Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif

Posted on

Seorang guru/instruktur/dosen harus memiliki kemampuan yang baik dalam menyampaikan materi yang diajarkannya, bila tidak… maka yang terjadi adalah siswa/mahasiswa akan kurang faham, tidak menyukai mata pelajaran tersebut atau bahkan anda sendiri sebagai pengajar tidak disukai. Tidak pelit nilai mungkin hal yang bijak sebagai seorang pengajar dan tentunya anda akan menjadi pengajar favorit dikelas, tetapi hal ini tidak mendidik dan merugikan siswa yang anda didik. Berikut ini ada beberapa tips yang biasa saya lakukan bila menyampaikan materi dikelas :

Sebelum Menyampaikan Materi :

  1. Pelajarilah kembali materi yang akan disampaikan dan buatlah rangkuman atau point-point penting pada materi tersebut, karena mungkin anda banyak mengajar mata pelajaran lainnya maka terkadang sudah agak lupa dengan materi ini sehingga perlu dipelajari lagi agar lebih siap.
  2. Buatlah diktat atau rangkuman yang dapat di fotocopy atau disalin oleh siswa, sehingga kita tidak perlu merujuk banyak buku kepada siswa. Hal ini juga memudahkan siswa sehingga ia tidak perlu banyak membeli buku. Apabila mata pelajarannya eksak/hitungan, buatlah rangkuman rumus kepada siswa.
  3. Siapkan soal-soal latihan sebanyak-banyaknya dan dibagi menjadi kategori ringan, sedang, dan susah. Rangkum semua soal tersebut dalam satu buku atau file dan buat memo disetiap soal tersebut… memo ini dibuat agar anda tahu kapan anda pernah memberikannya kepada siswa dan pada kelas berapa, sehingga soal yang sudah diberikan tidak disampaikan lagi pada pertemuan berikutnya.
  4. Milikilah absen siswa anda, dan buatlah tabel nilai dan presentase kemajuan siswa. Hal ini berguna agar anda dapat mengetahui apakah materi anda telah diserap dengan baik oleh siswa dan siswa mana yang perlu anda bimbing lebih ekstra agar nilainya tidak jatuh.

Saat di Kelas :

  1. Buatlah suasana yang menarik dan tidak membosankan, untuk itu anda harus banyak latihan agar cara berbicara, sikap, dan metode ajar anda dapat diterima dengan baik oleh siswa. Menjadi guru yang garang dan terlalu disiplin terkadang akan membentuk siswa yang keras juga, untuk itu buatlah siswa takut karena hormat kepada anda dan bukan takut karena hukuman anda. Pernah ada siswa yang sangat nakal, namun ia justru malu dan takut dengan salah satu guru yang sangat dihormatinya. Berikan perhatian anda dengan penuh kasih sayang, bukan mencari kesalahan mereka..
  2. Buatlah quiz di awal dan akhir penyampaian materi, bila waktu tidak memungkinkan lakukan hanya di akhir materi bukan diawalnya… hal ini dapat menjadi indikator apakah materi yang telah disampaikan sudah diterima dengan baik oleh siswa. Saya banyak mengalami quiz dilakukan hanya di awal materi, hal ini hanya membuang waktu dan tidak efisien karena secara logika tentunya siswa belum mengetahui materi yang akan disampaikan. Kalo soal quiznya materi hari kemaren itu namanya ulangan… jadi perlu bedakan antara quiz dengan ulangan yach…
  3. Sampaikan materi dengan menyampaikan point-point pentingnya saja, jangan terlalu banyak bertele-tele atau terlalu banyak bercerita yang bukan dalam ruang lingkup materi anda. Untuk materi eksak, perbanyaklah contoh soal… sampaikan perlahan dan buat agar siswa juga sama2 ikut berfikir.
  4. Lakukan sistem ajar yang lebih interaktif berupa tanya jawab, pancinglah siswa agar banyak bertanya. Selain itu ada juga perlunya anda bersenda gurau disela-sela penyampaian materi agar tidak terlalu tegang.
  5. Pekerjaan Rumah (PR) dapat anda berikan setiap akhir penyampaian materi, namun bila ternyata itu tidak efektif misalnya banyak yang tidak mengerjakan atau ternyata banyak yang saling mencontek pekerjaan teman2nya sebaiknya metode PR nya anda ubah misal dengan beda soal tiap siswa atau cara lainnya.
  6. Anda perlu melakukan evaluasi terhadap cara anda mengajar, ini bisa dilakukan dengan memberikan questioner pada siswa terhadap cara mengajar anda.
  7. Anda juga dapat melakukan quiz interaktif, yaitu dengan membaca soal satu persatu dan mahasiswa langsung menjawab.. anda berikan waktu yang terbatas untuk menjawab soal tersebut. Misal bacakan soal no. 1 kemudian langsung dijawab oleh siswa, setelah itu bacakan soal no.2 kemudian siswa menjawab, demikian seterusnya… metode ini membuat siswa berfikir cepat dan tidak dapat mencontek.

Selamat mengabdi, didiklah anak kita untuk kemajuan bangsa dimasa yang akan datang… Semoga Bermanfaat.

101 thoughts on “Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif

    aries said:
    4 Maret, 2010 pukul 11:57 am

    terima kasih buat informasinya, telah mengingatkan saya kembali tentang kuliah akta IV yang pernah saya ambil, tips nya berguna buak pekerjaan saya.

    nouf said:
    24 Maret, 2010 pukul 6:17 am

    salah satu kelemahanku dulu sewaktu jadi guru, aq ga suka mempelajari materi krn kupikir aq udah hafal di luar kepala…namun kalau ada yg aq blum tahu, aq coba cari dr referensi lainnya.. seneng banget kasih tugas n PR apalagi kalau outdoor, wah anak2 seneng banget… ^^
    jadi ingat jadul… makasih infonya mas…^^

      fansmaniac responded:
      24 Maret, 2010 pukul 7:22 am

      @nouf : menurut saya jangan dihafal apalagi diluar kepala bisa lupa hehe… di pahami aja. Tetapi tergantung gurunya sih, kalo pandai mengajar maka anak akan mudah mengerti. Itu adalah seni dalam mengajar…

    Fanie said:
    21 April, 2010 pukul 4:50 pm

    Info yng bermanfaat………thanks

      fansmaniac responded:
      22 April, 2010 pukul 4:36 am

      @Fanie : Sama2 bu :D

    Nia Afriana said:
    6 Mei, 2010 pukul 6:04 am

    Trims ya tulisannya berguna sekali buat saya yang baru mau terjun ke dunia pendidikan.

      fansmaniac responded:
      7 Mei, 2010 pukul 8:48 am

      @Nia Afriana : Iya sama2 bu, selamat ya? moga sukses bu

    dori said:
    16 Mei, 2010 pukul 12:21 am

    mas tolong saya kirimi tutorial mengajar bahasa inggris kelas x. saya mau diklat sertifikasi 2010.
    apa saja yang bisa saya presentasikan nanti pada saat diklat. maklumlah saya bukan dari jurusan pendidikan tapi pengen mengajar. selama ini saya mengajar tidak selalu menggunakan bahasa inggris. karena klo mengunakan bahasa inggris mereka tidak mau ikut belajar dengan alasan tidak mengerti. saya mengajar di swasta di desa.
    yang selama ini saya ajarkan hanyalah structure atau grammer. trims atas perhatianya.

      wawan said:
      22 Desember, 2011 pukul 3:50 pm

      good question same with me….
      good regard from me “waji”

      Ardian Kalem said:
      11 Oktober, 2012 pukul 3:48 am

      ya hub aq 085325248891 ( nur)

    hendra undras said:
    17 Mei, 2010 pukul 8:09 am

    trima kasih atas sarannya sangat baik dan efektif sekali…singkat, mudah dipahami dan padat…

      fansmaniac responded:
      19 Mei, 2010 pukul 12:07 pm

      @hendra undras : Trims atas kunjungan anda :D

    jun said:
    25 Mei, 2010 pukul 5:20 am

    bentar saia save dulu :)

    jos said:
    30 Mei, 2010 pukul 2:24 am

    terims banyak,
    sy seorang calon guru ,bagaimana cara kita untuk lebih berwibawa dan disegani anak murid?

      fansmaniac responded:
      31 Mei, 2010 pukul 2:31 am

      @jos : untuk menjadi guru yg berwibawa dan disegani itu relatif pak, inti utamanya adalah semakin anda dihormati maka anda semakin disegani… guru yang dihormati dan disegani adalah guru yang dicintai murid2nya. Jadi segan dan hormat itu bukan karena garang tetapi karena dicintai :D dicintai bukan berarti karena baik dan gampang nilai, tetapi karena kita menyayangi murid2 kita dan mendidiknya dengan setulus hati..
      Selamat mengabdi pak guru :D

    Yossy Y. Pirerasesa said:
    20 Juni, 2010 pukul 7:11 am

    Saya calon pengajar, makax skrg lagi nyari sumber mengenai cara-cara untk mngajar yg baik. (^_^)
    makasih ya atas infonya…smoga bisa saya terapkan nnti. & sya yakin psti akn sngat brguna.
    Thx..

    desi rnawati said:
    26 Juli, 2010 pukul 11:08 am

    saya belum pernah mengajar,bahkan ini pengalaman petama saya mengajar di smp…
    yang ingin saya tanyakan
    1. bagaimana cara mengajar yang baik dan tidak terlihat grogi?
    2. bagaimana cara menguasai materi?
    3. bagaimana jika ada siwa yang bErtanya kita tidak bisa menjawabnya?
    4. bagaimana cara menguasai kelas

      GrOgi LoVeRs said:
      28 Oktober, 2011 pukul 2:17 pm

      munculnya grogi dalam diri manusia itu sendiri merupakan hal yang natural
      selama ini kita menganggap bahwa grogi merupakan sesuatu yg akan mengahncurkan penampilan kita
      klw kita berfikir seperti itu ………….kurang tepat!!!!!!!!!

      kebanyakan pembicara2 hebat dunia merupakan org2 yg memang pada awalnya punya rasa grogi yang sangat tinggi….
      tapi mengapa mereka bisa jadi pembicara yg hebat???????

      dari situ sy bisa simpulkan bahwa grogi itu merupakan sebuah kekuatan yang sangat besar atau bisa sy katakan sebuah mesin pendorong yang sangat kuat yg akan membuat penampilan kita lebih baik dari yang kita bayangkan

      logikanya seperti ini:
      kita grogi karena kita takut untuk menampilkan sesuatu yang buruk..
      iya kan!!!!
      klw kita takut menampilkan sesuatu yg buruk, maka pasti kita terdorong untuk menampilkan sesuatu yg LEBIH BAIK

      maka dari itu:
      nikmati grogimu
      biarkanlah dia mengalir
      menjadi energi positif

      fansmaniac responded:
      31 Oktober, 2011 pukul 7:57 am

      Terima kasih sekali atas tambahannya :D

    tovan zulkifli said:
    6 Agustus, 2010 pukul 7:53 am

    trimakasih atas infonya,,, karna ini sangat berguna bwt saya,,,,

      Mariya Listiani said:
      10 Agustus, 2010 pukul 8:13 am

      terima kasih yaa infonya..
      saya banyak belajar dari artikel ini,karna saya baru memulai mengajar….

      fansmaniac responded:
      21 Agustus, 2010 pukul 8:33 am

      @Mariya : sama2 bu, itu berdasarkan pengalaman jadi nggak ada salahnya untuk berbagi

    aFni Khadijah said:
    18 Agustus, 2010 pukul 3:01 am

    pak, makasii yah atas sharing inFo nYahh

    ditunggu inFo tehnik mengajar Yg lain..

      fansmaniac responded:
      21 Agustus, 2010 pukul 8:45 am

      @Afni : Monggo, insa Allah bila ada lagi akan saya sharing kan

    Yoyon Ugang sayu said:
    12 September, 2010 pukul 7:43 am

    link blog anda udah aku pasang dengan nama fansmania cari di blogku link sahabat .aku tunggu. pasang link blogku juga ya,,

    http://yoyon12.wordpress.com

    Mari bertukar link « Yoyon12's Blog said:
    12 September, 2010 pukul 7:46 am

    […] fansmania […]

    Mahmuddin said:
    30 September, 2010 pukul 9:54 am

    Infonx sng bermanfaat tlg klu boleh di tampilkan macam2 metode yg tepat dan banyak di gunakan utamanx menghadapi anak yg nakal dan lelet

    dyn said:
    25 Oktober, 2010 pukul 7:30 am

    bagaimana cara menjadi guru yang di segani ? dengan cara yang halus murid tetap tidak patuh apakah harus dengan sikap keras ? kasih saran donk ?

      fansmaniac responded:
      30 Oktober, 2010 pukul 7:38 am

      @dyn : saya rasa ada 2 faktor penyebab mengapa guru di segani, yang pertama di segani karena garang atau mempunyai peran penting dan yang kedua disegani karena disayangi dan dihormati. Mungkin cara kedua agak lebih gampang, buat siswa merasa senang dan sayang dengan anda maka anda akan disegani sampai mereka besar..

    mailati said:
    17 Desember, 2010 pukul 12:23 pm

    hay cwk tomboy

    dwi nurdianto said:
    20 Januari, 2011 pukul 7:12 am

    Terima kasih banyak tulisannya, terus terang sangat bermanfaat sekali bagi kami sebagai guru yang harus banyak belajar supaya menjadi lebih baik lagi.

    VINA said:
    31 Maret, 2011 pukul 7:13 am

    tx bangat buat tulisannya, terus terang sangat bermanfaat bgt buat, yang menjadi masalah saya sering grogi dlm mengajar, kurang percaya diri dan tidak bisa banyak bicara, kasi ide donk

    Suhendra said:
    4 Mei, 2011 pukul 8:47 am

    mantapz…

    Andi said:
    4 Mei, 2011 pukul 2:13 pm

    oke deh,,,makasih y

    Makalah Pendidikan said:
    5 Mei, 2011 pukul 4:52 pm

    trimksih banyak. semoga inspirasi anda menggugah para guru utk mengajar lebih baik lagi…

    Jenrin Marmay said:
    14 Mei, 2011 pukul 3:44 am

    terima kasih pak Irfan atas teknik mengajarx yg baik
    insya Allah bsa brmnfaat utk kami smua
    amin………..

      fansmaniac responded:
      26 Mei, 2011 pukul 12:56 am

      @Jenrin : Terima kasih telah berkunjung pak.. sama2

      edi susanto said:
      6 Juni, 2011 pukul 1:51 am

      terima kasieh atas sarannya………..

    Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif « mazbenz said:
    18 Mei, 2011 pukul 4:43 pm

    […] dari sini SukaBe the first to like this […]

    riyadi said:
    15 Juni, 2011 pukul 10:26 am

    informasi bagus ijin di share ke kawan2 guru ya, thxs

    elfhand said:
    8 Juli, 2011 pukul 8:37 am

    bagus…….
    tapi kalo kebanyakan quisioner siswa cenderung bosan terutama siswa yang susah diajak berfikir…… apa lagi siswa yang berani pada guru….. maklum guruku banyak pake quisioner…. dan nilai yang dikeluarkan mesti dipresentasi dari semua aspek…. tapi teknik diatas cukup membangun…. thank kyu…

    rahmad said:
    12 Juli, 2011 pukul 3:04 am

    trima kasih atas informasinya…

    hans said:
    1 Agustus, 2011 pukul 6:45 am

    makasih atas informsinya…..

    syarifah said:
    12 Agustus, 2011 pukul 10:33 am

    wa infonya sangat membantu ni pak…haturnuhun y…

    Cara Belajar Gitar said:
    23 Agustus, 2011 pukul 9:32 am

    Terima Kasih pak Guru…

    eka said:
    11 September, 2011 pukul 4:18 am

    terimakasih saran dan infonya.. :)

    riki said:
    29 September, 2011 pukul 4:30 am

    terimakasih saran anda tepat sekali saya pendidik merasakannya dan itu memang terjadi coba kalau semua guru berfikir seperti anda dunia pendidikan kita akan maju

      fansmaniac responded:
      29 September, 2011 pukul 5:04 am

      @riki : terima kasih pak riki, sebagai guru/instruktur/pelatih kita harus profesional terhadap apa yg kita geluti dan tentunya mempelajari berbagai teknik mengajar yg dpt membuat siswa mudah menerimanya

    Dadang Juara Setyo Nugroho, S.Pd said:
    9 Oktober, 2011 pukul 7:23 pm

    Assalamu’alaikum… Mantap pak share anda khususnya untuk guru seperti saya, ijin share posting ini ke blog sekolah kami ya pak…? Terimakasih… Wassalamu’alaikum…

    rida said:
    11 Oktober, 2011 pukul 12:55 pm

    Aslmkm
    Terima kasih ya pak…
    Saya jd tau…
    Cocok bgt saya mengetahui ini,karna saya calon guru yang nantinya akan mencerdaskan anak bangsa..

    johansen hutajulu said:
    15 Oktober, 2011 pukul 4:26 am

    dalam mengajar diperlukan ketenangan….
    penguasaan materi, humor….saya sangat setuju…trims boss…

    zie said:
    19 Oktober, 2011 pukul 5:41 am

    makasi tas infona mas, ini jadi motivasi saya buat menjadi guru yang lebih baik. saya da problem neh mas ma murid saya……sy punya murid private perempuan usia 5 tahun. sy cuma dtugaskan ortuna utk mengajarkn dia membaca dan kjain pr.kliatanna gampang mas tp stela djalani trnyata sangat sulit krn anakna pemalas dan tidak ada minat blajar ma skali….sudah 3 bln sy ajarkn dia pningkatana sngat lambat bahkan blakangan mlah mnurun drastis. stiap kali dsuru buat pr dia nangis jerit2.padahal tdk sy apa2in. sy bujuk pake permen jg uda ga mempan dia cuma mau permenna aja sy baik2in jg ga mempan dplototin dia triak2……. sy suda ptus asa mas sy malu ama mamana krn anakna tdk ada kmajuan sy harus bagaimana mas??? tolong kasi saran pliz………………………

    Uchen Ranti said:
    29 Oktober, 2011 pukul 2:09 am

    adkah matri yang baik selain dri yang tu

    obinhut said:
    29 Oktober, 2011 pukul 3:19 pm

    wah, info yang sangat berguna pak ! Teman saya yang nyari ini, saya mah bukan siswa bukan juga guru.

    kak zepe lagu2anak.blogspot.com said:
    8 November, 2011 pukul 8:29 am

    Hai..salam kenal..nama saya Kak Zepe.
    Saya juga punya sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris.
    Khususnya buat anak-anak.. yaitu.. METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGRIS LEWAT LAGU.
    Kalau mau tahu lebih lengkap, silakan bergabung di blog saya.
    Ada di

    http://lagu2anak.blogspot.com

    Sekalian ikut serta dalam mengembangkan lagu anak di tanah air yang kian merosot…
    Mohon dukungannya untuk mensukseskan gerakan ini.
    Salam cinta lagu2anak…

    Tia Aprilyani said:
    10 November, 2011 pukul 1:57 pm

    Thanx’s bget yach ats info’y.. B’gna bget bwt sy yg bru mulai terjun di dunia pendidikan..

    john kennedy ayu potters said:
    15 November, 2011 pukul 4:58 am

    saya sebagai guru sangat bermanfaat atas informasi anda. thx again!!! :)

    john kennedy ayu potters said:
    15 November, 2011 pukul 5:01 am

    terimaksih atas informasinya karenaa informasi ini penting untuk aku sebagai siswa yg bercita-cita menjadi seorang pengajar (guru). thx again!!!

    tri setyo said:
    30 Desember, 2011 pukul 6:54 am

    bagaimana jika kita sebagai pengajar kalah dalam hal materi dr murid?

      fansmaniac responded:
      10 Januari, 2012 pukul 5:52 am

      @tri setyo : tidak selamanya guru harus lebih pintar dari murid, tetapi tugas kita sebagai guru adalah membimbing dan membina murid bukan menjadi lebih pintar dari murid :)

    amdkuri said:
    12 Januari, 2012 pukul 8:10 pm

    hebat

    yuli said:
    14 Januari, 2012 pukul 10:02 am

    trima ksih atas infox,,,

    muksin said:
    19 Januari, 2012 pukul 1:19 pm

    hebat……
    makasih atas infonya…………………

    ibnukholilulloh said:
    27 Januari, 2012 pukul 1:52 am

    trimakasi bnyak…atas penjelsnnya

    reisa said:
    7 Februari, 2012 pukul 3:34 am

    Mksih BnyAk tAS infONya sMoGa biSA q AmaLkan KeLak.

    eka budiari said:
    7 Februari, 2012 pukul 5:21 am

    semua caranya jadi satu.

    esa said:
    9 Februari, 2012 pukul 11:02 am

    assalamu’alaikum.
    makash mas atas infonya. sangat berguna untk saya yang mungkin saya akan menjadi guru. sbenarnya sih gmw jd guru hehehe tp mungkin ini adalah jln terbaik yg dberikan Alloh.
    hari ini adlah hr pertma saya PPL d salah satu SMA Kota Bandung. grogi, malu smw’y cmpur aduk, pdhal itu bru perkenalan terhadap murid. apa jd nya mnggu dpan saat mngajarkan materi.
    krna pada dasar’y saya pemalu dan kurang handal dalam bersosialisasi. saya tkut murid yg akan saya didik akan kurang berminat terhadap materi yg akan saya ajarkan.
    dan umur mrka jg tdak jauh dari umur saya.. tkutnya mrka yg malah take control of the class.
    sarannya mas?

    salam kenal mas

      fansmaniac responded:
      10 Februari, 2012 pukul 3:00 am

      Practice make perfect, gpp kok seiring waktu anda akan terbiasa dan mulai menemukan teknik mengajar yang tepat menurut anda. Selamat mengabdi :)

    esa said:
    10 Februari, 2012 pukul 8:59 am

    hatur nuhun vsan mas.
    inyaAlloh saya akan ikhlas menjalankannya.
    hehehe

    Victorinpegritmamusu said:
    18 Februari, 2012 pukul 9:22 pm

    Trimakasih banyak atas informasinya.. Sbenarnya sy blum jadi guru.. Sy msi kuliah smester 6,. Mudah mudahan kedepannya bsa jd gru.. Skli lg thksss..

    evan said:
    3 Maret, 2012 pukul 5:46 pm

    trims pak dngan ini sy sbgai clon guru mnjd lbih byk tau bgaimana tknik mngajr yg baik……..

    evan nggorong said:
    3 Maret, 2012 pukul 5:50 pm

    pak bantu sya krimkn metode pembeljran penjas yg lengkap

    evan nggorong said:
    3 Maret, 2012 pukul 5:50 pm

    pak bantu sya krimkn metode pembeljran penjas yg lengkap, trims………..

    ambar said:
    4 Maret, 2012 pukul 12:54 pm

    kereen, aku bru be2rapa mnggu jdi gru les b. Inggrs, tpi msh bngung bgaimna cara mngjar yg baik dn cra mnghbskn wktu mngajar’a.

    riezfi said:
    12 Maret, 2012 pukul 11:45 pm

    kadang orang yang pinter tidak basa menyampaikan sesuatu yang anda tau untuk orang lain, dan begitu pula dengan sebaliknya orang yang berpengetahuan sedang2 ia dapat menyampaikan materi2 dengan baik,, padahal materi yang ia sampaikan biasa2 saja… bermodalkan pandai mengolah kata saja….

    Good Teach and Effective Teaching « rahmastarshine said:
    20 Maret, 2012 pukul 9:51 am

    […] http://irfansworld.com/2009/06/24/teknik-mengajar-yang-baik-dan-efektif/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this post.  March 20, 2012  rahmastarshine Categories: artikel Tags: Good Teach and Effective Teaching […]

    Fakhry said:
    27 Maret, 2012 pukul 4:01 pm

    Thank’s bwt infonya..

    eko prasetyo said:
    28 Maret, 2012 pukul 8:54 am

    bagaimana supaya bisa banyak omong,maksudnya,saya adalah tipe pendiam yg ga banyak omong. kadang saya sendiri merasa kurang nyaman karna terlalu kaku/formalitas.mohon saran n nbimbingannya,trims….

    eko prasetyo said:
    28 Maret, 2012 pukul 8:57 am

    mohon saran tuk mengajar tdk terlalu pelit bicara/pendiam. trima kasih sebelumnya.

    BettY said:
    10 April, 2012 pukul 8:49 pm

    Manage time is so important for teach..

    Aniar Tiani said:
    17 April, 2012 pukul 7:25 am

    mohon saran dalam mengajar anak2 bisa enjoy dalam proses belajar d sekolahan!? matur swun

      eko prasetyo said:
      18 April, 2012 pukul 8:05 am

      saya blum bisa menemukan jurus/cara jitu tuk supaya siswa bisa tenang/nurut dngn omongan guru dlm wktu kls (belajar mengajar),mohon bantuannya,trims

      fansmaniac responded:
      2 Mei, 2012 pukul 1:26 am

      Buat menjadi Menarik, buat penyampaian materi menjadi menarik tentu perhatian siswa akan terfokus kepada kita

      fansmaniac responded:
      20 April, 2012 pukul 2:10 am

      Salam bu Aniar, agar anak2 bisa enjoy dalam menerima materi pelajaran kita menurut sy penyampaiannya juga harus enjoy (santai).. jangan tlalu menggunakan bahasa formal, pakai bahasa sehari2 saja dan jangan terlalu serius. Mudah2an bisa membantu

    lina said:
    23 April, 2012 pukul 3:50 am

    terima kasih bnyak ya…. infonya sangat mendukung…. saya bisa terinspirasi….

    arun said:
    3 Mei, 2012 pukul 12:50 am

    teri

      arun said:
      3 Mei, 2012 pukul 12:53 am

      z kurang paham bagai mana cara kita berbahasa inggris yang baik beserta aturan yang baik,,,, tolang berikan saran kawan kawan,,,,? terimakasi

    noverta enur said:
    13 Mei, 2012 pukul 9:23 am

    saya mau tanya syarat-syarat menyampaikan materi yang baik itu bagaimana?

      fansmaniac responded:
      15 Mei, 2012 pukul 7:29 am

      Penyampaian materi yg baik artinya materi tersebut dapat diserap oleh siswa secara baik puka, namun biasanya bbrp faktor yg berpengaruh yaitu : penguasaan materi oleh guru, kondisi kelas (misal jumlah siswa bila kebanyakan akan sulit, udara panas buat tdk konsen, dsb), dan terakhir faktor siswa itu sndiri. Mgkn perlu banyak uji coba krn biasanya lain kelas lain siswa lain pula caranya

    eka handayani said:
    19 Juni, 2012 pukul 1:57 pm

    useful…
    tq so much. saya jg br insaf setelah beberapa hari lalu mengikuti PLPG. Namun yang ingin saya tanyakan, bagaimana mengatasi siswa yg over (suka mengganggu teman, ribut sendiri) maklum saya mengajar di sekolah swasta pak. bukan meng-jugs anaknya nakal namun rata-rata seperti itu. akhirnya pengendalian kondiisi kelas lebih utama. tq before for your suggestion…..

    Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif « lukecyber said:
    24 Juli, 2012 pukul 4:31 am

    […] didiklah anak kita untuk kemajuan bangsa dimasa yang akan datang… Semoga Bermanfaat.  sumber : http://irfansworld.com/2009/06/24/teknik-mengajar-yang-baik-dan-efektif/ Bagikan ini:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like […]

    ZU_YI said:
    25 Juli, 2012 pukul 3:21 am

    tolong bagaimana cara untuk berbicara kepada siswa yang luwes??

    eka handayani said:
    9 September, 2012 pukul 11:04 am

    tq pak infonya. tp y memang malesnya guru untuk persiapan mengajar. he… hbs sdh capek duluan buat2 perangkat yang setiap tahun berubah. selalu persiapan monitoring baik dari sklh atau dinas. btw saya butuh banyak info dr bpk. supaya bs lebih baik lg dalam mengajar. lebih baiknya lg ada contohnya, baik materi dan contoh soalnya. terimakasih…

    aranio creatif said:
    27 Oktober, 2012 pukul 8:46 am

    terima kasih

    nourma rahmita amalia said:
    15 November, 2012 pukul 3:20 am

    mkasih pak infonya sangat membantu sya dalam melaksanakan PLP ini,,

    ricky said:
    10 Januari, 2013 pukul 5:03 pm

    maaf, artikel ini bagus menurut saya, tapi siapa penulisnya yach? soalnya saya butuh nama penulis untuk membantu skripsi saya… thanks before

    Rian Iskandar said:
    21 Januari, 2013 pukul 2:51 pm

    Makasih atas Pencerahannya yah Mr/Mrs. admin? aku jadi paham sedikit ttg Pembawaan materiku u/ pembelajaran besok lagi pula saya mahasiswa baru maw PPL,. jadi aku butuh bimbingan admin, bgmana cara memulai pembelajaran, inti pembelajaran, n akhir pembelajarn,. apa ajah intinya? makasih.

    Teknik Mengajar Yang Baik dan Efektif (share) • Guraru said:
    25 Februari, 2013 pukul 9:21 am

    […] sumber […]

    Jasa said:
    8 Januari, 2014 pukul 1:49 am

    Terima kasih bagus sekali… ijin share ya…???

      fansmaniac responded:
      17 Januari, 2014 pukul 12:37 am

      Monggo mas :)

    JURNAL PTK BAHASA INGGRIS | bardimpd said:
    3 Juni, 2015 pukul 1:42 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s