Backlink Berkualitas Versus Backlink Berkuantitas

Posted on Updated on

Backlink atau tautan dari luar kedalam blog merupakan teknik SEO yang paling utama dan terampuh.  Namun banyak orang yang salah anggapan tentang cara memperoleh backlink ini.

Pernah suatu ketika saya berdebat tentang hal ini dimana waktu itu saya mensharing sebuah website tukeran link satu arah, dan ada seorang temen yang mengatakan bahwa PR (page rank) nya masih rendah dan kurang bermutu.  Padahal yang ditawarkan adalah tukeran link satu arah dan penempatannya di widget alias sidebar.

Maksudnya disini, website (pengelola tukeran link) tersebut memberikan link kepada blog kita lewat blog lainnya yang tidak membalas backlink ke blog kita, selanjutnya blog yang memberi link kepada kita mendapat link dari blog lainnya yang juga tidak saling bertautan dengan link blognya (jadi satu arah bukan tukeran).

 Beda kualitas dan kuantitas backlink

Lalu ada pertanyaan lain, mana yang lebih kuat efeknya terhadap SEO apakah banyaknya link (kuantitas) atau kualitas link ?  Jawabnya tergantung.. lha kok tergantung ? Misal antara uang Rp. 100.000 dengan uang kepingan Rp. 100 mana yang lebih besar ? tentu uang Rp. 100.000 bukan? Tapi uang Rp. 100 akan bernilai sama apabila jumlahnya 1000 keping (100×1.000 = 100.000).

Jadi mana yang lebih penting kualitas (mutu) atau kuantitas (jumlah), kalo anda berfikir simpel tentunya kita pilih yang berkualitas dan bila anda ingin usaha yang lebih keras bisa juga dengan kuantitas.  Maka jawabannya “tergantung”. 😀

Seperti apakah backlink berkualitas itu ? Sejauh ini berdasarkan hasil pengamatan (maaf bila salah)

  1.  Tempat dimana link kita tertaut, posisi dimana letak link kita ditautkan sangat berpengaruh terhadap kualitas backlink.  Berikut urutan kualitas berdasarkan tempat link dari tinggi sampe rendah
  •  Di dalam postingan, search engine akan melihat bahwa isi blog kita di posting oleh blog tersebut dan dianggap sebagai sumbernya.  Semakin tinggi PR yang memposting link kita maka semakin berkualitas pula backlinknya.  (hal ini bisa didapat apabila postingan kita unik dan bukan hasil copas, atau kita bisa membayar orang untuk mereview blog kita dan menautkan link kepada kita)
  •  Blogroll/footer, search engine akan menganggap bahwa link kita adalah kolega dari blog yang menautkan dan bahkan bisa jadi dia mengganggap blog itu disupport oleh kita (untuk mendapat link seperti ini kita harus membeli atau buat blog sendiri).
  • Komentar dan sign di forum, ini adalah link yang paling murah meriah alias gratis dan paling mudah didapat namun kualitasnya paling rendah.  Kita cukup berkomentar pada blog lain dan menautkan link blog kita pada sign komentarnya.

2. Page rank dan umur blog yang menautkan link kita, jelas ini paling berpengaruh dan bahkan akan semakin berkualitas bila didukung oleh kualitas letak linknya.

3.Social bookmark share, semakin sering blog kita di tautkan di social media seperti Digg, Facebook, Twitter, maka semakin kuat nilai kualitasnya.

Jadi silahkan pilih antara kualitas dan kuantitas, namun bila anda seorang internet marketter tentunya waktu menjadi sangat berharga sehingga kita bisa fokus pada hal lainnya, sebaiknya memilih kualitas backlink yang baik.

18 thoughts on “Backlink Berkualitas Versus Backlink Berkuantitas

    Asop said:
    25 April, 2011 pukul 10:16 am

    Di tengah-tengah ada tulisan2 kacau itu apa ya? 😕

    prima said:
    29 April, 2011 pukul 9:36 pm

    kalau dipikir2 ada benernya juga, thanks

    BG said:
    1 Mei, 2011 pukul 2:00 pm

    Kalau Blog saya yg memberikan link satu arah, apa untung dan kerugianku? Mohon penjelasannya. Thanks.

      fansmaniac responded:
      14 Mei, 2011 pukul 1:33 pm

      @BG : Link satu arah yang saya maksudkan diatas itu ada pengelolanya, artinya ada pihak lain yang mengelola agar antar blog saling tukeran link tapi satu arah (tidak saing menautkan). Tapi kalo anda pasang link blog orang dan orang itu tidak ada kontribusinya bagi blog anda ya anda dirugikan 🙂 (Lihat Gambar Tukeran link 1 arah diatas untk lebih jelasnya)

    Makalah Pendidikan said:
    5 Mei, 2011 pukul 4:49 pm

    mantap infonya, trimksih banyak.. jadi tahu backlink itu penting..

    mistyfan said:
    21 Mei, 2011 pukul 1:06 am

    kalau komentar di web tau blog kuang berkualitas yah backlink nya…ngk apa apalah yang penting bisa lebih banyak belajar, lebih mengenal dunia maya..backlink mah no 2

    plentiswae said:
    21 Mei, 2011 pukul 4:50 am

    Ikut nyimak dan belajar dulu ah, soalnya blogku masih hijau. Thanx 4 share.

    techno blog said:
    26 Mei, 2011 pukul 3:37 am

    klo bisa dapat yg berkualitas, tp klo ga memungkinkan.. ngumpulin kuantitas dari dummy blog ga ada salahnya…

    Vortuno said:
    5 Juni, 2011 pukul 2:28 pm

    Jadi intinya, backlink yang berkualitas itu mereview entri / artikel kita di blog yang lainnya (menyertakan backlink), terutama di blog yang ber-pr tinggi.

    Tapi pertanyaanya, kapankah kita bisa merasakan dampak dari backlink tersebut, 1 minggu atau berapa yah ? Terima kasih 🙂

      fansmaniac responded:
      7 Juni, 2011 pukul 2:05 am

      @Vortuno : Dampak backlink biasanya tidak menentu bisa dirasakan, bisa sebulan atau mgkn lebih atau bisa saja segera lgsng terjadi karna algoritma gugel masih misteri

    jarwadi said:
    21 Juni, 2011 pukul 2:51 am

    wah, saya ngga tau menahu tentang back link, tapi kalau wordpress.com apa bisa mas di naik kan PR nya, terimakasih atas pencerahannya 🙂

    ricky said:
    24 Juni, 2011 pukul 10:55 am

    nice shere bro.pengen dpt backlink berkualitas tpi biasanya kebanyakan berbayar semua,pengen yang berkuantitas butuh usaha…mang gak ada yang instan didunia nihc.smuanya butuh pengorbanan cz klo ada, ni bumi da gak ad lagi yang namanya org susah.hhehehehe…

    hendri said:
    16 Juli, 2011 pukul 6:31 pm

    mas gimana cara meningkatkan traffic rank blog kita. soalnya saya sudah 8 bulanan ngeblog tp traffic rank meningkatnya sangat lambat mas.

      fansmaniac responded:
      22 Juli, 2011 pukul 4:58 am

      @Hendri : baca tulisan sy yg lai ttg hal ini mas 🙂 silahkan pilih kategori SEO atau bisnis internet

    nuraeni said:
    27 September, 2011 pukul 8:04 am

    gimana yang baiknya ajach…
    aku pasti pilih…

    siswanto said:
    9 Desember, 2011 pukul 2:53 am

    numpang link gan. ayo yang cari alat koreksi LJK dan Loket Pembayan Online kami siap melayani kontak kami 085216173163, 085658859555

    PEMROGRAMAN C++ said:
    22 Desember, 2011 pukul 11:37 pm

    wahhh… setuju gann,
    tapi apa benar yaa, lewat sosial media juga bwt cepat naikiin PR/
    http://pemrograman-c.blogspot.com/
    Baru dengar 🙂
    but, nice info gan

    bangmul said:
    27 Mei, 2012 pukul 1:40 pm

    informasinya sangat berarti wat ku nih plend…
    lagi nyari ilmu wat naikin rank blog saya pasalnya masih newbie..heee
    jangan lupa mampir di …….bang mul blogs…..

    terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s