Bagaimana Caranya Mendapatkan NUPTK?

Posted on Updated on

Seorang guru datang ke kantor LPMP bertanya “Permisi pak/ibu saya mau buat anu… itu lho UMPTK” begitulah rata2 kebanyakan pertanyaan yang sering kudengar ketika seorang guru masuk keruangan kantorku untuk menanyakan informasi tentang NUPTK.

APA ITU NUPTK ?

NUPTK singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan Nomor Registrasi bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada jalur pendidikan baik formal maupun non-formal jenjang pendidikan dasar dan menengah mulai TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan PLB. Banyak guru mengira bahwa itu adalah “Nomor Urut” guru, padahal bukan… disebut unik karena tiap guru mendapatkan nomor yang berbeda se-Indonesia.

Pendataan NUPTK dimulai pada tahun 2006, namun hingga kini masih banyak guru belum mengetahui pentingnya NUPTK ini atau bahkan sama sekali belum mengenal NUPTK. Ini menunjukkan bahwa sosialiasi terhadap NUPTK ini masih belum optimal, bukan juga salah mutlak dari guru… Dinas Kabupaten/Kota juga memiliki peranan penting untuk mensosialisasikan NUPTK ini agar diketahui oleh semua guru melalui Kepala Sekolah.

Tanya seorang Kepsek : “Di sekolah saya ada guru honorer dan penjaga sekolah apakah mereka juga bisa mendapatkan NUPTK ?”

Jawab : NUPTK bisa dimiliki oleh semua Pendidik PNS maupun NON PNS (GTY, GTT, HONORER, HONDA) dan Tenaga Kependidikan baik PNS maupun NON PNS seperti Staff TU, Penjaga Sekolah, Laboran dan lainnya juga berhak mendapatkan NUPTK.

Tanya seorang guru : “Saya guru honorer, apakah dengan membuat NUPTK saya bisa diangkat menjadi PNS?”

Jawab : NUPTK bukan syarat untuk menjadi PNS, apapun isu-isu yang beredar tentang hal tersebut. Dengan adanya NUPTK Depdiknas akan mudah dalam mendata semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan di seluruh indonesia, sehingga mempermudah dalam pengambilan kebijakan seperti pemberian Tunjangan Profesi dan Kualifikasi Guru.

Tanya : “Siapa saja Sasaran pendataan NUPTK

Jawab: Yang menjadi sasaran pendataan NUPTK adalah :

  1. Pendidik adalah Guru, Tutor, Pamong Belajar, Instruktur, baik formal maupun Non-formal pada jenjang pendidikan dasar dan Menengah yang mengajar/berdiri didepan kelas/rombel yang berada pada tiap-tiap satuan pendidikan,
  2. Kepala Sekolah adalah Guru yang diberi tugas tambahan untuk melakukan pengelolaan administrasi dan manajemen berbasis sekolah dan memenuhi jam wajib mengajar minimal, sebagaimana yang ditetapkan di dalam peraturan pemerintah yang berlaku,
  3. Tenaga Kependidikan adalah Tenaga Administrasi Sekolah, Tenaga Laboran, Tenaga Pustakawan, Penjaga Sekolah, Pesuruh, Penilik, Pengawas, baik formal maupun Non-formal pada jenjang pendidikan dasar dan Menengah di setiap satuan pendidikan.

Tanya : “Bagaimana caranya saya bisa mendapatkan NUPTK ?”

Jawab: PTK harus melakukan hal-hal prosedur sebagai berikut :

  1. Mintalah instrumen pengajuan NUPTK pada masing-masing Dinas Kabupaten/Kota, lebih baik bila diisi kolektif yang dikoordinir oleh Kepala Sekolah, setelah itu operator NUPTK Dinas Pendidikan Kab/Kota akan mengentry data tersebut yang databasenya akan dikirim ke LPMP provinsi yang selanjutnya akan divalidasi dan akan dikirmkan ke Pusat untuk memperoleh NUPTK, lama proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan NUPTK ini beragam tergantung situasi kondisi,
  2. Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang telah keluar NUPTK wajib untuk melakukan verifikasi dan validasi data yang akan diatur oleh Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota Setempat,
  3. Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang tidak keluar/tidak lengkap NUPTK Wajib untuk mengisi kembali Instrumen NUPTK. Teknis pengisian dan pengumpulan instrumen akan diatur oleh masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat,
  4. Semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan diharapkan untuk proaktif untuk segera mendaftarkan diri di masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat melalui mekanisme yang telah ditetapkan di tiap-tiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Tanya Seorang Guru: “Apa manfaat dari NUPTK ? Pentingkah bagi saya ?”

Jawab: Manfaat NUPTK bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah :

  • Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) diberikan kepada PTK agar semua pendidik dan tenaga kependidikan memiliki Single Identity Number sehingga tidak terjadi permasalahan seorang PTK dihitung ganda (Double Counting),
  • Semua Program dan Kebijakan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dirjen PMPTK) yang terkait dengan Pembinaan, Pemberdayaan, Penghargaan dan Perlindungan PTK akan berbasis pada data base SIM NUPTK,
  • Dengan adanya pendataan PTK berbasis SIM NUPTK maka Hanya Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang memiliki NUPTK yang berhak menerima luncuran program, pembinaan, pemberdayaan, penghargaan dan perlindungan PTK mulai dari Sertifikasi Guru, Pemberian Block Grant, Tunjangan Insentif dan Maslahat Guru lainnya.

Tanya : “Apa sih target NUPTK ?”

Jawab: Diharapkan pada Tahun 2008 sebahagian besar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Indonesia telah memiliki NUPTK sehingga siap untuk menerima berbagai macam program-program yang akan diluncurkan oleh Pemerintah Pusat. Bagi Pendidik yang telah lulus proses sertifikasi guru tetapi belum memiliki NUPTK Tunjangan Profesinya akan ditangguhkan pemberiannya sampai yang bersangkutan telah memiliki NUPTK yang diterbitkan oleh Dirjen PMPTK Depdiknas.

Tanya : “Saya sudah memiliki NUPTK, apakah saya juga perlu dan wajib mempunyai kartu NUPTK ?”

Jawab : Tidak ada ketentuan yang mendasar mengenai kewajiban memiliki kartu NUPTK, sebenarnya kartu NUPTK ini dibuat agar mempermudah PTK dalam mengingat NUPTK yang ia miliki.  Selain itu dapat pula menjadi bukti kepemilikan NUPTK sehingga tidak perlu surat keterangan sudah memiliki NUPTK bila dalam proses pengajuan tunjangan atau bantuan yang memerlukan data NUPTK.  Kartu NUPTK dapat dibuat di dinas Kabupaten/Kota masing2.

Untuk informasi lengkap tentang NUPTK silahkan hubungi Dinas Kabupaten/Kota masing2 atau menghubungi LPMP Provinsi masing-masing.

Info terbaru : Untuk saat ini (mulai Juni 2012) pendataan NUPTK hanya untuk (1) PNS, (2) NON PNS dengan pengangkatan SK Kepala daerah, (3) NON PNS dengan pengangakatan SK Ketua Yayasan.  Diluar dari ketentuan tersebut maka tidak perlu mengajukan NUPTK berdasarkan petunjuk teknis pelaksanaan Pemutakhiran Data PTK 2012.

175 thoughts on “Bagaimana Caranya Mendapatkan NUPTK?

    sistem informasi sekolah terpadu said:
    6 Juli, 2009 pukul 11:47 pm

    info yang bagus…trim’s

    Loveria said:
    1 Agustus, 2009 pukul 1:24 pm

    Surat-surat apa saja yang harus disiapkan untuk mengurus NUPTK?

    Nurul said:
    2 September, 2009 pukul 4:29 am

    Ada teman saya yg membuka kursus,apa dia berhak mendapatkan NUPTK?

      fansmaniac responded:
      3 September, 2009 pukul 8:37 am

      Dear Nurul,
      Untuk NUPTK instruktur/tutor dikelola langsung oleh Dirjen PMPTK-PNF (Pendidikan Non Formal), saat ini sedang dibahas mengenai pelaksanaannya. Tinggal tunggu tanggal mainnya. Tetap cari info ke LPMP masing2 provinsi oke..?

    ADE PUTRA GINTING said:
    6 Desember, 2009 pukul 10:18 am

    Saya coba mau tanya NUPTK apa selalunya di perbaruhi…
    Apalagi saya menjabat sebagai Tenaga Tata Usaha Di sekolah Dasar…..

    indira said:
    6 Desember, 2009 pukul 12:11 pm

    Dear, untuk mendapat nuptk apakah ada syarat minimal masa kerja di sekolah? Thx

    Mono.Spd said:
    23 Desember, 2009 pukul 9:46 am

    Mohon kiranya Bapak/ Ibu dapat memberikan penjelasan kenapa NUPTK an. Rusniah. binti Mahyudin Sulung S.Pd.I NIP. 131979090 sampai saat ini belum keluar, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Mono.Spd said:
    23 Desember, 2009 pukul 9:47 am

    Mohon kiranya Bapak/ Ibu dapat memberikan penjelasan kenapa NUPTK an. Rusniah. S.Pd.I binti Mahyudin Sulung NIP. 131979090 sampai saat ini belum keluar, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Mono.Spd said:
    23 Desember, 2009 pukul 9:47 am

    Mohon kiranya Bapak/ Ibu dapat memberikan penjelasan kenapa NUPTK an. Rusniah. S.Pd.I binti Mahyudin Sulung NIP. 131979090 tempat dan tannggal lahirnya, Teluk Merbau, 02 Agustus 1968, sampai saat ini belum keluar, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

      fansmaniac responded:
      8 Januari, 2010 pukul 10:18 am

      Bapak/Ibu silahkan menghubungi LPMP di provinsi nya masing2

      ________________________________

    dyah ayu said:
    1 Januari, 2010 pukul 12:22 pm

    Di SD tempat kerjaku ada PTT (TU) yang belum mendapat NUPTK. Apakah PTT TU di SD bisa memiliki NUPTK ? Berapa masa kerja PTT tsb untuk bisa mendapatkan NUPTK?.
    Atas perhatian dan jawabannya disampaikan terima kasih.

      fansmaniac responded:
      8 Januari, 2010 pukul 10:14 am

      PTT TU boleh memiliki NUPTK, tidak ada kriteria tertentu untuk mendapatkannya termasuk masa kerja, silahkan urus berkasnya ke dinas pendidikan atau UPT setempat

      ________________________________

    Rikki ginting said:
    6 Januari, 2010 pukul 5:14 am

    Katanya NUPTK saya sudah keluar tapi saya cek tidak ada tolong dikirim ke email saya terima kasih

    Surya said:
    13 Januari, 2010 pukul 7:04 am

    Trimakasih Infonya mas.

    WALOYO, S.PD said:
    26 Januari, 2010 pukul 10:58 am

    Mohon kiranya Bapak/ Ibu dapat memberikan penjelasan kenapa NUPTK an. waloyo. S.Pd. NIP. 196908052007011023 sampai saat ini belum keluar, padahal data dah lwt entri juga dah ngsi instrumen NUPTK jga dah dikirim ke Dinas atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
    Jawab:
    Bapak Waluyo, silahkan tanya kembali kepada dinas pendidikan di kab/kota bapak, bila tidak ada respon silahkan langsung menuju LPMP kab/kota Bapak. Terima Kasih

    hariyanto said:
    2 Februari, 2010 pukul 1:06 pm

    bagaimana kalau ngurus langsung ke lpmp tanpa melalui dinas kab./kota bisa nggak?

    karin said:
    8 Februari, 2010 pukul 11:14 am

    saya seorang guru honorer yang terlambat membuat nuptk yang katanya baru akan di buka lagi 2012 benarkah itu? lalu apakah untuk pengangkatan pegawai negeri harus sudah mempunyai nuptk? bagaimana dengan saya yang belum punya apakah bisa memasukan data saja terlebih dahulu?

    Jawab :
    anda mendapat informasi tersebut dari mana pak karin? NUPTK tidak ada kata dibuka dan ditutup, NUPTK adalah penomoran untuk identifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Setiap harinya data tersebut bisa di entry kapan saja. Tidak ada jaminan untuk pengangkatan pegawai negeri harus punya NUPTK, sebaiknya anda mempunyai NUPTK agar anda terdata sebagai Pendidik, data ini sangat penting untuk profil pendidik dan tenaga kependidikan di daerah anda. Trims

      puriska said:
      25 Januari, 2013 pukul 1:39 pm

      kenapa di sumatera utara khususnya di kota medan, pengurusan nuptk tidak diterima lagi ???? (kami mengurus pada bulan january 2013). kemana lagi kami mengurusnya pak ?… Mohon penjelasannya … trims (seorang pgtk dikota medan)

    maria said:
    2 Maret, 2010 pukul 1:16 pm

    saya seorang honorer di sebuah sekolah dasar,, saya mau tanya untuk dapat nuptk harus honor berapa tahun? trims

      fansmaniac responded:
      3 Maret, 2010 pukul 6:03 pm

      @maria: tidak ada ketentuan brp tahun bu, secepat mungkin ibu harus punya NUPTK

    sri wahyuti said:
    2 Maret, 2010 pukul 2:52 pm

    saya sudah berkali-kali mengajukan nuptk tapi tidak keluar-keluar. bahkan saat ada keluaran masal, saya tetap ketinggalan. sudah konfirmasi ke dinas, tapi belum juga keluar. gimana nih, kemana harus ngurus? kalau mo ke lpmp syarat apa msaja yang mesti dibawa? trim

      fansmaniac responded:
      3 Maret, 2010 pukul 6:02 pm

      @sri Wahyuti : ya sebaiknya ibu ke lpmp di provinsi tempat ibu bertugas… syaratnya cuma bawa SK pertama mengajar dan mengisi instrument NUPTK yang baru. NUPTK sangat penting untuk pendataan guru bu, seperti KTP gitu

    dina said:
    12 Maret, 2010 pukul 7:10 pm

    Klo membuat NUPTK harus ke SUDIN yah…. oy kena biaya gak sih??????

    Cyiril said:
    16 Maret, 2010 pukul 8:44 am

    sya sdh honor 9bln,tpi kepsek belum mau mengeluarkan SK mengajar

    Dwi A said:
    19 Maret, 2010 pukul 12:32 pm

    saya lama bekerja sebagai pustakawan di sekolah, tapi belum sempat diurus nuptk-nya di sekolah yang lalu. Kini saya punya sekolah sendiri dan jadi kepsek. Bagaimana mengurus nuptk pustakawan saya dan memindahkannya ke nuptk guru?

      fansmaniac responded:
      19 Maret, 2010 pukul 5:06 pm

      @Dwi A : anda cukup melapor kepada UPT setempat dan sertakan juga fotokopi SK sebagai kepsek, wah selamat anda bisa berupaya membuka sekolah sendiri.. salam dari saya

    […] Bagaimana Caranya Mendapatkan NUPTK […]

    calista said:
    12 April, 2010 pukul 2:15 pm

    saya mendapatkan NUPTK ketika saya mengajar di kota tangerang. kemudian saya pindah mengajar ke jakarta. jadi sekolah asal saya pd NUPTK ada di Tangerang. lalu bagaimana saya bisa mendapatkan kartu NUPTK dengan keteranagn bhwa saya sudah pindah mengajar di jakarta. mohon bantuannya.alangkah lebih baik jika pengurusan kartu NUPTK ini bisa dilakukan tnpa harus ke solah asal yg pertama. karena pasti akan memakan waktu dan biaya. trimakasih

    ———————————————————————————————————————–
    anda tidak perlu kembali ke sekolah asal untuk mengurusnya, cukup melapor pada UPT atau Diknas setempat sambil membawa SK pindah mengajar anda..

    calista said:
    12 April, 2010 pukul 2:25 pm

    pertanyaan tambahan. bisakah dilakukan on line jika kasusnya seperti saya diatas. trimakasih

    Adi said:
    12 April, 2010 pukul 2:28 pm

    NUPTK saya keluar di kota bogor, tapi saat ini saya pindah mengajar di tangerang. bagaimana saya bisa mendapatkan kartu nuptk? bisakah prosesnya online kemudian kartu tersebut di keluarkan di sekolah mengjar saya yg baru. krn jika harus mengurus ke sekolah asal akan memakan waktu dan biaya. trimakasih

      fansmaniac responded:
      12 April, 2010 pukul 6:26 pm

      @Adi : Pertama yang harus bapak lakukan adalah melapor pada UPT atau Diknas tangerang bahwa bapak pindah mengajar.. sementara ini sistem NUPTK masih belum online jadi kartu tidak bisa otomatis ada.. anda harus melapor dan memesan kartu tersebut di tempat yang sekarang atau lebih ringkas menuju ke LPMP masing2

      @Calista : Jawaban saya pada pak Aldy mungkin sudah jelas.. simNUPTK saat ini masih belum online, jadi anda tetap harus melapor.. trims

    deviarita said:
    13 April, 2010 pukul 4:16 pm

    katanya NUPTK berhak dimiliki oleh seluruh jajaran tenaga kependidikan.., saya seorang guru honorer ,saya telah mencoba mengurusnya, kayak nya banyak birokrasi yang berbelit, yang SK harus ada 4 semester lah, yang harus 2 tahun dulu lah, dan harus sabar lah dan banyak alasan lain nya yang tidak masuk akal.. padahal saya sudah mengajar mulai dari tahun 2004.
    sementara yang baru sebulan saja mengajar sudah keluar NUPTK nya, jd apa kah NUPTK ini hanya boleh didapat secara cepat bagi yang punya kolega nya saja di dikjar setempat. saya sudah capek mengurus bolak balik ke dikjar ditempat saya tidak ada hasil… jd bagai mana solusi yang baik supaya saya bisa mendapatkan NUPTK tersebut.
    apakah bisa di daftarkan secara online……?, untuk tanya jawab dengan admin online NUPTK pun sudah saya coba tp tdk ada balasannya. mohon saran dan bantuannya pak.. supaya program pemerintah pusat ini bisa berjalan sesuai rencana.. tanpa ada birokrasi yg berbelit dari aparat yg dibawah setingkat kab/kota..

    ————————————————————————————————-
    Seperti yang saya sudah jelaskan pada komentar2 diatas, simNUPTK belum ada yang online jadi anda belum bisa mendaftar secara online. Sebenarnya tidak perlu birokrasi yang kompleks, semua tenaga kependidikan wajib memiliki NUPTK dan tidak ada perbedaan diantaranya karena data anda sangat penting bagi peningkatan mutu tendik kita.
    Saran saya sebaiknya anda langsung tembak ke LPMP provinsi anda karena terbukti tidak ada tanggapan serius dari instansi setempat.. NUPTK di keluarkan oleh Dirjen PMPTK melalui LPMP Provinsi. Bawa semua data yang anda miliki dan isi formulirnya, bila perlu langsung menghadap ke operator NUPTK di Dinas pendidikan kabupaten dan langsung isi data anda disana.. semoga bisa menjadi solusi trims

    fajar sekar said:
    17 Mei, 2010 pukul 2:53 am

    nuptk saya sudah keluar di sd negeri tapi saya pindah mengajar ke luar kota. Apakah NUPTK saya akan terhapus di tempat saya mengajar dulu. sampai berapa lama nUptk saya akan tetap ada karena saya tidak melaporkan perpindahan saya kepada UPT diknas setempat. tolong penjelasannnya

    Zulkifli said:
    17 Mei, 2010 pukul 10:54 am

    tlg proses nomor nuptk saya, atas nama zulkifli tempat tanggal lahir Lhokjok, 22 -08-1980 NIP 198008222007101001 nama ibu kandung Syarifah unit kerja MTsN Kutamakmur Aceh Utara

    nining said:
    20 Mei, 2010 pukul 1:49 am

    apa fungsi nuptk untuk TU SD NonPNS untuk sy?apakah ada fasilitas tambahan untuk kami, karena sekarang ini lag ada pendaftaran kolektif…untuk tunjungan 200rb/bl..berlaku untuk guru/penjaga sekolah dan TU atau hanya guru???

    rima said:
    6 Juli, 2010 pukul 12:53 pm

    mas, sy blm punya nuptk. berkas apa saja yg hrs sy bw utk mendaftar? kl izin operasional sklh sdg diurus, bisakah mengajukan nuptk? bisa tidak mengajukan nuptk sendiri tanpa dikolektif sekolah?

    widaryanto said:
    5 Agustus, 2010 pukul 3:20 am

    Selamat pagi. Saya Widaryanto. Sekarang ini saya mengajar di salah satu SMP swasta di daerah kelapa gading, Jakarta Utara. ada yang maua tnyakan, apakah untuk mendapatkan NUPTK itu, harus menempuh 2 thn jam mengajar tanpa putus di sekolah yang sama? sebelumnya saya pernah mengajar juga selama 1 tahun, tapi di Cirebon bagaimna? apakah itu juga bisa dikatakan sebagai pengalaman mengajar juga dan bisa menjadi salah satu syarat untuk memperoleh NUPTK. sekina dan terima kasih.

      fansmaniac responded:
      21 Agustus, 2010 pukul 8:30 am

      @widaryanto : kalo menurut saya berdasarkan juklak nya tidak disebutkam adanya kriteria harus mengajar berapa tahun. Karena pada dasarnya tujuan dari NUPTK adalah pendataan atau identifikasi tenaga pendidik dan kependidikan jadi anda bisa langsung urus dan buat NUPTK anda

    sigit tri haryadi said:
    13 Agustus, 2010 pukul 3:52 am

    bagaimana cara membuat NUPTK secara ON LINE

      fansmaniac responded:
      21 Agustus, 2010 pukul 8:37 am

      @sigit tri haryadi : untuk NUPTK online sepertinya belum bisa dilakukan karena banyak sekali proses normalisasi yang harus dilakukan di databasenya, sehingga sepertinya masih belum. Semoga ke depannya bisa terwujud

    sigit tri haryadi said:
    13 Agustus, 2010 pukul 3:58 am

    saya membuat NUPTK sejak tahun 2006 tapi sampai sekarang belum keluar .tolong pak
    nama saya : Sigit Triharyadi
    tempat tgl/lhr: Banyumas 15-04-1979
    ibu kandung : purjinah
    unit kerja : SD NEGERI 4 SUMPIUH
    UPK : SUMPIUH
    Kab : BANYUMAS
    Prop: JAWA TENGAH

      fansmaniac responded:
      21 Agustus, 2010 pukul 8:39 am

      @sigit : mengenai itu, sebaiknya anda langsung ke Dinas di tempat bapak, karena pendataannya dari sana langsung

      fansmaniac responded:
      28 Agustus, 2010 pukul 12:29 pm

      @Sigit : Sebaiknya langsung ke LPMP Jawa Tengah atau dinas Pendidikan Kab Banyumas bu.. karena masing2 daerah punya database masing2 sehingga wewenangnya pun dilimpahkan pada daerah masing2 bukan secara terpusat.

    sigit tri haryadi said:
    13 Agustus, 2010 pukul 3:59 am

    NOMOR TELPON ; 081327469679

    nuryami said:
    14 Agustus, 2010 pukul 5:40 am

    kaq…saya baru honor 1 bulan yang lalu di sma.apakah saya sudah bisa meinta atau mendapatkan nuptk????

      fansmaniac responded:
      21 Agustus, 2010 pukul 8:41 am

      @nuryami : monggo, bisa kok langsung aja ke Dinas setempat..

    RATNA said:
    21 Agustus, 2010 pukul 3:54 am

    MINTA FORM PENGAJUAN NUPTK…

      fansmaniac responded:
      21 Agustus, 2010 pukul 8:52 am

      @Ratna : Form pengajuan silahkan ambil gratis di Dinas pendidikan setempat

    Bayu said:
    28 September, 2010 pukul 5:12 am

    maaf ane ngajukan untuk daftar NUPTK bersama teman-teman guru lainnya tapi punya ane kog ditolak padahal syarat sama dengan yang lain…tolong bantuannya kira-kira kurang atau salah ane dimana

    yanti said:
    29 September, 2010 pukul 2:03 am

    tolong jangan persulit kami untuk membuat NUPTK , di Internet dituliskan persyaratan hanya mengisi formulir dan menunjukkan SK pertama ngajar. Kenapa saya harus menyerahkan absen dari 3 bulan mengajar pertama dan 3 bln terakhir. kemana saya harus lapor

    Vera siahaan said:
    14 Oktober, 2010 pukul 8:40 am

    Salam…nama saya vera siahaan,saya guru smk swasta di tangerang. Nuptk saya 6446 7616 6330 0022 tp saya tidak ada kartu. Saya hanya peroleh surat keterangan dari tempat saya mengajar. Saya pindah dan mau mengajar di papua. Apakah nuptk saya masi berlaku di papua? Dan kalo mengajar lagi apa tindakan yg harus saya buat perihal nuptk ini. Terima kasih

      fansmaniac responded:
      17 Oktober, 2010 pukul 6:41 am

      @Vera : halo bu/pak, NUPTK anda tetap berlaku dimana saja diseluruh indonesia anda tinggal mengubah data pindah anda ke diknas ditempat anda pindah

    Vera siahaan said:
    30 Oktober, 2010 pukul 1:55 pm

    Tx ats info y

    AGHNI RIYADLOH said:
    1 November, 2010 pukul 7:35 am

    Tolong kirimi sy formulir nuptk online. thx.

    nardiawan said:
    18 November, 2010 pukul 2:43 pm

    berapa lama NUPTK keluar sesudah mengajukan

    Triya Manika Putra said:
    19 November, 2010 pukul 4:41 pm

    Dulu saya pernah datang ke UPTD untuk mengurus NUPTK, tetapi katanya dalam kepengurusan NUPTK itu musiman, dan pada saat itu belum musimnya, jadi saya tidak jadi mengurus NUPTK. Apakah itu benar? Kalau mau mengurus sendiri ke Dinas Pendidikan Daerah, ke bagian apa saya harus menghadap? Terimakasih

    Vera siahaan said:
    27 November, 2010 pukul 2:11 am

    Pagi…bapak. Saya mo nanya lg. Saya guru smk yg pernah tanya perihal nuptk. Saya mo nanya saya dulu kerja di skull swasta di tangerang. Basic pendidikan saya S1 bhs prancis akta IV. Tp saya ngajar smk b-ing dan kepala sekolah urus nuptk semua guru n kita dapat nuptk tersebut tanpa adanya card identity. Masalahnya skrng saya da ngajar di smp negri mimika sbg guru honor bhs ing. Bagaimana cara mengurus kartu tadi di daerah papua ini? Kalaulah saya harus lapor ke UPT DIKNAS MIMIKA apa berkas2 yg harus saya bawa? Apa tidak masalah nuptk smk ngajar di smp?

      fansmaniac responded:
      29 November, 2010 pukul 12:59 pm

      @Vera Siahaan : Pak Vera, pada dasarnya bapak hanya melapor ke upt diknas mimika dengan membawa berkas2 pindahan bapak.. mengenai status mengajar tidak apa2 pindah dari smk kemudian ke smp karena nomornya tetap sama, bapak hanya mengganti data saja.. nantinya data tersebut akan diubah di database pusat

    Vivi said:
    30 November, 2010 pukul 10:20 am

    Maaf kalo boleh tanya. Saya mau urus mutasi nuptk saya dari tangerang ke mimika. Apakah saya harus minta surat mutasi dari tangerang ke timika? Masalahnya saya sudah di timika dan surat mutasi nuptk dari dinas tangerang belum saya urus? Bagaimana baiknya y? Apa saya bisa minta bantuan teman mengurus mutasi nuptk itu ke dinas tangerang?

    mia said:
    11 Januari, 2011 pukul 1:03 am

    saya jadi TU di SD Negeri baru 10 bulan apa bisa mendapatkan NUPTK ? dan syarat nya apa saja ?

    MOHAMAD KHAERUDIN said:
    22 Maret, 2011 pukul 4:10 am

    P.CECEP
    KO NOMER NUPTK SAYA BELUM ADA PADAHAL SAYA UDAH MENDAFTAR DARI TAHUN 2009/2010

    MOHAMAD KHAERUDIN said:
    22 Maret, 2011 pukul 4:15 am

    P. Cecep saya bekerja di smp negri 1 jayanti tapi saya belum mendapatkan nomer nuptk padahal saya sudah mendaftar dari tahun 2009/2010 nama : m.khaerudin.

    iin indy said:
    29 Maret, 2011 pukul 11:42 am

    asss..mf saya mau tany??klo membuat NUPTK mengajarnya wajib 24 JAM atw tdk???betul atw tidak sekarang klo mmbuat NUPTK hrs msa kerja min 2 tahun??

    quraesin said:
    3 Mei, 2011 pukul 7:53 am

    maaf mau tanya bisakah mendaftar NUPTK secara online? kalo bisa mhon alamatnya makasih..

    ndha said:
    11 Mei, 2011 pukul 4:59 pm

    syarat bagi yg non pns, masa kerja minimal 2 tahun.
    Syarat pmbuatan nuptk ny tlg dlngkapi dunk

    faiqoh said:
    18 Mei, 2011 pukul 2:11 pm

    ass, maaf saya mo tanya,, saya FAIQOH,S.Pd.I dari MIN Karangsari sudah pernah mengusulkan membuat NUPTK lewat UPK, bahkan juga pernah lewat Kemendiknas Kab. tapi sampai saat ini belum keluar, kemana harus saya komfirmasikan?

      fansmaniac responded:
      26 Mei, 2011 pukul 12:49 am

      @faiqoh : Coba ibu konfirmasikan kepada LPMP provinsi tempat ibu mengajar dan cari operator NUPTK jangan bidang lain

    Bambang S.pd said:
    20 Mei, 2011 pukul 9:29 am

    katanya untuk mendapatkan UNPTK itu telah mengajar minimal selama 2 tahun. benarkah demikian?
    saya kemarin telah selesai mengikuti pendidikan profesi guru sekolah dasar prajabatan. katanya ada dana hibah untuk para guru yang telah memiliki sertifikat tetapi membutuhkan NUPTK. semetara kami baru mengajar beberapa bulan ini dan belum PNS. bagaimana dengan hal terserbut?

    obay said:
    25 Mei, 2011 pukul 5:44 am

    Pak, saya cek di NUPTK BROWSER pendidik PAUD Kec. Leuwiliang dari 20 Lembaga yg sy ajukan sudah ada 3 lembaga paud yg sdh keluar NUPTKnya, tp 17 lembaga lagi belum keluar (masih Proses).mohon di bantu pa..makasih

      fansmaniac responded:
      26 Mei, 2011 pukul 12:47 am

      @obay : Trims pak obay sudah menanyakan NUPTK Browser.. menurut informasi masih ada gangguan server di pusat mungkin nanti sebaiknya bpk menanyakan langsung kpd LPMP provinsi bpk (operator NUPTK) mengenai permasalahan ini.

    HRD said:
    19 Agustus, 2011 pukul 4:52 am

    saya seorang guru honorer di salah satu SMK di tana toraja, jam saya 42 jam tiap minggunya. saya menjadi guru honor sejak 1 juni 2010 sampai sekarang (sdh 1 tahun)…
    Apakah ada persyaratan bahwa NUPTK hanya diperuntukkan bagi PTK yang telah mengabdi sekian tahun atau beberapa bulan ????.. tolong informasinya bung…

    HRD said:
    19 Agustus, 2011 pukul 4:55 am

    di sekolah kami…, kenapa guru honor (non PNS) tidak mendpt kesempatan untuk mengurus NUPTK, padahal kami sangat dibutuhkan ??

    Dian Tri Lestari said:
    5 September, 2011 pukul 10:21 am

    mohon penjelasannya, pak. bagaimana jika seseorang kehilangan kartu NUPTK-nya dan lupa berapa nomornya. apakah bisa diterbitkan ulang dan bagaimana prosesnya.

      fansmaniac responded:
      8 September, 2011 pukul 1:16 am

      @dian : kehilangan kartu dapat dibuat lagi di dinas pendidikan masing2, nomor anda jg sudah ada didatabase jd tdk perlu diterbitkan ulang.. anda cukup bertanya ke operator nuptk kab kota anda

    Zainal Arifin said:
    12 September, 2011 pukul 7:03 pm

    Mengajukan NUPTK dari 2006 s/d sekarang belum ada, tolong bantu:

    nama saya : Zainal Arifin
    tempat tgl/lhr: Ngawi, 01 – 07 – 1982
    ibu kandung : Sumarni
    unit kerja : MA Sunan Gunung Jati Kismantoro
    Kab : Wonogiri
    Prop: JAWA TENGAH

    nia said:
    21 September, 2011 pukul 1:02 pm

    Bisakah mengajukan NUPTK jika sekolah tempat mengajar belum memiliki ijin operasional? Padahal sekolah sudah jalan 4 tahun tp karena masih tersendat masalah akte sewa bangunan

      fansmaniac responded:
      26 September, 2011 pukul 4:27 am

      @nia : NUPTK sangat perlu bagi seorang guru aktif, tanpa harus melihat status sekolahnya.. silahkan daftar di disdik atau UPT masing2

    aNdHy said:
    1 Oktober, 2011 pukul 1:15 pm

    aslm… untuk pendaftaran NUPTK ada tidak yang secara on line?
    karena secara manual urusannya ribet dan berkas yang diajukan sering tidak di input…. mohon penjelasannya
    thanks…

    Azwar said:
    16 Oktober, 2011 pukul 3:35 am

    Apakah Benar Pihak Dispen nasional tidak menerima lagi pengusulan NUPTK bagu Guru Honorer???

    Imam said:
    19 Oktober, 2011 pukul 2:50 am

    Assalamualaikum.. Mohon informasinya apakah guru Tenaga Bantuan sudah tidak bisa lagi mendapatkan NUPTK. Karena dulu katanya minimal masa kerja 2 tahun baru bisa mendapatkan NUPTK.
    Terima kasih..

    wachid baihaqi said:
    25 Oktober, 2011 pukul 4:50 am

    pak, ada seorang guru honorer yang telah mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk kemajuan pendidikan, namun oleh karena beliau tidak mempunyai ijazah formal atau hanya tamatan pesantren salafi dan selama ini mengajar bahasa arab dan agama dan telah mengikuti sertifikasi dinyatakan lulus. rekan2 lainnya sudah keluar nomor NUPTKnya namun beliau belum. sya mohon petunjuk kongrit untuk mendapatkan itu semua

      fansmaniac responded:
      31 Oktober, 2011 pukul 8:07 am

      Yth Pak Wachid, saya sarankan bapak untuk menghubungi Dinas Kab/Kota terkait atau LPMP di provinsi bapak agar dapat dilacak apakah ada kendala di nomor beliau :)

    Devi Krisnawati said:
    31 Oktober, 2011 pukul 12:50 pm

    apakah saya bisa mengajukan atau membuat NUPTK secara online?dan bagaimana caranya?mohon informasinya.terimakasih…..

    (MUHDI) Kepala MI NW Surabaya Kec.Sakra Timur Lotim NTB said:
    5 November, 2011 pukul 5:12 am

    pak….kenapa kami semua Guru MI NW Surabaya saja yang belum keluar NUPTK sedangkan di Yayasan kami dari Aliyah, RA, Tsanawiyah keluar semua padahal samaan waktu kita isi data, yang kami lihat di kementrian Agama Lombok Timur hanya ID NUPTK kami saja kami coba tanya di kantor hanya dijawab tunggu saja pak !! …mohon bantuan…

    ahmad khoiron said:
    22 November, 2011 pukul 2:09 pm

    gmn pak punya TA Truko dah daftar lewat UPTD kec. kangkung Kab. Kendal SUdah 3x ngisi data mulai tahun 2009 kok sampai sekarang belum juga keluar. kata petugasnya nunggu temen yg lain.se kecamatan

    Tonni Junior Hutabarat said:
    28 November, 2011 pukul 7:33 am

    saya seorang guru yang sudah mengajar 4 tahu tetapi tiap mengajukan unptk tidak perna keluar , apakah harus bayar?….

    RAMLAN said:
    6 Desember, 2011 pukul 2:43 am

    apakah maish bisa mengurus NUPTK secara on line, sedangkan di ibukota kabupaten tidak mlayani lagi pembuatan NUPTK khusus guru honorer

    Faris said:
    14 Desember, 2011 pukul 2:37 am

    Good luck

    Kuma said:
    16 Desember, 2011 pukul 4:19 am

    Semua ribut NUPTK. Saya sudah mengajar 5 tahun, PNS. Orang2 di sekolah dan dinas pendidikan kecamatan pada ga jelas njawab pertanyaan saya, “gimana caranya saya daftar NUPTK?”.

    Ke LPMP? Waduh, kapan sempatnya? Jauh, belum lagi keluhan teman2 saya karena pelayanan ga jelas, dan ngga ramah di LPMP.

    Sebenarnya urgen ga sih? Kalo urgen, kenapa sepertinya susah banget ngurusnya?

    Indonesia terlalu bnyk birokrasi. Bukankah SK ngajar dah bisa jadi bukti? Saya ngga ngeh dg sistem NUPTK…. apalagi membuatnya ribet dan serba ngga jelas. Tidak semua guru/tenaga kependidikan punya akses mudah ke LPMP atau UPT. Susah ya….hhehe…

    dasri said:
    21 Desember, 2011 pukul 9:34 am

    pak tlong kasih informasi tetang nama-nama guru RA Yang NUPTKnya sudah keluar, trima kasih

    bambang said:
    21 Desember, 2011 pukul 11:52 am

    saya sudah mengajar 4 tahuan tapi belum punya nuptk, saya pernah mengajukan nuptk dikabupaten katanya bagi guru non pns nda bisa bagaimana? kemudian terkadang ada biaya-biya yang harus dikeluarkan (dibawah tangan) kalau urusannya biar cepat kelar. tolong dijelaskan apakah bisa sya dapat secara on line

    bambang said:
    21 Desember, 2011 pukul 11:54 am

    tolong dibals ya..saya butuh sekali batuannya

    Silpanus Panidae said:
    29 Desember, 2011 pukul 12:44 pm

    apakah didalam penentuan calon guru sertifikasi berdasarkan nomor urut NUPTK. trim`s. mohon jawabannya karena penting untuk klarifikasi?..

      fansmaniac responded:
      10 Januari, 2012 pukul 5:54 am

      NUPTK sangat berperan dalam hal pendataan guru termasuk Sertifikasi guru, karena SimNUPTK berkaitan dengan simSKTP (metode input sertifikasi, kalo skrg menggunakan APPSG)

    Imron said:
    3 Januari, 2012 pukul 11:13 am

    saya sdh punya NUPTK apa perlu di verifikasi setiap tahun? dulu ketika saya masih di SD setiap tahun ada pembaharuan data NUPTK, tapi setelah di MI belum pernah ada pembaharuan. Tolong jawaban dikirim ke email saya, makasih.

    marlina rahayu,Spd.I said:
    9 Januari, 2012 pukul 4:28 am

    saya sudah empat tahun menjadi honorer guru PAI di kec.pagaden barat kab.subang.sudah hampir setengah tahun ini menunggu selesainya proses pembuatan NUPTK yang dibuat kolektif oleh pihak kepala sekolah.pertanyaan saya,jika dalam waktu yang telah dijanjikan NUPTK saya belum keluar,apakah boleh pembuatan NUPTK secara perorangan di ajukan sendiri ke kemendiknas kabupaten subang??.
    Terima kasih.

      fansmaniac responded:
      10 Januari, 2012 pukul 5:47 am

      @marlina : Bisa bu, sebaiknya ibu langsung menuju operator NUPTK di kantor Dinas Kabupaten tempat ibu mengajar.

      fansmaniac responded:
      20 Januari, 2012 pukul 5:48 am

      Boleh ibu, silahkan coba ajukan sendiri ke LPMP prov ibu berada

    rekiyana said:
    12 Januari, 2012 pukul 8:43 am

    saya adalah honorer guru ipa di smp dan saya hanya lulusan sma yang sedang melanjutkan study s1,apakah saya bisa mengajukan NUPTK?atau ada syarat pendidikan minimal untuk memperoleh NUPTK?
    terima kasih…

      fansmaniac responded:
      20 Januari, 2012 pukul 5:45 am

      Bila memungkinkan silahkan ajukan NUPTK, tidak ada syarat minimal untuk memiliki NUPTK

    dewi said:
    12 Januari, 2012 pukul 11:09 am

    apakah membuat NUPTK harus pakai ijazah pendidikan awal dan akhir?
    saya kan baru mengajar 3bln apakah bisa saya mebuat NUPTK??? mohon di jawab. trims

      fansmaniac responded:
      20 Januari, 2012 pukul 5:45 am

      persyaratan NUPTK berbeda2 untuk setiap provinsi atau bahkan kab/kota, sebaiknya ibu lampirkan saja semua yg diminta. Untuk guru PNS NUPTK sifatnya wajib, tapi utk guru swasta sebaiknya pada saat sudah menjadi GTY.

    Lathifatun Nisa said:
    16 Januari, 2012 pukul 7:23 am

    Assalamu’alaikum..Bapak / Ibu mau tanya..Kalau mau ngurus NUPTK langsung ke LPMP tidak usah melalui Dinas Kabupaten setempat bisa tidak?katanya teman saya kok bisa trus prosesnya lebih cepat.apa benar Bapak / Ibu?mohon dijawab trimksh..

    rofa said:
    16 Januari, 2012 pukul 12:55 pm

    APAKAH BISA MENGURUS NUPTK LANGSUNG KE DINAS PROPINSI?MOHON JAWABAN SECEPATNYA DAN TERIMAKASIH SEBELUMNYA.

    Rahma MZ said:
    17 Januari, 2012 pukul 5:48 pm

    Maaf saya mau bertanya, nama saya Rahma MZ guru SD 05 Sumbawa, ada 18 guru sd di kab Sumbawa yang ada kesalahan Nomor UPTK, apak untuk proses perbaikan bisa kami urus langsung ke Dirjen LPMP Pusat ? ini untuk mempercepat proses pembetulannya karena kalau di daerah lama selesainya, terima kasih atas jawabannya.

    Gayuh Kelana said:
    31 Januari, 2012 pukul 4:05 pm

    Salam, saya dari Tana Toraja, mau bertanya Pak. Apa benar guru honor (PTT) tidak dapat lagi mengurus NUPTK? Pegawai di Dinas Pendidikan kami mengatakannya demikian. Mohon penjelasannya Pak..! di daerah kami masih ratusan guru honor yang belum memiliki NUPTK padahal itu sangat penting bagi nasib kami ke depan

    soegiantono said:
    1 Februari, 2012 pukul 7:52 am

    sy kaeyawan smk n 2 surabay apa bisa mendapatkan nuptk.dan bgmn mendapatkan nya.selama ini sy di kucilkan soal nuptk tdk di beri informasi hanya teman2 ku yang diberi informasi di intasi sy

    Ncexdenz Gizz said:
    6 Februari, 2012 pukul 1:26 pm

    Saya sudah 5thn lbih mnjdi tenaga pndidik?tpi blum mendapatkn NUPTK? Gmna caranya bikin NUPTK? dan bisakah bikinya secara online?

    Basrinuddin, S. Pd.I said:
    7 Februari, 2012 pukul 2:12 am

    Apa benar NUPTK di tutup tahun 2008 untuk guru non PNS….trim’s

    Dwi Wahyu Indriana said:
    9 Februari, 2012 pukul 2:08 am

    Apakah guru honorer yang baru masuk yang baru mempunyai masa kerja kurang lebih 1 tahun bisa mendapatkan NUPTK?

    nia kurniawati said:
    13 Februari, 2012 pukul 12:06 pm

    katanya harus mengajar minimal 2 tahun untuk mendapatkan nuptk,apa itu benar?

    Reny Novarina said:
    15 Februari, 2012 pukul 7:00 am

    Saya sdh 4 thn mengajar di SD tp susah tuk ngurusi NUPTK,katanya dari Negeri tdk bs,,hrs dr Swasta. apa benar? lalu bagaimana caranya agar saya pnya NUPTK??Trima ksh

    wawan said:
    21 Februari, 2012 pukul 11:20 am

    brapa thun msa krja untk bsa mengajukan NUPTK?

    thoyib caswadi said:
    6 Maret, 2012 pukul 3:42 pm

    saya sudh 1 th menjadi honorer penjaga sekolah di SD,
    saya bisa ngga mengajukan NUPTK?…..
    trus katanya minimal massa kerja 3 th?…..
    tolong penjelasannya……

    jarot HBL said:
    10 Maret, 2012 pukul 11:49 pm

    secara instansi saya PNS Dinas Kesehatan, tetapi saya juga instruktur Kursus Komputer, saya juga pimpinan aktif Lembaga PAUD (TK & PG). Selama ini saya selalu melakukan Improvment untuk kedua hal diatas sehingga akan tetap bermutu. Kemudian apa yang diperhatikan pemerintah untuk orang-orang seperti saya ini ? bolehkah ngurus NUPTK ?

      fansmaniac responded:
      21 Maret, 2012 pukul 5:31 am

      Kalo nurut sy bapak sudah sbagai PNS di Dinas Kesehatan sedangkan NUPTK di khususkan untuk guru2 di Dinas Pendidikan atau swasta di Yayasan Pendidikan

    MUHIB said:
    19 Maret, 2012 pukul 2:44 am

    Bagaimana cara memutasi NUPTK???

    ia setiiasih said:
    19 Maret, 2012 pukul 4:07 pm

    di cirebon biikin nuptk,harus sudah s1 kt pegawai mapenda.tp ad sumber lg ktny ga hrus.gimana atuh.

    ferry said:
    21 Maret, 2012 pukul 3:06 am

    apakah pengurusan nuptk bisa langsung k diknas setempat tidak melalui uptd??????
    karena saya mengurus leawt uptd sering d persulit padahal berkas yang saya lampirkan sudah lengkap sama seperti temen2 saya yang sudah mendapatkan apa memang d kenakan biaya????????

    firman said:
    29 Maret, 2012 pukul 4:27 pm

    kapan lg kita bisa mendaftar untuk mendapatkan NUPTK.?

    Ika Nursh said:
    5 April, 2012 pukul 5:43 am

    Aslamualaikum,maaf pak saya mau tanya saya seorang tenaga honorer di suatu SD Negeri berstandar Nasional (SDSN). saya mulai bekerja tanggal 01 September 2010 sampai dengan sekarang saya belum mempunyai NUPTK,yang ingin saya tanyakan apa benar kalau saya ingin mengajukan membuat NUPTK tidak bisa karena SK Wiyata Bakti saya bukan dari kepala sekolah melainkan dari komite sekolah, dan apa betul kalaupun bisa saya harus menunggu selama 2 tahun dari masa bakti atau masa kerja saya di SD tersebut. Mohon jawabannya pak karena sebenarnya saya sangat membutuhkan NUPTK tersebut untuk mengajukan beasiswa di UniversitaS tempat saya menempuh kuliah. sebelum dan sesudahnya terimakasih dan mohon dari bapak tentang apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mendapatkan NUPTK tersebut.wasalamualaikum…..

    Rivan S.G said:
    19 April, 2012 pukul 11:45 pm

    Wah baru baca saya artikel NUPTK ini, smoga para pendidik bisa terbantu kesejahteraannya lewat Program yang ada, akan saya bant sosialisasikan ke para pendidik di Kota saya ( Depok-Jawa Barat ).

    Rena Anis Suhartin said:
    24 April, 2012 pukul 11:50 am

    saya seorang guru honorer yang mengajar sudah 3 thn di SDN Sawaran Lor 01, dan mutasi di SDN Papringan 01 selama 5thn, namun kenapa NUPTK saya belum keluar padahal saya sudah 4 kali (2008,2009,2010,2011) mengisi formulir dan persyaratan yang dibutuhkan jg sudah saya sertakan kepada UPT Pendidikan Kecamatan. apakah data saya sudah masuk di pusat?, saya sampai sekarang masih belum ada kejelasan. atau data saya ngadat di kantor UPT atau Kantor Dinas Pendidikan? sedangkan saya tanya ke operator UPT Data saya sudah dikirim. tapi kenapa operator Dinas pendidikan tidak mengetahui data saya, tidak masuk satupun. mohon petunjuk dan bantuannya, terima kasih.
    salam,
    Rena Anis Suhartin
    (0334-441439. 085234000064)
    Kecamatan Klakah Kab. Lumajang – Jatim.

      fansmaniac responded:
      2 Mei, 2012 pukul 1:25 am

      Untuk sementara di tahun 2012 ini akan ada perubahan sistem untuk pembuatan NUPTK jadi mgkn terjadi penundaan sehingga belum ada kepastian kapan NUPTK ini bisa diterima dan dibuat lagi, silahkan ibu terus pantau atau bertanya ke dinas pendidikan di tempat ibu atau ibu boleh menanyakannya langsung ke operator NUPTK di LPMP setempat

    Usoho Bagus Saputro, S.Pd. said:
    2 Mei, 2012 pukul 2:50 am

    Mengajukan NUPTK dari tahun 2007 s/d sekarang dikarenakan belum keluar.
    Nama : Usoho Bagus Saputro, S.Pd.
    Tempat, Tgl/Lhr: Blitar, 13 Nopember 1981
    Ibu kandung : Endang Purwanti
    Unit kerja : SMPK Yohanes Gabriel Kota Blitar
    Kota : Blitar
    Prop: JAWA TIMUR

    Rheina anis suhartin said:
    9 Mei, 2012 pukul 6:16 am

    Saya dengar untuk tahun 2012 akan ada perubahan sistem pembuatan NUPTK yaitu dihitung mulai bulan Januari per tahun 2005 sedangkan saya mulai mengajar d SD mulai bulan Oktober 2005, trus bagaimana ini, apakah saya nanti masih bisa mendapatkan NUPTK atau harus menunggu ad perubahan sistem lagi, sedangkan UPTD menolak pengajuan kembali formulir saya karena ada perubahan itu. Tolong petunjuknya, trima kasih..

    Rosa said:
    9 Agustus, 2012 pukul 1:26 am

    Saya satu-satunya guru pns di salah satu SMPN Satu Atap di daerah terpencil yang baru 3 tahun berjalan memiliki npsn namun belum teregistrasi. Pertanyaan saya :1. Apakah hal tersebut yang mempengaruhi pembuatan nuptk saya karena dari tahun yang lalu sampai saat ini belum ada kejelasan padahal saya membutuhkannya untuk mendapatkan tunjangan terpencil? 2. Kepala sekolah sudah mmiliki nuptk SD apakah berlaku ganda untuk SMPnya?

      fansmaniac responded:
      30 Agustus, 2012 pukul 3:05 am

      1. Iya itu berpengaruh ke data sekolah induk ibu, karena setiap data NUPTK melekat di sekolah induk yang ada NPSN nya. Bila sekolah ibu belum ada NPSN maka akan susah bagi program SIMNUPTK untuk melokasikan data ibu.
      2. NUPTK adalah nomor unik dan berlaku untuk satu orang, artinya bila NUPTK kepsek keluar di SD maka tidak perlu buat lagi utk SMP. Hanya saja nanti informasi data sekolah induknya di SD.

    TK PHB said:
    12 Agustus, 2012 pukul 4:51 am

    maaf, sekolah tmpt saya mengajar baru berdiri 2 thn, apakah kita sudah bisa mengajukan nuptk???

    Yusup Purwandi said:
    20 Agustus, 2012 pukul 7:53 am

    perubahan sistem yg bagaimana mengenai NUPTK di tahun 2012 ini???, mohon penjelasannya…

      fansmaniac responded:
      30 Agustus, 2012 pukul 2:20 am

      mas Yusup : untuk saat ini NUPTK dilakukan khusus untuk PNS, NON PNS dengan pengangkatan SK Kepala Daerah, dan NON PNS dengan pengangkatan SK Ketua Yayasan.

    MUHDI said:
    25 Agustus, 2012 pukul 3:22 pm

    saya guru honor sejak tahun 2000, Mohon bantuan utk NUPTK atas nama MUHDI unit kerja MI NW Surabaya Kec.Sakra Timur Kab.Lombok Timur NTB, udh berulang ulang kami mengirim pormat pengajuan, tpi blm tau sudh ada atu nggak, trimakasi sebelumnya.

      amir ilham said:
      21 September, 2012 pukul 6:27 am

      bagai mna cra mngajukan NUPTK lewat oline

    Rizki said:
    2 Oktober, 2012 pukul 1:44 am

    saya mau mengurus pembuatan NUPTK langsung k dinas kabupaten. harus mndatangi kebagian mana ya pa di dinas ny?

    darini putri said:
    8 Oktober, 2012 pukul 7:15 am

    susahnya ngajuin nuptk harus dengan cara apa dan bagaimana sih

    abet setyaningrum said:
    9 Oktober, 2012 pukul 4:40 am

    bagaimana cara membuat nuptk paudpak?

    sri hartati said:
    15 Oktober, 2012 pukul 10:41 pm

    bgmn caranya registrasi nuptk ? Sdh beberapa kali ke dinas dan dapat prin out data baru baru tp ttp sj status nuptk sy di penelusuran status lama dan blm registrasi. dari 2007 smntara tmn2 sdh jauh ikut sertifikasi

    Yulianus Padang said:
    31 Oktober, 2012 pukul 2:28 am

    Saya seorang Staf TU di SDN 100 Makale 3, Tana Toraja, Sul-SEL, telah mengabdi 10 tahun tiga bulan dan telah memiliki no NUPTK, apakah STAFF TU bisa diusulkan untuk mendapatkan tunjangan Sertifikasi ??? Mohon Penjelasannya..

    Rian Lestariani said:
    12 November, 2012 pukul 9:43 am

    pak, sya seorang tenaga honorer di SD (TU), baru 9 bln bekerja, apakah sya bsa mendapatkan NUPTK dengan mudah sesuai dgn prosedur yg ada ? soalnya sya dengar, jika ingin mendapatkan NUPTK syaratnya hrs mengabdi slama 5th terlebih dahulu.. mohon informasinya ya pa. jika ada SK dari pemerintah tentang pembuatan NUPTK ini yg ternyata tdk ad kriteria tertentu (tdk melihat brp lama masa kerja kita & NUPTK bsa dibuat setiap saat tanpa ada tutup/buka) tolong dishare ya pa… terima kasih sebelumnya.. mohon infonya ke alamat email sya : lestariani.rian9@gmail.com

      fansmaniac responded:
      22 November, 2012 pukul 8:11 am

      Bagi tenaga honor bisa membuat pengajuan NUPTK tetapi syaratnya ia diangkat berdasarkan SK kepala daerah bukan SK Kepsek

    anne sianipar said:
    24 November, 2012 pukul 7:47 am

    pak, saya seorang tenaga honorer di SD Swasta Simalungun SUMUT, sudah 3 tahun mengajar. bagaimana saya bisa mendapatkan NUPTK???? mohon infonya ke alamat email saya : sianipar_princessanne@yahoo.co.id trimakasih sebelumnya….

    sayyidmaryam said:
    8 Desember, 2012 pukul 1:13 pm

    OKE, informasinya sangat membantu mf baru kebuka…

    harliailham said:
    16 Desember, 2012 pukul 12:07 pm

    bagimana nasib maha siswa/wi yang belum menemukan sekolah yang menerimanya sebagai tenaga pendidik?

    Ika Apriliani Charmanita said:
    18 Desember, 2012 pukul 5:05 am

    sagat membantu :)

    dika said:
    9 Januari, 2013 pukul 1:05 am

    saya dapat info dari temen katanya dapat mengajukan nuptk baru min. 3 bulan masa kerja, tapi saya cari-cari info lewat internet kok 2 tahun? mohon di kasih infonya..

    Ercha erwisyah takdir said:
    13 Januari, 2013 pukul 9:07 am

    Bgmna kl sudah m’ngurus NUPTK smpai skrg blum ada,,,apakah memang NUPTK untuk NON PNS tdk kluar untuk tahun ini???krn sya m’gurus NUPTK 2 tahun yg lalu smpai skrg blom ada.pdhl kami sdh membyar brpa tp skrg belum ada.apakah tindakan kami…?

    Aina Marita said:
    28 Januari, 2013 pukul 4:06 pm

    Nama saya Aina Marita
    dinas di SMPN 1 Darul Ihsan Idi NAD
    Dari dinas udah di cek nama saya sudah terdaftar, tp no@ blm keluar
    Mohon segera di proses Pak.. atau pabila memang ada cara lain utk mempercepat proses no NUPTK saya keluar mohon instruksi@
    Trims sebelum@ Pak

    heri tri windhu said:
    7 Februari, 2013 pukul 9:03 am

    saya terlambat mengurus NUPTK,katanya sudah tutup dari pusat.bagaimana solusinya supaya saya menpunyai NUPTK?

    cah bagus said:
    2 April, 2013 pukul 1:27 am

    tlong dung gimana caranya biar mudah buat NUPTK trimss

    angga said:
    29 April, 2013 pukul 2:08 pm

    Ibu saya seorang pengajar d paud,ibu saya sudah mengajukan NUPTK.pada akhirnya ibu absen dr paud. Dan ibu mau masuk mengajar lagi tp d tolak sama kepala sekolahx dengan alasan sudah ada ƔάϞƍ. Menggantikan….selang beberapa tahun ternyata NUPTK ibu saya keluar,dan kepala sekolah x memberi tahu ibu saya,tp ibu saya dilarang mebgambil nuptk tsb dg alasan itu sudah menjadi hak yayasan…apakah itu benar?tp ibu saya d tawari mengajar d paud lain dengan syarat membawa kartu NUPTK tentu saja tidak bisa karena masih d tahan dan tidak boleh d ambil sm kepala sekolah ƔάϞƍ lama,selain itu juga ibu saya juga d minta membuka rekening oleh kepala sekolah ƔάϞƍ lama dan buku rekening juga d tahan pada akhirx.apakah tindakan kepala sekolah tsb benar?apakan NUPTK tsb menjadi hak kepala sekolah tsb?tp untuk apa?toh itu juga atas nama ibvu saya…mohon d jelaskan…terima kasih…tolong saya d konfirm by facebook ya untuk jawabanya…terima kasih…alamat FB sama dg surel…

    Erna Sukayat said:
    22 Mei, 2013 pukul 9:34 am

    sudah satu tahun saya dan rekan saya di TK mengajukan NUPTK tapi sampai saat ini belum ditanggapi, itu kenapa?

    Dahniar said:
    28 Mei, 2013 pukul 11:49 am

    Saya seorang guru KB mngajar 2005 sampai 2013 yg ingin sya mempertanyakan sampai kapan sya menunggu sejauh ini untuk mendapat kan NUPTK karna dari dulu sya mengurus dan menunggu sejauh ini tapi ngga ada hasil ???

      fansmaniac responded:
      20 Juni, 2013 pukul 2:07 am

      bapak bisa langsung bertanya ke operator NUPTK di dinas kabupaten masing2, tanyakan apa penyebab belum keluarnya NUPTK bapak.. Perlu diketahui bahwa utk saat ini NUPTK yang diaktifkan hanya untuk PNS, Non PNS dgn SK Kepala Daerah, dan NON PNS dengan SK Ketua Yayasan. Diluar dari pada itu NUPTK nya tidak diaktifkan atau tidak diajukan

    elham said:
    26 Juni, 2013 pukul 3:09 pm

    Apa semua guru bisa mengikuti ujian kompetensi guru untuk mendapatkan sertifikasi guru?

    adi said:
    28 Juni, 2013 pukul 5:03 pm

    pak mau tanya . saya guru non PNS saya sudah melapor kepindahan saya dari SD lama di sd yang baru di operator dispendik kabupaten. setelah itu saya cek di NUPTK online tetapi kenapa nama SD kok tetap muncul yang lama. padahal sudah dirubah nama SD nya oleh operator.apa merubah prosesnya lama?mohon dijawab.terima kasih

      fansmaniac responded:
      5 Juli, 2013 pukul 12:56 am

      Saat ini sudah ada program terbaru dari pusat pak, namanya PADAMU NEGERI bisa cek di padamu.kemdikbud.go.id
      Bapak bisa tanyakan info lanjutnya kepada operatir di kab/kota atau dinas pendidikan daerah bapak, disitu bapak dapat menginput data pribadi secara mandiri

    heri said:
    25 Juli, 2013 pukul 10:38 am

    Kalau saya dah bosen mengajukan NUPTK, karena saya sdh berkali-kali mengajukannya tapi belum keluar juga, padahal waktu mengajukan NUPTK terakhir, langsung dibawah bimbingan operator dinas kabupaten. Saya diangkat CPNS tahun 1986 dan sekarang saya sebagai Penilik sejak tahun 1998. Hrs bagaimana lagi usaha saya untuk mendapat NUPTK?

    rya said:
    31 Juli, 2013 pukul 3:08 pm

    saya msh tenaga honorer di SD, SK dr kepsek bkn dr kepala daerah, apa bisa untuk mengajukan NUPTK?

      fansmaniac responded:
      28 Agustus, 2013 pukul 12:58 am

      Sesuai dengan aturan terbaru NUPTK yang dapat diaktifkan hanya bagi PNS atau NN PNS dibawah SK Kepala Daerah atau ketua yayasan

    santi mart sinaga said:
    26 September, 2013 pukul 7:14 am

    Saya tahun 2007 sudah punya NUPTK.tahun 2011 saya berhenti mengajar dan tahun 2013 aktif kembali mengajar disekolh yang lain .apakh NUPTK saya masih berlaku ?

    santi mart sinaga said:
    26 September, 2013 pukul 7:22 am

    saya tahun 2008 sudah mengajukan INPASSING.tetapi saya belum tahu apakah SK INPASSING saya telah keluar. bagaimana caranya / Nama saya Santi Mart Sinaga.ketika Inpassing saya mengajar di sekolah katolik serdang murni sumatera utara.

    lina listiana said:
    24 Januari, 2014 pukul 3:07 am

    pak mau tanya , kan skrg katanya hanya sk kepala daerah yg berlaku untuk membuat nuptk, bagaimana dengan saya yg mengajar disekolah negerI? Apakah ada solusinya agar bisa mendapatkan nuptk ? saya honorer di sekolah negeri sudah lima tahun sukses. Terimakasih

      fansmaniac responded:
      30 Januari, 2014 pukul 5:12 pm

      Mohon maaf bu, untuk NUPTK memang hanya pegawai negeri atau pegawai tetap yayasan yang bisa memilikinya. untuk honorer bukan dengan APBD hanya mendapatkan PegId didalam sistem Padamu Negeri

    Verdi Yasin said:
    2 Februari, 2014 pukul 6:49 pm

    Menurut saya kebijakan pemerintah tidak Adil. yakni para Guru baik PNS maupun Non PNS mendapatkan Tunjangan Fungsional, sedangkan Dosen Non PNS tidak mendapatkan Tunjangan Fungsional padahal tugas dosen cukut berat. bahwa bagian dari pendidk yang mencerdaskan anak-anak bangsa. kalau di lihat dari laporan, Dosen wajib menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi dan harus memberi laporan setiap semester melalui perguruan tinggi sebagai Dosen Tetapnya Ke DIKTI/Kopertis.

    Hajrah hanafi said:
    21 Februari, 2014 pukul 12:20 pm

    saya Hajrah hanafi sekarang bertugas sebagai guru honor di Sd Inpres Tangkala I kec biringkanaya Makassar,sdh 10 tahun pengabdi didua sekolah,saya diberi SK dari kepsek saja selama ini,ut mengurus no NUPTK saat ini sangat susah,Karna SK kepsek tdk berlaku ut pengurusan NUPTK yg diminta SK walikota,mengapa harus begitu padahal dulukan tdk sesulik ini pengurusannya

    Resy nopalia said:
    23 Maret, 2014 pukul 5:38 pm

    Ass..” saya sebagi tenaga honor di sd n heni arong.umur 20 thn. sudah mngjar lebih kurang 9 bln. Yang mau sya tanya kan kenapa saya tidak bisa masuk kuliah UT kalau belum ada NUPTK. Padehal saya pengen segera masuk kuliah . Bagimana cara atau solusinya biar cepat dapat nuptk dan bisa masuk kuliah, trimks . Mohon sangat bantuanya ??

      fansmaniac responded:
      22 April, 2014 pukul 3:49 pm

      Sebenarnya tidak aturannya kalo mau masuk UT harus ada NUPTK, namun mungkin itu disyaratkan karena mengingat UT merupakan satu2nya universitas yang diizinkan melakukan perkuliahan jarak jauh sehingga hanya guru yang diakui saja yang dapat kuliah non reguler tersebut. Untuk mendapatkan NUPTK bu Resy harus merupakan PNS, guru honor daerah, atau Guru Tetap Yayasan

    MUKRIMAH. S. Pd. I said:
    21 Juli, 2014 pukul 7:44 am

    saya mengajukan NUPTK sejak 2011 pada operator kabupaten sumenep, tapi belum keluar juga. Sudah tanya beberapa kali katanya menunggu bulan depan. Karena belum keluar juga, akhirnya tahun 2013 saya mengisi data akun padamu negeri begitu juga berkasnya sudah di kasih tapi sampai sekarang juga belum keluar. Saya sendiri bingung harus bagaimana? Semua data dan berkas sudah kami periksa ternyata benar. Tolong bantu kami. MUKRIMAH GURU AL ISHAQIYAH KABUPATEN SUMENEP

    Siti Mawiyah said:
    15 Oktober, 2014 pukul 12:53 pm

    saya dr udah daftar NUPTK tapi saya lupa nomor dan paswordnya,, gamana ya solusinya?

    hasnawaty said:
    15 November, 2014 pukul 5:58 am

    saya guru honor komite yang sudah memiliki NUPTK, tapi hanya sekali saya mendapatkan tunjangan fungsional, kapan ada tunjangan lagi?

    Nurul Azizah (@nuazhy) said:
    17 November, 2014 pukul 8:00 am

    Saya juga belum mendaftar NUPTK, karena saya dapat info bahwa untuk mendaftar NUPTK harus mempunyai masa kerja minimal 4 tahun, bagaimana?

    andriyanti said:
    10 Desember, 2014 pukul 2:44 am

    Saya mau tny,jika NUPTK sdh dinonaktifkan kemudian akan diaktifkan kembali bisa atau tidak?!lalu untuk mengaktifkan kembali saya harus mengurus kemana?!

    heningfitriyani said:
    2 Februari, 2015 pukul 5:03 pm

    Salam… Saya mau nanya, saat ini saya sedang bimbang, antara nuptk dan S1 PG Paud mana yang lebih penting, karena keduanya belum saya dapatkan. Mohon penjelasannya. Makasih…

    jayadi said:
    14 April, 2015 pukul 4:31 am

    maaf mas, mo nanya, istri saya sudah menghonor hampir 8 tahun, tetapi pendidikannya SMK saja..tetapi rencananya akan kuliah. bisa ngak kira-kira dapat NUPTK?mohon dibalas di email saya, ya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s