PRAMUKA Mendidik Siswa Menjadi Praja Disiplin

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan Pramuka ? atau mungkin sewaktu sekolah anda membenci kegiatan Pramuka ?  Dulu disekolah saya kegiatan Pramuka sulit untuk diadakan karena ada salah satu oknum guru yang sangat membenci kegiatan ini.  Akhirnya kegiatan Pramuka tetap berjalan seperti biasa dengan mengalami banyak hambatan.  Pramuka dianggap kegiatan yang sok-sok berlagak militer, kegiatannya hanya bisa berkemah dilapangan sekolah, juniornya pun dibentak-bentak sampai nangis.  Tidak disukai siswa karena pendidikannya kaku dan disiplin, ya jelas aja karena umumnya para ABG sukanya bersenang-senang dan nggak mau terikat apalagi disiplin.

Terlepas dari itu semua sebenarnya Pramuka (Praja Muda Karana) adalah kegiatan mendidik kedisiplinan siswa.. dalam Pramuka siswa diajarkan mengelola kelompok, baris berbaris, kecakapan khusus, manajemen kepemimpinan, menjelajah, membaca peta, tali menali, dan bahkan kegiatan lainnya yang tidak akan pernah ditemui bila anda hanya duduk dibangku mengikuti pelajaran saja.

Kenyataan dilapangan yang terlihat bahwa Pramuka hanya kegiatan ekstrakulikuler biasa, hanya untuk suka-suka, dan pembinaannya juga kurang.  Padahal bila mengambil makna sebenarnya dan menjalankan sepenuhnya, kegiatan Pramuka justru akan melahirkan para generasi muda berbakat dan calon pemimpin baru.  Mayoritas seorang anggota Paskibra, OSIS, dan organisasi intern sekolah lainnya berasal dari siswa yang aktif dalam kegiatan Pramuka.  Pramuka tidak mendidik siswa hanya sebentar, dari Sekolah Dasar hingga Kuliah kegiatan Pramuka ada dan dengan pangkat yang berbeda-beda.

Dalam Pramuka ada beberapa tingkatan yaitu :

  1. SEKOLAH DASAR (SD) disebut Pramuka Siaga
  2. SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) disebut Pramuka Penggalang
  3. SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) disebut Pramuka Penegak
  4. PERGURUAN TINGGI disebut Pramuka Pandega

https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/_gLO19-u-4G4/SqLlswg9lMI/AAAAAAAAA3U/Ldn7E5vnbmU/S730/5735_1099187207463_1460141180_1106032_629228_n.jpg

Satuan Karya Pramuka (SAKA), Korps dalam Kepramukaan

Kalo di TNI ada yang namanya Korps atau Kesatuan, nah kalo di Pramuka juga ada nih kesatuannya jadi nggak Cuma gitu2 aja… Korps dalam Pramuka lebih dikenal dengan Satuan Karya atau disingkat SAKA.  Para siswa bisa memilih SAKA nya masing2 sesuai dengan keinginan, SAKA dibimbing langsung oleh instansi dan aparat pemerintahan setempat misalnya TNI, POLRI, Dinas Pertanian dan Kehutanan, Dinas Kesehatan, dan BKKBN.  Berikut beberapa SAKA dalam Pramuka terutama tingkat Penegak dan Pandega :

1. Saka Bhayangkara

https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/_zr54KVoqLyw/SHtiRb579nI/AAAAAAAAAG4/xtHoaj9vEDQ/s320/12.jpg

Satuan Karya Pramuka Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional.Ialah Satuan Karya yang membidangi bidang kebhayangkaraan.

Saka Bhayangkara ialah Satuan Karya terbesar dan paling berkembang di Indonesia.Saka Bhayangkara dapat dibentuk di hampir seluruh wilayah Kwartir di Indonesia, tidak terbatas pada suatu sumber daya atau kondisi alam.Dalam pelatihan Saka Bhayangkara, umumnya Gerakan Pramuka bekerjasama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia dan terkadang memperbantukan pihak Dinas Pemadam Kebakaran. Biasanya Saka Bhayangkara berada dibawah pembinaan POLRI.

Saka Bhayangkara meliputi 4 krida, yaitu :

  1. Krida Ketertiban Masyarakat (Tibmas)
  2. Krida Lalu Lintas (Lantas)
  3. Krida Pencegahan dan Penaggulangan Bencana
  4. Krida Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP)

pada krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana terdapat 4 sub krida :

  1. Subkrida PASKUD (Pasukan Berkuda)
  2. Subkrida PASKAN (Pasukan Anjing Pelacak)
  3. Subkrida DAMKAR (Pemada Kebakaran)
  4. Subkrida SAR (Search And Rescue)

2. Saka Dirgantara

https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/_gLO19-u-4G4/SpH0pxc3ruI/AAAAAAAAA0E/6nhiXhpO9tE/s320/DIR.jpg

Satuan Karya Pramuka Dirgantara adalah wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasional. Ialah Satuan Karya yang membidangi bidang kedirgantaraan, umumnya saka ini hanya berada di wilayah yang memiliki potensi kedirgantaraan atau memiliki landasan udara.

Pelatihan Pramuka Saka Dirgantara umumnya memperbantukan para profesional di bidang kedirgantaraan, TNI AU pihak perusahaan penerbangan dan klub aeromodelling. Pelatihan biasanya diadakan di sebuah Pangkalan Udara tertentu.

Saka Dirgantara meliputi 3 krida, yaitu:

  1. Krida Olahraga Dirgantara (ORGIDA)
  2. Krida Pengetahuan Dirgantara
  3. Krida Jasa Kedirgantaraan

Krida Olah Raga Dirgantara mempunyai 5 SKK, yaitu:

  1. Terbang Bermotor
  2. Terbang Layang
  3. Aeromodelling
  4. Terjun Payung
  5. Layang Gantung

Krida Pengetahuan Dirgantara mempunyai 5 SKK, yaitu:

  1. Aerodinamika
  2. Pengaturan Lalu Lintas Udara (PLLU)
  3. Meteorologi
  4. Fasilitas Penerbangan
  5. Navigasi Udara

Krida Jasa Dirgantara mempunyai 4 SKK, yaitu:

  1. Teknik Mesin Pesawat
  2. Komunikasi
  3. Aerial Search And rescue
  4. Struktur Pesawat

3. Saka Bahari

Satuan Karya Pramuka Bahari adalah wadah bagi Pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian termasuk laut dan perairan dalam. Ialah Satuan Karya yang membidangi bidang Kelautan.

Pembinaan Saka Bahari bekerjasama dengan pihak TNI AL, Profesional di bidang Olahraga Air, Departemen Pariwisata dan Departemen Kelautan. Umumnya Saka Bahari hanya berada di wilayah yang memiliki potensi di bidang Bahari.

Saka Bahari meliputi 4 krida, yaitu :

  1. Krida Sumberdaya Bahari
  2. Krida Jasa Bahari
  3. Krida Wisata Bahari
  4. Krida Reksa Bahari

4. Saka Bhakti Husada

http://puskesmastanjungpinang.files.wordpress.com/2008/08/logo-saka.jpg

SATUAN KARYA PRAMUKA BAKTI HUSADA (SAKA BAKTI HUSADA) Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saka Bakti Husada diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional. Tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada adalah untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya. Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugusdepan dan satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik. Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktek berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya. Yang dapat menjadi anggota Saka Bakti Husada adalah :

1. Pramuka penggalang, usia 14 tahun ke atas, yang sudah mencapai tingkat Penggalang Terap.
2. Pemuda berusia 16-23 tahun, dengan syarat khusus
3. Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega
4. Pamong Saka dan Instruktur tetap.

Saka Bakti Husada meliputi 6 (enam) krida, yaitu :

1. Krida Bina Lingkungan Sehat
2. Krida Bina Keluarga Sehat
3. Krida Penanggulangan Penyakit
4. Krida Bina Gizi
5. Krida Bina Obat.
6. Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

5. Saka Kencana (Keluarga Berencana)

https://i0.wp.com/4.bp.blogspot.com/_gLO19-u-4G4/SpFzYv2eYAI/AAAAAAAAAzE/wzhvum7onMk/s320/Saka+Kencana+Origin.jpg

Satuan Karya Pramuka Kencana adalah wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan.

Pembinaan Saka Kencana berada di bawah Gerakan Pramuka yang bekerjasama dengan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Saka Kencana meliputi 4 krida, yaitu :

  1. Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR)
  2. Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS dan PK)
  3. Krida Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE)
  4. Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).

6. Saka Wanabhakti

http://alamendah.files.wordpress.com/2009/10/lambang-saka-wana-bakti1.jpg

Satuan Karya Pramuka Wanabakti adalah wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk melaksanakan kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa tanggungjawab terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Pembinaan Saka Wanabhakti bekerjasama dengan Departemen Kehutanan, Perhutani dan LSM Lingkungan Hidup/Lembaga Profesional terkait.

Saka Wanabakti meliputi 4 (empat) krida, yaitu :

  1. Krida Tata Wana
  2. Krida Reksa Wana
  3. Krida Bina Wana
  4. Krida Guna Wana.

7. Saka Wira Kartika

http://vachmee.files.wordpress.com/2009/03/wira-kartika.jpg

Satuan Karya Pramuka Wira Kartika baru berupa Satuan Karya Rintisan yang mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2007. Pembentukannya berdasarkan Peraturan bersama Kepala Staf Angkatan Darat dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 182/X/2007 dan 199 tahun 2007 tanggal 28 Oktober 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembina dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan.

Pengoraganisasian Saka binaan TNI AD ini, tidaklah jauh berbeda dengan Satuan Karya pada umumnya. Namun Demikian Saka Wira Kartika ini memiliki Program Pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida antara Lain :

  1. Krida Survival
  2. Krida Pioner
  3. Krida Mountainering
  4. Krida Navigasi Darat
  5. Krida Bintal Juang

Nah, anda mau pilih yang mana? silahkan pilih sesuai keinginan dan bakat masing-masing.  Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Pramuka adalah pendidik dan pengembang bakat siswa diluar jam sekolah, mendidik siswa menjadi lebih disiplin dan memiliki kecakapan…

http://www.fansmania.wordpress.com

Referensi : Wikipedia.org
gambar : http://seragambpfc.blogspot.com

43 thoughts on “PRAMUKA Mendidik Siswa Menjadi Praja Disiplin

    Sawali Tuhusetya said:
    15 April, 2010 pukul 1:48 pm

    wah, infonya lengkap banget, mas irfan. meski saya hanya aktif di pramuka saat SPG dulu, saya masih berpandangan bahwa pramuka sangat bagus untuk pembentukan karakter siswa. salam pramuka!

      Muktar said:
      29 Januari, 2012 pukul 4:57 am

      Maka dari itu Kita ajak dan kita Bangkitkan Smangat Pemuda/Pemudi Indonesia Supaya Menjadi Pemuda Yang Disiplin Berani Dan Setia Diambil Dari Dasa Darma Pramuka Poin Ke 8. SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN Bangkitlah Indonesia…. Aku Pramuka Indonesia…. Salam Kenal. Ya. Dari Muktar Aceh Utara

    Narzis Blog said:
    15 April, 2010 pukul 4:13 pm

    Ulasan yang lengkap.
    Sayangnya sejak dari SD saya orangnya males ikut kegiatan pramuka, hehehehe…😀

      fansmaniac responded:
      16 April, 2010 pukul 4:44 am

      @Narzis : Emang rata2 semua siswa pada males ikutan kegiatan ini, biasanya yang paling demen adalah yg paling aktif organisasi.. maklum anak2 ABG😀

    D said:
    15 April, 2010 pukul 4:18 pm

    Saya cuma pernah ikutan kegiatan pramuka beberapa kali aja.
    Kalo gak salah sih 1-2 doang, bisa diitung deh, hehehhe…

      fansmaniac responded:
      16 April, 2010 pukul 4:45 am

      @D : hehe masih mendingan, daripada nggak

    Nurita Putranti said:
    16 April, 2010 pukul 2:01 am

    gak pernah ikut kgtn pramuka, huehehe

      fansmaniac responded:
      16 April, 2010 pukul 4:47 am

      @Nurita : Kalo loe sih emang gk perlu ditanyain ta hehe.. tapi tumben ya? padahal itha kan cukup aktif organisasi…

    kakve-santi said:
    16 April, 2010 pukul 7:46 am

    kok rasanya sekarang jarang da pramuka ya..? apa saya saja yang kurang peduli …

      fansmaniac responded:
      16 April, 2010 pukul 5:06 pm

      @kakve-santi : Sepertinya generasi skrg malas berorganisasi kali ya? gk tau juga tuh

    sunflo said:
    16 April, 2010 pukul 7:47 am

    hmmm… ternyata istilah2 dan tingkatan2nya njlimet juga yaa… aq hanya menikmati pramuka siaga dan penggalang… secara di SMP dan SMA ga begitu ditekankan oleh sekolah kegiatan ini, aq lebih pilih PKS (polisi keamanan sekolah) hehehe…
    tapi aq seneng dan dukung pramuka kok… mantaabbzz dech latihan dan gemblengannya… b*.^

      fansmaniac responded:
      16 April, 2010 pukul 5:07 pm

      @sunflo : hehe.. aktif organisasi juga ya? siplah

    sunflo said:
    16 April, 2010 pukul 7:48 am

    jiiiaaahhh daQ salah lambang fans…🙄
    harusnya sunflo kok yang keluar rose looh… untung bukan lambang pramuka yang keluar…😆

      fansmaniac responded:
      16 April, 2010 pukul 5:16 pm

      @sunflo : Iya ya, kok gambarnya ketuker?? aneh bin ajaib he

    rose said:
    16 April, 2010 pukul 7:49 am

    sunflo careless siiih…🙄
    btw… rose suka banget kalu pas kemping n heking…:mrgreen:

    Didien® said:
    16 April, 2010 pukul 8:03 am

    wahhh lengkap banget infonya…
    dulu saya pramuka sampe SMA kelas 1 doang hehehe…

    salam, ^_^

    d.e.q said:
    16 April, 2010 pukul 11:52 am

    Ayas pilih PMR aja daaaah ―― Oh, pilihan PMR ga ada ya? Ekskul Ayas PMR, jadi ga tau dg pramuka

    yanrmhd said:
    16 April, 2010 pukul 1:28 pm

    wahhh lengkap nih,,
    jadi rindu masa2 masih aktip dahulu,:mrgreen:

    Asop said:
    16 April, 2010 pukul 2:24 pm

    Huaaaaah jadi inget jaman SD dulu….😆

    Yari NK said:
    17 April, 2010 pukul 12:56 am

    Kalau di Indonesia ini serba salah….. kalau kurang disiplin, walhasil memang hanya berleha-leha dan bersenang-senang saja dan masyarakat kita memang kurang menghargai makna kedisiplinan (walau nggak semua tentu saja). Sementara kalau disiplin, langsung dikategorikan sebagai disiplin militer atau semi militer. Padahal kedisiplinan tidak harus selamanya kaku, dan kedisiplinan tidak selamanya identik dengan kekakuan gaya militer. Walaupun harus diakui kedisiplinan a la militer juga ada manfaatnya walaupun kalau berlebihan pastinya tidak akan cocok diterapkan kepada dunia kepramukaan…

      fansmaniac responded:
      17 April, 2010 pukul 11:40 am

      @Yari NK : Betul juga pak, terutama untuk tingkat siaga dan penggalang saya rasa masih belum perlu didikan terlalu disiplin.. kalo untuk penegak dan pandega ungkin sudah bisa diterapkan sedikit saja😀

    yoriyuliandra said:
    17 April, 2010 pukul 12:56 am

    Wow… ternyata pramuka itu banyak SAKA-nya ya *baru tau*

    Saya dulu ketika SMP sangat aktif di pramuka. Kegiatannya menarik dan mendidik kedisiplinan. Setelah di Pramuka kemudian menjadi pengurus inti di OSIS.🙂

      fansmaniac responded:
      17 April, 2010 pukul 11:43 am

      @Yori : Wah bagus tuh, kalo saya emang dari SD udah ikutan pramuka.. dulu saya aktif di Saka Bhayangkara tapi pendidikannya berat banget… namun asyik😀 Waktu mau mendapatkan badge harus jalan malam sepanjang 11 km melelahkan tapi seru hehe

    aldy said:
    17 April, 2010 pukul 3:03 am

    Waktu sekolah dulu sempat ikut pramuka, cuma sekarang nggak lagi.

    randa said:
    24 April, 2010 pukul 5:24 pm

    mantab boz,,, bnyak informasi yg d dpt….!!!

    randa said:
    5 Mei, 2010 pukul 8:37 am

    dari smp sampai sekarang masih aktif….!
    hidup PRAMUKA,,,

      lintang asmarani said:
      5 Mei, 2010 pukul 1:26 pm

      hidup

      fansmaniac responded:
      5 Mei, 2010 pukul 2:30 pm

      @randa : Terus berkembang bersama Pramuka ya?

      poetra007 said:
      22 September, 2011 pukul 1:15 pm

      hidupp…….

    lintang asmarani said:
    5 Mei, 2010 pukul 1:24 pm

    wah…….pramuka memang menjadi panutan…..!!!!!!!!!!!!!!!

      fansmaniac responded:
      5 Mei, 2010 pukul 2:31 pm

      @lintang asmarani : Ya mbak, banyak sekali ilmu yang didapat dari kepramukaan😀

    ERIS SUSANTO said:
    9 Desember, 2010 pukul 7:13 am

    mas……………trumakash bnyak.dngan ilmu ini saaya semakin mantab untuk semakin aktif di PRAMUKA………………

    Pramuka : Pasukan Kusumayudha said:
    17 Februari, 2011 pukul 3:36 am

    anak-anak malas ikut Pramuka karena pembinanya melaksanakan program didik kurang menarik. Apabila pembina menerapkan sistem pendidikan di alam bebas dan tidak melulu di dalam kelas, mudah2an banyak siswa yg tertarik untuk mengikuti kegiatan Kepramukaan.

    Untuk kakak yang sudah dewasa, mari kita ikut serta dalam pembinaan kader bangsa, jadilah pembina pramuka.

      Rudy W. said:
      30 April, 2011 pukul 11:46 am

      Menarik/tidaknya pendidikan kepramukaan tergantung dari yang membina…. jadi pembina harus benar2 kreatif aktif… dan inofatif….. serta sllu menampakkan sikap senyum…. dan banyak canda… krna pramuka itu riang gembira… dan peserta jg merasa terhibur…. dan tidak pasif dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan apapun bentuknya…

    Diamonly Mangaweng said:
    16 Agustus, 2011 pukul 7:16 am

    mantap Memang Kegiatan pramuka sangat berguna bagi peserta didik yang masi duduk di bangku sekolah,….

    Salam Pramuka……

    Saya juga Anggota pramuka yang ada di kota bitung, sulawesi utara,…
    saya sebagai ketua DKC, dewan kerja cabang.

    rr lisdiana soraya said:
    29 Desember, 2011 pukul 1:52 pm

    pramuka di sekolah2harus di galak kan dan hari latihan juga menurut saya harus di tambah untuk membentuk karakter bangsa yang saulit dan tentu saja berahlak.

    madi said:
    1 April, 2012 pukul 3:24 pm

    wah lengkap bgt.. hum saya salah satu seseorang yang aktf d organisasi Gerakan Pramuka.. meskipun pengetahuan saya masih cetek.. tapi saya masih aktif.. bener banget pramuka mendidik seseorang buat disiplin.. karna saya sudah merasakannya sekarang.. good luck pramuka.. jaya,, Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan.. tekatku pengabdian terbaik,,

    PRAJA BHAKTI said:
    9 April, 2012 pukul 8:41 am

    Salam Pramuka

    wah.,,manstab gan.,,
    ane stuju bgt t klo pramuka kudu di giatin lagi latihan.nya

    Hidup PRAMUKA.,,

    Kak Hendrik said:
    15 Mei, 2012 pukul 11:06 am

    SAKAnya masih kurang tuh, TarunaBuminya blum ada. katanya jg ada Saka bina wisata???
    aq sampe sekarang jg msh aktif pramuka koq. gara2 ikt pramuka aku bs tahu kgiatan tingkat Nasional.
    JAYALAH PRAMUKA.. JAYA INDONESIAKU…

    BIANT said:
    3 Juni, 2012 pukul 1:35 pm

    pramuka itu ada siaga,penggalang penegak pandega,,,klau siaga tempat mermain,makanya ada pesta siaga bkn jambore….siaga ada tingkatan nya siaga MULA ,BANTU,TATA, klau penggalang RAMU,RAKIT,TERAP…klau penegakBINTARA,LAKSANA…..saya pramuka dr SD sampai masuk jadi TNI,,,,

    alif said:
    26 Juni, 2012 pukul 11:17 am

    kak, gmna carax bentuk saka wira kartika di ranting..

    aldyans pramuka pandu said:
    27 Desember, 2012 pukul 2:01 pm

    dulu saya aktif d pramuka,d pramuka sangat keren dn gagah

    heru said:
    6 Juni, 2013 pukul 3:31 am

    SALAM PRAMUKA………………
    kibarkan bendera pramuka dan kembangkan sampe kapan pun…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s