Pelayanan Menentukan Kepuasan Pelanggan

Posted on

Ini adalah hal pokok yang harus diterapkan bila ingin usaha anda lancar, yaitu “pelayanan konsumen” alias customer service (CS).  Bila anda memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen anda, maka jangan khawatir reputasi usaha anda akan terus meningkat dan bahkan semakin banyak dikunjungi.

Kata Pelanggan adalah Raja mungkin itu perlu diterapkan dalam melayani setiap pelanggan yang datang, untuk itulah anda bisa lihat perbedaan antara perusahaan milik negara yang notebenenya pegawainya adalah pegawai pemerintah dengan pegawai di perusahaan swasta.  Sangat kontras sekali, bila kita mendatangi suatu tempat usaha swasta tersebut misalnya gerai atau bank tentu kita akan di sapa dengan senyuman bahkan pintu pun dibukakan.  Apa yang terjadi ? perusahaan itu mendapatkan banyak pelanggan karena terpuaskan “hanya” dengan pelayanan, padahal milik pemerintah mungkin jauh lebih murah.

Untuk itu sudah saatnya pemerintah membuat suatu revolusi dibidang pelayanan karena notebenenya abdi negara adalah pelayan masyarakat karena pelanggan dalam hal ini adalah rakyat.  Banyak sekali badan usaha milik negara yang kini berada di ambang antara berdiri atau jatuh karena tidak mengindahkan hal yang satu ini.  Akhirnya agar bisa tetap berdiri dinaikkanlah tarif untuk pelanggannya agar bisa memenuhi kekurangannya.

Karena sudah sekian lama di subsidi oleh pemerintah, maka perusahaan milik negara ini mulai kacau karena mengetahui bahwa ternyata beban mereka besar sekali.  Ingin menaikkan tarif justru mendapatkan komplain dan hujatan dari rakyat, sayangnya lagi kesempatan ini digunakan untuk menaikkan harga barang yang kelewatan oleh pedagang nakal.

Bahkan ada yang sempat menyatakan “Kalo ada listrik Swasta dengan pelayanan lebih baik  saya siap berlangganan meskipun mahal ! Lha ini, uda sering padam mau naikin tarif” begitu kata seorang bapak di sebuah warung kopi.

Dulu saat pemerintah berusaha meyakinkan masyarakat untuk pindah dari penggunaan minyak tanah ke gas LPG banyak sekali masyarakat menolak karena takut dari segi keamanan.  Lalu apa yang terjadi ? ternyata ketakutan itu jadi kenyataan, disana sini kasus gas meledak sering terdengar.

Apa berita yang kita dengar ketika Menteri mengadakan sidak di kantor transmigrasi ? untuk membuat paspor bahkan rakyat harus menunggu dalam waktu yang lama, ketentuannya 3 hari tetapi tak jarang ada yang mengeluh hingga sebulan.  Bisa jadi 1 hari tetapi lewat Calo dengan bayaran yang berbeda tentunya. Ini sudah saya buktikan, saya bisa buat paspor tanpa mengantri lewat Calo, ironisnya pelayanan si calo justru lebih baik daripada petugasnya yang bermuka sibuk dan susah tersenyum.

Hal ini juga bisa anda temui di tempat pembuatan SIM, pembuatan KTP, pemesanan tiket, atau tempat lain yang banyak birokrasinya, kalau saja petugasnya memberi pelayanan yang baik saya rasa tidak perlu ada calo.

Hanya sekedar opini 🙂

Iklan

13 thoughts on “Pelayanan Menentukan Kepuasan Pelanggan

    masndol said:
    22 Juli, 2010 pukul 10:49 am

    jadikan saya yng pertama dulu 🙂

    masndol said:
    22 Juli, 2010 pukul 10:54 am

    pengalaman saya hampir sama mas. saya lebih enjoy dengan pelayanan para calo ini. sangat menghemat waktu. tinggal serahin dokumen udah. pokoknya tau beres. 🙂

      fansmaniac responded:
      24 Juli, 2010 pukul 3:08 pm

      @masndol : oya tuh mas makanya enakan lewat calo ya?

    Mang Umarr said:
    22 Juli, 2010 pukul 10:09 pm

    memang mas. sebuah pelayanan yang terbaik itu yg banayak di cari oleh pelanggan termasuk saya.

    Mamah Aline said:
    23 Juli, 2010 pukul 11:34 am

    betul juga, pelayanan resmi yang lama dan beribet membuat orang teralihkan untuk mencari jasa calo yang lebih praktis

    aldy said:
    23 Juli, 2010 pukul 4:09 pm

    Dinegeri ini palayanan nomor 100 Mas, lewat calo pelayanannya malah kelas VIP 😦

    krupukcair said:
    25 Juli, 2010 pukul 1:31 pm

    sepakat dengan komennya aldy.. 😀 😀 😀 😀 😦 😦 😦 😦 😦

    the Success Ladder said:
    25 Juli, 2010 pukul 7:02 pm

    Wonderful site and theme, would really like to see a bit more content though!
    Great post all around, added your XML feed! Love this theme, too!

    Asop said:
    26 Juli, 2010 pukul 1:26 pm

    … mungkin ada benarnya juga ya, Mas Irfan… 😦

    Malah orang2 yang mampu dalam hal duit lebih memilih lewat jalur calo, karena lebih cepat… 😐

    D3pd said:
    10 Agustus, 2010 pukul 9:09 am

    Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 🙂

    Maafin dyka ya

    Salam *sungkem 10 jari*]

    🙂

    dealer pulsa said:
    21 September, 2010 pukul 6:39 pm

    klo ada yang sulit kenapa harus digampangin
    kecuali klo ada pelicinya , semakin banyak semakin cepat biro krasinya

    nuraeni said:
    27 September, 2011 pukul 8:45 am

    karena pelanggan pasti akan memilih yang
    melayaninya dengan baik,,
    & tak suka yang lelet…

    fatah said:
    4 Oktober, 2011 pukul 6:42 pm

    Pelanggan adalah manusia yang hanya bisa ditaklukan dengan kejujuran dan kelembutan. Nilai 9 untuk konten ini sob

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s