1 Tahun Fansmaniac Blog

Posted on

Tak terasa sebentar lagi 1 tahun sudah saya berkiprah di dunia blog sebagai seorang blogger… berawal dari keingintahuan saya terhadap pembuatan blog menuntun saya untuk menjadi seorang yang aktif menulis untuk blog.  Pada tanggal 7 April 2009 adalah pertama kalinya saya membuka blog ini dengan tajuk Welcome to The Irfan’s World.. Sebelumnya saya juga sudah memiliki account di blogspot namun entah mengapa saya begitu merasa cocok dengan wordpress.  Padahal dari segi pengaturan dan kebebasan widget lebih lengkap blogspot.

Tulisan saya berjudul Penyimpanan Darah Tali Pusar adalah tulisan pertama yang saya buat di blog ini kemudian dilanjutkan dengan Tumbang Titi Journey pada hari yang sama.  Saya mulai aktif sebagai blogger sejak disediakan fasilitas koneksi internet di kantor saya, sehingga sewaktu senggang saya menyempatkan diri untuk menulis.

Hidup adalah perjuangan, cinta, aral dan kesungguhan adalah motto hidup saya yang juga saya tuangkan didalam blog ini.  Dimana apa saja perjuangan saya didalam kehidupan ini saya bagi2 kepada khalayak umum agar bisa dibaca dan bisa menjadi referensi.  Sejak saat itu saya mulai sering membuka blog saya dan rasanya senang memiliki banyak pengunjung dalam waktu yang singkat.

Dalam kurun waktu 1 bulan, pengunjung blog saya sudah mencapai 1000an orang.. dan ini adalah awal yang baik untuk seorang blogger kacangan seperti saya pada saat itu.  Seiring dengan waktu, saya mulai banyak mengetahui seluk beluk dunia blogger.  Dalam dunia blogger kita wajib saling menjalin silaturahmi dan saling mengunjungi blog teman, dan ini baru saya sadari setelah membaca blog dimana2.

Sekarang dengan banyaknya teman2 saya didunia blogger membuat saya menjadi semakin asyik untuk ngeblog dan merasa tidak sendirian.  Banyaknya pengunjung dan meningkatnya statistik pengunjung bukanlah fokus utama saya, yang jelas saya ingin berbagi informasi kepada orang banyak… tetapi asyik juga bila blog kita banyak yang mengunjungi.

Statistik Fansmaniac Blog April 2009 – Maret 2010 Kejutan di 1 tahun

Kali ini saya mendapatkan kejutan yang luar biasa sebelum blog ini genap berusia 1 tahun, diantaranya statistik pengunjung yang mendadak naik berlipat2.  Dari pertama dibuka hingga bulan Maret 2010 terhitung pengunjung blog ini sudah mencapai 27.515 hits, dengan rata-rata 170 hits – 200 hits setiap harinya.. ini meningkat dibandingkan tahun 2009 yang hanya mencapai rata-rata 60 hits setiap hari.  Maklum saat pertama kali sebagai blogger saya sama sekali tidak melakukan tindakan apapun untuk menaikkan ratting, saya hanya taunya menulis dan menceritakan pengalaman saya.

Hits tertinggi dalam satu hari = 777 hits yaitu pada 28 Maret 2010

Hits tertinggi dalam 1 bulan  = 6.329 hits yaitu pada bulan Maret 2010

Angka yang lumayan untuk blogger pemula seperti saya, mungkin kawan2 sekalian sudah ratusan ribu bahkan 500an hits dalam satu harinya..

Kunjungan terbanyak sehari (sayangnya cuma hari itu aja wkwkwk)

Yang ini sepertinya bakalan meningkat terus setiap bulannya amiin 😀

Jumlah Tulisan dan Statistik Pembaca

Hingga 6 April 2010 fansmaniac blog sudah mencetak 80 tulisan dengan 8 kategori, yaitu :

  1. Hidup adalah perjuangan, berisi tentang pengalaman hidup saya dan berbagai tips dan trik dari pengalaman saya.
  2. Bisnis dan Wirausaha, tentang seputar peluang usaha dan wirausaha
  3. Iptek, tentang kemajuan teknologi dan beberapa tips dan trik
  4. Kesehatan, berisi tentang informasi didunia kesehatan serta beberapa tips dan trik juga
  5. Pendidikan, lebih terfokus pada kegiatan di tempat kerja saya (LPMP/depdiknas) dan seputar dunia pendidikan
  6. Serba-Serbi, kategori baru yang saya tambahkan di tahun 2010 yang berisi berbagai macam tulisan yang unik.
  7. Fans History, kategori yang juga baru saya buat yang berisi tentang seputar kehidupan saya.
  8. Info Sinema, karena saya suka nonton film jadi kategori ini saya masukkan untuk sinopsis suatu film

Tulisan dengan pembaca terbanyak :

Tips dan Trik Membuat Undangan Pernikahan, 8 April 2009, 4.322 pembaca

Tulisan yang Booming pada awal posting :

1. Urutan Kepangkatan TNI – POLRI – PNS

2. Sanggau Kapuas 1980

Masuk Nominasi Top Post di WordPress

Ini benar2 kado ulang tahun yang paling berkesan bagi saya sebagai admin, karena saya berhasil masuk rating tulisan teratas dan Blog dengan Pertumbuhan Tercepat oleh WordPress.  Untuk mengetahui seputar info tentang blog di WordPress anda bisa melihatnya di Dasboard Admin pada blog masing2, dibagian bawah akan nampak postingan dan tulisan teratas WordPress.

Beberapa hari sebelum 1 tahun Fansmaniac Blog, blog ini sempat masuk nominasi blog dengan pertumbuhan tercepat di WordPress.. Untuk masuk nominasi ini blog kita harus memiliki rating hits yang banyak dan cepat dalam waktu kurang dari 1 hari…ini hasil jepretan ketika hal itu terjadi dan ini berlangsung selama 2 hari.

Ini sehari kemudian, naik ke ratting 2

Tulisan yang masuk dalam Thread Kaskus, Lintas Berita, dan di Kopas blog lain

Para Kaskuser adalah pencari berita yang luar biasa, untuk memposting suatu thread mereka melakukan browsing dan blogwalking kemana saja ditempat ditemukannya informasi yang bagus menurut mereka.  Saya bukanlah seorang Kaskuser, tetapi saya sering membaca thread2 yang ada di kaskus… Dan tidak disangka ada beberapa tulisan dalam blog ini yang di posting untuk thread di Kaskus.  Selain itu ada juga beberapa tulisan yang dirujuk oleh pengumpul berita seperti lintas berita, para blogger lain dan beberapa situs iklan gratis yang juga mencari berita, diantaranya yang pernah saya ketahui seperti :

  1. Misteri Masuk Angin
  2. Urutan Kepangkatan PNS – TNI – Polri
  3. Artis Lawak Legendaris Indonesia
  4. Tips dan Trik Mengatur Keuangan Rumah Tangga
  5. Tips dan Trik Membuat Undangan Pernikahan
  6. Bagaimana Caranya Mendapatkan NUPTK
  7. Peta Kalimantan Barat
  8. Pasang Surut Dunia Pertelevisian
  9. Cara Efektif Berhenti Merokok

Terus Mengalami Perubahan Konsep

Agar blog ini tetap informatif dan inofatif, maka admin blog ini akan terus melakukan perubahan konsep sesuai dengan kebutuhan informasi para pembacanya sehingga blog ini bisa menjadi multi informasi bagi siapa saja dan tetap menarik untuk dibaca tiap harinya.

Terima kasih di ucapkan juga buat teman-teman sesama blogger yang terus bersama didunia maya ini, terima kasih atas segala komen dan kesempatan untuk membaca blog sederhana ini.  Mari kita saling berbagi dan terus bersahabat…

Salam Sahabat dan Salam Blogger

16 thoughts on “1 Tahun Fansmaniac Blog

    elmoudy said:
    6 April, 2010 pukul 8:24 am

    luar biasa sobb… kunjungannya per hari ampe 700 pengunjung.. geleng2 kpala gw..
    ajarin bro,, trik2 nya gimana… pengen blajar lg negh

      fansmaniac responded:
      6 April, 2010 pukul 8:36 am

      @ELMOUDY : Ah nggak juga, kawan2 yang lainnya mungkin lebih dari pemula sperti saya 😀 mungkin postingannya harus berisi informasi yang dicari orang kali ya?

    elizer said:
    6 April, 2010 pukul 8:35 am

    @atas : coba masukin aja ke lintasberita kalo judulnya mantapss dijamin ribuan visitor datang ke blog anda.. hihihihi…

    fansmaniac responded:
    6 April, 2010 pukul 8:50 am

    @elizer : Makasih saran dan pendapatnya ya sob.. boleh ane coba juga tuh

    AamBoyz said:
    6 April, 2010 pukul 3:32 pm

    wah selamat om udah 1 taun moga tambah sukses blognya

    delia4ever said:
    6 April, 2010 pukul 6:37 pm

    Wow.. luar biasa… Blog ini memang sangat menarik..

    Sebagai hadiah ulang tahun.. Izin kan lia memberikan sesuatu kepada mas Irfan…

    silahkan langsung dilihat dan diambil ya mas irfan..

    ditunggu

      fansmaniac responded:
      7 April, 2010 pukul 4:11 am

      @delia : Wah begitu yah?? jadi gk enak nih.. oke deh segera ke TKP

    Nurita Putranti said:
    7 April, 2010 pukul 11:21 am

    selamat ya fan. Ita salut atas prestasi u di dunia blogger, baru satu tahun tapi byk menuliskan hal2 yang bermanfaat bagi pembaca. Ita aja udah 3 tahun tapi belum sehebat fansmania 😆 keep blogging

    rose said:
    7 April, 2010 pukul 12:52 pm

    waaahh sehari bisa 700 lebih pengunjung fans?? luar biasaaa…. mashaAllah that’s great… ^^

    sunflo said:
    7 April, 2010 pukul 12:53 pm

    dan salah satu cara jitu menaikkan traffic pengunjung … mau ga mau… suka ga suka…. hehehe… tetep blogwalking is the best fans…. ^^ selamat yaaa…

    nh18 said:
    8 April, 2010 pukul 2:18 pm

    Sip …
    Maju Terus Pak Irfan …
    Menulis terus …

    Kita tidak pernah tau …
    sesederhana apapun tulisan kita …
    bisa berguna bagi orang lain …

    Ya …
    Saya sudah mengambil manfaat dari Blog ini …
    dari Kepangkatan TNI dan Polri …

    Salam saya Mas

      fansmaniac responded:
      9 April, 2010 pukul 3:31 am

      @nh18 : hehe iya bro, makasih telah mampir di blog saya, moga anda juga slalu sukses.. blog anda juga informatif sekali

    muhammad zakariah said:
    8 April, 2010 pukul 2:23 pm

    weew.. blognya udh 1 tahun yah.. selamat aja deh.. pengunjungnya banyak jg yah..sampe 700an manusia gt.. 😀

    semangat terus yah ngeblognya… moga makin sukses… 😉

    Asop said:
    11 April, 2010 pukul 12:13 pm

    Mantaaaap… selamat dah! 😀

    Huang said:
    20 April, 2010 pukul 6:30 am

    wah kemajuan bener, beda sama blog saya mas 😀

      fansmaniac responded:
      20 April, 2010 pukul 6:54 am

      @Huang : Ini cuma untuk merefleksi diri aja kok sob, memotivasi untuk terus ngeblog 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s