Apa itu Web Hosting ?

Posted on Updated on

Hari ini saya hanya ingin berbagi pengalaman dan berbagi cerita, siapa tahu aja ada yang browsing2 tentang hal ini lalu nyangkut di blog saya😀 kalo untuk teman2 blogger saya yakin pasti uda tahu.

Hari ini saya terkejut banget melihat blog yang baru saya buat dengan susah payah tiba-tiba ada tulisan begini :

Bandwith Limit Exceeded, The server is temporarily unable to service your request due to the site owner reaching his/her bandwidth limit. Please try again later.

Dari bacaannya aja sudah tahu kalo itu artinya ada kelebihan batas bandwith, lha apa itu ya?  Ternyata itu adalah batas pemakaian bandwith dalam satu bulan sesuai dengan paket yang kita pesan di provider web hosting yang kita pakai.  Memang sebelumnya saya menggunakan web hosting gratisan, namun karena mungkin pengen yang lebih stabil jadi saya coba aja dengan web hosting berbayar dengan kapasitas bandwith 4GB.  Ya iyalah, wong dalam satu bulan ini saya sudah buat 54 postingan makanya ludes, gambar yang gede melulu lagi hehe

Apa maksudnya kapasitas bandwith itu ? maksudnya itu adalah kapasitas penampungan pada server per bulan, jadi apa yang terjadi kalau kelebihan ? kalo kelebihan akan muncul tulisan ini

Webhost adalah server hosting tempat web kita bermukim atau bisa dikatakan tanahnya gitu lah, sedangkan domain adalah identitas atau alamat pembangunan rumah kita.  Maksudnya begini… untuk memulai web dengan domain .com, .net, .info, .org, .co.id, .sch.id, .web.id, .tv, dan titik titik lainnya yang bukan blog gratisan kita membutuhkan sarana untuk menyimpan file-file kita atau dikenal dengan istilah hosting.

Kalo menurut Wiki begini katanya :

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Untuk memulai membuat suatu website yang berbayar, pertama kita harus membeli domain.. belinya bisa cari di warung yang nongkrong di Om Google.  Setelah beli domain baru sewa hosting, dan terdapat banyak paket dan harganya pun bervariasi tergantung harga dan keperluan anda.  Web hosting gratisan juga ada, contohnya www.000webhost.com dan www.byethost.com serta masih banyak lagi saya kurang tahu.

Server yang ditawarin juga berbeda, ada yang di US dan ada juga yang di Indonesia terserah kita mau pilh yang mana saja sami mawon.

Pilih webhosting gratisan atau yang bayar ?

Sebenarnya itu terserah anda tetapi ada kelebihan dan kekurangannya, kalo web hosting berbayar :

  • Pelayanannya lebih mantap, terutama melayani customer dalam permasalahan yang dihadapi
  • Kecepatannya lebih stabil sehingga meski disedot sana-sini oleh pengguna internet secara bersamaan cenderung masih tetap stabil
  • Support terhadap berbagai fitur CMS maupun plugin-pluginnya
  • Yang termurah bisa 200 MB Disk Space, 4 GB bandwith
  • Unlimited sub domain
  • Unlimited parked domain

Kalo webhost yang gratisan juga nggak kalah serunya :

  • 250 MB of Disk Space
  • 100 GB Bandwidth!
  • Host your own domain
  • cPanel Powered Hosting
  • Host unlimited domains!
  • Over 500 website templates
  • Free POP3 Email Box
  • Enjoy unrestricted POP3 email
  • Webmail access
  • FTP and Web based File Manager access
  • Unrestricted PHP with MySQL
  • No-ads (nggak ada iklannya)

So, terserah anda pilih yang mana.. tetapi kalo web anda bersifat banyak data misal web afiliasi atau bisnis dengan data banyak misal data barang.. ada baiknya anda gunakan yang berbayar karena kalo ada apa-apa kita bisa klaim atau minta tolong ama CS nya..😀

45 thoughts on “Apa itu Web Hosting ?

    mohammad maulana said:
    25 Juni, 2010 pukul 6:21 am

    mas, mohon referensi webhosting yg gratisan yg lainnya dunk, 2 contoh diatas agak ribet deh..
    makasih

      fansmaniac responded:
      25 Juni, 2010 pukul 6:28 am

      @mohammad maulana :
      mas, menurut saya justru keduanya diatas lebih bagus lho… saya uda pernah coba dan nggak susah.. tapi bagaimana jelasinnya ya? mudah2an nanti di postingan lain akan saya coba bahas deh tentang menggunakan 000webhost

      agus said:
      26 Juni, 2010 pukul 1:19 am

      menurut saya webhosting gratisan paling bagus saat ini adalah http://000space.com

      Fasilitasnya luar biasa: Diskspace sampai 5Gb, Bandwithnya 200Gb, Addon Domain sampai 50, kalau dilihat-lihat sih mirip http://www.byethost.com . Dan yang pasti gak ada iklan.

    Caride™ said:
    25 Juni, 2010 pukul 8:54 am

    saya juga pake hosting gratisan dan berbayar..
    yg gratisan memang nyebelin, kadang² ga bisa di aksesss..
    mendingan bernayarlah…

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 10:05 am

      @caride : sip, saya juga begitu😀

    budiastawa said:
    25 Juni, 2010 pukul 9:38 am

    saya belum pernah mencoba yang gratisan seperti yang direkomendasikan mas Irfan di atas. Tapi sebaiknya kalau memang ada budget, mending pake yang berbayar. Sekarang banyak hosting murah yang lumayan bagus seperti misalnya di IdWebHost.com

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:31 pm

      kalo saya pake neohoster mas, tapi sama aja sih yg penting online he

    masndol said:
    25 Juni, 2010 pukul 12:03 pm

    ternyata begitu ya? baru tahu. masalah band width

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:32 pm

      @masndol : sama mas :))

    kangzhavra said:
    25 Juni, 2010 pukul 4:46 pm

    Ilmu yang sangat bermanfaat,,
    makasiih mas,
    blognya keren.
    .
    Mari bermain, belajar, dan berbagi bersama saya,,,
    kunjungi http://kangzhavratulistulis.blogspot.com/
    semoga berkenan,,,

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:33 pm

      @kangzhavra : agak susah ngetik namanya he.. oke saya akan kesana kang… salam hangat

    alice in wonderland said:
    26 Juni, 2010 pukul 2:22 am

    belum kepikiran beli tanah dan alamat ndiri… masih ndompleng di wordpress… pernah tertarik sih…tapi males mindahin link temen2 yang sudah ada, atau bisa diboyong juga???

      fansmaniac responded:
      26 Juni, 2010 pukul 2:11 pm

      link teman2 bisa kok di boyong, cuma yang ruginya adalah alexa dan pagerank kita kayaknya dari awal lagi😀

    Asop said:
    26 Juni, 2010 pukul 5:09 am

    Mending pilih yang berbayar.🙂

    Red said:
    26 Juni, 2010 pukul 11:21 am

    haha gue sering banget bw exceeded di blog gue yang .com padahal itu udah 10 GB perbulan😛 kayaknya kudu nambah bw nih

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:34 pm

      @Red : berarti mangtabs nih😀

    Vulkanis said:
    26 Juni, 2010 pukul 12:15 pm

    Saya pun sekarang pake 10 Gb Mas..
    Karena pernah mengalami bandwitch limit..
    Soal 000webhost.com
    Saya kebingungan instal wp nya aja karena cpanelnya gak bisa digunakan..
    Ada info gak Boz..?
    Kan kepingin coba pake domain co.cc

      fansmaniac responded:
      26 Juni, 2010 pukul 2:11 pm

      Gampang kok kang,
      pertama pergi ke wordpress.org trus unduh file wordpressnya…
      abis tu masuk ke File Manager di 000webhost, lalu ikuti cara yang sama dengan postingan saya di membuat website sekolah dengan .sch.id

    pakosu said:
    26 Juni, 2010 pukul 2:57 pm

    Kalau sudah mantap pengen juga sih pakai yang berbayar. Saat ini sudah puas pakai yang gratisan. Sukses…

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:36 pm

      @pakosu : mantap pakosu yg penting ngeblog, saya hanya pengen nyoba hehe

    agus said:
    26 Juni, 2010 pukul 10:10 pm

    saya lebih senang pakai yang gratisan,,
    berbayar gak menjamin aman loh,,
    setelah hampir dua tahun, blog saya yg berbayar akhirnya kena hack,,
    selanjutnya saya putuskan menghentikan menyewa webhosting sekaligus dengan domainnya😥

    kalau yg gratisan, 000space.com sepertinya masih yg paling baik. Pernah coba yang lain, tapi udah pada mati. Kalau 000webshot.com hanya bisa pakai satu domain. Bandwithnya jg gede loh, 200Gb.

    Sekarang katanya domain co.cc gak aman, jd kepikir buat nyewa domain lagi saja.😦

    agus said:
    26 Juni, 2010 pukul 10:11 pm

    kok komen saya gak pernah masuk ya??

      agus said:
      26 Juni, 2010 pukul 10:16 pm

      nah, kok ini bisa,,

      kalau saya lebih suka gratisan. 000space.com sepertinya palong powerfull sekarang ini. Diskspacenya sampai 5Gb, bandwidthnya mencapai 200Gb, Addon Domain sampai 50. Tidak ada iklan.

      Menurut saya 000space.com jauh lebih baik daripada 000webshot.com. Kalau 000webshot.com bandwidthnya kalau gak salah 100Gb (lupa), Tapi Cpanelnya nyusahin, belum lagi cuman bisa pakai satu domain. Pokoknya ribet.

      agus said:
      26 Juni, 2010 pukul 10:17 pm

      nah, kok ini bisa,,

      kalau saya lebih suka gratisan. 000space.com sepertinya palong powerfull sekarang ini. Diskspacenya sampai 5Gb, bandwidthnya mencapai 200Gb, Addon Domain sampai 50. Tidak ada iklan.

      Menurut saya 000space.com jauh lebih baik daripada 000webshot.com. Kalau 000webshot.com bandwidthnya kalau gak salah 100Gb (lupa), Tapi Cpanelnya nyusahin belum lagi cuman bisa pakai satu domain.

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:40 pm

      @Agus : masuk kok mas🙂

    Adi said:
    26 Juni, 2010 pukul 10:54 pm

    Walah, gambarnya gdhe2 makanya cpt aBis ntU.XP ehehe

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:40 pm

      @adi : Iya mas hahaah

    deq said:
    27 Juni, 2010 pukul 4:48 am

    *garuk-garuk kepala* waaah, tetep ga ngerti nih kalo ge dijelasin pake powerpoint *rewel mode: on*😀 saya coba ah yg gratisan dulu *ke TKP*

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:41 pm

      @deq : hanya sekedar sharimg deq uho uho

    PF said:
    27 Juni, 2010 pukul 5:38 am

    Kenapa harus pusing mencari webhosting gratisan yang lain mas ?
    Saran, sekedar saran loh.
    Jika ingin menggunakan top domain sendiri (mis : *.com *.net ) sebaiknya menggunakan hosting yang berbayar.

    Kalau yang gratis saya lebih menyarankan menggunakan layanan subdomain seperti wordpress.com ( space 3GB, bandwith unlimited, hampir bebas crack ) atau kayau doyan kustomisasi gunakan blogspot.

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:43 pm

      @PF : begini mas, biasanya ada orang yang ingin nama domainnya spesifik singkat misal fansmania.com tanpa ada embel2 CMS nya. Trus mengenai blog gratis seperti wordpress nggak suport javascript… ya gitu deh😀

      Thanks sharingnya mas…

    aldy said:
    27 Juni, 2010 pukul 5:43 am

    Iya Mas, saya pernah berkunjung ke blog mas frans yang berbayar. Kalau menurut saya kedua weblog tersebut harusnya ditukar.
    Yang banyak gambar dan gede sebaiknya hosting diwordpress.com
    Yang ringan-ringan dan pribadi di hostingan berbayar.
    Saya jamin nggak bakalan terjadi kejadian BLE.😀

    Didien® said:
    28 Juni, 2010 pukul 5:28 am

    kunjungan siang sob..apakabar?

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:44 pm

      @Didien : baik sobat, thanks he

    Siti Fatimah Ahmad said:
    28 Juni, 2010 pukul 10:55 am

    Assalaamu’alaikum Mas Irfan

    Terima kasih sudah berbagi informasi tentang web-hosting. Maaf mas, saya sudah membaca sampai usai postingan mas ini, namun masih belum faham dengan baik. Mungkin saya perlu membaca dengan lebih banyak lagi bahasa Indonesia untuk lebih memahaminya.

    Salam mesra dari saya.

      fansmaniac responded:
      28 Juni, 2010 pukul 1:45 pm

      @Siti Fatimah : Maaf bunda, maklum bahasa kita memang ada sedikit bedanya, tetapi bahasa saya di atas agak nyampur gaul bunda😀 jadi agak kurang difahami hehe

      Wassalam, salam hangat dari saya juga

    ummumarwa said:
    29 Juni, 2010 pukul 12:03 pm

    mas fan, saya perlu belajar banyak lagi nie…
    kapan2 boleh minta sarannya ya…😆

    Febriyanto said:
    3 Juli, 2010 pukul 4:40 am

    000webhost udh susah daftarny, trus kcptn loadingny lamban kykny, saya dh pernah akses web pny orang yg ngehost dsitu, lama.,😮
    byethost/00space bgus lah, satu keluarga tu,..😀

      fansmaniac responded:
      7 Juli, 2010 pukul 5:28 pm

      @Febriyanto : Yrims atas infonya sob, saya kemaren belum sempat coba byethost tetapi berkat info anda jadi bisa tahu🙂

    Webhosting Paderborn said:
    7 Juli, 2010 pukul 10:32 pm

    Thank you!
    See it that way. More power, great blog!
    Greetings Maik

    icantulang said:
    10 Juli, 2010 pukul 7:31 am

    THX Atas infonya gan

      fansmaniac responded:
      15 Juli, 2010 pukul 10:08 am

      @icantulang : sama2 mas

    Sugeng said:
    17 Juli, 2010 pukul 10:06 am

    Karena masalah inilah aku juga masih pilir-pikir untuk membeli rumah sendiri😆 sudah banyak ceritasahabat nara blog yang over limit bandwith😦
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    income tax calculator said:
    31 Juli, 2010 pukul 6:59 pm

    do u have a twitter

    Hana said:
    8 Desember, 2010 pukul 9:38 am

    Sekedar pengalaman sendiri:
    wordpress.com: sangat stabil, space gede, bandwith boleh dikata unlimited. Walau punya PV jutaan sebulan masih ok. File postingan cepat terindex dan disukai search engine. Sayangnya tak bisa pasang iklan sendiri.
    Blogger: space, bw tak perlu takut kehabisan. Bisa dipasangin iklan, bisa oprek theme sepuasnya. Mudah terindek mesin pencari walau demikian wp lebih mantap.
    Awardspace: hosting gratis, space dan bw lumayan. Tp install cms ribet. Bagus bagi yg suka html.
    Freehostia: space, bw lumayan 5Gb. Stabil. Share resource dengan sedikit orang. Sudah 2 taun pake blm ada masalah.
    Bytehost: semuanya serba gede. Daftar gampang, akses sangat cepat. Instalasi cms mudah. Tp bila pake FTP dari indonesia agak2 lemot.
    000webhost: tiga kali daftar tp tak pernah diapprove. Gak ngerti knapa.

Tinggalkan Balasan

