiap hari satu gelas itu sudah cukup untuk menjaga kesehatan kita.  Jaga sehat sebelum sakit…Subhanallah…

Semoga bermanfaat

beberapa situs mengenai LUPUS: http://www.lupus.org http://www.webmd.com http://www.medlieplus.gov http://www.lupusny.org

One thought on “‘Saluri’ – perikSA LUpus sendiRI

    wahyu am said:
    21 Juni, 2009 pukul 12:17 am

    nice info bos😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s