Menjadikan Blog Sebagai Sumber Uang (Monetizasi Blog)

Posted on Updated on

Seorang blogger menunjukkan kepada rekan lainnya di Facebook tentang email berupa check hasil bisnis online nya.  Tidak tanggung-tanggung di check tersebut tertera  750$, kalau di rupiahkan sekitar Rp. 6,6 juta dalam satu bulan.  Uniknya bukan hanya itu saja ia juga mengikuti program lainnya sehingga dalam satu bulan bisa dapat lebih dari 1000$.

Lantas apa yang dilakukannya di internet ? ikut program apa ? bisnis online apa yang diikutinya ?  Jawabannya blogger tersebut tidak ikut bisnis online, tetapi ia menjadikan blognya sebagai sumber uang.  Terhitung ada lebih dari 10 blog yang ia kelola, ada pula blog yang ia kelola beramai-ramai bersama kawan-kawannya.

Ternyata, si blogger tersebut mengikuti beberapa program sekaligus.. apa-apa saja ? Berikut ini salah satunya :

1.  Pay Per Click (PPC)

Tidak perlu ditanya, anda pasti tahu dengan program ini… dimana setiap pengunjung yang mengklik iklan (adsense) akan dibayar dengan nominal tertentu.  Seperti yang pernah saya jelaskan, di Indonesia saja sudah lumayan banyak adsense campaign yang memberikan penawaran kepada blogger sebagai sumber uang.

Beda halnya dengan blogger satu ini, ia mengikuti adsense raksasa yang sekarang lebih kita kenal dengan Google Adsense.  Apa bedanya ? di Google Adsense setiap iklan yang di klik bervariasi harganya mulai dari 0.01 $ – 3 $ per klik tergantung iklannya.  Misal iklan asuransi dan produk elektronik lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan iklan biasa.  Selain itu lokasi Visitor yang melakukan klik juga bisa jadi penentu harga per kliknya.  Saat ini yang tertinggi adalah pengunjung dari USA, Kanada dan UK yang bisa mencapai 0.3$ – 3$ per klik.

Nah, target si blogger ini adalah 3 negara itu maka ia menggunakan bahasa Inggris dalam blognya.  Ia berusaha membuat suatu tulisan menjadi Viral, apa itu ? maksudnya tulisan itu menjadi booming sehingga menarik visitor sebanyak mungkin.  Targetnya dalam 1 jam ada 300 visitor, berarti dalam sehari bisa lebih dari 7.200 visitor.  Misal dari 7.200 visitor ini hanya 10 % saja yang mengklik iklan berarti ada 72 klik perhari x 0,3 $ = 21,6$ per hari atau Rp. 194.000 an per hari.

2.  Pay Per Instal (PPI)

Selain ikut PPC, si blogger ini juga mengikuti PPI atau Pay Per Install dimana setiap sekali install blogger tersebut mendapat Dollar.  Yang terendah saat ini untuk PPI adalah 0,3 $ per install jadi bayangkan kalau dalam sehari ia punya jumlah visitor sebanyak tadi.

Lalu bagaimana cara ia memasarkannya ? di program PPI kita diberikan banyak Marketting Tools, diantaranya seperti download player, download game, download movie, sampai download adult movie juga ada.  Caranya kita buat tulisan tentang review film atau game, kemudian kita arahkan pengunjung untuk mendownloadnya dengan program yang harus di install tersebut.

PPI akan dibayar bila pengunjung menginstall program tersebut, jadi bila hanya download program itu tidak dihitung.   Lalu bagaimana cara ia mengetahui jumlah pengunjung yang menginstall ? tentu bisa karena pengunjung harus konek internet bila ingin menginstall programnya.  Contoh PPA yang terkenal adalah Loudmo.

3.  Cost Per Action (CPA)

Untuk negara kita Indonesia Pay Per Action kayaknya masih belum bisa diterapkan, oleh karenanya blog harus berbahasa Inggris agar bisa di akses dari negara lain terutama 3 negara tadi (USA, Kanada dan UK).  CPA biasanya berbentuk survey atau questioner dari pemerintah ataupun perusahaan yang menjual produk tertentu.  Yang ini bayarannya luar biasa dan bervariasi tergantung penyedia survey, menurut pengalaman biasanya 1 bulan bisa lebih dari 200$.

Caranya, setiap pengunjung yang datang di arahkan untuk mengisi survey tersebut hingga selesai bila tidak ia tidak akan bisa membuka halaman di blog kita tersebut.  Untuk itu perlu kiranya kita menempatkannya di suatu halaman yang pengunjung sangat memerlukannya, misal download film atau software.. jadi kalau nggak ngisi survey dia nggak bisa download.  CPA yang terkenal sekarang adalah CPA Lead.

Nah, itu sekilas pengalaman dari sang blogger tersebut yang selama ini sukses dengan memonetizasi blognya (terus terang saya agak susah ngetik tulisan itu monetizasi akhh… ribet :D).  Tetapi sayangnya untuk memulai cara ini sobat harus buat web yang berbahasa Inggris, meski sekarang ada program translator tetap saja bahasa yang diterjemahkan agak belepotan he…

N/B  (Update) : Mohon bedakan Paid To Review (PTR) dan Paid To Click (PTC), saya melihat masih banyak yang salah paham tentang hal ini.

Paid To Review tidak sama dengan Cost Per Action (CPA), dimana Paid To Review (PTR) itu kita mereview produk baru dibayar .  Beda halnya kalau CPA kita memasang survey kepada pengunjung baru dibayar… dan ini tentu dengan trik agar pengunjung mengisi survey, kalo blog ini dipasang CPA saya rasa malah akan ditinggalkan 🙂 jadi sebaiknya yang benar2 dibutuhkan seperti download film Luna Ariel misalnya hehe.

Paid To Click (PTC) maksudnya kita dibayar untuk mengklik sejumlah iklan, dan ini ada caranya juga biarkan iklan terbuka secara sempurna baru di close tapi kebanyakan memang susah untuk dipercaya maka saya tidak menganjurkan ini.  Kalau Paid Per Click (PPC) itu kita masang iklan dan dibayar kalau ada pengunjung (bukan kita sendiri) yang mengklik.

Fansmaniac

Iklan

54 thoughts on “Menjadikan Blog Sebagai Sumber Uang (Monetizasi Blog)

    facastriot said:
    2 Juli, 2010 pukul 5:59 pm

    ikutan les dulu, hehe 😛

      fansmaniac responded:
      3 Juli, 2010 pukul 2:04 am

      haha berbagi cerita aja mas bukan ngajarin

    agus said:
    2 Juli, 2010 pukul 10:37 pm

    wah, nilainya besar juga ya. Tapi ribetnya bukan main. Harus terus menerus di kontrol. 😀

      fansmaniac responded:
      3 Juli, 2010 pukul 1:51 am

      Betul mas 😀 namanya aja pekerjaan hehe

    Jeprie said:
    3 Juli, 2010 pukul 12:19 am

    Saya tidak yakin ini semua bisa berhasil. Menulis review film atau game itu bukan hal mudah. Tidak mungkin sebentar, terutama jika memang fokus pada kualitas.

    Apalagi survey, memang ada orang yang mau menghabiskan waktu minimal 1 menit buat ngisi survey hanya untuk baca artikel. Kalau saya nemu halaman di-blok seperti itu lebih baik langsung tutup, masih banyak alternatif situs yang lebih baik.

      fansmaniac responded:
      3 Juli, 2010 pukul 1:50 am

      @Jeprie : Itu cerita nyata lho mas :D, jadi menurut saya malah yakin 100% karena bukan 1 orang yang berhasil.

      Tapi memang butuh usaha dan kemampuan ngeblog yang cukup sehingga menjadi blog yang unik termasuk bahasa Inggris, termasuk review film atau game yang disertai dengan downloadnya jadi kalo mau download survey dulu… tapi kalo artikel sih kayaknya orang gk akan baca makanya kita harus cari sesuatu yang membuat ia benar2 butuh.

      Sekali lagi gk ada yang tidak mungkin di dunia ini, yang membuat tidak mungkin adalah sudut sempit mas sendiri yang memandang itu tidak yakin.. 😀 Di forum bisnis internet anda bisa lihat bagaimana mereka jadikan blog sebagai pekerjaan.

      Untuk bukti adsense bisa anda cari di Google, kalau untuk PPI dan CPA kebanyakan mereka blogger yg sukses gk mau mengulasnya lebih dalam entah mengapa padahal itu lebih besar.

      Jeprie said:
      3 Juli, 2010 pukul 2:31 am

      Untuk AdSense saya tahu itu benar, walaupun perlu dicatat bahwa kenyataannya tidak segampang kata orang.

      Untuk artikel/review yang dibayar, maksud saya Pay Review, saya tidak yakin itu sepadan dengan usaha kita. Saat ini, saya menulis tutorial di beberapa situs dan bayaran saya rata-rata $100 lebih. Saya sudah tidak sanggup menulis dengan bayaran di bawah $100 karena banyaknya waktu dan usaha yang diperlukan untuk satu artikel. Penulisan satu artikel itu membutuhkan waktu minimal 2-3 hari.

      Bisa beri contoh sesuatu di internet yang membuat orang mau mengisi survey untuk melihatnya? Saya belum terpikir untuk hal ini. Bisa beri contoh situs yang melakukannya dan terbukti sukses.

      Untuk monetisasi situs yang real menurut saya adalah:
      1. Menyiapkan konten yang baik
      2. Promosi situs
      Monetisasi dengan cara:
      3. Penjualan space secara fix rate dengan http://buysellads.com/
      4. PPC dengan AdSense
      5. Menjual membership dengan menyiapkan konten premium seperti di http://psd.tutsplus.com
      6. Menjual resource seperti http://wegraphics.net

      fansmaniac responded:
      3 Juli, 2010 pukul 3:48 am

      @Jeprie : Maaf pak Jeprie, tulisan saya diatas tidak ada tentang Review (Paid To Review) anda boleh baca tetapi saya tekankan CPA cost per action… maksud saya menulis Review film misal seperti http://ardhindie.com/ dan menyediakan download HD filmnya gratis tapi survey dulu (CPA bukan PTR)… untuk bukti saya rasa itu perlu orang yang punya webnya sendiri yang bicara.. saya disini kapasitasnya hanya menyampaikan pengalaman teman blogger bukan menganjurkan.

      Dari cara anda menyampaikan anda berasumsi bahwa CPA “PASTI” tidak berhasil ?? dengan mengatakan TIDAK REAL

      Anda bisa tanyakan ke http://aaheroe.info/cpalead-program-cpa-terbaik.htm apakah berhasil atau tidak.. atau http://awangjivi.com/cpalead-terbukti-membayar/ , http://www.herdioncahyo.com/tips-cpalead-100day/, http://www.rasbany.com/bisnis-internet/cpa-emang-bisnis-paling-hebat/ semua berbahasa Indonesia tentunya, saya tidak tahu seberapa besar berhasilnya tetapi setidaknya mereka menunjukkan ternyata CPA juga bisa jadi lahan Dollar yang REAL

      Untuk yang bahasa Inggris bisa lihat di http://www.cpasuccess.com/ atau http://cpatrendlines.com/ dan masih banyak lagi

      Untuk semua web yang anda tuliskan diatas kita masih perlu banyak belajar untuk membuat dan merancang seperti itu tentunya dengan english yang OK. Tapi untuk cara biasa boleh2 saja dengan CPA ini dan terbukti nggak semua orang bakal meninggalkan blognya cuma gara2 ngisi survey toh ternyata CPA Lead bisa besar juga… 😀

      Yang perlu disini adalah INOVASI dan TRIK… sip pak, wah mantap nih bisa sharing

      Jeprie said:
      3 Juli, 2010 pukul 4:13 am

      Begitu ya. Saya kira yang paid to review itu.

      Sudah saya lihat situs download film gratisnya. Saya kira maksudnya survey itu yang keluar pop up besar untuk bisa membaca halaman. Kalau yang itu memang saya tidak yakin. Bagaimana bisa menghasilkan sementara pengunjung juga tidak mau masuk situs.

      Maksud saya tidak real di sini lebih pada perbandingan energi yang kita keluarkan dengan hasil yang diperoleh. Apakah sebanding menulis review lengkap hanya untuk beberapa dollar sementara untuk nontonnya sendiri kita butuh minimal 2 jam? Selain itu, biasanya program ini punya batas tertentu misalnya bisa di-cashkan setelah di atas $20. Sebelum mencapai itu ya ga ada artinya.

      Secara pribadi, saya lebih menekankan pada kualitas blog bukan asal monetisasi.

      Malah setahu saya, biaya blog itu besar bahkan situs besar seperti smashingmagazine saja pernah mengeluh kekurangan biaya. Tapi ini terjadi karena idealisme mereka untuk mempertahankan kualitas blog lebih dari monetisasi. Psdtuts itu salah satu iklan harganya $6000 per bulan, tapi mereka menyatakan tanpa membership tidak akan bisa bertahan. Ini lagi-lagi karena menjaga kualitas blog. Tiap penulis di sana dibayar $150 per artikel dan mereka juga rutin mengundang professional dari industri desain yang bayarannya lebih besar lagi.

      Jadi, saya lebih memilih idealisme bertahan pada kualitas.

    fansmaniac responded:
    3 Juli, 2010 pukul 4:21 am

    @Jeprie : wah tentu donk pak, pastinya blog harus berkualitas kalo asal2an saya garansi pasti gk akan berhasil…

    Untuk CPA itu saya hanya kasih salah satu contohnya mereview film tapi bukan menceritakan hingga detil seperti penulis hebat, cukup highlight nya aja karena untuk film lebih baik lihat video thrillernya daripada membaca kan ?

    Trik lain misalnya download software gratis tapi disisipkan CPA

    Kalau saya lihat pak Jeprie ini penulis ya ? Saya sepakat pak, blog harus berkualitas dan berbobot.. Saya senang bisa berbagi pengalaman nih pak 😀

      Jeprie said:
      3 Juli, 2010 pukul 4:36 am

      Sebagai pengunjung, saya sudah juga sering terganggu dengan aktivitas blogger yang terlalu bernafsu dengan iklannya.

      Lambat laun blog tidak berkualitas memang akan mati. 🙂

      Jeprie said:
      3 Juli, 2010 pukul 2:46 pm

      Sebetulnya kalau bisa review film dengan bagus, membahas hingga kelemahan dan kelebihannya seperti kritikus film saya yakin akan lebih menghasilkan dari pada sekedar hasil dari download yang contoh situs itu tadi. Artikel kita nanti bisa saja kita jual ke majalah-majalah film, seperti Cinemagz. Kalau berdasarkan pengalaman saya, nulis di Info Komputer 100 rb/ halaman. Itu beberapa tahun lalu.

      Kalau situs download di atas, sepertinya tidak ada review hanya hasil ringkasan film.

      Sekedar catatan, review penting buat orang sibuk. Orang sibuk sebelum nonton lebih baik baca reviewnya dulu, kalau katanya bagus baru mau beli DVD ori dan menyisakan waktu. Saya seperti ini. 🙂

    indobrad said:
    3 Juli, 2010 pukul 4:34 am

    bro bisa kasih tau pay per click mana yg bisa dipercaya? males aja udah capek ngeklik tapi gak ada hasilnya 😦

      fansmaniac responded:
      3 Juli, 2010 pukul 6:12 am

      bro bisa kasih tau pay per click mana yg bisa dipercaya? males aja udah capek ngeklik tapi gak ada hasilnya 😦

      —————————————————-
      Maksudnya capek ngeklik ???? anda klik sendiri iklan anda gitu ? ya pasti gk di hitung. Ada yang bisa dipercaya, contohnya Google Adsense. Kalo Adsense Indonesia saya rasa anda benar, masih kurang dapat dipercaya silahkan baca tulisan saya tentang ini

      Tapi semua itu perlu proses dan waktu silahkan baca

      tentang adsense mungkin bisa menjadi referensi 😀

    pakosu said:
    3 Juli, 2010 pukul 8:53 am

    Saya pernah ngikuti Google Adsense, sempat dapat hasil beberapa sen dolar. Karena bukan pengguna internet yang aktif, hanya kalau ada kesempatan dan tersedia anggarannya, maka sampai hari ini Google Adsense itu gak pernah diaktifkan lagi. Pengennya sih kerja dari rumah aja memanfaatkan kecanggihan internet. Alangkah bahagianya kerja dari rumah sambil mengasuh anak-anak. Salam sukses buat semua.

      fansmaniac responded:
      7 Juli, 2010 pukul 5:32 pm

      @Pakosu : Yang penting sukses pak, ini cuma sharing aja buat siapa tahu ada yang searching2 nyangkut di blog ini gitu 😀

    ryodimas said:
    4 Juli, 2010 pukul 1:26 pm

    kalo ane sih masih setia maen PTR aja dulu, lumayan recehan buat nambah duit jajan tiap hari, ahhaa

      fansmaniac responded:
      7 Juli, 2010 pukul 5:33 pm

      @ryodimas : Saya pengen nyoba juga nih 🙂

      fansmaniac responded:
      7 Juli, 2010 pukul 5:44 pm

      @ryodimas : Wah saya jadi pengen nyoba PTR nih

    Abdul Hakim said:
    5 Juli, 2010 pukul 3:26 pm

    salam mas fans, dah lama ndak kemari…

      fansmaniac responded:
      7 Juli, 2010 pukul 5:45 pm

      @abdul hakim : Halo mas, apa kabarnya?? smoga slalu sukses ya

    masndol said:
    5 Juli, 2010 pukul 5:22 pm

    wah banyak juga caranya ya, ijin save dulu ya buat referensi.

    M Mursyid PW said:
    5 Juli, 2010 pukul 6:26 pm

    Jadi tergiur juga, tapi nampaknya saya masih belum saatnya untuk terjun ke sana, gak PD. He he he!!!

      fansmaniac responded:
      7 Juli, 2010 pukul 5:47 pm

      @M Mursyid : Gpp pak, saya juga hanya menceritakan pengalaman teman.. kalo saya sih cuma ngeblog aja pak hehe

    elmoudy said:
    6 Juli, 2010 pukul 12:53 am

    nice infonya bro..
    jadi pengen lebih tekun belajar..

      fansmaniac responded:
      7 Juli, 2010 pukul 5:53 pm

      @elmoudy : Yuk sama2, saya juga lagi giat2nya ni belajar 🙂

    Arief said:
    6 Juli, 2010 pukul 4:25 pm

    nice post gan,,,,,,
    sgt bermanfaat………..
    mmpir jg d blog sy :
    areeve

    blog detik
    thanks

    Febriyanto said:
    6 Juli, 2010 pukul 6:23 pm

    Pekerjaan yg sulit, paling tidak harus semedi dpan kmptr tiap hari… 😀

    Mochammad said:
    6 Juli, 2010 pukul 9:50 pm

    Informasi yang menarik.
    TErima kasih.
    Tapi, untuk saat ini yang penting menulis, menulis, dan menulis dulu sambil belajar menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan.
    Yang lain-lainnya nanti.

    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com/

    Blog Dofollow said:
    8 Juli, 2010 pukul 11:14 am

    eh… baru tahu. ternyata ada yang namanya PPI ya

    thanx infonya mas

    bundadontworry said:
    8 Juli, 2010 pukul 12:14 pm

    betul Mas Fans, harus telaten, malah ada lho beberapa blogger yg sengaja berhenti dr pekerjaan di dunia nyata, dan mencari uang sebagai full time blogger.
    bunda salut dgn blogger yg seperti ini.
    salut terhadap kerja keras mereka.
    salam

    D3pd said:
    9 Juli, 2010 pukul 6:43 am

    Seperti blog fansmania ini om ya…

    selalu mendapatkan duit ketika semua orang mengunjungi halaman rumah fansmania dot com…

    tetap semangat om ya…salam D3pd 😀

      fansmaniac responded:
      15 Juli, 2010 pukul 10:06 am

      @D3pd : haha nggak juga pak, cuma berbagi pengalaman saja

    hermawan75 said:
    11 Juli, 2010 pukul 3:43 pm

    Waduh jadi nambah ilmunya nih….

    Saya juga baru belajar Bisnis Online nih….

    Blog saya yang di Monetizasi baru yang ini http://hermawanlubis.com

    Maklum baru belajar…. Baru dapet dari Text Links Ads $25 aja..
    dan udah bisa langsung cair….

    Salam Hangat,

    julianusginting said:
    13 Juli, 2010 pukul 12:33 am

    jd niat pgn menjadikan blog sebagai sumber uang sob..cuma masih nyari caranya yg enak gm gt.

      fansmaniac responded:
      15 Juli, 2010 pukul 10:16 am

      @julianus : cara enaknya gimana ya? saya juga masih cari tau… tapi semua perlu proses kok 🙂

    Agus Hartono said:
    20 Juli, 2010 pukul 12:46 am

    Aku gak ngerti blas mas Irfan. Memang bodho banget yo aku iki. ha,,,ha,,.

    alice in wonderland said:
    20 Juli, 2010 pukul 2:40 pm

    terus terang buat saya pribadi, jelas gak mungkin saya gak tergiur dengan penghasilannya…tapi baca artikel ini aja udah pusing apalagi ngejalaninya. Kalau menurutku cari duit dengan cara kayak gini ini gak bisa dibuat kerja sambilan harus full-timer, jadi kalo punya pekerjaan tetap lain jadinya gak bisa fokus^^

    […] Menjadikan Blog Sebagai Sumber Uang (Monetizasi Blog) […]

    […] Menjadikan Blog Sebagai Sumber Uang (Monetizasi Blog) […]

    On My Mind said:
    18 Oktober, 2010 pukul 11:46 pm

    Kapan yah bs dapat sampe $1000 lebih sebulan, untuk saat ini ane masih dapat $100 perbulan

      fansmaniac responded:
      30 Oktober, 2010 pukul 7:48 am

      @On my mind : Keep moving and keep fighting gan 🙂 anda monetizasi dengan apa? adsense ya ? kalo menurut sesepuh Adsense sih katanya perbanyak pengunjung ke blog kita. Dan jangan lupa investasikan hasil yang kita peroleh untuk menimba lagi, misal beli banyak backlink yang berkualitas secara rutin, beli software pendukung SEO dan terapkan. Para publisher yang bisa $1000 lebih sebulan biasanya punya lebih dari 1 blog, ibarat toko yang mempunyai cabang… gitu aja kali ya he.. sama2 belajar nih

    […] Menjadikan Blog Sebagai Sumber Uang (Monetizasi Blog) […]

    AGHNI RIYADLOH said:
    1 November, 2010 pukul 7:43 am

    gimana caranya buat blog kita jd sumber uang?ko malah ndongeng….?bagi2 dong infonya…thx

      fansmaniac responded:
      29 November, 2010 pukul 2:13 pm

      @Aghni : Caranya anda buat blog dulu terus ikuti program2 seperti yang saya ceritakan diatas… 🙂

    mijil said:
    5 Desember, 2010 pukul 9:14 am

    sepintas gampang tp kalau sudah coba susah jg ngreview software atw yg lainnya dlm bhs inggris.. tp patut dicoba..

    Blog Medi said:
    25 Desember, 2010 pukul 7:16 am

    kalo CPM itu apaan mas?
    maklum masi blm mudeng…

    […] Menjadikan Blog Sebagai Sumber Uang (Monetizasi Blog) […]

    mistyfan said:
    21 Mei, 2011 pukul 4:42 pm

    hebatlah itu bloger, pasti usahanya sangat keras untuk mendapatkan nya, kemaun yang tinggi dan di tunjang dengan bekal pengetahuan dan alat yang memadai biasanya pasti ada kesuksesan..selamat dan salut buat para bloger indonesia..thanks

      fansmaniac responded:
      26 Mei, 2011 pukul 12:47 am

      @mistyfan : trims atas dukungannya

    Ario said:
    24 Juni, 2011 pukul 7:46 am

    hahahha.. thanks ilmunya..
    masih dalam tahap belajar nih..
    harap bantuannya..

    nuraeni said:
    27 September, 2011 pukul 8:48 am

    sungguh mantaaapp informasinya…
    terimakasih banyak..
    🙂

      fansmaniac responded:
      28 September, 2011 pukul 9:49 am

      @nuraeni : makasih mb atas kunjungannya, salam kenal 🙂

    asep hamdan said:
    19 Juni, 2012 pukul 10:27 am

    wah, sharingnya jadi ilmu nich, aku BO pake Dollarade tpi penghasilannya belum maksimal masih berkisar diantara $300 ke bawah, ada usulan yang pas ga biar pengunjungnya bejibun hehe,,,,,
    salam kenal ya mas, bermanfaat nich ilmunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s