10 Perlengkapan Penting Persiapan Keadaan Darurat

Posted on

Sedia payung sebelum hujan, begitulah kira2 yang bisa kita katakan… ini terinspirasi dari film cast away dimana seorang pemuda terdampar disebuah pulau yang terpencil.  Ia bertahan hidup dengan cara primitif seperti menggunakan batu, kulit pohon dan sebagainya.  Andai saja ia memiliki beberapa peralatan darurat mungkin setidaknya ia menjadi lebih gampang dalam mengantisipasi hal tersebut.

Ya kemungkinan besar kita tidak akan mengalami seperti cerita film cast away tadi… tapi kalo seumpamanya kita ingin berjaga2 jikalau suatu saat terjadi suatu peristiwa gawat darurat dimana anda harus kehilangan rumah, listrik padam, dan anda hanya mengharapkan bantuan datang.  Atau disaat anda pergi ke gunung mendaki bukit tiba2 tersesat, apa yang harus anda persiapkan untuk menghadapinya?  Sebenarnya ada beberapa perlengkapan pokok yaitu penerangan, makanan & minuman, perkakas, dan obat2an.

Siapkan 1 buah tas ransel yang siap dibawa kapan saja dalam keadaan darurat, dan perlu kiranya selalu ada dirumah anda untuk berjaga-jaga.  Perlengkapan itu yaitu :

  1. Senter, persiapkan senter yang kecil dan mudah dibawa namun cahayanya cukup terang.  Hal ini untuk mengantisipasi disaat malam hari yang gelap, karena pada saat musibah terjadi listrik pasti padam.  Gunakan senter dengan batere jadi anda juga harus mempersiapkan batere cadangannya, jangan menggunakan senter yang hanya bisa di charge.
  2. Pisau, pisau ini sangat berperan penting saat darurat misalnya untuk memotong kayu, membuat peralatan, bahkan perlindungan diri.
  3. Makanan dan Minuman, bawa air putih botol ukuran 200 ml jangan yang 1 liter bisa berat, bila habis anda bisa cari air disekitar.  Makanan cari yang tahan lama dan mengenyangkan, seperti biskuit yang bila direndam di air akan menjadi bubur.. atau anda bisa bawa bubur atau mie instan.
  4. Korek api, ini juga vital dan harus ada.. bawalah korek api gas dan batangan (dua2nya) kemudian bungkus dengan plastik yang rapat agar tidak terkena air.
  5. Bumbu dapur, terdengar lucu tetapi ini akan bermanfaat bila anda berada di alam liar disaat cadangan makanan habis anda bisa berburu atau memancing ikan.  Nah dengan ada bumbu ini tentu akan merasa nikmat bukan? Bumbu yang bisa dibawa diantaranya garam, kunyit serbuk, merica bubuk, penyedap rasa, dan lainnya bila perlu.
  6. Karet Ban Dalam Motor/Mobil, potonglah ban dalam kecil2 dengan ukuran 5 x 10 cm… lha ini untuk apa? Ini berfungsi menjadi bahan bakar untuk menyalakan api dengan kayu.. caranya cari kayu kering kemudian buat seperti tungku, bakarlah 1 potong karet ban dan letakkan dibawahnya, karet yang meleleh akan menempel pada kayu sehingga akan api akan menyala dengan mudah pada kayu.  Pada beberapa kasus yang pernah dicoba, ini juga efektif untuk kayu basah.. jadi jangan kuatir bila ternyata tidak ada kayu kering karena bekas hujan api juga dapat menyala dengan mudah.
  7. Gelas dari kaleng, gelas berbahan kaleng mempunyai banyak manfaat, selain untuk minum juga bisa untuk memasak.. carilah ukuran gelas yang lumayan besar tetapi muat untuk dimasukkan dalam tas darurat anda.
  8. Obat-obatan, ini juga sangat penting, yang perlu dibawa antara lain : Obat merah/betadine, paracetamol, obat flu tablet, obat batuk tablet, obat diare, kapas dan perban.
  9. Kompor lipat dan parafin, kompor lipat yang kecil mudah sekali dibawa dan bahan bakarnya pun tidak bisa tumpah yaitu parafin.. Parafin adalah bahan bakar padat yang biasa digunakan oleh militer ataupun para penjelajah.  Jelas aja fungsinya adalah untuk masak bukan untuk penerangan..
  10. Mantel hujan, banyak sekali fungsinya.. selain untuk pengaman saat hujan, juga bisa berfungsi sebagai alas tidur ataupun duduk.

Ydari semua perlengkapan diatas yang perlu di update hanya makanan, artinya jangan lupa setiap berapa bulan sekali harus dikonsumsi kemudian diganti dengan yang baru karena ada masa kadaluarsanya, setelah itu simpan kembali.

Perlengkapan ini juga sangat cocok bagi anda yang pingin kemping atau mendaki gunung, semoga bermanfaat.

9 thoughts on “10 Perlengkapan Penting Persiapan Keadaan Darurat

    elmoudy said:
    19 Maret, 2010 pukul 7:33 am

    wah komplet perlengkapannya ya pak
    saya pernah lihat film cast way… bener2 survival banget.
    tapi kalau bawa perlengkapan selengkap itu..
    bisa nyantai ajaa.. hehe

      fansmaniac responded:
      19 Maret, 2010 pukul 5:01 pm

      @elmoudy: iya ini tujuannya cuma utk darurat, bisa juga bagi yg mau mendaki ato menjelajah

    darahbiroe said:
    19 Maret, 2010 pukul 8:04 am

    ijine mangamankan keduaxxx

    iya betul banget jika semua itu sudah dipersiapkan maka kita sudah siapp dalam keadaan darurat.. nice post sobb

      fansmaniac responded:
      19 Maret, 2010 pukul 5:02 pm

      @darahbiroe: iya ni siap kemping juga hehe, makasih comentnya sob

    Siti Fatimah Ahmad said:
    19 Maret, 2010 pukul 8:20 am

    Assalaamu’alaikum

    Salam kenal. Bila membaca pelengkapan yang saudara nyatakan di atas teringat saya kepada kelengkapan yang saya sediakan ketika mahu mendaki gunung Serapi semasa masih menjadi ahli pengakap (scout) dulu. Terima kasih ats infonya. Salam mesra dari Sarawak, Malaysia.

      fansmaniac responded:
      19 Maret, 2010 pukul 5:05 pm

      @siti fatimah: waalaikum salam, salam kenal juga puan… benar sekali puan, perlengkapan ini sedianya bisa juga digunakan untuk mendaki gunung atau camping… Berita bagusnya saya baru dari Sarawak Malaysia bulan Desember kemarin.. senang bisa bertegur sapa jua..

    d.e.q said:
    19 Maret, 2010 pukul 2:15 pm

    wah, bahan bakar untuk masak dari ban plastik bahaya loh. bisa-bisa asapnya itu tersangkut di paru-paru (gampangnya gitu) n jadi ISPA

      fansmaniac responded:
      19 Maret, 2010 pukul 5:09 pm

      @d.e.q: kalo ban dalam itu bukan untuk masak, untuk memasak gunakan kompor lipat dgn parafin.. ban dalam itu fungsinya untuk menyalakan api unggun atau bara api untuk penerangan kalo di malam hari.. hehe

    sawali tuhusetya said:
    20 Maret, 2010 pukul 3:50 pm

    tips yang mencerahkan dan bermanfaat, mas. situasi darurat memang butuh sikap antisipatif, sebab kapan pun situasi semacamitu bisa menimpa siapa saja. terima kasih bagi2 tips-nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s