Macam-Macam Cara Membuat Api tanpa Korek ketika di Hutan

Posted on Updated on

Anda berada di hutan ? atau anda tersesat di gunung ? atau mungkin anda kehabisan atau lupa membawa korek api? Berikut ada beberapa cara membuat api tanpa korek yang mungkin bisa anda lakukan disaat darurat :

1.  Menggesekkan Kayu

Cara ini memanfaatkan efek panas akibat gesekan kayu, yaitu seperti menggergaji kayu dengan kayu lainnya, sehingga menimbulkan bunga api. Biasanya kayu yang digunakan berbeda antara kayu satu dengan kayu yang lainya. Kayu yang dipilih adalah kayu yang empuk sehingga tidak terlalu sulit dalam melakukan penggergajian.  Anda pernah nonton film Cast Away? Nah cara Tom Hanks membuat api adalah dengan metode ini.

Bahan : kayu kering yang lebar dan sudah dibelah sedikit, sebuah kayu kecil bulat atau datar, sabut kelapa, serabut atau daun kering  Caranya adalah dengan menggesek-gesekkan kayu ke celah kayu yang terbelah tersebut sampai panas dan berapi.  Apabila sudah muncul bara api dikayu segera tiup sampai membesar dan pancing dengan sabut atau daun kering untuk menyalakan api.

Cara ini membutuhkan tenaga yang besar dan dilakukan terus menerus sampai panas yang diperlukan untuk mendapat api tercapai.

2.  Gesekan kulit kayu (Fire Throng)

Fire Thong adalah cara mendapatkan api dari sehelai kulit kayu atau rotan kering yang ditarik menyilang di atas sepotong kayu atau rotan kering. Kulit rotan tersebut dililitkan pada sebatang pohon yang empuk, lalu ditarik oleh tangan kanan dan kiri secara bergantian. Pada bagian bawahnya diberi sabut, kawul, atau dedaunan kering yang siap menangkap bunga api yang tercipta dari gesekan tersebut.

3.  Membenturkan benda keras

Caranya adalah dengan menumbuk atau menggesekkan batu atau benda keras hingga menimbulkan percikan api.  Percikan api ini kemudian ditangkap dengan daun kering, sabut, rabuk atau kulit kayu yang mudah terbakar.

Bahan-Bahan Alami yang bisa dijadikan Bahan Bakar untuk obor

Getah pohon adalah bahan dasar alami yang bisa dibuat untuk membuat obor penerangan.  Adapun getah pohon yang mudah terbakar misalnya seperti damar, resin dan getah pohon karet.  Untuk membuat obor carilah sebatang kayu yang sebesar lengan tangan, kemudian bagian ujungnya dililit dengan kulit pohon atau batang daun pisang yang sudah kering… lumuri kulit pohon tersebut dengan damar atau getah karet hingga basah, nyalakan api pada lilitan kulit pohon maka akan jadi obor yang dapat menyala cukup lama.

http://www.fansmania.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s