Kecenderungan Berfikir Otak Kiri dan Kanan

Posted on

Dasar otak Udang!! Begitu biasanya kita kalo mengolok seseorang yang agak blo’on… kok udang dibawa2 ya? Maklum udang kan otak ama pembuangannya di kepala :D  Apa anda tahu bahwa saat kita berfikir sebenarnya kita telah menentukan pola penggunaan otak kita? Maksudnya pada saat kita berfikir kita sebenarnya cenderung pake otak yang mana? Otak yang kiri atau yang kanan?  Lha, apa bedanya ya… yang jelas tentu berbeda.

Otak kanan lebih cenderung digunakan untuk berfikir kreatif, misalnya menghayal, intuisi, mengarang lagu, musik, atau lebih identik dengan daya seni.

Otak kiri lebih cenderung digunakan untuk berfikir logis atau analitis, misal hitungan, penilaian, bahasa verbal, linear, menganalisa, menghafal, atau lebih identik dengan penalaran.

Dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya otak kita saling berfikir silih berganti tergantung dengan masalah yang dihadapinya.  Bila kita bisa memposisikan cara berfikir kita dengan menggunakan otak kiri atau kanan, maka kita bisa menjadi seorang yang jenius.  Tapi sayangnya memposisikan cara berfikir otak itu sangat susah dan tidak gampang.

Otak juga ibarat pisau, bila tidak diasah maka kemampuan berfikirnya akan tumpul.. demikian pula dengan memorinya kalo mau di upgrade berarti kita juga harus upgrade ilmu.  Artinya semakin banyak pengetahuan yang direkam oleh otak kita maka semakin mantap pula pola fikir kita terhadap suatu masalah.  Untuk itu makanya pendidikan itu perlu, pola fikir lulusan SD ya jauh beda dengan pola fikir anak SMA karena hasil upgradenya berbeda.

Cara mengasah otak kanan yaitu dengan banyak berkreasi misalnya bermain gitar, mengarang lagu, melukis, bernyanyi, dan menghayal.  Cara mengasah otak kiri yaitu dengan banyak membaca informasi, berhitung/menjumlah, berpendapat, atau berfikir sistematis.

Cara Mengetahui Kecenderungan Penggunaan Otak

Nah, sekarang bagaimana caranya agar kita tahu sebenarnya kita ini cenderung menggunakan otak yang mana ya? Hal ini penting agar kita tahu potensi apa yang ada didalam diri kita sehingga bisa kita kembangkan.  Untuk mengetahuinya bisa dengan cara berikut (ikuti ya??) :

  • Rentangkan kedua tangan anda
  • Lalu rapatkan kedua tangan anda seperti gambar dibawah
  • Perhatikan jempol mana yang berada diatas
Otak Kiri -  Otak Kanan

Bila jempol tangan kiri yang diatas, maka berarti anda cenderung berfikir dengan otak kanan.  Bila jempol tangan kanan yang diatas, maka berarti anda cenderung berfikir dengan otak kiri.

Misalnya ternyata jempol tangan kiri anda yang berada diatasnya..bagaimana kalo anda coba lakukan sebaliknya (jempol kanan yang diatas), pasti akan janggal sekali rasanya…  Lalu mengapa kebanyakan orang selalu menggunakan tangan kanan ? itu sebenarnya karena faktor kebiasaan dan juga bukti bahwa kita ini mahluk yang berfikir rasional/logis. Kalo pake tangan kiri kan sebutannya “kidal” kalo kanan apa sebutannya “kadal” ya?😀

Selamat mencoba,

43 thoughts on “Kecenderungan Berfikir Otak Kiri dan Kanan

    Didien® said:
    26 Mei, 2010 pukul 8:59 am

    tapi apakah hal tersebut sdh ada pembuktiannya mas?
    kuq saya ga bisa bikin puisi apalgi lagu, padahal jempol kiri saya berada di atas…ooo pantesan jempol kaki yg di atas hahaha.. bcanda mas
    trimakasih informasinya, sangat menarik untuk di baca…

    salam, ^_^

      fansmaniac responded:
      27 Mei, 2010 pukul 5:26 am

      @Didien : Wah kalo jempol kaki yang diatas itu berarti super mas Dien ^_^, ini berdasarkan ilmu psikologi mas… mengenai pembuktian nggak tau juga soalnya dapat dari dosen sih…

    Nanang Abdullah said:
    26 Mei, 2010 pukul 1:22 pm

    Untuk komen, kayaknya mesti baca dulu baik2. Makasih sob udh mengajak tukar link dan linknya dah sy pasang d sidebar pada tukar link otomatis.

    Delia said:
    26 Mei, 2010 pukul 1:50 pm

    hehehe…..
    yang terbaik adalah memadukan keduanya,,
    dan agar tidak terasa janggal ya sering2 lah berlatih…..
    otak kiri lebih refleks sehingga kita melakukan diatas,,,,
    ^_^

    wahhhh kalo ada yang sebut kadal berarti gak boleh marah dong mas😆 kan emang tgn kanan …. gubrakssss

      Arif R. said:
      27 Mei, 2010 pukul 1:40 am

      setuju mbak..😀

      fansmaniac responded:
      27 Mei, 2010 pukul 5:52 am

      Kalo menurut saya, cara melatihnya bukan ditangan mbak Delia.. dan sebenarnya yang kuat refleksnya itu bukan otak kiri tetapi pikiran dibawah alam sadar kita. Jadi untuk melatihnya bisa dengan berkreasi atau banyak menjumlah…
      Begitulah kira2 hehe

      Delia said:
      27 Mei, 2010 pukul 5:23 pm

      hehehehe iya Pak….
      maksud lia.. contoh tangan itu gak bisa jadi patokan
      makanya lia bilang kalo tangan nya kita latih maka gak akan janggal krn otak akan refleks merespon hal yg sudah biasa dilakukan…

      makna refleks adalah alam bawah sadar kita akan dengan sendirinya melakukan…🙂

      Ada banyak cara melatih termasuk berkreasi dan menjumlah yang bapak sebutkan diatas..

      Maaf pak kalo salah… ^_^

      Pak Irfan juga kuliah psikologi ya…
      sama dong kita heheheheh😳

    sunflo said:
    26 Mei, 2010 pukul 3:02 pm

    jempol kananku yang di atas, selalu kek gtu, risih kalau aq ubah posisi, jempol kiri ada di atas. berarti aq lebih cenderung menggunakan otak kiriku ya fans..

      rose said:
      26 Mei, 2010 pukul 3:03 pm

      idem sama sunflo ajah fans… ^^

      fansmaniac responded:
      27 Mei, 2010 pukul 5:37 am

      @rose & Sunflo : iya betul, berarti sunflo dan rose cenderung bersifat analitis… hehe

    Mamah Aline said:
    26 Mei, 2010 pukul 3:44 pm

    ternyata saya lebih banyak menggunakan otak kiri mas, setelah dicoba

    elmoudy said:
    26 Mei, 2010 pukul 11:51 pm

    kalau aku, ternyata jempol kiri yang di atas….
    berarti aku suka pakai otak kanan yaa..
    hmm kalau dipikir2 bener juga seh mas..

    Dangstars said:
    27 Mei, 2010 pukul 5:57 am

    Dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya otak kita saling berfikir silih berganti tergantung dengan masalah yang dihadapinya. Bila kita bisa memposisikan cara berfikir kita dengan menggunakan otak kiri atau kanan, maka kita bisa menjadi seorang yang jenius. Tapi sayangnya memposisikan cara berfikir otak itu sangat susah dan tidak gampang.

    Dangstars said:
    27 Mei, 2010 pukul 5:57 am

    Makasih atas masukannya

    Dangstars said:
    27 Mei, 2010 pukul 5:58 am

    Semoga otak saya masih bagus.. he..he…

    Dangstars said:
    27 Mei, 2010 pukul 6:00 am

    Met liburan boz

    Dangstars said:
    27 Mei, 2010 pukul 6:04 am

    Salam hangat dan sukses selalu

    Duniaku said:
    27 Mei, 2010 pukul 6:33 am

    jempol kanan saya berada diatas,benar berarti saya tidak pandai dalam bidang seni 😀

    Nafis Mudrika said:
    27 Mei, 2010 pukul 8:16 am

    saya otak kanan tapi lumayan bisa dlm seni, knp ya…???

    bayuputra said:
    27 Mei, 2010 pukul 10:29 am

    wah hebat sekali …..
    salam kenal dari bayu di Kalimantan Tengah

    abu ghalib said:
    27 Mei, 2010 pukul 10:46 am

    saya kidal, maka dari itu teman2 suka menganggap pola pikir saya aneh😀

    bundadontworry said:
    27 Mei, 2010 pukul 11:07 am

    jempol kanan tanganku selalu diatas, berarti aku cenderung selalu menggunakan otak kiri ya Mas ?
    tapi, kok aku selalu sulit kalau disuruh menghafal😦
    salam

    freesmsc said:
    27 Mei, 2010 pukul 3:55 pm

    hmmmb aku sepertinya juga cenderung menggunakan otak kanan
    makasih infonya 😀

    Red said:
    27 Mei, 2010 pukul 4:31 pm

    good post bro. gue sendiri cenderung ke arah penggunaan right hemisphere of brain

    yusami said:
    28 Mei, 2010 pukul 12:14 am

    saya pernah dengar juga tentang otak kiri dan otak kanan, tapi untuk mengetahui kecenderungan menggunakan otak kiri atau kanan, baru kali ini kudapatkan. terima kasih Pak…salam sukses selalu.

    camera said:
    28 Mei, 2010 pukul 12:25 am

    makasih mas…
    ternyata saya termasuk orang yang menggunakan otak kanan….

    agung said:
    28 Mei, 2010 pukul 1:30 am

    Wah ternyata menurut catatan di atas saya lebih banyak menggunakan otok kanan untuk berkatifitas, pantesan ilmu hitung-hitungan saya mulai berkurang😦
    kudu di antisipasi nih…

    Dangstars said:
    28 Mei, 2010 pukul 1:44 am

    Mantap uraiannya makasih banget

    Tary Sonora said:
    28 Mei, 2010 pukul 4:49 am

    hmmm…baru tau aku mas, sepertinya aku termasuk yg sering pake otak kanan dech. thanks infonya🙂

    Irfan said:
    28 Mei, 2010 pukul 2:05 pm

    cihuuiii..
    info menarik mas, ternyata jempol kanan saya yg di atas…
    hehhehe…😀

    pakosu said:
    29 Mei, 2010 pukul 12:42 am

    Menarik juga. Memang ini tergantung kebiasaan, tapi segala sesuatu butuh latihan. Salam sukses.

    Fikar said:
    30 Mei, 2010 pukul 3:43 am

    Maaf sob, udah lama ga kunjungan ke sini.
    Info yang menarik. Saya udah coba ternyata yang diatas tangan kanan. O… baru tau nih, klo ternyata otak kanan bisa dilatih dengan mengkhayal ya? Soalnya saya terkadang suka menghayal juga xi xi xi. Jadi ga perlu lagi dong repot-repot buat melukis, menyanyi dan segala macamnya ^^

    Rudini Silaban said:
    31 Mei, 2010 pukul 11:10 am

    saya agak kurang setuju dengan teori atau hipotesa jempol tersebut..
    karena menurut saya kurang logis dan tidak terbukti…

    menurut saya itu hanya kebiasaan saja…

    nice post mas…

      fansmaniac responded:
      31 Mei, 2010 pukul 11:32 am

      @Rudini : hehe itu jawaban anda sudah membuktikan kalo anda orangnya logis dan analitis.. itu cuma analisa orang2 psikologi aja kok agar kita tahu cenderung pakai otak kiri atau kanan, terlepas dari itu terus berkreatifitas sob… sip😀

      farah azure said:
      19 Mei, 2012 pukul 7:45 pm

      klo aq mikirnya…itu logis2 aja…tapi pake penjelasan yang amat sangat sederhana dan gak ada sumbernya,,,,hehehehhe

      gini…
      antara kecenderungan otak kiri dan kanan, dan tentang tangkupan tangan tadi..

      sebelumnya..kita tau..ketika kita menangkupkan kedua tengan, maka secara otomatis,,salah satu tangan (baik kanan ataupun kiri) menggenggam tangan yang lain.

      coba perhatikan..
      apabila ibu jari tangan kiri berada di atas ibu jari tangan kanan,,terlihat bahwa tangan kananlah yang menggenggam tangan kiri. artinya, ketika seseorang lebih sering menggunakan otak kanan, maka dengan tanpa di sengaja (tanpa di sadari),ia akan menggunakan tangan kanannya untuk menggenggam tangan kirinya.
      begitupun sebaliknya…^_^

      itu tadi sedikit tentang teori tebak-tebakan saya….hehehehehehe

      enjoy it.^_^

    aldy said:
    31 Mei, 2010 pukul 12:16 pm

    Kayaknya sih cenderung menggunakan otak kanan Mas, tapi sesekali mungkin keselip juga menggunakan otak kiri, nggak mungkin toh satunya nganggur ?😆

    […] Kecenderungan Berfikir Otak Kiri dan Kanan « Welcome To The Irfan’s World […]

    nurita putranti said:
    3 Juni, 2010 pukul 2:35 am

    Waktu SMA pernah dapat mateir psikologi kyk gini, fan. diriku cenderung pake otak kiri😀

    Ghustie Samosir said:
    15 Juni, 2010 pukul 4:26 pm

    oh gitu yach, baru tau saya, makasih banyak infonya sob🙂
    kayaknya saya juga sering pake otak kiri😀

    habibie said:
    14 Juli, 2010 pukul 9:11 am

    kalau kedua sama,,,,, itu gimana mas,,, (sebutannya apa?)

      fansmaniac responded:
      15 Juli, 2010 pukul 10:19 am

      @habibie : haha masak sih dua jempolnya numplek jadi satu diatas? apa ya namanya? berarti hebat deh

    a v i said:
    11 Januari, 2011 pukul 9:20 am

    horeeee…brati ku pinter dunk….jempol kananku diatas pak…..mksh y infonya,,

    Uye said:
    3 Oktober, 2011 pukul 9:00 am

    Lok berpikir Porno tu kira2 pake Otak yg mna Sob???
    Apakah otak kanan yg ada fungsix utk menghayal, atau kiri yang logis & analisis…
    Atau penggabungan keduax??? hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s