Benarkah Mie Instan Berbahaya ?

Posted on

http://harisslash.files.wordpress.com/2009/07/extra_fine_big.jpgKamu jangan suka makan mie instan sering2 ya? Mie instan itu nggak baik buat kesehatan… begitu kata orang2 disekitarku yang menegurku ketika aku sedang asyik menyantap semangkok mie instan makanan favoritku.

Mie instan seperti sudah menjadi menu wajib yang nggak bisa kutahan setiap harinya, maklum dulu sewaktu kuliah ini adalah makanan yang sangat dekat dengan anak kos2an yang males masak dan nggak punya banyak duit.

Sejak SMP aku sudah rutin memakan mie instan setiap sore, bahkan bapak selalu membeli satu dus mie instan buat stok 2 mingguan.  Begitulah betapa ngefans nya kami terhadap I***mie yang merupakan salah satu merk ternama mie instan.  Saat makan mie, justru aku lebih suka dengan cara direndam dengan air panas ketimbang dimasak karena praktis dan nggak repot.  Entah aku nggak pernah mikir baik atau buruk cara ini, tetapi aku lebih dulu menemukan cara ini sebelum akhirnya dikenal mie instan yang diseduh dengan air panas seperti P**mie.

Mie instan berbahaya, begitu rata2 kata orang2 yang ada disekitarku kecuali bapak dan mama dirumah.. wew benarkah? Entahlah tapi aku sudah lama sekali mengkonsumsi mie instan, dibandingkan dengan bakso aku lebih suka mie instan.  Menurut hasil investigasi salah satu media masa mie instan dianggap berbahaya karena :

  • Mengandung bahan pewarna yang cukup berbahaya bila sering dimakan,
  • Mengandung banyak penyedap rasa (Mono Sodium Glutamate)
  • Mengandung lilin untuk mengawetkan mie

Benarkah hasil investigasi itu semua ? yang jelas berita ini terkuak setelah dilaporkan ada seorang ibu yang tewas sehabis makan mie instan.  Tidak jelas apakah benar, karena tidak disertai hasil visum dari dokter atau secara medis.  Dulu saya pernah diperingatkan juga karena ada seorang temannya temanku yang meninggal dan ditemukan banyak serbuk-serbuk cabe mie instan di dinding ususnya yang dicurigai sebagai penyebab kematiannya.

Lalu kalo berbahaya mengapa nggak dilarang? Mengapa badan POM juga mesih memperbolehkan produk ini beredar? Dan bahkan merek mie instan makin banyak, ada yang mie goreng, mie kari, mie soto koya, maupun soto bahkan rasa sate juga ada.  Jadi ingat iklan mie instannya ST12.. nikmat S***mie Soto Koyo… Gurihnya mie Soto Koyo (dengung suaranya jadi kedengeran Koyo 😀 padahal Koya) ^_^

Terlepas dari semua itu setiap produk dalam kemasan pasti ada efek sampingnya, untuk itu ada beberapa tips aman makan mie instan yaitu :

  1. Seduh atau masak mie dengan air panas yang berbeda untuk kuahnya, artinya jangan memakan hasil seduhan atau masakan mie
  2. Jangan jadikan mie sebagai makanan pokok sehari-hari tanpa diimbangi makanan lain
  3. Dalam penyajiannya sertai juga nasi, sayur, dan bahan pelengkap serat lainnya
  4. Biar aman, gunakan saus cabe atau sambal bila suka yang pedas tapi jangan gunakan bumbu cabe yang disediakan dari kemasan
  5. Periksa batas kadaluarsa pada kemasan, bila tinggal 2 bulan lagi sebaiknya jangan dimakan

Tanggapan yang salah dari mie instan yaitu mie nya mengandung lilin, sebenarnya mie tidak mengandung lilin justru yang berbahaya sebenarnya terletak pada bumbunya yang cenderung banyak mengandung MSG dan serbuk cabenya yang tajam untuk lambung dan usus.

Sampai saat ini saya tetap maniak makan mie instan, tetapi saya harap jangan jadikan mie instan sebagai makanan pokok..belum ada larangan resmi makan mie instan, tapi jadikan hanya sebagai pelengkap, kalo anda kere sekali paling tidak campurin nasi dan daun ubi deh hehe

http://www.fansmania.wordpress.com
gambar : http://harisslash.files.wordpress.com/

Iklan

22 thoughts on “Benarkah Mie Instan Berbahaya ?

    aditkus said:
    28 April, 2010 pukul 4:27 pm

    udah jarang makan mie instan, dulu sewaktu di rumah mie instan selalu tersedi dalam satu dus…sekarang org rumah sangat menghindari makan mie instan

    delia4ever said:
    29 April, 2010 pukul 6:37 am

    Ingin menghindar dr mie instan.. namun sayang itu tidak memungkinkan….hikss hikss..

    Biasanya lia makan mie instan sebagai pelengkap nasi pak.. Maklum anak kos……

    Pingin segera pulang…… T_T

      fansmaniac responded:
      29 April, 2010 pukul 5:09 pm

      @delia : Gpp kok lia, biasa aja lagi… saya aja masih jago makan mie instan kok hehe ini cuma sharing benar gk ya berbahaya?

    Asop said:
    29 April, 2010 pukul 2:02 pm

    Saya cari aman dalam hidup sehat. Saya udah menghindari mie instan dan minuman berkarbonasi (bersoda) sejak setahun yang lalu. 🙂

      fansmaniac responded:
      29 April, 2010 pukul 5:10 pm

      @Asop : Hebat, back to nature sop 😀

    Kojek said:
    29 April, 2010 pukul 4:11 pm

    wuiiii…. jadi seram ni fans… padahal, tiap siang aku makan mi di k**tor… kekekekek…

      fansmaniac responded:
      29 April, 2010 pukul 5:10 pm

      @Kojek : Jangan kan ente, aku aja rajin bro makan mie di k**tor wkwkwk abis tu pake acara ngebon lagi 😆

    sunflo said:
    29 April, 2010 pukul 5:14 pm

    wah aq juga suka banget makan mie instan… 🙄 dan cara masaknya pun sesuai yang fans sarankan… :mrgreen:

      fansmaniac responded:
      29 April, 2010 pukul 5:19 pm

      @sunflo : Kalo begitu boleh kita bikin persatuan pecinta mie instan untuk menyaingi pernyataan tersebut wkwkwk 😀

    rose said:
    29 April, 2010 pukul 5:15 pm

    rose juga suka ma yang namanya mie… jadi gapapa n aman selama masaknya bener ya fans… ^^

      fansmaniac responded:
      29 April, 2010 pukul 5:22 pm

      @rose : gk tahu juga nih, kalo gk aman kok di legalkna beredar sejak zaman dahulu kala.. tetapi ya setidaknya kita berjaga2 lah rose

    AamBoyz said:
    30 April, 2010 pukul 7:36 am

    ini makanan tiap hari masuk ke perutku gmn nih om? 😀

      fansmaniac responded:
      1 Mei, 2010 pukul 7:40 am

      @AAmBoyz : Wah ternyata banyak pendukungnya, boleh ni kita buat persatuannya 😀

    romailprincipe said:
    1 Mei, 2010 pukul 2:53 am

    kata lilin mungkin karena awetnya mie, padahal awetnya mie instan dikarenakan proses rendah penggorengan yang mengakibatkan kadar air sangat rendah, sehingga bahan tidak mudah rusak dan langsung dikemas dalam etiket pembungkus, jadi steril…

      fansmaniac responded:
      1 Mei, 2010 pukul 7:42 am

      @Romailprincipe : Betul sekali sobat… trims infonya saya juga baru tau 😀

    Duniaku said:
    4 Mei, 2010 pukul 5:26 pm

    waduh saya juga masih makan mie walaupun nggak tiap hari..makasih sobat infonya….

      fansmaniac responded:
      4 Mei, 2010 pukul 5:55 pm

      @duniaku : gpp, saya juga masih sering tiap ari ^_^

    Red said:
    5 Mei, 2010 pukul 3:15 pm

    gue dulu termasuk penggemar mie instant karena praktis. tapi sekarrang ogah. msgnya banyak banget, padahal msg terlalu banyka bisa merusak tubuh kita pelan-pelan

      fansmaniac responded:
      7 Mei, 2010 pukul 8:44 am

      @Red : Saya juga uda coba nggak make bumbunya, kalopun make cuma dikit terus ditambahin garam…

    Red said:
    7 Mei, 2010 pukul 9:23 am

    @fans: betul dikit aza. meski dikit tapi udah kerasa asin kan? itu gara2 msg-nya bejibun. tau gak? msg itu bisa untuk menyuburkan tanaman 😛 (mosok kita makan pupuik) ehehehe

    Nurita Putranti said:
    18 Mei, 2010 pukul 1:11 am

    Sejak hamil, ndak pernah makan mi lagi 😀

      fansmaniac responded:
      19 Mei, 2010 pukul 12:07 pm

      @Nurita : Hehe baguslah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s