Teknologi Ibarat Pisau Bermata Dua

Posted on Updated on

Sobat blogger dan para netter mania semua, ini adalah ungkapan hati sekaligus kekecewaan atas beberapa hari yang terjadi.

Jujur saya dulu orangnya tidak suka online… karena disamping mahal harus main di warnet juga tidak ada waktu banyak untuk surfing berlama-lama.  Tetapi kini semenjak adanya fasilitas yang diberikan, saya jadi ketagihan online… suka YM, Facebook, dan ngblog.  Semua teknologi ini saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya, buat tukeran informasi, mencari informasi, bertegur sapa dengan teman dan banyak hal positif lainnya.

Tetapi alangkah kecewanya saya ternyata banyak juga orang yang menyalahgunakan teknologi ini dan justru menjadikannya negatif.  jadi pertanyaan saya, apakah teknologinya yang salah atau kita penggunanya yang salah ??

Saya kecewa dengan pemberitaan di media, yang sepertinya menyudutkan salah satu media jejaring sosial seperti Facebook.. mereka menganggap bahwa Facebook banyak mudarat ketimbang manfaat.  Gara2 setitik nila, rusaklah susu sebelanga… seperti itu kira2..  Karena kasus anak ABG yang katrok lari bersama pacar karena sering berkomunikasi di Facebook, atau kasus penipuan lainnya yang menggunakan media ini untuk menipu orang.

Patutkah teknologi kita salahkan?? kalo ada orang membunuh dengan pisau mengapa tidak salahkan saja pisau yang diciptakan?? kalo banyak orang mati kecelakaan karena mobil mengapa tidak salahkan mobilnya??  Teknologi ibarat pisau bermata dua, bisa digunakan untuk hal positif bisa pula negatif.  Saya bertemu dengan kawan2 lama yang sudah tidak pernah ada jejaknya melalui Facebook, bahkan saya berkumpul dengan keluarga melalui group di Facebook.  Saya rasa teknologi banyak memberikan manfaat bagi saya, tergantung bagaimana kita memanfaatkannya.

Moral dan Etika

Orang yang tak bermoral dan tidak mempunyai etika merusak teknologi yang diciptakan sebenarnya untuk mempermudah kita.  Saya kecewa dengan para blogger yang memposting hal2 yang bersifat fitnah dan memperkeruh suasana.  Seperti halnya blog2 yang bertemakan tentang SARA maupun penistaan agama, atau hal2 yang menjelekkan suatu negara tertentu..perang posting.. sungguh itu tidak ada manfaatnya selain merusak citra teknologi…

Pernahkan anda membuat postingan yang dihina oleh orang lain? bukan mengkritik, tetapi menjelek2kan… tentu kesal bukan? apa lagi bila orang tersebut hanya pengunjung dan pembaca bukan seorang blogger.  Ia menghina karya orang lain tetapi ia sendiri tidak berkarya, seperti halnya komentator yang bukan pemain tetapi berlagak mengomentari pemain.

Inilah potret negeri kita, yang salah dibenarkan dan yang benar disalahkan, hukum dijual belikan, teknologi dinegatifkan manfaatnya.  Seperti halnya orang pintar yang justru dijelek2an di bangsanya sendiri… didunia luar ia dipuji tetapi didalam negeri ia dimusuhi.  Jauh sebelum teknologi berkembang saat ini, skripsi danperkantoran hanya pakai mesin ketik serta berkutat di perpustakaan hanya untuk cari bahan.  Sekarang silahkan searching di Om Google semua serba ada, berkat siapa? berkat anda sobat2 bloggerku yang memanfaatkan teknologi menjadi sesuatu yang berguna dan informatif.

Orang yang tidak mengerti teknologi adalah orang yang terjerumus dalam teknologi itu, jadi siapa yang salah? teknologi atau kita manusianya??

http://www.fansmania.wordpress.com

56 thoughts on “Teknologi Ibarat Pisau Bermata Dua

    delia4ever said:
    7 Mei, 2010 pukul 6:01 pm

    Begitulah pak… Dimana2 selalu saja ada yang positif…
    Lia saja dengan media fecebook akhirnya menjumpai orang penting dalam hidup lia (seperti yg lia postingkan dahulu )

    Yang salah dalam hal ini adalah OKNUM… yang tidak bertanggung jawab.. menggunakan teknologi sebagai topeng untuk “mungkin” menutup kelemahannya, mengajak orang lagi untuk sama buruknya dengan beliau…
    Mengenai masalah penghinaan dlm ngeBlog.. yahhh begitulah cobaan untuk kita2 yang semangat ngeblog pak.. heheheh.. Mungkin dia sirik… dan sirik itu tanda tak mampu …..:D

      delia4ever said:
      7 Mei, 2010 pukul 6:03 pm

      ada yg kelupaan ngetik….
      maksud lia .. dimana2 selalu ada hal yang baik dan buruk… tergantung kita memanfaatkannya..

      heran ngelihat orang suka melakukan hal2 yang gak betul😦

      fansmaniac responded:
      11 Mei, 2010 pukul 6:57 am

      @delia “: Nah oknum itulah yang saya kritik, gara2 satu orang jadi rusak semuanya ya??

    putu said:
    7 Mei, 2010 pukul 7:54 pm

    positif ataw negatif itu sebenarnya tergantung dari kita sendiri… tergantung bagaimana kita menyikapi dan menggunakannya… selama tidak melanggar hukum dan tidak merugikan siapa-siapa; baik diri sendiri atw orang lain, saya rasa masih bisa dikatakan aman.

    nice post mbak. keep up the good work.

      fansmaniac responded:
      11 Mei, 2010 pukul 6:57 am

      @Putu : Anda benar, semua tergantung dari kita… salam kenal😀 anu saya lelaki tulen lho ^_^

    agoenk70 said:
    7 Mei, 2010 pukul 11:08 pm

    rata-rata teknologi memang bersisi 2 seperti mata uang, tinggal kitanya aza mau melakukan dengan hal-hal yang positif, atau sebaliknya??? hal itu memang tidak bisa di pungkiri lagi tidak sedikit yang berbau negatif dari YM, FB atau blog sekalipun. so kembali ke diri kita masing2 aza

      fansmaniac responded:
      11 Mei, 2010 pukul 6:59 am

      @agoenk70 : benar, ada baiknya sebelum menggunakannya harus mengerti dan faham fungsi utamanya ya mas?

    ian abuhanzhalah said:
    7 Mei, 2010 pukul 11:34 pm

    buener banget mas
    memang sesuatu itu pasti mengandung dua kemungkinan diantara manfaat dan mudharat, dan keduanya itu tergantung dari siapa yang memakainya..
    jadi kurang tepat menyalahkan teknologi yang ada..yang ada adalah salahkan yang menyalahgunakannya..

    salam mas irfan ^^

      fansmaniac responded:
      11 Mei, 2010 pukul 7:03 am

      @ian : Betul sekali… kayaknya perlu dirubah tuh bahasa di media ya?? salam juga…

    timlonet said:
    8 Mei, 2010 pukul 3:55 am

    kunjungan pertyama ni mas salam kenal ya,,,

      fansmaniac responded:
      11 Mei, 2010 pukul 7:08 am

      @timlonet : Salam kenal juga mbak ^^

    radesya said:
    8 Mei, 2010 pukul 10:10 am

    semua tergantung pada penggunanya kak…🙂

      fansmaniac responded:
      11 Mei, 2010 pukul 7:09 am

      @radesya : Iya semua tergantung pengguna

    sunflo said:
    9 Mei, 2010 pukul 4:52 pm

    yang salah ya manusianya… krn manusia kan dikasih akal pikiran, so dia bisa milih 2 jalan yang ada dong… jalan yg baik atau buruk… nah teknologi hanyalah benda dan ciptaan… ga bisa disalahkan… ^^

      fansmaniac responded:
      11 Mei, 2010 pukul 7:22 am

      @sunflo : Setuju sunflo, berarti media di tv itu harus perbaiki kata2nya donk ya??

    rose said:
    9 Mei, 2010 pukul 4:53 pm

    teknologi ga bersalah fans… kasian dia kalau dijadikan bulan2an melulu…😦

      fansmaniac responded:
      11 Mei, 2010 pukul 7:23 am

      @rose : Tanpa teknologi rasanya dunia gk secanggih ini deh

    jarwadi said:
    10 Mei, 2010 pukul 5:11 am

    iya bro, memang kita harus proporsional melihat kedua sisi ini. pengalaman, seorang bapak tetangga begitu anti pati dengan internet, karena apa yang ada di kepala beliau, internet adalah identik dengan kejahatan dan pornografi.

    salam

      fansmaniac responded:
      21 Mei, 2010 pukul 6:04 am

      @jarwadi : Wuaduh… kacau ni kalo gitu ya?

    Moblogger United said:
    10 Mei, 2010 pukul 8:40 pm

    penggunaan teknologi itu ya harus diatur, jangan 100% diserahkan pada pengguna bro, bisa kacau. Yang maniak bisa tambah mania lupa anak isteri, yg tukang tipu terus menipu, dsb. Dan jangan salahkan mereka yg mengharamkan tekno itu karena niat mereka adalah melindungi kita yg kian larut dg hal2 yg 80% sia2

      fansmaniac responded:
      11 Mei, 2010 pukul 7:33 am

      @Mobblogger : Yup, intinya dari kita sendiri… harus pandai2 ngatur deh

    yanrmhd said:
    11 Mei, 2010 pukul 7:32 am

    faktor user lebih dominan…
    dan kehidupan sekarang telah menyuburkan kehidupan yang anti sosial, bebas lepas tanpa kontrol, tidak empati…komplit…sampai teknologi yang tadinya diciptakan untuk kebaikan jadi disalah gunakan…

    nah sekarang bagi facebookers sejati mulai posting yang manfaat, penuhi wall2nya dengan informasi berguna…agar fb tidak ‘dikuasai’ tangan jail bin iseng…

    hehehe…:mrgreen:

      fansmaniac responded:
      21 Mei, 2010 pukul 6:05 am

      @yanrmhd : setuju…😆

    mahesapandu said:
    11 Mei, 2010 pukul 8:17 am

    Ga papalah kalo TV menyiarkan berita kayak gitu, lawong memang terjadi, tapi lebih bijak lagi kalo menyiarkan berita-berita yang menyangkut sisi baik dari teknologi biar adil.

    Saya yakin masyarakat tidak bodoh untuk memilih dan menggunakan teknologi sesuai yang mereka butuhkan.

    ummumarwa said:
    11 Mei, 2010 pukul 10:33 am

    ‘teknologi ibarat pisau…’
    Pisau adalah alat, fungsinya tergantung yang menggunakan.
    Begitu juga dengan teknologi, apakah ia membawa manfaat atau mudharat tergantung si pemakainya…

    Mari kita dukung penggunaan teknologi yang bermanfaat, menebar kebaikan dan perdamaian…

    Salam…

    RyZack said:
    12 Mei, 2010 pukul 1:11 am

    Semuanya berujung pada si pengguna, facebook hanyalah sebuah fasilitas. Jika diibaratkan dengan pisau, pisau hanyalah sebuah benda mati.

    Untuk blog yang bertemakan SARA, itu juga sama kembali lagi ke si pengguna, karena kalau kita merespon blog SARA tersebut, berarti kita menaikkan popularitasnya. Lebih baik diabaikan dan jangan memberikan komentar, toh kalau blognya jadi sepi tak ada respon, si empu blog-nya juga menyadari bahwa perbuatannya sia-sia. Untuk itu jangan mudah terprovokasi🙂

      fansmaniac responded:
      21 Mei, 2010 pukul 6:06 am

      @RyZack : Wah ide anda betul juga sob, soalnya kadang sakit hati juga bacanya jadi gatel untuk komen… sip masuk akal

    julianusginting said:
    12 Mei, 2010 pukul 1:31 am

    pastinya teknologi selalu mempunyai sisi yang berlawanan, negatif dan positip, cuma tegantung kita bs menyerap yang positip ataukah negatif….

    didin said:
    12 Mei, 2010 pukul 9:19 am

    yupz..agar teknologi itu gak jadi sesuatu yg berbahaya, gunakan sebagaimana mestinya dgn penuh tanggung jawab😀 betul betul betul

    debodor said:
    13 Mei, 2010 pukul 5:38 am

    teknologi ada karena di ciptakan oleh manusia dan teknologi sendiri perwujudan dari pola pikir manusia yang semakin maju dan terus berkembang, jadi barang siapa yang menyalahkan teknologi dia termasuk golongan orang2 yang pola pikirnya tidak mau maju dan berkembang.
    (kawan mampir ke blogku trus kasih komentar)

    aldy said:
    13 Mei, 2010 pukul 5:17 pm

    Mungkin semuanya terpulang kepada masing-masing pengguna saja Mas Frans, pintar-pintarnya user saja memilah-milah tehnologi yang cocok digunakan.

    cukkaulu said:
    13 Mei, 2010 pukul 5:35 pm

    sepakat

    Siti Fatimah Ahmad said:
    14 Mei, 2010 pukul 1:26 am

    Assalaamu’alaikum

    Saya juga bersetuju bahawa penggunaan teknologi ini bergantung kepada manfaat yang kita fahami sendiri. Baik buruknya tetap ada. kalau baik bagi kita belum tentu baik bagi orang lain.

    Banyak kebaikan yang didedahkan melalui teknologi telah disalahguna oleh golongan yang mengambil kesempatan dan akhirnya memudharat orang lain.

    Mudahan kita dalam kalangan yang tahu memanfaatkan teknolgi untuk kebaikan kita dan sesiapa sahaja sebagai perkongsian yang bermakna.

    Salam mesra dari Sarawak, Malaysia.

      fansmaniac responded:
      21 Mei, 2010 pukul 6:12 am

      @Siti Fatimah Ahmad : Waalaikumsalam bunda, semoga kita termasuk golongan orang2 yang pandai memanfaatkan untuk kebaikan ya bunda?

      Salam juga dari saya untuk keluarga Bunda

    indobrad said:
    14 Mei, 2010 pukul 11:55 am

    Maki-maki orang di internet udah pasaran Pak. Biarkan saja, tutup mata/telinga, dan terus berkarya🙂

    Salam kenal dari Depok

    sunflo said:
    14 Mei, 2010 pukul 6:41 pm

    nunggu apdetan fans… keknya lagi sibuk neh si fans…🙄

      fansmaniac responded:
      19 Mei, 2010 pukul 12:12 pm

      @sunflo : hik iya ni kemarin seminggu keluar kota

    d-Gadget™ said:
    15 Mei, 2010 pukul 2:30 am

    yah..kita harus bijak menggunakan tekhnologi

    Didien® said:
    15 Mei, 2010 pukul 2:32 am

    betul mas,,,tapi sebenarnya bukan karena tekhnologinya namun kita sbg pengguna harus lebih bijak dalam menggunakan perkembangan tekhnologi tersebut..inysAllah bermanfaat….
    lama tak singgah, pakabar sahabat?

    salam, ^_^

      fansmaniac responded:
      19 Mei, 2010 pukul 12:11 pm

      @Didien : Apa kabarmu juga sobat??

    Caride™ said:
    15 Mei, 2010 pukul 2:34 am

    penyalahgunaan fasilitas apapun, itu cerminan si pengguna tidak pernah berikir dampak dan konsekuensinya…
    semoga kita menjadi pengguna yg baik amin

      fansmaniac responded:
      19 Mei, 2010 pukul 12:09 pm

      @caride : Amiiin smoga tetap bermanfaat

    elmoudy said:
    16 Mei, 2010 pukul 9:59 am

    saya lebih setuju, teknlogi tak punya motif apa apa selain membantu manusia yang menciptakan.
    kalau ada dampak positf atau negatif.. semua pastilah manusia yang menentukan. jadi, facebook pun… tak punya salah… hanya manusianya saja yang salah menggunakannya

      fansmaniac responded:
      21 Mei, 2010 pukul 6:00 am

      @elmoudy : sangat setuju juga, berarti go away yang menyalahgunakan teknologi😀

    deq said:
    19 Mei, 2010 pukul 7:11 am

    uho .. uho .. setelah mendengar pepatah berbahasa arab yang artinya waktu seperti pedang, kini ayas bau debgar kalo teknologi seperti pisau. lebih kaceil sih ukrannya, tapi sama-sama bahaya

      fansmaniac responded:
      21 Mei, 2010 pukul 6:01 am

      @deq : hehe betul juga ya?

    abu ghalib said:
    20 Mei, 2010 pukul 2:46 am

    memang harus cermat dalam menggunakan teknologi, salah-salah bisa jadi boomerang

      fansmaniac responded:
      21 Mei, 2010 pukul 5:58 am

      @abu ghalib : Betul, kita sebagai user harus bijak tentunya

    fitrimelinda said:
    20 Mei, 2010 pukul 4:42 am

    tteknologi itu tergantung gimana kita memanfaatkannya..

    nurrahman18 said:
    20 Mei, 2010 pukul 5:58 am

    benar, tekonologi itu netral

    julianusginting said:
    20 Mei, 2010 pukul 8:29 am

    bro…yuk update bro…
    hehee…🙂

    Agus Hartono said:
    21 Mei, 2010 pukul 4:32 am

    Technologi adalah kemajuan budaya, tingginya technologi yang kita capai adalah kenikmatan. tentunya, cobaannya juga akan bertambah besar lagi. jika Iman belum kuat pasti akan lebih mudah mengambil sisi negatifnya mas Irfan. So,… Iman yang benar adalah benteng yang kuat untuk bertahan menjadi manusia yang sesungguhnya. Thanks.

    sapta said:
    22 Mei, 2010 pukul 5:31 am

    nice post kawan..
    sesuatu barang akan bermanfaat ditangan orang yg bijak.. begitupun sebaliknya.. barang yg bermanfaat bisa menjadi maksiat apabila digunakan orang yg berwatak dan bermental maksiat..

    jd ya dari diri sendiri…😀

      fansmaniac responded:
      22 Mei, 2010 pukul 9:31 am

      @Sapta : anda benar sobat

    marss said:
    22 Mei, 2010 pukul 9:13 am

    memang ABG itu selalu bikin onar..

    lianageografi.blog.com said:
    6 Agustus, 2012 pukul 8:12 am

    that’s right. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s