Fenomena “Halo” Matahari di Pontianak

Posted on Updated on

Terus terang sebenarnya saya sudah lama pengen memposting hal ini, cuma karena saya tidak tahu nama fenomena apa yang terjadi makanya saya ragu.  Pertama saya menduga bahwa kejadian yang terjadi diatas langit kota Pontianak Kalimantan Barat pada hari Jum’at 11 Juni 2010 adalah gerhana bumi🙄 Karena yang tampak adalah seperti bayangan bumi yang menutupi matahari.  Lha kok?? abisnya bingung mau namain apa he… kayak gini nih gambarnya :


Ternyata setelah browsing sana sini (maklum kuper) baru ketemu nama istilahnya adalah “Halo” mungkin di jiplak dari lidah orang barat yang sebenarnya menyebutkan “Hallow” … jadi ingat Halloween… :D  Dan yang uniknya lagi kalo mau disebutin semua ini namanya “Halo” Matahari, jadi ingat nama dua penyedia layanan GSM yang suka perang iklan di tv😀 kalo disini dua2nya disebutin bergandengan hehe..

Fenomena halo (lingkaran cahaya) alam seperti ini, sebelumnya juga pernah/sering terjadi di berbagai daerah dibelahan bumi ini, seperti di Bandung dan Jakarta, terjadi pada tanggal 27 September 2007 (info disini); di Sumatra Barat, tanggal 30 September 2009, setelah peristiwa gempa, fenomena optik ini berlangsung selama 2 minggu, dan diwaktu malam juga terjadi bulan purnama dengan cincinnya; di Tawau dan Pahang Malaysia juga pernah terjadi pada tahun 2008; di German pada tanggal 12 Desember 2004 terjadi fenomena “Halo” Bulan; bahkan fenomena halo Matahari ini sering juga terjadi di benua Eropa dan Amerika, 2 kali dalam seminggu.

Sebenarnya saya berusaha menyuruh istri saya untuk memfoto fenomena ini, namun sayangnya kami tak berhasil karena cahaya matahari yang memancar sangat menyilaukan mata.  Bahkan saya dan istri saya sampai sakit mata gara2 berusaha memandang fenomena ini dengan mata telanjang dan badan menggunakan baju (mungkin harus telanjang semua baru bisa ngelihat kali ya?? :D)

Berikut gambar2 lainnya :

Halo, dalam bahasa dan tulisan Latin ἅλως, juga disebut sebagai nimbus atau gloriole. Merupakan fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya. Di alam biasanya kita lihat saat bulan purnama atau saat matahari terang di siang hari.

Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari/bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi.

Halo adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya Matahari atau Bulan. Fenomena Halo adalah lingkaran seperti pelangi yang mengelilingi matahari. Halo adalah fenomena yang lebih sering terjadi di langit.

Pada umumnya halo melibatkan putaran radius 22° halo dan sundogs (Parhelia). Dalam gambar diatas, menunjukan matahari di kelilingi oleh 22° halo dan dilambungi (sisi) oleh sundogs. Parhelic circle adalah biasan cahaya kristal yang melepasi sundogs dan mengelilinginya. Kadangkala ia melapisi keseluruhan ruang langit dalam latitut yang sama dengan matahari. Pembinaan tangen ketinggian dan rendah (Upper Tangent arc and Lower Tangent arc) menyentuh secara terus dengan 22° halo sama ada di atas atau dibawah matahari. Pembuatan Lengkungan (Circumzenithal arc) akan terjadi di atas kristal tersebut.

Beberapa tulisan diatas ada yang saya sadur dari artikelnya Wahana Press, dan sebelumnya minta izin dulu he…

Subhanallah maha besar Allah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi..

www.fansmania.wordpress.com

33 thoughts on “Fenomena “Halo” Matahari di Pontianak

    kharlink said:
    13 Juni, 2010 pukul 6:41 pm

    indah sekali ya?

    dreesc said:
    14 Juni, 2010 pukul 6:02 am

    halo… bagus banget yak…

    jadi inget lagunya beyonce..

    maggiez said:
    14 Juni, 2010 pukul 7:02 am

    woow…keren banget gambarnya yach, smoga makin menunjukan betapa besarnya kebesaran Allah SWT.

    fansnatural said:
    14 Juni, 2010 pukul 7:37 am

    Subhanallah, kemarin kirain itu namanya gerhana

    puji said:
    14 Juni, 2010 pukul 7:41 am

    rupanya akibat bias optikal ya?

    bidpro said:
    14 Juni, 2010 pukul 8:08 am

    tapi kejadian kemarin tanggal 11 juni 2010 ada yang bilang ada ufo. Memang asaya ada foto yang menunjukkan ada cahaya merah di dalam ligkaran halo tersebut yang makin lama makin hilang

    sunflo said:
    14 Juni, 2010 pukul 9:04 am

    masyaAllah indah sekali fan

    novi said:
    14 Juni, 2010 pukul 9:04 am

    kirain cuma ada di sekitar bulan saja fan…. tnyata di matahari juga ada ga kita sadari

    Red said:
    14 Juni, 2010 pukul 11:12 am

    di bandung juga sering saya lihat Halo ini

    krupukcair said:
    14 Juni, 2010 pukul 1:21 pm

    amazing…..

    agoenk70 said:
    14 Juni, 2010 pukul 6:24 pm

    wow gambarnya keren banget yah… di jakarta sih ga pernah bisa melihat seperti ini

    Rudini Silaban said:
    14 Juni, 2010 pukul 11:59 pm

    mungkin itu gerhana matahari bang…….

    Caride™ said:
    15 Juni, 2010 pukul 3:09 am

    indah sekali yah mas…

    Didien® said:
    15 Juni, 2010 pukul 3:10 am

    dulu waktu terjadi di Bandung saya juga sempat menikmatinya, namun sayangnya ga punya kamera buat mengabadikannya hehehe…

    salam, ^_^

    jarwadi said:
    15 Juni, 2010 pukul 3:17 am

    wow kereeen sekali foto nya

    benar benar foto foto ahaaa nan syuuur

    didiet said:
    15 Juni, 2010 pukul 3:26 am

    artikelnya menarik banget, mas.

    btw, salam kenal aja.

    Nurita Putranti said:
    15 Juni, 2010 pukul 4:13 am

    Subhanallah, kembali Allah SWT memperlihatkan kebesaranNYA. Ita ndak s4 lihat lgsg coz maish di skul, jadi lihat foto2 ato video orang lain jak😀

    darahbiroe said:
    15 Juni, 2010 pukul 5:37 am

    wow keren sekaliii
    kerennnnnnn banget

    bundadontworry said:
    15 Juni, 2010 pukul 5:41 am

    Subhanallah, benar2 fenomena alam yang indah.
    beruntungnya dirimu bisa menyaksikan halo matahari dan mengambil gambar2nya,Mas.🙂
    Allah swt Maha Pencipta segala sesuatu.
    salam

    alice in wonderland said:
    15 Juni, 2010 pukul 2:40 pm

    wah gak pernah merhatiin fenomena yang kayak gini… ternyata indah ya… btw aku gak mudeng penjelasan di paragraf yang udah mulai mengulas teori2 kayak gitu

    Ghustie Samosir said:
    15 Juni, 2010 pukul 4:16 pm

    wah keren juga yach, memang Tuhan Maha Besar🙂

    Mamah Aline said:
    15 Juni, 2010 pukul 5:41 pm

    Ini beneran/ efek halo yang dihasilkan matahari tiu indah…fenomena alam yang jarang terjadi dan jarang sempat terekam

    wiwin9 said:
    16 Juni, 2010 pukul 1:18 am

    wawww….keren,subhanallah….pengen banget bisa ngeliat langsung dengan mata (dan haruskah badan????,.ups) telanjang.sayang belum pernah liat di daerahku (kotamobagu,sulut), apa aku yang kurang peka ya???apa ini sering terjadi bang?ato harus nunggu brapa puluh bahkan ratus tahun?

    julianusginting said:
    16 Juni, 2010 pukul 1:53 am

    hehee..ada2 aja ya ada matahari hallo…mungkin maksudnya menyapa bro?

    Ifan Jayadi said:
    16 Juni, 2010 pukul 2:35 am

    Wah, saya baru tahu nih kalau ada fenomena semacam ini. Ternyata memang kekuasaan Allas SWT sangat tak terbayangkan. Sungguh sesuatu yang indah bila dilihat

    ummumarwa said:
    16 Juni, 2010 pukul 9:06 am

    subhanalllah…
    thx infonya ya mas baru nyadar saya ada fenomena seperti itu
    salut buat mas fan dan istri yang sudah buat fotonya
    lihat gambarnya saja sudah terasa silau..🙂

    leo. said:
    16 Juni, 2010 pukul 12:45 pm

    wew keren, mas aq minta gambarnya ea.. boleh kan?🙂

    Sun Halo on West Borneo | FansNatural.com said:
    16 Juni, 2010 pukul 2:58 pm

    […] Pictures by Fansmania […]

    how much should i weigh said:
    17 Juni, 2010 pukul 12:13 pm

    hey whats your myspace page.

    Arif Panto said:
    23 November, 2010 pukul 9:55 am

    Tuhan menciptakan spt ini supaya kita sadar betapa besar kuasa Nya……..

    mwinarto1973 said:
    4 Februari, 2011 pukul 1:03 am

    wah unik sekali……

    belumos said:
    20 Maret, 2012 pukul 5:21 am

    unik sekaleee

    abahshofiyah said:
    12 Desember, 2015 pukul 12:31 pm

    Subhanallah… Bagus bener mas, thanks sudah mengabadikan. saya belum pernah soale ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s