Bagaimana Cara Masak Tanpa Vetsin (MSG) ?

Posted on

Vetsin alias micin bin Monosodium Glutamate (MSG) adalah suatu zat penguat rasa yang ditemukan oleh pakar kimiawi di masa lampau.  Dahsyatnya rasa vetsin alias MSG ini membuat masakan menjadi gurih dan maknyuss..

Rata-rata 90% ibu rumah tangga, rumah makan, warteg, mamang bakso, sampai chef terkenal tidak jauh dari zat penguat rasa ini.  Penggunaan zat ini juga banyak ditemui pada semua makanan ringan dalam kemasan.  Memangnya kenapa?? Nggak boleh ya pake vetsin? Jawabnya “boleh”, tapi dengan dosis dan takaran yang sesuai.  Sebelum memasak lihat instruksi yang ada dibungkusnya, rata-rata menyebutkan kurang dari 1 sendok teh untuk 1 panci… (ngomong2 saya kesal ni dengan MS-Word suka gantiin teh dengan the, sok tau amat dengan spelling :D)

Lalu mengapa orang menghebohkan zat ini? Katanya nggak boleh, berbahaya, dan sebagainya.  Ya karena menurut penelitian terbaru menyebutkan bahwa pemakaian MSG dapat menyebabkan berbagai penyakit didalam tubuh.  Karena zat dalam MSG ini dapat mengikat senyawa didalam darah kita bila penggunaannya berlebihan… entahlah katanya sih begitu.

Lalu, bagaimana caranya agar masak tanpa MSG tetapi tetap maknyuss…Saya pernah browsing dan menemukan salah satunya dengan menambahkan gula pada masakan.  Setelah saya coba apa yang terjadi?? Rasanya menjadi aneh dan saya menjadi mual.. kayaknya perlu penelitian tuh cara begituan.

Nah, ada cara tepat untuk masak tanpa MSG yakni dengan menggunakan udang kering alias udang ebi dan ikan teri.. saya sudah membuktikannya dengan mulut dan lidah saya sendiri.  Caranya : tumbuk halus udang ebi atau ikan teri hingga menjadi tepung.  Pada saat anda masak gunakan itu sebagai pengganti MSG, rasanya tetap maknyuss… bila males numbuk bisa juga cemplungin langsung.

Alternatif lain yaitu dengan kepala udang dan dilakukan dengan cara yang sama yaitu ditumbuk, kalo untuk tumisan dan sambal lebih sedap bila pake terasi.  Begitu saja vetsin alamiah yang saya tahu😀

Fansmaniac

26 thoughts on “Bagaimana Cara Masak Tanpa Vetsin (MSG) ?

    sunflo said:
    16 Juni, 2010 pukul 4:51 pm

    bagaimanapun juga bagiku vetsin masih is OK kok fan…🙄

      fansmaniac responded:
      16 Juni, 2010 pukul 6:15 pm

      hehe gpp kok, yang gk boleh itu berlebihan

    novi said:
    16 Juni, 2010 pukul 4:56 pm

    katanya pake bawang putih juga bisa fan

      fansmaniac responded:
      16 Juni, 2010 pukul 6:16 pm

      aku uda coba, sama juga rasanya nganeh

    fansnatural said:
    16 Juni, 2010 pukul 6:16 pm

    back to nature ajalah

    kharlink said:
    16 Juni, 2010 pukul 6:17 pm

    hehe kalo kebanyakan vetsin bisa bahaya ya?

    puji said:
    16 Juni, 2010 pukul 6:19 pm

    betul itu mertua saya selalu buat seperti itu, dan maknyuss tanpa vetsin

    Budisastro said:
    16 Juni, 2010 pukul 6:38 pm

    saya tadi begitu baca judulnya, langsung mau jawab saya gak pernah masak pakai vetsin,tapi setelah baca uraiannya ooo bermanfaat

    darahbiroe said:
    17 Juni, 2010 pukul 5:44 am

    waduw
    aku gak tahu acara masak memasak nuy
    tapi makasih sudah berbagi hehhe😀

    maggiez said:
    18 Juni, 2010 pukul 3:09 am

    thanks infonya bisa dipraktekan langsung ntar…..

    Adi said:
    18 Juni, 2010 pukul 3:39 am

    Asal pakainya gk berlebiH mg ja gpP,

    Yuk..Belajar Nge-Blog said:
    18 Juni, 2010 pukul 10:38 am

    wah bgus bgt nih Infonya..
    bermanfaat bgt infonya…

    aldy said:
    18 Juni, 2010 pukul 2:49 pm

    Mas kalau kita dikampung, sering menggunakan sejenis daun kayu yang rasanya hampir sama.
    Kayaknya lebih natural.

    Vulkanis said:
    18 Juni, 2010 pukul 11:16 pm

    Betul mas udang kecepi tuh,ditumbuk halus

    Dangstars said:
    18 Juni, 2010 pukul 11:18 pm

    Waw…memeang istilahnya itu di Medan udang kecepi

    Dangstars said:
    18 Juni, 2010 pukul 11:18 pm

    Salam hangat selalu Mas

    Dangstars said:
    18 Juni, 2010 pukul 11:19 pm

    Wah….jalurnya ke masakan nih kayanya

    Yari N K said:
    19 Juni, 2010 pukul 12:11 am

    Saya juga pernah menuliskan artikel tentang MSG. MSG sebenarnya sama sekali tidak dilarang dan tidak ada embel wanti-wanti dari US FDA yaitu badan administrasi obat dan makanan AS yang masih menjadi rujukan bagi peredaran makanan dan obat2an yang beredar di seluruh dunia. Hanya saja memang pemberian MSG harus dihindari bagi mereka yang sensitif terhadap MSG, sementara mereka yang normal atau sehat2 tidak masalah untuk mengkonsumsinya.

    Sebenarnya di dalam tubuh kita dan juga di dalam makanan2 alamiah kita banyak sekali terdapat glutamat bebas seperti tomat, keju, jagung dsb. Nah, glutamat bebas ini menjalani metabolisme yang sama 100% dengan glutamat yang berasal dari MSG. Itu karena di dalam tubuh ion Natrium (sodium) akan dengan sendirinya terpisah dari senyawa glutamatnya sehingga glutamat yang berasal dari MSG pada akhirnya juga akan menjadi glutamat yang bebas. Untuk itu di dalam tubuh glutamat yang berasal dari MSG ini akan memberikan efek yang sama dengan glutamat yang berasal dari alam karena tentu saja molekul yang sama akan melalui metabolisme yang sama dalam tubuh.

    Memang betul pemberian MSG yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh, namun hal tersebut sama berlaku untuk bahan makanan-bahan makanan lainnya seperti garam, gula dsb, karena memang setiap zat mempunyai “toxic limit” tersendiri bahkan air murni sekalipun, di mana overdosis dari suatu zat dapat memberikan efek buruk bagi tubuh…

    agus said:
    21 Juni, 2010 pukul 8:54 pm

    wah kalau masak saya biasa pake MSG,,
    soalnya kalau gak rasanya sering aneh,,

    salam

    Sigit Ary said:
    24 Juni, 2010 pukul 9:36 pm

    bagus..bagus,, trims mas. ini yang saya cari. EBI, ikan teri, atau terasi yaa.. sip🙂

    bundadontworry said:
    1 Juli, 2010 pukul 2:02 pm

    kebetulan bunda memasak utk keluarga setiap hari tdk pernah menggunakan MSG, dan utk menambah gurih masakan biasanya memang menambahkan gula putih, hanya sejumput saja, sekedar saja.
    alhamdulillah, anak2 dan suami menyukainya🙂
    salam

      fansmaniac responded:
      2 Juli, 2010 pukul 3:29 am

      @Bundadontworry : wah berarti bunda jago masak nih… maknyuss

    mawardi said:
    24 Juli, 2010 pukul 10:18 pm

    Salam kenal, wah tips ini yang saya cari

    wardi said:
    24 Juli, 2010 pukul 10:20 pm

    Selama pakai vitsin rasanya nggak sehat

    Kurnia Rahma said:
    9 Desember, 2010 pukul 1:13 am

    Sebagai seorang ibu boleh jg dicoba supaya masakan yang kita sehat dan keluargapu jd sehat

    kaldu alsultan said:
    21 November, 2013 pukul 2:46 am

    Yuk masak enak+sehat dengan Kaldu Non MSG😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s