Mitos Tentang SEO

Posted on Updated on

Search Engine Optimization alias S.E.O. merupakan sebuah keharusan bagi para internet marketter untuk meraih kesuksesan di dunia maya.  Tanpa melakukan hal ini maka usahanya di dunia maya akan sedikit mendapatkan keuntungan.  Pertama kali terjun ke dunia maya khususnya ngeblog, saya masih awam dengan bahasa ini (SEO) apalagi menerapkannya sama sekali tidak mengerti.

Namun seiring dengan perjalanan sebagai seorang blogger dan juga menekuni dunia internet marketting saya mau tidak mau harus mempelajari teknik SEO ini.  Setelah melakukan riset yang cukup melelahkan terhadap lebih dari 10 blog saya, maka mungkin ada beberapa hal yang bisa saya tarik kesimpulan.. terutama tentang mitos dalam SEO ini.

Beberapa mitos tentang SEO :

1. Sering berkomentar pada blog lain akan meningkatkan Alexa Rank

Alexa Rank adalah suatu standar penentuan rangking berdasarkan jumlah pengunjung (traffic) yang juga di sinkronisasi dengan jumlah backlink yang menuju blog kita terutama “link in”. Saya mencoba melakukan riset terhadap 2 blog yaitu blog A saya terapkan dengan banyak berkomentar pada blog lain, dan blog B tidak saya lakukan apapun tetapi saya submit ke berbagai direktori maupun social media seperti Digg, Facebook, Tweeter, dan Lintas Berita.

Hasilnya mengejutkan, ternyata blog B yang di submit ke berbagai social media menunjukkan peningkatan Alexa Rank yang signifikan berbeda dengan blog A.  Dalam waktu 1 bulan blog B bisa menembus angka 600.000 sedangkan blog A jauh berada di atas 3 juta.

Kesimpulan : berkomentar pada blog lain tidak berpengaruh besar terhadap Alexa, terkecuali blog tersebut Do Follow. jadi jangan habiskan waktu anda untuk berkomentar pada blog yang bukan Do Follow untuk menerapkan SEO.  Website yang menyediakan list blog dofollow salah satunya disini.

2. Page Rank lebih tinggi akan meningkatkan jumlah pengunjung

Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena pada kenyataannya saya punya 2 blog yang pengunjungnya rata-rata 1.000 Unique Visitor sehari dan masih Page Rank 0.  Page Rank hanya akan berpengaruh pada keyword tertentu, artinya daya saing keyword tertentu kita akan lebih unggul dibandingkan blog yang PR nya dibawah kita.

Intinya, blog yang memiliki konten unik akan lebih baik dibandingkan dengan blog dengan konten yang pasaran.  Page Rank sangat penting apabila anda ingin bersaing pada keyword pasaran (paling banyak saingannya).  Kesimpulan : Buat blog dengan konten unik nilainya lebih tinggi dimata Google dibandingkan Page Rank tinggi.

3. Tukaran link akan meingkatkan Alexa dan Page Rank

Hal ini benarnya juga tetapi dalam tanda kutip, tukaran link yang benar adalah pada home page, blogroll, atau pada footer.  Google kurang suka dengan link yang berada dalam satu halaman penuh, ia akan menganggap itu adalah sebagai “listatau daftar link.  Link pada postingan akan jauh lebih baik dibandingkan dengan di homepage, blogroll, maupun footer karena google akan menganggap bahwa blog tersebut direkomendasikan oleh blog yang memasang link pada postingannya.

Kesimpulan : One way link jauh lebih baik dibandingkan dengan tukeran link.  Bagaimana cara mendapatkan one way link? anda bisa beli atau membayar blog lain untuk memasang link anda.

4.  Harus menggunakan tool keyword untuk menentukan kata kunci

Adwords, Word Tracker, Market Samurai, Sem Rush, dan tool lainnya memang sangat membantu dalam menentukan keyword tetapi bukanlah menjadi patokan bagi anda untuk berhasil dalam persaingan SEO.  Orang banyak bersedia membeli dengan harga tertentu untuk tools ini untuk menentukan keyword.  Pada kenyataannya keyword hanyalah sebagai trend yang turun naik, bila kita bidik keyword pada bulan ini belum tentu bulan depan keyword tersebut masih trend.

Insting anda jauh lebih baik daripada semua tool keyword, anggap anda sebagai pencari maka apa yang akan anda ketikkan pada mesin pencari itulah keyword terbaik.  Misal anda mengambil tema tentang Handphone, maka apa yang akan anda ketikkan pada mesin pencari jika anda sebagai pengunjung ? misal handphone murah, daftar harga handphone, dll… nah itu adalah keyword yang tepat karena diteliti oleh manusia bukan mesin.

Kesimpulan : Bidik keyword dengan melakukan riset alamiah insting anda yaitu dengan melihat trend, membaca berita yang terkait, dan memprediksi trend di kemudian hari (long term) karena tidak ada yang instan apalagi anda membuat blog baru maka perlu waktu agar keyword anda bisa teroptimisasi.  Gunakan tools tersebut untuk membantu anda dalam comparing (membandingkan)

Sejauh ini baru 3 hal tersebut yang bisa saya ungkapkan sementara belum ada yang lain karena perlu riset lebih lanjut🙂

Semoga bermanfaat,

9 thoughts on “Mitos Tentang SEO

    pulsa murah said:
    13 Januari, 2011 pukul 1:51 pm

    terima kasih gan pencerahannya,pasti akan saya coba langkah 2 diatas

    red said:
    14 Januari, 2011 pukul 8:35 pm

    dan yang memulai mitos SEO ini justru google sendiri😛

    yoriyuliandra said:
    23 Januari, 2011 pukul 12:26 am

    Wah tips yang sangat bagus…
    Ini sepertinya hasil riset kecil-kecilan ya mas irfan…
    Sukses deh untuk blog-blognya…
    Nanti hasil riset lainnya ditulis lagi ya..

    Penulis Cemen said:
    7 Februari, 2011 pukul 1:37 am

    thanks banget Mas…
    Nambah pengetahuan…

    Mifta said:
    24 April, 2011 pukul 5:00 am

    saya sih mau dofollow atau nggak,,, dikomentarin juga..

    Newbie Blogger said:
    31 Mei, 2011 pukul 6:20 am

    memang mas submit ke lintas berita kan mendatangkan banyak traffick sedang blogwalking hanya yang kita kunjungi saja yang mengunjungi blog kita namun kunci dari itu semua mas belum sebutkan yaitu bounce rate atau lamanya pengunjung di blog kita jadi meski pengunjung berjubel tapi hanya numpang lewat tetap saja nggak ngefek ama alexa jadi tergantung dari quality of content , aku punya blog yang punya visitor sampai 5 ribuan perhari tapi alexanya tetap karena ya bounce ratenya diatas 50% sedang blog aku yang visitornya hanya ratusan tapi semua pembaca yang setia alexanya udah dibawah seratusan

    PHOTOSHOP DASAR said:
    4 September, 2011 pukul 3:01 am

    Bener juga berarti..
    Blog saya yang baru baru sekitar 1 bulan memang hanya berada di 3 jutaan Alexa…

    nuraeni said:
    27 September, 2011 pukul 8:29 am

    Mitos Tentang SEO,,,

    aku pengen yang fakta…

    Jefry said:
    22 Februari, 2012 pukul 4:04 pm

    Jadi gitu ya gan,, akan saya terapkan deh optimasi yang benar biar alexa saya cepat menyusut
    trims atas ulasannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s