Cara Efektif Berhenti Merokok

Posted on

Anda seorang perokok berat? Dan anda berniat untuk berhenti merokok tetapi selalu gagal? Perlu diakui memang untuk berhenti dari yang namanya kecanduan merokok itu sangat sulit dihentikan.  Tidak segampang yang dipikirkan, terkadang orang yang sudah berhenti juga masih berpeluang untuk merokok kembali.

Rokok merupakan suatu kebiasaan yang disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi karena trend yang dulunya ada sewaktu masih muda, stress karena suatu masalah, sampai karena coba2.  Waktu yang rentan untuk menjadi perokok adalah ketika sekolah dan kuliah, karena biasanya terpancing ajakan teman atau sekedar trend.  Merokok tidak memiliki manfaat sama sekali, selai merusak paru-paru rokok juga menyebabkan munculnya penyakit berbahaya lainnya karena banyak mengandung racun.

Tetapi perlu diakui bahwa stamina dan kemampuan perokok dalam menghadapi penyakit lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang bukan perokok.  Hal ini disebabkan karena tubuh memiliki proteksi dan kekuatan yang lebih akibat terbiasa merokok.  Namun meskipun demikian merokok sangat tidak baik bagi kesehatan dan merupakan pembunuh yang datang pelan-pelan.

Berikut beberapa tips untuk berhenti merokok :

  1. Niatkan dalam hati bahwa anda benar2 ingin berhenti, ini adalah modal awal dan harga mati jika anda tidak berniat dengan sungguh2 saya rasa anda bakal kembali lagi merokok
  2. Hindari hal2 yang membuat kenyamanan merokok, misal saat senggang usahakan diisi dengan membaca karena akan memancing kita untuk merokok, saat menonton tv sediakan cemilan agar kita aktif dan tidak diam, ehm.. saat di toilet sebaiknya bawa bacaan karena pria suka merokok saat di toilet, dan kegiatan pasif lainnya yang memancing kita untuk merokok.
  3. Berhentilah secara perlahan, bila anda berhenti mendadak maka akan sangat sulit bagi anda untuk berhenti total, karena seperti orang puasa disaat ia sudah tidak mampu menahannya lagi maka justru bisa menghabiskan berbungkus2 rokok maka itu akan menjadi sia2.  Lakukan bertahap, misal dari kebiasaan sebungkus sehari dikurangi menjadi setengah bungkus sehari, beberapa minggu kemudian kurangi lagi menjadi 3 batang sehari, sampai akhirnya sebatang sehari, maka lama2 anda merasa rokok itu sudah tidak enak lagi.  Apabila perasaan tidak enak ini muncul, maka anda tetap masih ingin merokok hanya saja begitu anda merokok anda pasti merasa tidak nyaman sehingga terkadang belum habis sudah dimatikan, karena hasratnya ada hanya diawal saja tetapi begitu merasa anda sudah mual.  Trik ini sangat efektif dan kemungkinan berhasilnya 90%, meskipun terkadang hasrat merokok itu masih ada tetapi boleh dicoba saat merokok lagi hanya mual yang ada bahkan tidak enak.
  4. Hindari lingkungan orang2 yang merokok, jangan menerima tawaran rokok dari orang lain dan jangan berusaha berpura2 merokok seperti misalnya mengemut pensil seolah2 itu rokok.
  5. Lakukan olah raga secara rutin, karena tubuh begitu merasakan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatannya maka kita akan malas untuk merusak kesehatan tersebut.  Hal ini yang menyebabkan mengapa para olahragawan jarang ada yang perokok.
  6. Lingkungan disekitar anda juga harus mendukung anda untuk berhenti merokok, misalnya kawan, orang tua, pacar atau istri.  Maka ketika anda mencoba untuk merokok, orang2 disekitar anda bisa mengingatkan dan bahkan melarang.

Berhenti merokok adalah awal yang bagus bagi anda untuk memperbaiki kesehatan, tidak ada kata terlambat… mulai dari sekarang berhentilah merokok dan hiduplah sehat maka hidup akan lebih bermanfaat.

28 thoughts on “Cara Efektif Berhenti Merokok

    wahyurez said:
    9 Maret, 2010 pukul 12:52 pm

    ok pak, terima kasih. semoga saya bisa soalnya saya perokok kelas menengah hahahha

    sawali tuhusetya said:
    9 Maret, 2010 pukul 6:21 pm

    terima kasih tipsnya, mas. hingga sekarang saya masih sulit menghentikan kebiasaan merokok, padahal saya sadar betul bahwa kebiasaan semacam ini sangat tdk menguntungkan.

      fansmaniac responded:
      10 Maret, 2010 pukul 6:06 am

      @sawali: mudah2an kelak bisa pak😉

    gadihrantau said:
    10 Maret, 2010 pukul 2:26 am

    Aku bingung bos…..aku dah banyak tanya pada perokok2 aktif…”.Apa sih enaknya merokok?” mereka jawab nikmat, banget, tak bisa disebut dengan kata.

    Aku jadi bingung…makan asap kok nikmat….xixixixixi…bakar duit lagi…hehehe (para perokok…jangan marah ya…ini komentar seorang yang benci sama asap rokok, soalnya paru2ku ga kuat dengan asap rokok), dan aku sering di zalimi oleh asap rokok orang2 yang satu bus denganku….hmmmm….mengesalkan😦

      fansmaniac responded:
      10 Maret, 2010 pukul 6:06 am

      @gadihrantau: kami mendengar keluhanmu😀 dan sekarang pemerintah juga berupaya untuk menekan gerak perokok agar tidak merokok di tempat umum

    Nurita Putranti said:
    10 Maret, 2010 pukul 4:06 am

    thx atas infonya, bro. tapi suamiku masih blm melaksanakan point.1 jadi point berikutnya percuma😥

    RyZack said:
    10 Maret, 2010 pukul 4:30 am

    Asap rokok membuatku sesak😦 Membingungkan hrs berbuat apa klo pada saat seorang teman ingin mengajak ngobrol sambil merokok.

    alfondores said:
    10 Maret, 2010 pukul 4:58 am

    syukurnya saya bukan perokok walau dulu saya memang seorang perokok.. dengan perjuangan yang sangat berat untuk berhenti merokok

      fansmaniac responded:
      10 Maret, 2010 pukul 6:04 am

      @alfondores: baguslah kalo begitu sob… he, saya dulu juga kelas kakap tapi tobat

    muhammad zakariah said:
    10 Maret, 2010 pukul 5:56 am

    wah.. thanks infonnya mas.. sy termasuk orng yg pengen berhenti ngerokok.. dulu dah berhenti tp skrng nyambung lg.. susah dah.. tp sy akan usahakan utk berhenti. ni dlm masa penyembuhan.🙂

      fansmaniac responded:
      10 Maret, 2010 pukul 6:03 am

      @zakariah: wah mudah2an berhasil berhenti ya?

    Dangstars said:
    10 Maret, 2010 pukul 8:08 am

    Wah tipsnya mantap
    Tapi tetep aja gak bisa berhenti merokok… 😛

    d.e.q said:
    10 Maret, 2010 pukul 9:33 am

    kata temen saya, niup terompetnya drumband juga bisa meringankan beban di dada tuh,

    budies said:
    10 Maret, 2010 pukul 12:36 pm

    nomor 4 sulit dihidari gimana..
    masak harus berganti teman dan komunitas
    itu sangat sulit bagi saya

      fansmaniac responded:
      10 Maret, 2010 pukul 4:23 pm

      @budies: hehe bukan berarti kita ganti teman sob, tapi menghindarinya dengan menolak tawaran rokoknya😀

    searchthetruth said:
    10 Maret, 2010 pukul 3:48 pm

    merokok emang susah dihentikan, namun sebenarnya biaya rokok kadang jauh lebih mahal dari biaya makan sehari.. untuk itu bagi yang merokok sayang sekali duit harus habis untuk hal yg merusak kesehatannya sendiri.. nice post

    Olas Novel said:
    10 Maret, 2010 pukul 9:51 pm

    Salam, Met kenal pak dhe…… sukses selalu…… smoga bisa ngilangin kebiasaan jelek (merokok). :))

    Rudini Silaban said:
    10 Maret, 2010 pukul 10:15 pm

    Mau Lapor Bos,LInk nya dah q pasang atas nama Irfan Marinda…

    silahkan di cek….

    thanks,,sukses selalu..

    keep Blogging..

    aldy said:
    10 Maret, 2010 pukul 11:35 pm

    Saya sudah mencoba berbagai macam cara agar bisa berhenti merokok, mungkin yang belum saya lakukan hanya dengan terapi hipnotis.
    Tapi merokok juga nggak banyak kok, satu hari hanya 3 bungkus saja.😀

      fansmaniac responded:
      11 Maret, 2010 pukul 3:09 am

      @aldy: wah kebangetan kalo 3 bks tuh haha, sehari bisa habis 30rb ya? mudah2an anda bisa mengurangi sedikit2

    Haryanto Blog said:
    15 Maret, 2010 pukul 12:16 pm

    Dulu Pernah berhenti 3 bulan gak merokok,,, eh kambuh lagi… gak tahu lagi .. rasanya lelah berusaha berhenti merokok.. Saya perokok berat,,(jisamsu habis 2 hingga 3 bungkus dalam sehari semalam).

    tapi saya setuju jika ada Fatwa HAram bagi perokok,, memang segala sesuatu yang lebih banyak modzaratnya ketimbang manfaatnya bisa di katakan HAram juga…
    tapi yang saya butuh bukan sekedar Fatwa,, tapi bantuan…

    orang-orang pintar tolong ciptakan sebuah produk yang bisa membuat seseorang bisa berhenti merokok….

    misalkan obat yang bisa membuat mual saat seseorang menghisap rokok, dengan begitu akan tercipta sugesti bahwa roko bikin mual… (ya mirip-mirip terapi ketergantungan obat)

    Maaf kepanjangan Komentarnya…

      fansmaniac responded:
      15 Maret, 2010 pukul 4:30 pm

      @HARYANTO: semua dasarnya dari niat yg kuat, kalo nggak didasari itu kayaknya bakal balik lagi deh hehe

    Agung Haryono said:
    17 Maret, 2010 pukul 2:49 pm

    Alhamdulillah saya sudah bisa mengurangi bahkan bisa berhenti merokok pak😀

      fansmaniac responded:
      17 Maret, 2010 pukul 6:24 pm

      @agung haryono: Wah selamat atas keberhasilannya kalau begitu, kalo bisa jadi tukang kampanye stop merokok hehe…

    […] Cara Efektif Berhenti Merokok […]

    […] Cara Efektif Berhenti Merokok […]

    almaksaji said:
    26 Juli, 2011 pukul 8:16 am

    siip pak mungkin dengan ini saya bisa berhenti

    mia said:
    10 September, 2011 pukul 1:09 am

    trims untuk tips nya pak…saya sangat berharap suami saya mau berhenti merokok..ia sudah stop rokok selama kurang lebih 4 hari tetapi malah batuk2 terus..mungkin tips melakukan stop rokok secara bertahap akan membantu dia…
    skali lagi thanks for the info…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s