Potensi Usaha Minuman Jus untuk Meningkatkan Produktivitas Jeruk Tebas (Jeruk Pontianak )

Posted on Updated on

Jeruk Pontianak sebenarnya berasal dari Tebas Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, hanya saja menurut sejarah terkenalnya disebabkan karena dulunya jeruk ini dikirim dan didistribusikan dari kota Pontianak ke seluruh pelosok Indonesia..sehingga masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan nama Jeruk Pontianak.

https://i0.wp.com/4.bp.blogspot.com/_IcAsiaaHbLk/SmL8lVTSv2I/AAAAAAAADj8/ud5vvuu1epI/s400/jeruk+pontianak.jpgJeruk Pontianak memiliki rasa yang khas, ia sangat manis dan tidak asam2 manis seperti jeruk Sunkist atau Orange.  Dulu sewaktu era tahun 80-90 jeruk Pontianak mejadi primadona dan banyak di pasar2 buah.  Pada tahun 1990an keatas, jeruk Pontianak mendadak hilang akibat wabah penyakit yang menyebabkan perkebunan jeruk ini di Tebas Kabupaten Sambas habis mati semua.  Selain itu, saat itu jeruk ini produksinya membanjir  sehingga harga jualnya juga menjadi murah.  Akibatnya masyarakat Tebas enggan untuk menanam kembali komoditi ini dan beralih dengan menanam padi.

Baru pada akhirnya di awal tahun 2000an , jeruk Pontianak kembali ditanam dan dikembangkan oleh masyarakat setempat mengingat harga jualnya yang mulai merangkak naik.  Dan kini nama Jeruk Pontianak mulai ada di sebuah produk minuman segar bubuk, hal ini tentu akan terus meningkatkan kebutuhan jeruk Pontianak.

Saya sebagai putra daerah Kalimantan Barat merasa perlu kiranya ada pemikiran agar jeruk Pontianak ini menjadi salah satu komoditi unggulan yang dapat menjadi nilai tambah baik bagi PAD maupun pendapatan petani penanamnya.

Bila kita menjual buah ini secara langsung alias tanpa di olah, tentunya harganya juga relatif segitu2 dan susah naiknya malahan berpotensi turun harganya bila terlalu banyak produksi.  Maka untuk menjadikan komoditi jeruk Pontianak ini memiliki harga jual yang tinggi maka perlu diolah dalam bentuk lain.  Bentuk olahannya antara lain adalah dengan membuat jus dalam bentuk kemasan.

Jus dalam bentuk kemasan saat ini mulai banyak di konsumsi masyarakat kita, bahkan saya sendiri rutin meminum jus kemasan karena selain sehat juga praktis bisa dibawa dan diminum kapan saja tanpa harus bawa blender.  Oleh karena itu untuk membentuk suatu usaha jus kemasan ini diperlukan teknologi pengemasan dan pengolahan sehingga jus dapat bertahan lama secara alami dan tetap segar meski diminum kapan saja.

Jus Jeruk Pontianak sangat rentan basi, karena rasanya yang sangat manis dan terdiri dari air yang banyak maka jus ini harus diminum segera dan tidak boleh dibiarkan lama meskipun sudah disimpan di kulkas.  Hal inilah yang membuat jeruk Pontianak susah untuk dikemas dalam keadaan segar.  Tapi saya percaya dengan teknologi pengemasan yang sudah ada saat ini pasti ada solusi untuk hal ini dengan catatan tetap mengedepankan kesehatan dan tanpa pengawet buatan yang berbahaya.

Apalagi pada saat hari2 besar seperti Idul Fitri, Natal dan Imlek, minuman2 kalengan atau kemasan sangat sering disajikan sehingga akan menjadi prospek bisnis yang sangat menguntungkan.  Untuk itu sebagai diversifikasi produk, sebaiknya jus kemasan ini di buat dalam beberapa produk kemasan misal diantaranya :

  1. Kemasan kotak 200 ml
  2. Kemasan kotak 1000 ml
  3. Kemasan kaleng

Proses pengolahannya pun tidak lah rumit dan banyak, karena jus Jeruk Pontianak ini lebih segar tanpa ada campuran lainnya.  Adapun komposisi untuk jus jeruk Pontianak ini hanya air, sari buah asli jeruk Pontianak, dan gula.  Jeruk segar yang diolah haruslah di seleksi dengan lebih ketat, baik rasa maupun kualitas bulirnya, karena jeruk yang belum masak rasanya akan asam selain itu jeruk yang masak karena pemeraman rasa manisnya juga beda.  Pengawet yang dibenarkan juga mungkin perlu untuk menjaga kesegaran buah tanpa efek samping terhadap kesehatan.

Mengenai pemasaran, agar lebih meningkatkan produktivitas maka pemasaran harus mencapai luar kalimantan dan lebih baik lagi bila seluruh Indonesia.  Jika benar ini terjadi, maka sudah dapat dipastikan kemungkinan akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa.  Dalam hal ini tentunya perlu promosi yang baik agar dapat terdistribusi keseluruh pelosok Indonesia.

Dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap produk jus kemasan ini, maka petani jeruk Pontianak juga akan kewalahan untuk melayani permintaan perusahaan terhadap buah segar sebagai bahan utama produk ini.  Lowongan kerja juga akan banyak diperlukan, petani jeruk dapat menjadikan jeruk Pontianak sebagai komoditi andalan penghasilan hidupnya.  Akhirnya jeruk Pontianak tetap terus ada dan semakin terkenal namanya.  Intinya, semoga ada investor yang suatu saat kelak melihat potensi ini dan menjalankannya…

Semoga…

13 thoughts on “Potensi Usaha Minuman Jus untuk Meningkatkan Produktivitas Jeruk Tebas (Jeruk Pontianak )

    Dangstars said:
    18 Maret, 2010 pukul 4:04 am

    Jusss…ehm bisnis menggiurkan yah

      fansmaniac responded:
      18 Maret, 2010 pukul 4:33 am

      @dangstar: iya kang, apalagi di Kalbar berpotensi sekali bisnis ini

    Dangstars said:
    18 Maret, 2010 pukul 4:07 am

    Salam sukses selalu

    kimsanada said:
    18 Maret, 2010 pukul 4:21 am

    Jus jeruk pontianak.. Yummi..
    Pesan 1 ya..:mrgreen:

    rose said:
    18 Maret, 2010 pukul 5:43 am

    memang sepertinya sudah mulai digalakkan produksi jus buah2an dalam kemasan, secara indonesia adalah negara yg kaya akan buah2an tropis…

      fansmaniac responded:
      18 Maret, 2010 pukul 9:20 am

      @rose: benar, potensi buah yang banyak di Indonesia sangat menunjang untuk peluang usaha jus kemasan, bila kita lihat byk produk jus kemasan yg beredar itu berasal dari lisensi asing.

    delia4ever said:
    18 Maret, 2010 pukul 6:57 pm

    semoga aja idenya bisa terealisasikan ya🙂

    jadi pengen nyoba jeruk tebas gimana manisnya

    salam kenal

    muhammad zakariah said:
    18 Maret, 2010 pukul 9:32 pm

    wah.. keren amat yah jeruk pontianaknya.. rentan basi cuy.. hehe.. dari jeruk bisajd ladang uang.. hmmm.. pengen nyoba rasanya nih.. pesn 1 yak..:mrgreen:

    Wedul Sherenian said:
    19 Maret, 2010 pukul 2:35 am

    nyam….serasa segar melihat jeruknya!

    fansmaniac responded:
    19 Maret, 2010 pukul 5:24 am

    @delia4ever: trims mbak dahlia, jeruk tebas rasanya sangat manis dan segar, sangat enak diminum dalam bentuk jus he
    @muhammad zakariah: hehe nunggu sy jadi pengusahanya boleh tu kita jualan sip😀
    @Wedul: makanya kayaknya enak kalo diminum beneran he

    Rajis said:
    9 Juni, 2010 pukul 10:11 am

    benar tuch bang,mudah2an dengan adanya ide ini dapat terealisasi, krn sampai skrg pemerintah cuma memikirkan penanamannya dan tidak memikirkan hasil dari tanaman tersebut,sehingga harga buah jeruk ndk ad harganya bagi petani tp yg malah untung itu penampung jeruknya, tp bkn petaninya, semoga aja petani jeruk bisa menikmati hasilnya, krn saya sendiri anak petani jeruk asal tebas. mdh2an satu saat nanti ada investor yang berminat untuk menanam modal untuk jeruk tebas ini.amin

    Rudi said:
    2 Januari, 2011 pukul 3:35 pm

    idenya bagus tp klo boleh saya tau berapa harga jeruk/kg untuk ukuran A/B/AB. Saya tertarik untuk membeli jeruk pontianak ttp dalam jumlah yg lumayan banyak, kira2 petani sana bisa tidak menyediakan dalam jumlah banyak, kualitas harus bagus.Tolong kirimkan saya rincian harganya/kg menurut ukuran.

    Email saya : obay_yusmandi@yahoo.com
    plano.rudi@Gmail.com

      fansmaniac responded:
      10 Januari, 2011 pukul 7:38 am

      @Rudi : Berita gembira pak rudi, saya akan coba sampaikan infonya kepada anda lewat email

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s