Tips Untuk Bermain Saham

Posted on Updated on

Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari dalam memilih saham. Saya berani mengutarakan hal ini karena beberapa kali pernah mengalaminya, kalah dalam trading, belajar dari kesalahan dan tentunya juga intisari yang saya dapat dari literatur-literatur.

  • Jangan paksakan untuk trading saham jika mood anda sedang tidak bagus.
  • Jangan pernah melawan arus, ikuti arah pergerakannya, ingat, buy the rumors sell the news (jika anda ingin main short-term).
  • Pada saat berita muncul, bisa jadi sudah bukan waktu yang tepat untuk masuk.
  • Jika anda ingin main long-term, perkuat informasi dan analisa fundamental saham perusahaan bersangkutan dahulu baru dilanjutkan dengan analisa teknikal.
  • Selalu buy low-sell high, kenyataannya, banyak orang takut untuk membeli saat harga turun (takut turun lagi), langsung menjual begitu harga naik sedikit, kadang kala saham memerlukan lebih banyak waktu untuk naik.
  • Bijaksanalah dalam menentukan pilihan saham, minta saran dari orang terpercaya.
  • Jangan percaya begitu saja dengan broker anda (maaf, ini tidak bermaksud untuk menjelekjelekkan/menghasut), beberapa broker tidak peduli apakah anda untung/rugi, yang penting bagi mereka, anda melakukan transaksi sebanyak mungkin, makin banyak lot-nya, makin banyak komisi mereka. Minta saran broker yang baik dari kolega anda karena bagaimana pun, untuk membeli saham, anda harus melalui perantara broker.
  • Hindari meminta tips dari orang-orang yang diragukan kredibilitasnya tetapi mengaku-ngaku sudah berpengalaman puluhan tahun.
  • Jangan membeli saham hanya karena anda fanatik dengan merk/label tertentu, ingat, anda main saham untuk mencari profit bukan alasan fanatisme.
  • Disiplin, tentukanlah target profit/cut loss anda, setahu saya, harga saham juga dikendalikan oleh pakar-pakar saham dari perusahaan bersangkutan, mereka inilah yang ditugaskan untuk menjaga harga sahamnya, seandainya terjadi perubahan harga drastis secara cepat, pasti ada yang miss, anda wajib untuk segera mencari tahu.
  • Hindari menyaring informasi saham dari media seperti internet yang berupa email, bulletin board/forum yang tidak jelas asal-usulnya.
  • Hati-hati dengan website yang menyajikan rekomendasi tentang saham tertentu dari para analisnya karena analis bisa saja punya kepentingan bisnis.
  • Jangan percaya dengan selebaran, iklan di media, brosur, pamflet yang menulis review jika saham X layak dikoleksi.
  • Logikanya, jika memang menguntungkan, saya pribadi tidak akan sharing kepada orang lain, lebih baik beli sendiri saja.

Dikutip dari : http://rencana-keuangan.blogspot.com

4 thoughts on “Tips Untuk Bermain Saham

    Heru Herwantoro said:
    21 Agustus, 2010 pukul 3:51 pm

    KamehaShop™ said:
    28 Mei, 2011 pukul 10:13 pm

    “Logikanya, jika memang menguntungkan, saya pribadi tidak akan sharing kepada orang lain, lebih baik beli sendiri saja.”

    bener banget mas ^_^

    ryan said:
    23 Agustus, 2011 pukul 4:39 am

    tau situs web yg ok punya untuk kita2 sebagai pemula untuk mencoba simulasi saham nggak pak? sy ingin mencoba simulasi dulu sebeblum terjun langsung🙂

    trims

      fansmaniac responded:
      3 September, 2011 pukul 4:05 pm

      Untuk simulasi banyak kok yg menyediakan aplikasinya, bisa di marketiva atau aplikasi lainnya coba di browsing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s