Selamatkan Bumi sekarang, Hijaukan Dunia

Posted on Updated on

Siang ini terasa panas sekali, menggunakan kipas angin pun rasanya sudah tidak mempan lagi.. jadi ingat waktu dulu rasanya panas tidak terlalu gerah seperti ini.  Ada apa yang terjadi ya? Ternyata iklim dunia kita sedang kacau balau, dimana2 terjadi peningkatan suhu yang lumayan drastis… waah kalo begini terus apa yang bakal terjadi ya?

Alam kini sudah tidak bersahabat lagi dengan kita, bukan alamnya yang salah tetapi ini adalah imbas terhadap perlakuan kita kepada alam.  Kita merusak alam, dan alam pun membalas balik kepada kita.. sedih memang, dan kita akan terbunuh oleh bencana alam yang disebabkan oleh ulah kita sendiri.

Coba lihat, dimana2 cuaca sudah tidak teratur lagi… dulu ada musim hujan dan kemarau tapi sekarang nggak jelas, katanya musim kemarau tapi curah hujan masih tergolong tinggi.  Ada juga yang musim hujan tetapi justru sangat jarang hujan dan susah mendapatkan air.  Gempa bumi dimana2, tanah longsor, dan cuaca panas yang terus meningkat… tahu apa yang bakal terjadi ? Global Warming ya… pemanasan global artinya terjadi peningkatan suhu secara global, apa yang akan terjadi ? es dikutub utara dan selatan akan mencair, ozon akan semakin menipis, sehingga akan terjadi badai dimana2, kondisi perut bumi juga tidak stabil menyebabkan gempa bumi dan pergeseran lempeng karena lapisan bawah bumi yang tidak stabil.

Bisa diramalkan nantinya bumi akan mengalami zaman es kedua dalam sejarahnya, sudah dicontohin dalam film2 tuh.  Kalo bencana besar sudah terjadi, kira2 apa yang akan anda lakukan? Lari menyelematkan diri? Tidak semudah yang dibayangkan, kalo larinya antar kota aja butuh waktu berjam2, nah kalo musibahnya global satu benua gimana? Maka dibutuhkan kemampuan survive yang tinggi untuk selamat darinya.  Gempa bumi dan tsunami di Aceh sudah menggambarkan kepada kita betapa dahsyatnya bencana itu, apalagi datang bencana global tentu lebih menyeramkan lagi.

Ayo rubahlah pola hidup kita dari sekarang!! Bukan hanya anda, tetapi keluarga, tetangga, dan kalo anda pemimpin atau kepala daerah maka satu kabupaten anda semua harus berubah!!! Ayo selamatkan bumi!

Jaga dan lestarikan hutan kita… jangan ditebang secara berlebihan apalagi sampe botak.. Jaga jangan sampe terjadi kebakaran hutan, naah ini dia di daerah tempat saya tinggal Kalimantan Barat sering sekali terjadi kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap.  Ni manusianya pada bandel semua kali, atau gara2 perkebunan sawit yang mau buka lahan lalu membakar hutan secara besar2an.  Percayalah sobat, itu sangat merusak alam kita sendiri… rumah tempat kita tinggal… please, jangan dirusak! Cari jalan lain yang sifatnya tidak membakar, misalnya zero burning meskipun biayanya mahal tetapi lebih baik daripada kita merusak alam kita yang lebih mahal lagi bagi kita.

Pemerintah sudah mencangkan one man one three, itu sudah awal yang bagus… tetapi anda sudah praktekkan belum? Kalo bisa setiap rumah ditanami 2 buah pohon yang rindang dan menghasilkan, misalnya pohon mangga, boleh juga rambutan.. intinya cari tanaman yang daunnya tidak mudah gugur karena repot juga jadi banyak sampah tiap hari.  Pohon yang baik untuk ditanam adalah pohon yang tingginya lebih dari 3 meter, sehingga dapat memberikan keteduhan pada rumah kita.  Letaknya yang paling bagus adalah didepan rumah, dibelakang juga boleh yang penting minimal 2 pohon untuk halaman yang pas2an.

Untuk jalan raya, ni bagi pemerintah daerah bisa dicoba deh… kalo jalan raya sebaiknya dikanan kiri jalan ditanami pohon yang berakar kuat dan rindang.  Pengaturan jalan yang paling baik adalah membebaskan minimal 2 meter dikiri dan kanan jalan setelah trotoar, tapi kalo jalur cepat yang nggak ada trotoar ya 2 meter dari tepi jalannya ditanami pohon2 yang rindang.  Tapi ini untuk jalan yang masih bisa ditanami karena lahannya masih memungkinkan, kalo nggak berarti harus dirombak.

Tentunya ada juga orang yang berniat tetapi terhalang misalnya rumah halaman sangat sempit jadi gak bisa nanam, atau faktor lainnya.  Lalu bagaimana solusinya ? saya punya ide tapi nggak tahu ni benar atau nggak, mudah2an aja benar tetapi hanya sebatas ide lho… kalo ada yang ingin modifikasi atau menambahkan boleh, saya nggak akan mematenkan hehe…

Rumah dengan Atap Alami

Kita sadari bahwa penduduk dunia akan semakin padat, hutan dan tanah kosong lama kelamaan akan menjadi bangunan semua… hutan menjadi sedikit dan akhirnya nggak ada yang nampung hujan, banjir deh… Ya, kalo ternyata lahan kita semakin sempit untuk mempunyai halaman maka atap rumah kita bisa dijadikan halaman.    Atap alami maksudnya kita tidak menggunakan atap seng atau alumunium di rumah kita.  Model2 atap dari zaman dulu bentuknya miring atau membentuk kubah, intinya agar air hujan yang jatuh dapat meluncur kebawah.  Sekarang kita ganti atap seng atau metal tersebut dengan teras, ya.. artinya diatas rumah kita buat teras.. tentunya lantainya harus semen biar gak ditembus air hujan.  Teras ini akan kita tanami dengan tanaman, bisa dibuat pot-pot berisi tanah, ataupun bisa juga kita buat bak2 semen yang berisi tanah.

Pot atau bak yang berisi tanah tersebut kita tanami tanaman atau pohon yang sifatnya tidak bisa terlalu tinggi dan berakar pendek.  Misalnya pohon rambutan atau mangga dari hasil persilangan ataupun tanaman rimbun lainnya.. tidak mesti pohon.. bunga2an juga boleh, tapi yang sifatnya dikotil ya? (berbatang keras dan berdaun banyak) misalnya bunga kertas, kembang sepatu, dan sebagainya.  Bedanya kalo pohon berumur panjang, kalo tanaman perdu atau jenis bunga tertentu umurnya pendek sehingga pemeliharaan harus lebih rutin.  Atau mungkin anda ingin berkebun diteras atap anda? Silahkan..

Teras ini tidak menampung air, air hujan yang turun akan dialirkan melalui parit2 atau lubang2 yang sengaja dibuat di pot atau bak.  Sediakan juga selang air yang bertujuan untuk menyirami pohon dan tanaman bila memasuki bulan kemarau, tentunya pompa air juga diperlukan disini.. gak apa2 lah demi alam kita.

Selengkapnya tentang Atap Alami ini akan saya lanjutkan di judul yang berbeda, jadi kunjungi terus blog saya ya?

Pohon2 atau Tanaman Yang Bisa Ditanam untuk Penghijauan

Back to nature, mungkin kata ini sangat tepat kita gunakan untuk menyelamatkan dunia kita… bukan hanya dari segi pelestarian alam saja, tetapi pola hidup kita juga sudah kita ubah ke alamiah.  Seperti penggunaan obat2an herbal dalam penyembuhan penyakit, dan membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah2an dan sayuran.  Zaman nabi Adam dulu makanannya buah2an lho sebelum akhirnya manusia merubah pola makannya menjadi berburu, namun akhirnya diakui bahwa menanam dan memelihara tanaman untuk dimakan jauh lebih tidak repot dibandingkan berburu yang harus berpindah2.  Makanya budaya dan peradaban bisa ada karena adanya sistem hidup bercocok tanam ini (Agriculture).

Berikut ini tanaman atau pohon yang bisa digunakan untuk penghijauan :

  1. Penyerap partikel limbah
    1. Agathis alba (damar)
    2. Swietenia macrophylla (mahoni daun lebar)
    3. Podocarpus imbricatus (Jamuju)
    4. Myristica fragans (Pala)
    5. Pthecelebium dulce (asam landi)
    6. Cassia siamea (johar)
    7. Polyalthea longifola (glodogan)
    8. Baringtonia asiatica (keben)
    9. Mimosrops elengi (tanjung)
  2. Penyerap CO2 dan penghasil O2 antara lain :
    1. Agathis alba (damar)
    2. Bauhinea purpurea (kupu-kupu)
    3. Laucena leucocephala (lamtoro gung)
    4. Acacia auriculiformis (akasia)
    5. Ficus benyamina (beringin)
  3. Penyerap/penepis bau antara lain :
    1. Michelia champaka (cempaka)
    2. Pandanus op (pandan)
    3. Murraya paniculata (kemuning)
    4. Mimosops elengi (tanjung)
  4. Mengatasi penggenangan antara lain :
    1. Artocarpus integra (nangka)
    2. Paraserianthes falcataria (albizia)
    3. Acacia vilosa (akasia)
    4. Indigofera galegoides
    5. Dalbergia spp
    6. Swietenia mahagoni (mahoni)
    7. Tectonia grandis (jati)
    8. Samanea saman (kihujan)
    9. Leucena glauca (lambro)
  5. Pelestarian air tanah
    1. Casuarina equisetifolia (cemara laut)
    2. Ficus elastica (fikus)
    3. Hebea brasiliensis (karet)
    4. Garcinia mangostana (manggis)
    5. Lagerstroemia speciosa (bungur)
    6. Fragraea fragrans
    7. Cocos nucifera (kelapa)
  6. Pengaman pantai dari abrasi
    1. Mangrove (bakau)
    2. Avicinnea
    3. Bruguiera
    4. Nipah

Selain itu adapula pohon yang bisa ditanam didepan rumah karena mempunyai hasil yang bisa dimanfaatkan, yaitu :

  1. Pohon Mangga (jenis apapun)
  2. Pohon Rambutan
  3. Pohon Jambu Air
  4. Pohon Jambu Biji
  5. Pohon Nangka
  6. Pohon Ketapang/ketepeng

5 thoughts on “Selamatkan Bumi sekarang, Hijaukan Dunia

    Nurita Putranti said:
    10 Februari, 2010 pukul 12:04 am

    huehehehe..akhirnya da juga tulisan u yang berhubungan dengan tanaman,pertanian dan keluarganya.
    btw, gimana sih caranya u bisa nulis panjang2 gini? hebat euy

      fansmaniac responded:
      10 Februari, 2010 pukul 3:39 am

      Maklum, karena tiap hari cuma baring2 jadi hobby baru gw nulis tentang kesehatan dan lingkungan hidup ta… hehe😀

    Mie Sehati said:
    11 Februari, 2010 pukul 8:08 am

    Iya nih,
    tulisan seperti ini cukup langka di dunia blog

    TFS

    salam

    rudi sugiarto said:
    17 Maret, 2010 pukul 10:16 am

    saya sangat tertarik dengan tulisan tulisan anda smart dan bijak, well… saya juga berpikir dan merasakan hal yang sama dengan apa yang sudah terjadi pada lingkungan kita, makanya saya memilih mengajak orang-orang yang nota bene memiliki uang yang banyak untuk menginvestasikan sebagian kecil uangnya dengan membeli dan menanam jati di tanah- tanah kosong yang tidak produktif lagi, ya… itung-itung mencari untung tapi lingkungan hidup lebih diuntungkan dengan penanaman jati selama 10 tahun kedepan…..
    ngomong2 sekalian saja minta ijin karna saya memasang artikel ini di blog saya….ok ma kasih banget …semoga anda tidak keberatan…heheh

    fansmaniac responded:
    17 Maret, 2010 pukul 12:35 pm

    @rudi sugiarto: wah, saya sangat berkenan.. monggo mas silahkan, semakin banyak yang ngutip semakin banyak yang baca… suatu kehormatan buat saya. Saya setuju dan salut dengan mas rudi yang mendukung program penghijauan.. bila tidak sekarang maka lama kelamaan global warming dan zaman es beneran datang…😀 seremm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s