Memulai Usaha Dengan Modal Minim atau Tanpa Modal

Posted on Updated on

Saya tertarik untuk membuat tulisan ini setelah membuka sebuah blog yang menyatakan bahwa tidak ada usaha tanpa modal, alias modal dengkul.  Selain itu juga terdapat tulisan yang mengatakan bahwa sangat mudah memulai usaha bila ada modal usaha.  Menurut saya tidak ada yang tidak mungkin, semua ada jalan keluarnya dan semua itu bisa ada bila kita sendiri kreatif dan punya akal untuk menjalankan bisnis anda apapun caranya.

Bagaimana bisa membuka usaha hanya dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal bisa dapat uang ?  Anda salah satu diantara orang yang bertanya demikian? Atau anda berniat membuka usaha tapi modal pas-pasan? Pertanyaan pertama sebelum anda memulai usaha adalah “apakah anda sungguh-sungguh?” artinya apakah usaha yang akan anda buka adalah benar2 untuk mencari uang atau hanya sebatas hoby saja ? atau bahkan hanya keinginan sesaat yang muncul ketika anda melihat orang lain membuka usaha?

Karena perlu diingat, yang namanya modal dengkul artinya dengkul anda diperlukan untuk bekerja mencari solusinya… anda benar2 harus kerja keras untuk memulai usaha anda ya jelas aja kan tanpa modal.  Ada beberapa hal yang harus anda lakukan :

  1. Bersungguh-sungguh menjalankan usaha
  2. Berani mengambil resiko, kalau anda tidak berani sebaiknya jangan buka usaha deh karena dari situ sudah nampak 85% pasti gagal.
  3. Banyak relasi/kenalan, terutama kenalan yang kerja di instansi pemerintahan, toko, pabrik, agen, grosir, dan kantor-kantor.  Kumpulkan kartu nama dan nomor telepon mereka. Bila anda belum punya relasi, buatlah relasi sekarang juga, kenalan nggak perlu modal kan?
  4. Tahu tempat2 agen atau grosir dan tahu perbandingan harganya dengan harga pasaran.
  5. Punya tempat usaha dan handphone beserta nomor yang bisa dihubungi, hal ini penting agar konsumen bisa menghubungi anda dan bisa menemui anda.

Oke, hal2 diatas sudah saya lakukan… terus usaha apa yang bisa saya mulai hanya dengan modal diatas ?  Sebenarnya banyak usaha yang bisa anda lakukan dengan modal diatas, sebagai contoh misalnya toko komputer, toko ATK, atau terima percetakan.  Apa mungkin ? bagaimana caranya ? pasti itu yang anda pikirkan…

Memulai usaha modal dengkul

Bila anda benar2 tidak punya modal, maka bisnis yang bisa anda jalankan adalah sebagai makelar atau perantara antara penjual dengan pembeli.  Misalnya perantara penjual motor dan mobil, perantara sewa rumah atau pembelian rumah.  Nah disini anda harus memiliki perjanjian kerjasama antara penjual, misalnya bila rumahnya atau motornya terjual maka anda mendapat bagian sekian persen.  Sebagai contoh saya sendiri ketika mau menjual motor RX King dan mobil kijang saya memanfaatkan jasa perantara ini, karena kalau pasang iklan di koran atau mencari konsumen sendiri bisa repot.  Selain itu barang belum terjual tapi kita sudah keluar modal dulu untuk pasang iklan, kalo dengan jasa perantara ini dia yang tukang nyariin dan membawa konsumen langsung kerumah saya untuk memperlihatkan barang yang akan saya jual.

Memulai usaha dengan modal minim

Misalnya dari contoh diatas, anda cukup memiliki sebuah tempat usaha dan plank kemudian anda menerima jual beli motor disitu.  Orang yang ingin menjual motornya dititipkan pada tempat usaha anda ini, kemudian anda pajang disitu sambil menunggu pembeli.  Ataupun cara lainnya yaitu membuat brosur yang isinya memuat motor2 yang akan dijual, sehingga tugas anda hanya memperbanyak dan menyebarkannya tanpa harus menerima penitipan penjualan motor tersebut.

Sebagai contoh lain, dulu saya membuka usaha penerimaan percetakan undangan, nota, cetak brosur, spanduk, dan lain sebagainya.  Dirumah saya hanya memiliki sebuah komputer tua (Pentium 4) dan printer yang masih baik.  Saat itu saya mengenal agen2 blanko undangan dan percetakan dikota saya, karena dulunya saya sering keliling nyari2 agen.  Yang saya lakukan adalah nekat membuat usaha percetakan tanpa modal apa2 selain komputer, plank, dan handphone.  Langkah pertama yang saya lakukan adalah bekerjasama dengan agen, disini saya katakan barang atau jasa cetakan akan saya bayar bila konsumen saya telah melunasi pembayarannya pada saat cetakan sudah jadi.  Saya juga meminta DP (uang muka) dari konsumen saya sebelum saya mencetak permintaannya, nah dari uang muka inilah saya berikan kepada agen percetakan tersebut sebagai DP tanda deal untuk mencetak pesanan konsumen saya tadi.

Kemudian yang saya lakukan adalah memasang iklan murah dikoran2, karena saya pandai desain grafis maka model iklannya saya buat semenarik mungkin… dan ternyata manjur juga iklan ini.  Satu persatu pelanggan saya menelpon dan tawar menawar harga, dan akhirnya usaha saya berjalan hingga saat ini.  Hebatnya lagi saya benar2 enjoy dan tidak pusing karena yang kerja bukan saya tapi agen dan percetakan, saya Cuma ambil untung sedikit dari penambahan harga.  Sekarang seringkali saya mendapat penawaran dari media massa untuk memasang iklan ditempat mereka, begitulah ceritanya.

Anda masih belum percaya bahwa anda bisa ? mungkin anda kurang sungguh-sungguh

30 thoughts on “Memulai Usaha Dengan Modal Minim atau Tanpa Modal

    andi said:
    23 September, 2009 pukul 1:05 pm

    blog yang membuat saya terinspirasi untuj usaha dan semagat berkerja

    uthie said:
    28 Oktober, 2009 pukul 4:36 pm

    mantap artikel..izin copy ke blog saya ya mas…

    rangga said:
    15 November, 2009 pukul 9:08 pm

    booosss
    saya minta izin copy untuk ke blog saya ya…
    thanks

    klik said:
    20 Desember, 2009 pukul 3:24 am

    Thank”s smangat kerja Q makin bertambah……thank broo

    bubuna puti said:
    5 Maret, 2010 pukul 8:33 am

    inpo nya bagus.. leh share dunks..😉

    dwisadono said:
    24 Agustus, 2010 pukul 2:51 am

    salam kenal
    Terima kasih inspirsinya pak, kebetulan saya sudah bekerja tetapi hasilnya masih mepet n membaca posting bpk, saya jadi ingin buka usaha, kalau ada ide lain tolong di posting.

      fansmaniac responded:
      28 Agustus, 2010 pukul 12:20 pm

      @dwisadono : Iya sob, salam kenal juga senang bisa berbagi info

    Tanahgaro said:
    18 Januari, 2011 pukul 8:01 pm

    Izin copas

    fajar said:
    13 April, 2011 pukul 1:11 am

    thanks,izin copas

    muhammad yusuf ibnul ariv said:
    12 Mei, 2011 pukul 1:40 am

    jazakallahu khairan….mantap bro

    KamehaShop™ said:
    28 Mei, 2011 pukul 10:10 pm

    ngga mungkin mas kalo usaha tanpa modal.

    kesabaran dan doa buat saya juga termasuk modal lho :p

    karyamandiri said:
    29 September, 2011 pukul 8:08 am

    Bagi yang membutuhkan detergen matic kualitas import
    dengan harga miring silahkan dapat dilihat diweb http://karyamandiri00.t15.org
    atau contac langsung di karyamandiri00@gmail.com
    lokasi seller di bandung

      jojon said:
      25 November, 2011 pukul 4:00 am

      mantap

    syaiful anwar said:
    10 Oktober, 2011 pukul 3:11 am

    mantaf

    muhammadervan said:
    11 Oktober, 2011 pukul 6:54 pm

    mantap,umur saya memang masih 17 tahun tapi dengan adanya situs ini saya jadi lebih berinspirasi untuk menjadi pembisnis

    azkiy said:
    24 Desember, 2011 pukul 10:51 pm

    insp!rat!f

    jauhari mk said:
    6 Januari, 2012 pukul 12:03 am

    Tulisan yang menarik untuk memulai usaha.
    Kalau boleh saya ingin sharing .. melengkapi dari sisi kalkulasi finansialnya untuk membuka usaha secara simple dan applicable untuk small business .. tulisan bisa di lihat di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/01/bagaimana-menghitung-kelayakan-bisnis.html#more

    Toko kalung said:
    7 Januari, 2012 pukul 8:26 am

    tips bagus, salam kenal dan bokmark

    kta said:
    14 Januari, 2012 pukul 4:38 pm

    mohon ijin mencopy buat referensi, terima kasih atas share ilmu usahanya

    Hikmah nur haqiqi said:
    26 Januari, 2012 pukul 11:21 am

    Pengen usaha, tp bingung. Bakat saya hanya menggambar.

    maimun zuber said:
    24 Februari, 2012 pukul 8:30 pm

    saya pnya pleining usaha untuk ke depan,tpi pengen usaha modalnya cma dikit.tnya saran tpi sarannya beda2….jdi bingung harus gmna.

    al said:
    14 Maret, 2012 pukul 5:35 am

    yg penting menyukai dan enjoy insya allah pst bisa d sukses

    abie said:
    21 Maret, 2012 pukul 11:27 am

    terimakasih atas artikel yang di buat sangat membantu saya.
    tetapi saya tidak mempunyai keahlian, punya modal sangat minim.
    tolong beri saya sayan, Terima kasih atas bntuan nya

    sulidia said:
    2 April, 2012 pukul 6:58 am

    Ingin tahu rahasianya memulai bisnis tanpa modal? Bertemanlah dengan kami, RAHASIA BISNIS TANPA MODAL http://www.facebook.com/profile.php?id=100003638142789

    EKA SWASTIKA said:
    2 Mei, 2012 pukul 11:33 am

    numpang coret :

    jika anda ingin mendapatkan tambahan penghasilan silahkan kunjungi website kami, anda akan menghasilkan 9,5juta/bulan hanya dengan 50ribu saja.jangan lewatkan kesempatan ini.

    EKA SWASTIKA said:
    2 Mei, 2012 pukul 11:35 am

    numpang coret :

    jika anda ingin mendapatkan tambahan penghasilan silahkan kunjungi website kami,
    http://www.market.rajabonus.com
    anda akan menghasilkan 9,5juta/bulan hanya dengan 50ribu saja.jangan lewatkan kesempatan ini.

    Cara Memulai Usaha Tanpa Modal, Bisakah ? said:
    13 Mei, 2012 pukul 2:39 am

    […] Cara Memulai Usaha Tanpa Modal, Bisakah ? […]

    irfan septianto said:
    22 Mei, 2012 pukul 12:25 pm

    makasih atas sarannya…
    kebetulan saya ngalamin hal yang sama gan n bngung lw seumpama pelanggan gak percaya ma saya apa lagi baru mau buka…
    umur saya ajj baru 17 tahun n mau lulus smk jurusan komputer…
    berkat agan saya jadi tenang bwt buka toko komputer disini…

    doakan saya bisa kaya agan…. thnx u….

    Memulai Usaha Tanpa Modal said:
    11 Juli, 2012 pukul 12:47 pm

    […] Cara Memulai Usaha Tanpa Modal […]

    ikalia apriliani said:
    17 September, 2012 pukul 3:06 am

    sy pnx rencana membuka usaha sederhana dengan perhitungan modal sdkt tpi dengan market yang di jangkau oleh smua kalangan , z terpikir buka usaha pakaian dengan kerja sama pihak grosir , yang jd perhitungan sy adalah mslah tempat usaha , d kota sy usaha tdk bgt bnyak ragamnya tapi yang terpenting daya jual barangnya n walaupun murah untung sdkt yang ptg orang memiliki minat terhadap usaha yang z rencanakan, tips td sgt membantu

Tinggalkan Balasan

