Tips & Trik Mengelola dan Menentukan Gaji Karyawan

Posted on Updated on

Anda baru memulai usaha? atau sudah lama membuka usaha tetapi selalu bingung karena selalu gonta-ganti karyawan karena banyak yang berhenti dan susah mencarinya lagi?  Dalam hal ini ada beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan agar tempat usaha anda terus berjalan.  Tips ini bisa cocok untuk anda yang membuka usaha menengah keatas, bagi usaha kecil biasanya cukup dikerjakan sendiri atau mengambil karyawan yang bekerja sambilan bukan kerja tetap karena tentunya memiliki keterbatasan dan kemampuan dalam menggaji karyawan.

Karyawan adalah aset terbesar dalam usaha kita, jika kita tidak mempunyai karyawan dengan kemampuan yang baik dan sesuai dengan bidang usaha kita maka sudah pasti kacau jugalah usaha kita.  Namun ternyata menjaga karyawan agar tetap betah dan terus bekerja di tempat usaha kita juga merupakan dilema yang juga susah bagi kita.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan dan mungkin penyebab kurang betahnya suatu karyawan diantaranya :

  1. Gaji yang kurang memadai untuk kebutuhan hidupnya
  2. Pekerjaan yang ia geluti tidak sesuai bidangnya atau profesinya
  3. Tidak suka dengan manajemen tempat kerja atau ada masalah dengan pimpinan atau teman kerja
  4. Tidak menjamin masa depannya
  5. Ada lowongan kerja lain yang lebih besar gajinya dan menjamin masa depannya
  6. Gengsi pekerjaan
  7. Masalah pribadi

Semua faktor diatas adalah salah satu yang menyebabkan mengapa karyawan kurang betah atau berhenti dari pekerjaannya.  Namun sebenarnya point 1 yaitu gaji karyawan sangat memegang peranan penting dalam menyokong point2 lainnya kecuali point 5 dan 7.  Bila gaji yang ia dapatkan besar, maka sudah pasti ia merasa terjamin kehidupannya sehingga point2 lainnya tidak menjadi masalah baginya.

Namun, ini sebenarnya tergantung dari kemampuan usaha anda dalam menggaji karyawan anda.

Mengelola Karyawan

Berikut beberapa tips dan trik yang mungkin bisa anda coba dalam mengelola dan menggaji karyawan :

  1. Carilah karyawan yang sesuai dengan bidang kerja yang anda jalankan, bila anda sembarang dalam mempekerjakan karyawan maka sudah pasti anda bakalan repot karena harus mengajarinya lagi atau justru ia kurang mood dalam bekerja
  2. Rancanglah sistem kepangkatan dan gaji, sehingga karyawan memiliki jenjang karir yang menjamin masa depan kerjanya
  3. Pelatihan, adakan pelatihan ataupun kegiatan yang menambah wawasan bagi karyawan dan utamakan yang bersifat menjaga loyalitasnya dan keakraban sesama karyawan (misal pelatihan manajemen kepemimpinan, manajemen kelompok, dan penambahan wawasan lainnya)
  4. Tunjangan, berikan tunjangan selain gaji misalnya tunjangan makan dan keluarga
  5. Rewards, penghargaan sangat penting untuk memacu dan menjaga kinerja karyawan.. misal bila target tercapai maka karyawan mendapatkan bonus 1x gaji atau lebih dari itu, biasanya kalau kurang dari gaji pokok efeknya agak kurang.  Dan penghargaan lainnya yang non komisi misal gelar karyawan teladan, karyawan disiplin, dan gelar lainnya.. kalau bisa jangan hanya satu orang tetapi beberapa orang sehingga yang lain termotivasi dan merasa ada kesempatan untuk mendapatkan gelar, berikan fasilitas dan pujian yang luar biasa kepada yang diberi penghargaan sehingga semakin memberi efek yang baik.
  6. Masa aktif, hal ini dimaksudkan agar terjadi regenerasi pegawai dan menjaga kestabilan kinerja.. sehingga yang sudah tua harus pensiun dan diganti yang muda.
  7. Manajemen organisasi yang baik, misal harus ada bidang2 atau seksi dalam pekerjaan tertentu.
  8. Perlindungan, keselamatan kerja sangat mempengaruhi kinerja karyawan akan lebih baik lagi bila bekerjasama dengan perusahaan asuransi atau jamsostek
  9. Menjaga silaturahmi antar karyawan termasuk pada keluarganya, jadikan karyawan benar2 merasa juga memiliki tempat kerjanya sehingga akan muncul kesetiaan pada tempat kerjanya.

Menentukan Gaji Karyawan

Gaji karyawan ditentukan dari beberapa hal diantaranya kepangkatan, masa kerja, kemampuan tempat usaha / perusahaan.  Kepangkatan dapat ditentukan dari riwayat pendidikan dan bidang yang diambilnya saat pertama masuk kerja.  Sebagai contoh saya mengumpamakan Toko Komputer yang memiliki rata2 omzet 25 juta perbulan.

Contoh :
Daftar Kepangkatan dan Gaji Pokok Toko Komputer SUSAHRUSAK

Klik Gambar untuk memperBESAR

Lulusan SD

Lulusan SMP

Lulusan SMA/SMK

Lulusan D2/D3

Lulusan S1

Lulusan S2

Pelatihan

Kegiatan yang tak kalah penting untuk menjaga dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (karyawan) diantaranya adalah pelatihan.  Pelatihan ditujukan untuk menambah wawasan karyawan.. Kegiatan pelatihan ini sifatnya diwajibkan, dengan cara menjadikannya sebagai salah satu syarat untuk naik pangkat tertentu atau menjabat jabatan tertentu.

Kegiatan lainnya yaitu buku wajib, dimana karyawan diwajibkan untuk membaca beberapa judul buku yang telah di referensikan tergantung bidang pekerjaannya.  Misal Teknisi, buku wajibnya tentang sistem operasi dan troubleshooting… kemudian ada juga majalah bulanan atau mingguan wajib misalnya majalah komputer.

Buat struktur dan Bidang Pekerjaan

Untuk memudahkan mengatur kerja karyawan maka perlu dibuat bidang pekerjaan… misal untuk contoh diatas CV. KOMPUTER KITA yang bergerak di bidang servis dan penjualan komputer :

–          Bidang Administrasi dan Umum, mengatur semua administrasi perkantoran, yang terdiri dari seksi keuangan (mengurus keuangan/kasir), seksi kepegawaian (mengelola karyawan termasuk pengadaan pelatihan dan penyusunan kebutuhan pegawai), seksi publikasi (mengatur promosi dan iklan), seksi persuratan dan inventaris barang (mengurus keluar masuk surat dan barang investasi kantor)

–          Bidang Servis, bertugas sebagai pelayanan servis semua perangkat komputer yang terdiri dari seksi Hardware (komputer, elektronik umum, printer) dan seksi Software (mengurus instalasi dan servis ringan/berat)

–          Bidang Penjualan, bertugas melayani pelanggan di bagian depan dan bertanggung jawab terhadap semua barang yang diperjual belikan, mengatur stock barang, dan garansi.

Selalu Mereview Kinerja Karyawan

Anda harus selalu melakukan review pekerjaan karyawan, bisa dengan mengadakan pertemuan atau rapat yang diadakan sebulan sekali atau tiap tri wulan.  Ini dimaksudkan agar tetap menjaga kualitas kerja karyawan, dan mengetahui problema tiap bidang.  Kita juga dapat menegur karyawan yang menurun kinerjanya atau melakukan kesalahan berulang.

Intinya jalankan bisnis anda dengan sungguh2 dan berhati-hati, selalu ingat bahwa karyawan adalah ujung tombak kesuksesan anda.

Semoga Bermanfaat.

Lulusan SD

Lulusan SMP

Lulusan SMA/SMK

Lulusan D2/D3

Lulusan S1

Lulusan S2

65 thoughts on “Tips & Trik Mengelola dan Menentukan Gaji Karyawan

    wahyu said:
    29 Maret, 2010 pukul 7:45 pm

    hmmm…. berarti intinya karyawan harus bisa berkembang di suatu tempat bekerja. entah itu kariernya, gajinya, atau kemampuan dan keahliannya. kalau g ada yg berkembang, gaji mentok, karier ngadat, mending keluar aja hehehe

    ngancik said:
    30 Maret, 2010 pukul 1:37 am

    wow…karyawan lok ga digaji gmn?

    Fikar said:
    30 Maret, 2010 pukul 1:41 am

    🙂 blom punya karyawan. Brarti agan bos dong ya.

    darahbiroe said:
    30 Maret, 2010 pukul 4:07 am

    nice post
    heh tp saya masih nganggurrr nuyy

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih😀

    fansmaniac responded:
    30 Maret, 2010 pukul 4:45 am

    @wahyu : Betul sob, karyawan harus berkembang… kalo nggak kita sebagai pengusaha bakalan rugi karena karyawan juga memeiliki mood terhadap pekerjaan. Kalo dia mentok maka moodnya akan turun, maka sistem kepangkatan dan gaji harus diterapkan termasuk award agar mood kerja tetap terjaga.
    Gitu kali ya… haha

    fansmaniac responded:
    30 Maret, 2010 pukul 5:16 am

    @Fikar : Gpp bro, yang namanya usaha harus mulai dari bawah dulu… nanti lama2 pasti ente jadi besar dan menggaji banyak karyawan, semoga sukses bro

    delia4ever said:
    30 Maret, 2010 pukul 3:18 pm

    mudah2an dlm tempat kerja saya, tips2 diatas sudah dijalankan.. hheheh..
    tapi buat perusahaan keluarga.. saya mencoba untuk transparansi🙂 tidak bisa memberikan janji pangkat bla2 (perusahaan kecil ) tapi lebih keprofit sharing..
    jadi karyawan juga merasa seperti memiliki perusahaan…memotivasi dia jd lebih semangat…

    sense of belonging merupakan motivasi internal…bagaimana membuat karyawan loyal adalah bagaimana kita menghargai dan menganggap mereka…

    info yg bermanfaat pak… izin tak save ke file ya pak🙂

      fansmaniac responded:
      31 Maret, 2010 pukul 3:39 am

      @delia : Iya, metode diatas hanya sebagai contoh.. tetapi kisi2nya bisa seperti itulah.. Contoh itu cuma berlaku untuk karyawan, kalo bisnis keluarga kayaknya gk bisa. Tetapi anda benar bahwa loyalitas karyawan adalah hal terutama, pada point 9 dalam mengelola karyawan sudah saya sebutkan.

      Sukses buat usaha dan bisnisnya ya mbak ?

    Dangstars said:
    1 April, 2010 pukul 9:04 am

    Mantap Bro..
    Makasih banget

    sunflo said:
    1 April, 2010 pukul 11:19 am

    betul..betul.. tanpa karyawan, bos ga bakalan berhasil kok… hehehe… oleh karena itu, jaga dan peliharalah para karyawanmu wahai para pemilik usaha… ^^

    Abu Ghalib said:
    2 April, 2010 pukul 7:57 am

    alhamdulillah
    ini akan jadi referensi buat saya
    insya Allah saya akan membangun usaha
    meski mulai dari yg kecil dulu

    eniwei, blognya saya link ya mas
    linknya ada di kolom “my brothers”
    semoga tali silaturrahmi tetap terjalin

    selamat berakhir pekan

    trims

    eva said:
    17 April, 2010 pukul 2:57 pm

    saya pusing mau kasih gaji karyawan tetap aturan hak-haknya apa aja, brp nilainya, wajib yg mana aja?

      fansmaniac responded:
      18 April, 2010 pukul 1:42 pm

      @eva : Sebenarnya penggajian karyawan dikategorikan pada
      1) Beban Kerjaan, kalo kerjaannya atau tanggungjawabnya berat maka gajinya lebih tinggi
      2) Jenjang Pendidikan, Makin tinggi lulusan karyawannya maka makin besar gajinya dan tentunya tempatkan ia ditempat yg sesuai dgn kemampuan ilmunya
      3) keuntungan perusahaan, sebenarnya ini bukan aturan pokok tetapi ini standar acuan bagi karyawan karena kita menuntut karyawan untuk mendapatkan laba sebesar2nya maka semakin banyak untung bagi perusahaan maka makin besar pula kemampuan kita untuk menggaji mereka dengan layak
      4) standar kehidupan pokok, ini tentu secara logis.. jangan mengupah karyawan yang tidak sesuai dengan kebutuhan pokok kita saat ini… misal gajilah ia minimal mampu menopang kehidupannya Rp. 20.000 perhari dalam satu bulan, jangan dibawah itu.. karena selain tidak menunjang bagi kebutuhannya ia juga gk bakalan betah.. dijamin.

      Semoga bermanfaat

    adityafacilitator said:
    27 April, 2010 pukul 1:42 am

    wuih… lengkap rek… angkat 4 jempol.. hmmmm btw gaji merupakan sumber kepuasan kerja, sumber sumber kepuasan kerja yang lainnya bisa diklik disini… terimakasih diberi tumpangan lewat..

      fansmaniac responded:
      27 April, 2010 pukul 8:24 am

      @aditya : oke, trims atas kunjungannya mas

    Jihan Yalpur said:
    6 Mei, 2010 pukul 11:18 am

    Artikel yang sangat menarik…kebetulan sy lg di pusing-in sama urusan gaji. Saya baru buka usaha rental ps 3. Karena saya blm tau omset per bln,sy ikut standard gaji pegawai toko biasa (cth: toko kain,toko meubel,dll) sebesar Rp. 20.000/hr. Tp kok ya pegawai sy keluar masuk ya pak? mrk blg gaji 600 mau tp tanya di sedia-in tpt tinggal gak? yah…memang ini jg salah partner bisnis suami sy yg merekrut temannya sendiri & di ajak tinggal bareng dia,gratis,jd ini bikin pegawai lain iri & blg gajinya abis buat byr kost & makan. Saya jd bingung pak… sementara utk gaji lebih sy blm sanggup krn sy br 2 bln buka. Sebenarnya ada gak standard minimal gaji pegawai itu sesuai biaya hidup per hari? Atau mungkin setelah standard terpenuhi sy bs kasi gaji berdasarkan omset pak?qra2 brp persen minimal?sebenarnya sy gak butuh tingkat pendidikan,minimal bs di ajarin komputer dikit aja, paling jg lulusan sd/smp, klo sma mungkin sy percaya jd manajer utk handle pegawai bawahnya.

      fansmaniac responded:
      7 Mei, 2010 pukul 8:59 am

      @Jihan Yalpur :
      Mbak Jihan, usaha apa saja semua sama dan kemampuan kita untuk menggaji karyawan adalah tergantung omset yang dihasilkan perusahaan serta target yang akan dicapai. Rental PS 3 adalah usaha yang resident dan mencari pengunjung sebanyak2nya bukan seperti sales atau abang tukang bakso keliling yang mencari pelanggan.

      Anda sekarang memperkerjakan berapa karyawan? kalo menurut saya atur dulu manajemen kerjanya, yaitu misal ada yg tukang ngawas PS3, kasir, dan Manager yaitu anda sebagai pemilik. Anda bertugas mengatur agar pengunjung banyak datang, bisa dengan voucher, mengadakan event perlombaan, merchandise dan lainnya.. buat target minimal,

        misal

      rata2 dalam 1 hari harus 20 orang pengunjung atau rata2 40 jam penyewaan. kalo kurang dari target itu sudah pasti anda tidak akan mampu bertahan.

      Untuk karyawan yang suka keluar masuk itu tergantung gara2 apa ia tidak betah, anda bisa intropeksi dari manajemen kerja anda sendiri.. apakah anda yang salah atau emang karyawannya yang bukan tipe pekerja. Kebanyakan menurut saya orang yang bertahan adalah orang yang butuh dengan pekerjaan itu, bukan kita yang mencari dan menawarkan. Coba anda cari dari lulusan SMP atau anak kost yang kehidupannya sederhana, karena biasanya orang yang derajatnya lebih tinggi pasti nggak akan lama dan hanya untuk nyari2 tambahan jajan. Sedangkan kita memerlukan orang yang serius bekerja..
      Mungkin itu saja, smoga bermanfaat

    heru priadi said:
    29 Mei, 2010 pukul 6:04 am

    terima kasih atas informasinya…saya akan mencoba tutorial anda

    artikel komputer said:
    14 Juni, 2010 pukul 2:17 pm

    wow….., apakah anda seorang HRD ???

    junkhoeng said:
    20 Juni, 2010 pukul 2:50 am

    saya punya toko kosmetik,omset 60/80 jt/bulan,rata2 jualan 3/4 jt/hari,tapi selama thn 2010 omset menurut di sebabkan krisis global,dan juga sudah ada careffur di kota saya dagang,sedangkan biaya2 ,masih tetap,berapa uang makan yg pantas sya keluarkan buat 2 org karyawan,apakah gaji tambahan tiap akhir bulan yg 150 ribu/org saya hilangkan?sedangkan penjualan skrg menurun hingga 50%.

    walktrough said:
    26 Juli, 2010 pukul 1:35 pm

    tukerang link dong ke http://roadofvictory.blogspot.com???

    ayah naila said:
    25 September, 2010 pukul 8:38 am

    saya pemilik yayasan yg bergerak dibidang pendidikan, saat ini sistim penggajian yg dilakukan berdasarkan jam dan kedatangan, shg guru yang mengjar spt kurang bergairah, kira-kira bisakah bapak memberikan solusinya, biar bagaimanpun juga saya ingin memberikan yang terbaik buatr teman-teman guru

    azmi said:
    21 Oktober, 2010 pukul 6:41 am

    nice post, ikut copas y.

    Teh Asia said:
    25 April, 2011 pukul 10:23 am

    klo omzetnya msh kecil gmn boz?

      fansmaniac responded:
      30 April, 2011 pukul 2:55 am

      @Teh asia : kalo omzet kecil sebaiknya dikerjakan sendiri dulu jangan mengupah karyawan mungkin itu lebih baik🙂

    Teh Asia said:
    25 April, 2011 pukul 10:34 am

    izin konsultasi boz..
    saya baru buka usaha di bidang AMDK (air minum dalam kemasan) omzetnya masih sangat minim kira2 2 juta/bulan. saat ini saya punya karyawan 3 org. bagaimana cara menghitung gajinya?sementara ini saya memakai sistem intensif bukan gaji. bagaimana sebaiknya menurut bapak?
    terimaksh…

      fansmaniac responded:
      30 April, 2011 pukul 3:26 am

      @Teh asia : sistem gaji yg saya paparkan sebenarnya hanya cocok utk perusahaan yang memiliki karyawan tetap, kalau omzet masih rendah sebaiknya gunakan outsourcing sperti yg mas lakukan skrg🙂

    Makalah Pendidikan said:
    5 Mei, 2011 pukul 4:53 pm

    wah, trnyata menentukan gaji tidak mudah ya.. trimksh infonya

    Yan Zulficri said:
    1 Agustus, 2011 pukul 10:54 pm

    Salam kenal..
    Langsung aja ya..
    Sya seorang kryawan yg bekerja di slah satu counter penjual aksesoris alat-alat sulap yg letakna di mall ternama di medan,sya sdh bekerja selama 4thn.dri awal saya bekerja dan smpe sekarng sya berkeluarga,gaji saya sdh di naikan 3x,tp koq ada yg ganjil ya..
    Jd pertanyaan sya,standart hitungan kenaikan gaji itu seperti apa dan brapa lama kah gaji kryawan naik?
    Trima kasih.

      fansmaniac responded:
      10 Agustus, 2011 pukul 1:40 am

      Maaf baru sy komentar, kalo gaji karyawan itu naiknya berdasarkan bbrp ketentuan sesuai dgn yang telah distandarkan oleh perusahaan bapak sndiri.. Standarisasinya bisa dari lama kerja, pangkat/grade, maupun berdasarkan kemampuan perusahaan untuk menaikkan gaji. Umumnya banyak yang naik tiap 2 tahun atau 4 tahun, tetapi ada pula yang naiknya tiap tahun meski jumlahnya sedikit

    alwan said:
    15 Agustus, 2011 pukul 4:31 am

    q pny @ toko kelontong jual gandum, gula,beras,minyak dll. dah berdiri sjk awal taun 2004. q msih lajang buka toko dibantu 2 karyawan cowok & cewek. mslhY sy tiap hbis lebaran sll dipusingkan dgn krywn yg ga kmbli krj lgi. krywnku makan&tidur sm ortu sdgkn q tidur diruko. toko bk dri jam 7-12 siang & dri jam 3-9mlm. toko ttp 1hri dlm 1 bln. u/ gaji mrk sy gaji 500rb/bln. apakah sbnrY yg salah dgn manajemn sy? gajikah? mohon solusiY. thx b’4

      fansmaniac responded:
      22 Agustus, 2011 pukul 4:06 pm

      Maaf baru balas, menurut sy bukan hanya gaji yg jd penyebab faktor semua itu.. ketegasan pimpinan, loyalitas, dan pelatihan disiplin kinerja jg bisa diterapkan agar mendapatkan karyawan yang berkualitas. Diluar dari semua itu sepertinya emang masalah person nya.

    alwan said:
    15 Agustus, 2011 pukul 4:36 am

    u/ sekedar tau sj sy sll terima krywn dri desa & rt* llsn smp serta blh dibilang mrk dri klrg krg mampu

    Pengusaha muda said:
    5 November, 2011 pukul 6:57 am

    Ilmu yg sangat brmanfaat…
    Trmakasih, sy jg lg susah cari pegawai toko,
    Heran …katanya Indonesia banyak pengangguran, yg bener sih pemalas….

    heffendi said:
    10 Januari, 2012 pukul 6:28 pm

    Salam pak,
    kalo toko yang bergerak di bidang jasa perbaikan elktronika/komputer.
    untuk perhitungan gaji teknisinya bagaimana yah?
    terima kasih.

      fansmaniac responded:
      20 Januari, 2012 pukul 5:48 am

      Sebaiknya disesuaikan dengan ijazahnya pak, atau bila perlu disesuaikan aja dgn beban kerjanya

    Takiya genji said:
    27 Januari, 2012 pukul 6:54 pm

    Makasih ini sangat berguna buat aku…..soalnya aku 0% bahasa inggris

    MAMOT said:
    21 Februari, 2012 pukul 10:49 am

    Saya buka fotocopy, alat tulis dan komp, karyawan keluar masuk karena sekarang banyak yang buka usaha baru di kota saya mereka mencari kerja yang gajinya lebih besar, sedangkan omset sy tidak seperti yang dulu. berapa gaji yang pantas utk karyawan sy ?

      fansmaniac responded:
      21 Maret, 2012 pukul 5:43 am

      Bila kasusnya seperti itu, tentu saja kita tidak dapat memaksakan kemampuan krn omset kita tidak dapat menutupi gaji.. perlu adanya diversifikasi usaha atau teknik lainnya untuk meningkatkan omset, jadi letak masalah mas ada di omset bkn gaji karyawan. Utk gaji yang tepat sebaiknya dihitung bdasarkan upah harian baru dikalikan dengan sebulan.

    emma said:
    22 Februari, 2012 pukul 4:12 am

    sy bru mau buka usaha bengkel motor(suami) dan butik(saya), karyawan bengkel sy perkerjakn 2 org dlu…1 mekanik..1ny lg yg bantu” di bengkel….kira” brp cocok buat gaji mereka… dan karyawan butik 1 org aja?brp gajih yg bagus buat mereka menurut anda klo anda mau buka usaha bengkel dan butik???????

      fansmaniac responded:
      21 Maret, 2012 pukul 5:40 am

      Itu tergantung kemampuan ibu sbagai pemilik usaha, namun menurut sy ada baiknya gaji jangan dibawah UMR karena tentunya mereka bekerja tujuannya utk menghidupi Rumah Tangga🙂

    […] sumber : tips menyusun gaji […]

    Jefry said:
    10 April, 2012 pukul 2:59 pm

    Diterima sekali masukan2nya, selalu pantau dan nilai kinerja karyawan ya dengan begini bila ada yang salah kita bisa segera arahkan
    trims buat ulasan ini, sangat membantu sekali

    opi tolismon said:
    8 Agustus, 2012 pukul 7:10 pm

    pak sy punya rumah makan dan sudah berjalan 2bln pegawai sya 14 orang 2 orang security skrang sy bayar sistem intensif yg sd 500rb,smp 600rb dan yg sma jg sama 600rb.buat security 700rb.yg mau sy tanyakan buat gaji mereka supaya betah berapa ya.maslah nya UMR daerah sy sudah 1,55jt. apa sy ikut UMR apa gimana pak. besik sy pedagang kaki lima.baru kali ini sy pake pegawe.omset sy 40jt-75jt per bln.sy ingin mebayar pegawai sy dengan layak.mohom solusi dari bpk.brp gaji nya ya…..???? sebelum nya sy terima kasih

      fansmaniac responded:
      30 Agustus, 2012 pukul 3:15 am

      Sebenarnya pegawai memiliki bbrp faktor yang menyebabkan dia betah :
      1. Gaji yang memadai untuk kebutuhan hidupnya
      2. Status pekerjaannya (Pegawai tetap/tidak)
      3. Jenjang karier
      4. Manajemen tempat kerja (terstruktur / tidak)
      5. Lingkungan kerja
      6. Hubungan dgn pegawai lain atau dgn manajer
      7. Masalah internal pegawai itu sendiri

      Jadi kita liat bahwa no 1 itu adalah gaji, coba hitung lagi apakah kondisi keuangan usaha bapak mampu membayar seluruh karyawan dgn standar UMR, bila mampu sbaiknya bapak terapkan. Tetapi bila tidak biasanya untuk mengakalinya adalah dengan membuat shift kerja (ada yg kerja senin-kamis, trus ada yg kerja Jumat-senin jadi wajar bila gajinya tidak besar) atau dengan optimalisasi jumlah karyawan artinya list job masing2 karyawan harus benar2 baik agar tidak ada pegawai yg minim kerja, atau dgn kata lain efektifitas kerja karyawan, jadi percuma 10 org kalo bisa dikerjakan dengan 5 org saja.
      Smoga bermanfaat

    lisa said:
    5 November, 2012 pukul 9:20 am

    mau tanya pak sy spt nya takut kehilangan karyawan,kadang kadang saya suka membantu pinjaman kekaryawan.

      lisa said:
      5 November, 2012 pukul 9:30 am

      saya buka usaha elektronik,sy sampe stress bnget urusin masalah karyawan,kt temen ku si katanya aku krang tegas,karyawan aku kasi gaji 500rb komisi 1opersen uang makan 20rba,aku ajarin dia dari o sampe bsa,eh ud bsa dia kbur ketko lain,minta no hape bsa ga,soalya aku butuh bnget motivator,salam super

      fansmaniac responded:
      9 November, 2012 pukul 5:11 am

      @lisa : untuk karyawan boleh kita berikan pinjaman dengan syarat pengembaliannya dalam bentuk cicilan yang dipoting secara otomatis melalui gaji

    isnaini said:
    16 November, 2012 pukul 4:17 pm

    saya pnya usaha gas elpiji dan aqua galon,dan saya pnya 2 karyawan,masing2 saya gaji 600rb,hanya itu aja tdk ada uang lain2nya lg,mereka rokok 1bungkus buat berdua dlm sehari,krn makan dan tidur sdh sy siapin baju sdh dicuciin dan digosokin rapi,jd mereka sdh tdk prlu repot lagi,beli makan,rokok,cuci baju dan fulsa jg sdh ada jatah sndri,menurut anda itu sdh layak blm?krn dlm sebulan pndptn kotor sktr 4jt,msh saya bagi2 jg utk gaji tukang cuci dan bersih2 rmh.atau bagaimana baiknya itu?krn sy binngung klo hrs naik krn pndptn jg ngak tentu,trmksh.

      fansmaniac responded:
      22 November, 2012 pukul 8:06 am

      Sdr Isnaini, pengaturan dan manajemen karyawan anda sudah baik dan tidak ada masalah dgn hal itu. Mungkin perlu strategi lain agar omset usaha anda semakin meningkat krn dgn kenaikan omset barulah gaji dapat dinaikkan

    isnaini said:
    25 November, 2012 pukul 3:22 pm

    terimakasih pak,ya rata2krywan sy sdh ada 2tahuan kerja ditmpt sy,berawal dr gaji 400rb skrng sdh sy naikin jd 600rb,ada perasaan yg saya takutkan,sy takut mereka merasa gajinya kurang krn ada yg bilang biarpun kryawan biasa gajinya hrs sesuai UMR kota bogor,sedangkan saya tdk tahu UMR kota bogor brp?jk diatas1jt trs terang saja sy tdk berani gaji mereka segitu,krn sesuai omset sy hitungan gaji mrk bukan UMR,tp terkadang kryawan saya it pd teledor,tabung dan galon it kadang mereka hilangkan,bilangnya dipinjam tp lupa siapa yg pinjam gt,sy ingin pke sistem jk mereka menghilangkan satu tabung sy potong gaji mereka tp sy tdk tega,tp jk tdk seperti it mereka sering sekali tdk teliti menghilangkan tabung/galon,sy jdpberfikir mereka it menjualnya krn mngkin mereka pgn beli apa keinginan mereka,krn uang gaji sy pegang sy kasih jk mereka mau pulang kampung biar terkumpul banyak.tlg ksh sy saran lg gmn baiknya,terimakasih banyak,salam.

    yusufpermana10@gmail.Com said:
    30 November, 2012 pukul 3:38 pm

    Saya sudah berkecimpung di usaha yang saya tekuni lebih dari 10 tahun,gaji saya bagi 3 bagian ahli, teknisi, kenek/ belum ahli. Saya pukul rata masuk kerja 1 bulan liburnya 2 hari gaji ahli= 1,900,000, gaji teknisi 1,000,000, gaji Kenek 600,000. Uang makan kalau masuk 20,000, THR 1 bulan gaji, bonus kerajinan 1 bulan gaji, ( libur wajib 6 hari bonus kerajinan saya hitung kalau tidak melebihi 12 hari total libur/ tidak masuk kerja), uang perobatan ringan di tanggung, sewa rumah ditanggung, kebetulan karyawan ada 15 orang, komisi dikasih 40%.dari jasa panggilan, komisi marketing 10%, dari jasa, jatah cuti selain libur wajib tidak ada, yang saya mau tanyakan kalau dia tidak masuk kerja mau itu sakit, ijin/ tanpa keterangan saya potong 10 % perhari dari gaji bulanan yanhg saya kasih. Apakah itu masih manusiawi. Kecuali sakit karena kecelakaan kerja yang menyebabkan cacat dan itu harus istirahat, saya kasih potongan gaji harian. Walaupun dia sakit tapi biaya obat saya tanggung diluar rawat inap, karena kalAu rawat inap sudah saya masukan Askes.

      fansmaniac responded:
      18 Desember, 2012 pukul 12:47 am

      Menurut sy jangan semuanya dibebankan kedalam gaji pokok pak, bisa dipotong lewat uang makan kalo tidak masuk tanpa keterangan kalo izin sebaiknya jangan tetapi batasi izin misal hanya 2 hari bila sakit lebih dari 2 hari (dengan keterangan dokter) baru dipotong setelahnya. Pengaturan gaji versi bapak menurut sy sudah bagus

    randy said:
    10 Januari, 2013 pukul 3:23 pm

    saya mau bertanya sy punya warung makan dengan omset 30jt perbulan ,tapi kendala saya di sdm yg kurang loyal trhadap usaha sy kebetulan sy pakai sistem kontrak utk krywan baru dengan masa percobaan 2bln setelah itu sy lanjut masa kontrak nya apabila kinerja nya bagus, tp kadang sy was ” setiap masa kontrak percobaan habis krywan pasti keluar pdhl krywan yg keluar tsb kinerjanya bagus , bagaimana solusi nya ya pa ? sy memakai sistem gaji bulanan dan uang makan harian , serta ada sanksi agar disiplin mksdnya, apabila tidak masuk kerja tanpa konfirmasi dikenakan potongan 2xlipat ? dan untuk libur sendiri hanya 1x sebulan .adakah yang kurang pas pa dengan aturan yg sy buat mohon sharing dan solusinya

    Lita Isnaini said:
    9 Februari, 2014 pukul 12:51 pm

    Super skali gan hehe
    tp gan yg saya rasakn ttp ja susah untk mncari pgawai pdhl gj yg kami tawarkn sudah ckup lumayn bagi yg tmatan smp atau sma dan jg krj ny itu g susah gan tp y gt td ttp ja susah dpt ny

      fansmaniac responded:
      25 Februari, 2014 pukul 9:01 am

      Nah betul itu mbak lita, untuk menemukan karyawan yang memang sangat tidak mudah untuk menemukan yang tepat. Tapi seiring waktu nanti akan ketemu asal kita terus upaya mencari… sy juga mendapatkan problem yang sama

    noviza said:
    26 April, 2014 pukul 8:21 am

    jd kl misalnya karyawan baru 4 bln itu kira2 udh pantas blm utk ditambah gajinya. memang sih kl msalah mkn ditanggung. tp gk prnah ad uang tiP.udah gitu jarang mau ngasi snak buat karyawanya. gimana coba tuh?

    Razi Alam said:
    10 Mei, 2014 pukul 5:12 am

    Nice Post bang,,,
    Izin Save, semoga dibalas kebaikannya . . . aamiin.

    Lowongan Kerja Di Bali said:
    1 Juli, 2014 pukul 6:42 am

    Informasinya sangat bermanfaat,semoga sukses selalu ya!!! http://lowongankerjadibalis.blogspot.com/

    Sodiq said:
    30 Januari, 2015 pukul 10:08 pm

    Nice artikel. Yang ada di komen soadara sekalian juga saya alami. Keep spirit untuk terus belajar. Trims artikelnya ya. Monggo kalo ada kesempatn mapir di jualgordenmurah.com juga unt sharing ttg interior.

    danu adji said:
    11 September, 2015 pukul 6:45 am

    Trimakasih fasmania, walaupu artikel ini di buat tahun 2010, tetapi masih banyak yang datag ke sini, nice infonya,

    Yuni Hijab said:
    14 Oktober, 2015 pukul 1:53 am

    Bagus banged om artikelnya.. Good manajemen ini. Apa om ini lulusan manajemen ya? :))

      fansmaniac responded:
      20 Oktober, 2015 pukul 8:09 am

      Sy kebetulan punya bbrp usaha mb, ya share pengalaman aja mb🙂

    nita said:
    6 Februari, 2016 pukul 1:18 pm

    Gaji karyawan fotocopy sekarang brp y perbulan?

    nana nata said:
    3 April, 2016 pukul 10:52 am

    Markotop pa penjelasannya pa bisa bantu usaha saya dibidang perbengkelan mobil daerah depok??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s