Penyakit Psikosomatis (Phsycosomatic Symptoms)

Posted on Updated on

Saat melakukan pemeriksaan medis di Normah Medical Center Kuching Malaysia, dokter mendiagnosa aku terkena gejala penyakit psikosomatis… Aneh memang karena selama ini semua jalur pengobatan telah kulakukan, namun dari kesemuanya itu tak satupun perubahan kualami malahan sekarang penyakit itu semakin kuat menjalar ditubuhku. Namun anehnya ada beberapa alternatif seperti shinse dan paranormal yang dapat mendeteksi penyakit ini, sedangkan dari segi kedokteran tidak menemukan apapun.  Menurut ahli pengobatan china (shinse), mereka mengatakan bahwa yang berjalan didalam tubuhku adalah “angin” yang disebabkan karena sistem metabolisme tubuhku yang bobrok karena kurang istirahat dan makan tidak teratur.  Kuakui memang selama 10 tahun belakangan ini aku suka telat makan dan sangat kurang tidur.  Sedangkan dari segi paranormal mengatakan bahwa ada gangguan lain yang berupa “angin” dan berjalan didalam tubuhku dan menetap dibahu, leher dan kepalaku.

Yang mana yang benar? yang jelas memang yang kurasakan seperti gelembung angin yang berjalan2 didarahku, aku tak bisa melihat benda bergerak cepat atau berjalan dalam kendaraan yang bergerak karena luar biasa sekali rasa mengambangnya.  Bahkan kepala, leher, bahu, jantung, perut dan dadaku terasa sakit sekali, seperti ada yang menghambat laju darahnya.  Pernah ketika aku berbekam (metode pengobatan dengan membuang darah kotor) terlihat darahku kental dan beku seperti jely/agar-agar, mereka mencurigai aku terkena penyakit yang berhubungan dengan virus.  Tapi sudah beberapa kali aku kedokter spesialis dan periksa darah tidak ditemukan apapun.  Nah, karena bingung itulah aku memutuskan untuk melakukan check up total ke rumah sakit spesialis terkemuka diMalaysia dan hasilnya menyebutkan bahwa aku terkena gejala penyakit psikosomatis.  Tapi apakah betul ini yang kuderita? berikut ada tulisan mengenai penyakit psikosomatis.

Apakah Penyakit Psikosomatis Itu?

Penyakit Psikosomatis (yang sekarang lebih dikenal sebagai penyakit Psikofisiologis), merupakan penyakit fisik yang gejalanya disebabkan oleh proses mental dari penderitanya. Jika dalam sebuah pemeriksaan medis, tidak ditemukan penyebab fisik atas gejala-gejala yang muncul, atau jika penyakit ini muncul sebagai akibat dari kondisi emosional, seperti kemarahan, depresi, rasa bersalah, maka penyakit ini dapat diklasifikasikan sebagai penyakit psikosomatis.

Psikosomatis disebabkan oleh berbagai masalah dalam pikiran seseorang yang memicu reaksi emosionalnya. Ketika, misalnya, seseorang merasa tertekan, stress, dan kacau, maka tubuh akan bereaksi terhadap pikirannya ini. Rata-rata reaksi tubuh terhadap pikiran yang tertekan dan/atau stress adalah dengan meningkatnya asam lambung (sehingga memicu sakit ”maag”), munculnya gejala ketombe di kepala, adanya gatal-gatal disekitar kulit di sekujur tubuh, atau rasa mual-mual yang berkala, semua itu biasanya disebabkan karena sebuah beban di dalam pikiran.

Beban pikiran ini seringkali menjadi sebuah ”bibit” untuk penyakit psikosomatis, karena bila tidak segera ditanggapi (baik diselesaikan, diiklaskan, dll), maka beban pikiran tersebut akan semakin kuat berada di pikiran bawah sadar, yang perlahan-lahan mulai menunjukkan gejala-gejala sakit secara fisik.

Bagaimana Menyembuhkan Penyakit Psikosomatis Tersebut?

Pada dasarnya penyakit psikosomatis merupakan hal yang sederhana. Mengapa? Karena begitu masalah yang terpendam di dalam pikiran bawah sadar diketahui, dan masalah tersebut diselesaikan, maka saat itupun pikiran memerintahkan tubuh untuk menghilangkan segala gejala-gejala yang muncul. Di situlah saatnya terjadi kesembuhan atas penyakit psikosomatis tersebut.

Masalah diselesaikan, maksudnya?

Iya, sebuah masalah dapat diselesaikan dengan berbagai cara, yang sesuai dengan kondisi masalah maupun diri kita saat itu. Ada masalah yang sederhana dan dapat diselesaikan sendiri, baik dengan menemukan solusi terhadap pekerjaan atau keruwetan yang sedang terjadi, atau dengan membangun sebuah perasaan iklas (release) terhadap kondisi yang sedang kita alami.

Misalnya, kita dapat mencoba mengenali dahulu penyebab penyakit psikosomatis ini, seperti kemarahan, depresi, rasa bersalah, atau apapun yang mungkin menyebabkan pikiran bawah sadar melepaskan tekanan yang terjadi padanya ke gejala-gejala fisik. Setelah kita mengenali penyebabnya (atau kondisi penyebabnya), maka kita bisa memulai untuk menerima kondisi apapun yang sedang kita alami, dan mulai membuat skala prioritas untuk menyelesaikan berbagai masalah penyebabnya satu demi satu.

Penyakit psikosomatis memang sederhana, tetapi butuh suatu tindakan yang tidak mudah untuk menyelesaikan penyakit psikosomatis, terutama untuk menggali penyebab sebenarnya, karena itu adalah salah satu kunci utama dalam menyelesaikan masalah ini. Setelah penyebabnya dapat dikenali, maka tindakan berikutnya sedikit lebih sederhana, yaitu membangun basis kenyamanan dalam diri penderita psikosomatis ini terhadap kondisi dan masalah yang menjadi penyebabnya tersebut. Dengan kata lain, mengiklaskan apa yang sudah terjadi, dan berusaha untuk mencari solusi ke depannya.

Terima kasih buat sumbernya Pak Kirdi Putra, Hypnosis Training Institute of Indonesia (HTII)

Saat ini aku masih mempelajari penyakit yang kurasakan “angin” didalam tubuhku ini, yang jelas ada hubungannya dengan perut dan pusar tetapi entah apa.

26 thoughts on “Penyakit Psikosomatis (Phsycosomatic Symptoms)

    Freddy Hernawan said:
    3 Februari, 2010 pukul 4:14 pm

    jangan lupa dan telat makan fan. sampeyan kan suka telat makan dan kadang dah keburu masuk angin duluan, jd nggak enak makan jadinya. dan juga jgn suka telat istirahat🙂

    Nurita Putranti said:
    10 Februari, 2010 pukul 12:07 am

    jaga kesehatan, fan. Mahal tuch😀

    thio said:
    2 Maret, 2010 pukul 3:35 am

    penyakit yang anda derita sama persis dengan yang saya alami 5 thn terakhir ini…
    terakhir saya konsultasi dengan dokter, mereka mengatakan kalau saya terkena asam lambung, yang disebabkan oleh psikosomatis.
    selama saya menderita penyakit ini, byk sekali yang berubah dalam hidup saya ini. byk sekali kemampuan yang hilang, spt kemampuan fisik, semangat, keberanian, dll.
    anda sendiri bagaimana mengatasi ini semua?
    trima kasih untuk saling berbagi info…

    thio said:
    2 Maret, 2010 pukul 3:36 am

    ralat email

    rumahterapiharum said:
    19 Juli, 2010 pukul 2:26 pm

    ingin bebas dari psikosomatis ?
    http://www.rumahterapiharum.multiply.com

    calles said:
    17 Mei, 2011 pukul 5:27 pm

    sama mas irfan saya saat ini berumur 23 tahun dan baru hari ini saya mencoba melakukan hipnotherapy, 100% kita ini luar biasa, hanya belum terkuak masalahnya saja..tuhan punya rencana untuk kita.. amin
    kalo boleh saya nanya, mas irfan dah sembuh skr?

      fansmaniac responded:
      26 Mei, 2011 pukul 12:53 am

      @Calles : sy masih dm pngobatan, krn pnyakit saya blm dipastikan adalah pnyakit Psikosomatis

      iwana said:
      15 April, 2016 pukul 12:24 am

      saya juga mengalami psikosomatik mohon share saran

    […] dan…fansmaniac on Pengobatan Herbal ala Sinshe F…fansmaniac on Profilkufansmaniac on Penyakit Psikosomatis (Phsycos…fansmaniac on Monetisasi Blog dengan Pay Per…fansmaniac on Urutan Kepangkatan TNI […]

    reonaldy harun b kaiko said:
    4 Maret, 2012 pukul 1:10 pm

    saya sering mengalami ketakutan akan suatu penyakit awalnya saya hanya mendapat serangan pusing (vertigo) akibat kelebihan kolesterol tapi setelah saya berobat, kolesterol saya sudah normal tapi anehnya saya jadi sering mengkhawatirkan penyakit,sekaligus jadi rasa takut dengan makanan yang akan saya makan. dan juga sering mengalami ketakutan akan kematian saya sering merasa sakit di sekitar dada kiri dan kanan,nerasa sakit di leher bagian balakang saya jadi berfikir apakah ini hypertensi. adakalanya gas lambung saya berlebihan waktu saya berobat papa tukang pijat katanya saya menderita penyakit lambung dan juga penyakit jantung….apakah penyakit saya termasuk dalam penyakit psikosomatis..? karena saya sangat takut untuk memeriksakan diri saya ke dokter

      fansmaniac responded:
      21 Maret, 2012 pukul 5:34 am

      Iya mas, sepertinya pnyakit ini bisa di picu oleh berbagai faktor.. yang jelas kebanyakan penyebab takut datangnya dari lambung

    mina adhiyati said:
    8 Maret, 2012 pukul 5:03 am

    pada awalnya saya normal normal saja…setelah kematian teman sekantor yg ternyata terkena hepatitis..kondisi saya seperti drop..saya takut terjangkit hepatitis..lalu saya pun periksakan hati,ginjal,darah…kata dokter aman saja..lalu saya pun vaksin hepatitis…
    setelah itu saya jadi sakit sakitan….macam macam lah..sakit saluran kencing lah..panas disertai menggigillah..sampai saya harus opname di RS
    sampai sekarang saya merasakan perut kembung..dada sakit..susah makan..bernafas terasa tidak puas…stressss saya rasanya hidup seperti ini
    saya lalu ke dokter penyakit dalam..kata dokter seh dispepsia..tapi setelah minum obat selama 10 hari..rasa kembung itu masih ada..
    saya pun di ronsen di lambung dan jantung….baik baik aja kata dokter….
    lalu saya berfikir kenapa begitu? dokter mengatakan semua baik2 saja,tapi kok saya merasa tdk sehat? apa mungkin saya di guna2?
    lalu ada seorang temen yg kasih tau …kali aja kamu ini terkena psikosomatis….ternyata mungkin saja benar…..
    karena selama teman saya itu meninggal saya sangat ketakukan kalo saya menyusul teman saya itu…..jadi saya streeeeeees banget….
    lalu muncul lah penyakit yg disebabkan oleh pikiran itu kita sendiri…..
    saya sekarang mulai dan ingin sekali meghilangkan pikiran pikiran negatif yg ada di otak saya ini…..

    kiky said:
    10 Juni, 2012 pukul 10:53 am

    kalo saya baca posting mas irfan, berarti saat ini sudah masuk thn ke 2. yg menjadi pertanyaan : selama 2 thn ini kemana saja mas irfan berobat, apakah sudah ada perbaikan ?
    menurut dokter saya didiagnosa GERD sudah masuk thn ke 2. dokter terakhir menginfokan akibat psikosomatik (7 bln lalu). dokter yg sudah saya datanya spesialis jantung, spesialis saluran cerna, psikiater. menurut 2 dokter terakhir tsb saya harus menyelesaikan masalah yg ada dulu. saat ini saya sedang terapi dan belajar hypnoterapi (baru 1 bln). rasa sakit bisa saya kendalikan tanpa minum obat. tuntutan utk ikhlas rasanya sudah dilaksanakan. tapi yah badan masih loyo, kurang bergairah dan cepat cape…arahan dokter saya tetap di hypnoterapi tapi obat harus terus.. tapi saya sekarang bandel, obat tak saya minum… bagaimana pengalaman mas irfan.makasih sebelumnya

      fansmaniac responded:
      21 Juni, 2012 pukul 1:10 am

      Wah sy sangat senang bisa share tentang penyakit ini bersama anda, sy jg baru tau penyakit GERD itu.. tp sy sendiri masih belum yakin apakah penyakit saya jg sama GERD. Selama ini sy menghilangkan efek psikosomatik ini dengan cara memperdalam hobby (sy suka foto2 mb), dulu pernah pake metode hypnoterapi tapi rasanya masih krg ngaruh jg,mgkn krn sy emang orangnya keras jd gk gampang dipengaruhi kali ya ?😀
      Sy jg uda gk minum obat2an lagi mb, sy lebih cenderung ke terapi pijat disekitar daerah perut dan tulang belakang. Sy jg lebih mengalihkan pikiran positif sy dengan memfokuskan pada hal yang sy sukai jd kadang sy melupakan pnyakit ini meski sbnarnya dia masih ada

    sigit eska said:
    24 Juli, 2012 pukul 4:36 pm

    mari berbagi ttg psikosomatis, sy juga penderita hal yg sama sdh 4 bln ada baiknya kita bikin komunitas, saling share info mungkin dgn begitu kita bs saling bantu kalo ada yg mau add sy di fb idnya seagate_prisma@yahoo.com atau sigit eska , thx kawan semoga semua penyakit ada solusinya, amin

    batik said:
    31 Juli, 2012 pukul 2:54 pm

    thx

    devi said:
    17 Oktober, 2012 pukul 3:17 am

    sdh 4bln bdn sy gk nyaman. pernah opname 1 mggu n kt dokter trombosit tinggi dan cm diksh obat penurun trombosit tp stlh trombosit trn bdn tetep gk enak (kpala pusing, dada nyeri, lemas, pandangan berkurang, bingung, ga konsentrasi dll). Pernah ct scan tp hasilnya ga pa2, pernah tes echo jg hasilnya ga pa2. dokter jg bingung sy skt apa. stlh browsing kayaknya sy skt psikosomatik.
    utk penderita psikosomatik, tolong info obat herbal apa yg bisa sembuhin psikosomatik karena sy mrasa sdh tlalu byk minum obat kimia, selain mmg dr diri kita sendiri yg hrs brusaha menyembuhkan. sholat, dzikir, shodaqoh adalah hal yg mgkn bs membuat qt tenang n yg pasti hrs slalu berpikir positif.
    meski saat ini sy msh krg nyaman tp qt hrs tetep berusaha untuk bs sembuh. amien….

    lando said:
    25 Oktober, 2012 pukul 5:07 am

    salam kenal semua..

    saya mau share aja di forum ini, saya juga sudah mengalami penyakit psikosomatis ini hampir 5 th, th I dan ke II sy masih suka dokter shopping, dan ganti tukat pijet fisioterapi mpe puluhan kali. dan tidak ada medingan penyakit yg sy rasakan. dr mulai dr umum mpe internist,syaraf bahkan profesor doktor pun saya tdk puas dan selalu menganalisa penyakit sy sendiri krn emang tdk pernah sembuh. gejala 2 yg sy rasakan mulai dr insomnia ,perut,mual,perih,puanas dari perut mpe ke dada, sesak napas mendadak, cemas yg berlebihan, gelisah, ada perasaan dimana ketika cemas mendadak muncul langsung terasa sesak napas sampai ke dada dan rasanya kaya spt mungkin hampir mati atau pingsan, leher pundak tangan kaki pinggang sering kram pegel linu sendiri dan ilang sendiri, sering banyak keluhan ini berulang terus, kadang kepala terasa berat dan melayang gliyeran kaya mau pingsan. cemas mendadak yg paling saya rasakan tanpa tau sebabnya, ketika setir di kemacetan, di keramain orang. semua keluhan itu ternyata di sebabkan oleh pikiran alam bawah sadar saya, dimana sy punya rasa bersalah dll tapi tdk pernah saya ungkapkan pd org lain. ketika ktemu dgn psikiater dan diberikan obat tidur dan penenang dan konsultasi baru keluhan2 saya itu berangsur hilang dan hingga skrg hampir tdk ada keluhan lagi kecuali klo lg ada masalah berat br terasa lagi keluhan itu. yg belum saya coba adalah hypnoterapi kata mereka, dgn cara ini bisa lebih efektif dan tdk ketergantungan obat. klo ada yg pernah coba hypnoterapi share dong apakah bener bisa menghiangkan penyakit ini yg disebut psikosomatis. tks.

      Sarah said:
      26 Oktober, 2014 pukul 10:33 am

      Salam kenal juga….

      Sarah said:
      26 Oktober, 2014 pukul 10:57 am

      Hai Lando slm knl jg dari sy Sarah…sy penderita psikosomatik jg seperti Anda….keluhan yg Lando tulis diatas sm seperti yg sy rasakan dan sdh berjalan 5thn…sy sdh cape dgn keadaan ini seperti hidup segan mati tak mau kasihan suami ,anak n keluarga sy…sy baca Share Lando bertemu n berobat ke psikiater diberi obat tidur n penenang sy ingin mencoba ke psikiater yg Lando datangi utk sy menyembuhkan psikosomatik sy…sy minta alamat psikiater mudah2an sy pun cocok n sembuh seperti Lando Trisha byk utk Sharenya

      andre said:
      26 Februari, 2016 pukul 1:56 pm

      Gejala yg saya alami sama persis dan ini sudah jalan tahun ke 3 namun blm bisa sembuh total sampe saya malah jadi stress merasakannya…dada sering sesak dan nafas jd pendek2 sehingga harus setiap saat ambil nafas panjang…psikiater shoping dan obat udah saya jalani namun blm nampak hasil significant..boleh tau dokter mana lando berobat? Kasi info yg lengkap plz…thx so much

    Amank said:
    23 Februari, 2014 pukul 2:37 pm

    Berbagi pengalaman…monggo..

    agung wijaya said:
    13 Oktober, 2014 pukul 5:21 am

    bismillah..Allahuakbar… saya seorang mahasiswa.. saya kna asam lmbung dan psikosomatik kta dokter.. tp sya tdk suka brlarut larut dan mnjadikan tahapan2 kisah yg akn sya tulis..krna sya orng nya aktif dan tdk brlarut larut.. sya lwn smua ktakutan saya.. kdng limbung bdan ini krna asam lmbung.. tp sya pasrahkan kpd Allah swt.. dan sya slalu mlihat wjh ibu sya,. di situ saya mnangis.. alngkah malu nya saya kpd Allah swt.. jikalau saya lemah dan tdk bs mnyenangkan seorang ibu.. di smping ksibukan saya..sya slalu mngulangi hal hal yg brbhaya yg mnjdi sumbr ktakutan sya.. alhmdulillah tdk smpai 2 bln sya sehat.. jd intinya sya akn mnjlaskan knp saya sehat.. sblmnya mf..klo yg muda ini lancang mngajari tmn2 smua..tp sjujurnya tdk sprti itu niat saya.. sya sehat krna saya adukan stiap keluhan saya Kpd ALLAH SWT.. dan sya slalummbaca ayat2 suci Al’quran… sya slalu mnta ibu sya untk slalu mndoakan saya.. krna ibu adlh obt skaligus dokter psikis bg saya.. trus jngn prnah browsing yg aneh2.. krna anda akn brimajinasi seoalh olah pnyakit anda sama dngn yg ada pd browsing..biarlah dokter yg mnyimpulkan.. klo sdh sering ke dokter dan kata doktet anda sehat..pegang prkataan dokter..dan jdikan motivasi dan ktegasan dlm pikiran anda..bhwa sya ini tdk sakit..jd ap yg hrus dicemaskan.. dan ingt satu hal.. saat bgun tdr amlkan satu surat..krna 1 surat sja..itu mnjdikan pegangan anda..bhw anda slalu dlm ksh syng Allah swt.. jd itu td.. klo kita ikhlas..kita tnang.. klo kita tenang..otak akn mrespon dan saraf jd akn pulih.. dan jngn jadikan kisah sedih anda ini mnjadi sbuah tulisan yg mnunjukan bhwa anda mnderita.. rajin fitnes jngn lp dan jngn tkut.. Allah sayng dengan kita.. mnangislah saat kita shalat mlm..adukan bhwa kita di ganggu atau di apalah.. asslmualaikum wr wb.

      Arsyad said:
      21 Februari, 2015 pukul 1:01 pm

      Subhanallah anda betul betul hebat, saran anda sangat patut di ikuti….

    agung wijaya said:
    13 Oktober, 2014 pukul 5:30 am

    psikosomatik tdk lah brbahaya.,klo kita bisa mngalihkan dan tdk brlarut larut.. krna hnya diri kita sndiri yg bs memulihkannya.. skali lg,.jngn browsing..cb anda byangkan seolah olah anda tdk tahu pnykit anda., rutinin aktifitas.. bismillah tegaskan.. ya allah.. jernihkan pikiran sya..psikis sya..jiwa saya..angkatlah pnyaki2t yang ada pada diri saya dan keluarga sya serta sluruh umat muslim di dunia.. senbuhkanlah saya ..krna ksembuhan yg paling sempurna adlh ksmbuhan darimu ya Allah swt..yaitu ksembuhan yang tdk meninggalkan sedikitpun penyakit..

    nazzar boy said:
    12 Desember, 2014 pukul 3:44 am

    Tulisan anda sangat membantu meringankan kekhawatiran kita semua,untuk yang lagi berjuang melawan psikosomatis silakan gabung ke http://www.forumpsikosomatis.blogspot.com banyak informasi tentang penyakit ini di sana.

Tinggalkan Balasan

