Bupati Kabupaten Kuburaya : “Saya bisa begini karena Enterpreunership”

Posted on Updated on

Muda Mahendrawan, SH adalah seorang Bupati Kab. Kuburaya Provinsi Kalimantan Barat, ia masih muda dan pribadi yang sederhana.  Sebelummya ia adalah seorang PPAT alias Pejabat Pembuat Akta Tanah atau sebagai Akta Notaris yang membuka usahanya di jalan Sungai Raya Dalam I dekat dengan RSUD Soedarso Pontianak.

Dalam Pilkada tahun 2008 Muda Mahendra menang telak dari beberapa kandidat lainnya yang berasal dari partai politik.  Muda maju sebagai calon Bupati dari pencalonan independen non partai, dan berhasil menjadi kepala daerah di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini.

Sebelumnya banyak pasangan calon bupati yang meremehkan sosok Muda Mahendrawan, karena ia tidak punya karier politik dan bukan dari partai.  Kampanye nya pun tergolong sederhana, tidak banyak spanduk dan tidak banyak janji muluk2.  Satu kata yang ia jadikan motto saat kampanye nya yaitu “Mari Lanjutkan Perjuangan…!”

Ya, Muda adalah salah satu pelopor berdirinya Kabupaten Kubu Raya… ia berusaha mengumpulkan elemen tokoh masyarakat dan menyampaikannya ke DPR untuk menyetujui terbentuknya Kabupaten tersebut.  Walhasil, ketika Kubu Raya berhasil dijadikan kabupaten muncullah berbagai macam orang yang berasal dari partai ini dan itu maju mencalonkan diri menjadi Bupati Kubu Raya.  Tetapi Muda tidak gentar, ia tetap maju sebagai calon bupati dengan dukungan lebih dari 10.000 masyarakat Kubu Raya yang memang dari awal tahu akan sepak terjang beliau dalam membentuk Kabupaten baru itu.

Tidak ada kepentingan Politik

Kini, banyak sekali kebijakan dari Muda yang didukung penuh olah masyarakatnya… jelas saja karena Muda tidak memiliki kepentingan politik dalam memimpin, ia hanya ingin memajukan Kubu Raya seperti apa yang ia tekadkan ketika akan membentuknya menjadi sebuah Kabupaten.  Beda dengan banyak pemimpin yang notabene nya hanya mengurus politik dan berada dibawah bendera partainya saja.

Muda bertekad memajukan pertanian di Kubu Raya, ini terbukti dengan program wajib mengkonsumsi beras asli Kubu Raya untuk PNS Kab. Kubu Raya.  Muda pun aktif memantau sektor pertanian yang merupakan produk unggulan di Kubu raya.

Selain itu Muda juga menolak anggaran pembelian mobil dinas baru yang harganya ratusan juta, pada awal masa jabatannya saja Muda sudah menghemat anggaran lebih dari 1 Miliar karena penolakannya terhadap pembelian mobil dinas itu.  Dana tersebut ia alihkan ke bagian pelayanan kemasyarakatan seperti guru, bidan desa, dan penyuluh pertanian.

Mengembangkan Enterpreunership

Kebijakan baru yang digebrak Muda adalah, memberikan modal usaha kepada masyarakat dan memberikan motivasi dalam Enterpreunership atau kewirausahaan.  Muda menganggap bahwa, kesan masyarakat yang cenderung mencari lowongan kerja adalah penyebab mengapa banyaknya pengangguran dan rendahnya tingkat perekonomian masyarakat.

“Saya bisa menjadi Bupati karena saya bukan PNS, dan saya adalah seorang Wiraswasta” begitu kata Muda didepan pidatonya kepada masyarakat.  PNS dan karyawan adalah anak buah, lihat ketika Muda menjadi Bupati ia dapat memerintah aparatur negara tersebut.  Jadi bagi yang menganggap bahwa orang yang punya pekerjaan tetap itu lebih bisa hidup maju itu salah, justru bila anda bisa mengembangkan bakat dan menjadi seorang enterpreunership justru anda menjadi bos nya dan membuka lapangan kerja.

Dengan terpilihnya Muda Mahendrawan sebagai Bupati membantahkan teori bahwa untuk menjadi kepala daerah harus menjadi politisi, punya banyak modal, dan menang pendukung saat kampanye.  Muda mampu tampil dengan segala kesederhanaan, bukan politisi, kampanye sederhana, dan memiliki tekad untuk membangun daerahnya…

Jadi sekarang, anda masih menunggu lowongan kerja datang menghampiri anda atau anda coba membuka usaha sendiri dan mencari peluang didalamnya ?

http://www.fansmania.wordpress.com

17 thoughts on “Bupati Kabupaten Kuburaya : “Saya bisa begini karena Enterpreunership”

    delia4ever said:
    4 Mei, 2010 pukul 11:25 am

    Lia mau jadi pengusaha Mas……heheheh..
    dari hal yang kecil dulu… Muda2an berjalan lancar…Aminn

    Tak pikirin tadi awalnya mas Irfan Mau kampanye😆

      fansmaniac responded:
      4 Mei, 2010 pukul 4:04 pm

      @delia4ever : Hehe iya, kalo dilihat dari gambar kayak kampanye padahal ada pesan yang ingin saya sampaikan

    sunflo said:
    4 Mei, 2010 pukul 4:56 pm

    buka usaha sendiri, fans?? sringnya terbentur ma modal n ketrampilan serta ketekunan… emang keberhasilan tuh susah diraih kecuali bagi yang punya tekad yang kuat dan bersungguh-sungguh…

      fansmaniac responded:
      4 Mei, 2010 pukul 5:51 pm

      @sunflo : Iya sunflo, hehe tentunya harus ada modal keterampilan dan ketekunan.. tetapi tekad dan niat yang bulat juga sudah cukup untuk menjadi sukses karena semua tergantung dari itu

    rose said:
    4 Mei, 2010 pukul 4:57 pm

    semoga bupati yang baru bisa mengemban amanah dengan baik…. saatnya wirausaha menggeliat dan bangun niee…

      fansmaniac responded:
      4 Mei, 2010 pukul 5:51 pm

      @rose : Harusnya para pengangguran diberi wawasan tentang wirausaha rose

    ismi said:
    5 Mei, 2010 pukul 1:20 am

    waaaaah, itu cita2ku
    become an eterprener😀
    tapi kok ya susyah mulainya😦
    binun mu mule dari mandra……

      fansmaniac responded:
      5 Mei, 2010 pukul 4:22 am

      @ismi : Mulailah dengan niat…😀

    zhie said:
    5 Mei, 2010 pukul 1:22 am

    zhie pengen jadi pedagang loh kak😉
    tapi ortu zhie, pengennya zhie jadi PNS:(

      fansmaniac responded:
      5 Mei, 2010 pukul 4:24 am

      @Zhie : Gpp Zhie, jadi PNS dan pedagang malah lebih baik.. banyak rekan saya yang PNS tetapi juga seorang Enterpreuner… tetapi tidak melepas tugas dan tanggungjawabnya, artinya ia memiliki anak buah dalam menjalankan usahanya sedangkan ia tetap menjadi abdi negara.

    lukman said:
    5 Mei, 2010 pukul 5:13 am

    salam blogger,
    sekedar info: ada kontes menarik berhadiah samsung corby dan ipod shuffle di situs gugling.com.

      fansmaniac responded:
      5 Mei, 2010 pukul 8:20 am

      @Lukman : Terima kasih atas kontesnya sobat, insa Allah saya ikutan… ini menambah semangat blogger nih😀

    yoriyuliandra said:
    5 Mei, 2010 pukul 5:14 am

    Wirausaha…
    salah satu momok bagi saya

    Nice biography by the way…

      fansmaniac responded:
      5 Mei, 2010 pukul 8:21 am

      @yoriyulandra : Harus itu sobat, wirausaha membuka peluang kerja bagi lainnya

    Sawali Tuhusetya said:
    5 Mei, 2010 pukul 4:08 pm

    wow … sosok pemimpin yang tak punya pamrih politik seperti ini yang sekarang ini jarang muncul, mas. sebagain besar mereka punya ambisi mempertahankan jabatan, tak peduli daerah yang dipimpinnya maju apa ndak?

      fansmaniac responded:
      7 Mei, 2010 pukul 8:45 am

      @Sawali : betul pak, saya paling benci politik

    je said:
    19 Mei, 2010 pukul 2:46 am

    mantap pak muda!!!
    kalo periode 2 dia nyalonkan lagi jadi bupati kubu raya, aku pasti pilih dia lagi… pro rakyat… bebas dari kepentingan partai…
    mudah2an selalu independent….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s