Ngeblog Merubah Hidupku

Posted on Updated on

Sepertinya terlalu berlebihan ya judul diatas hehe.. ya begitulah yang ada dikepalaku sekarang saat mulai menulis postingan ini.  Hari ini mau bercerita dikit tentang pengalaman nyata pribadiku tentang ngeblog 😀  mudah2an celoteh ini ada yg mau membaca dan bisa jadi inspirasi bagaimana ngeblog bisa merubah cerita hidupku.

Berawal dari ngiri melihat teman2 pada punya blog, akhirnya akupun memulai membuat blog di dunia maya sejak aku masuk di kantor baruku yang bisa online.  Pada awalnya aku sangat2 bingung, bagaimana cara memulai ? gimana cara ngeblog ? dan bingung deh pokoke.  Mulanya aku membuat sebuah blog cupu dengan blogspot (fansmania.blogspot.com), nama fansmania adalah nickname ku di dunia maya.  Blog ini kubuat pada awal tahun 2008 ketika pertama kali aku mulai hobby di dunia maya, namun sayangnya karna bingung mau ngisi apa akhirnya kutinggalkan.

Karena bingung cara make blogspot, akhirnya aku mengikuti jejak kawan2 ku yang menggunakan WordPress sehingga terciptalah blog ini (fansmania.wordpress.com) pada bulan april tahun 2009 dan kini kuubah menjadi irfansworld.com pada Januari tahun 2011 sejak ada fasilitas dari WordPress yang memungkinkan domain diubah (bayar tapi T_T).

Pada akhir bulan Desember 2009 aku terkena penyakit saraf yang cukup akut sehingga membuatku tidak bisa beranjak dari tempat tidur dan bekerja di kantor.  Hidupku terasa hampa sekali karena sehari2 kegiatanku hanya menonton TV dan mengeluh sakit.  Selama setahun aku tidak bisa bekerja karena penyakit ini dan menghabiskan 90% waktuku di tempat tidur. Hingga pada akhirnya seorang teman kerjaku datang kerumah dan membawa beberapa amplop yang berisi honor2ku sewaktu masih belum sakit.  Alhamdulillah, akhirnya aku putuskan untuk membeli laptop baru dengan uang tersebut dengan modem internet.

Bulan Januari hingga Maret 2010 kuhabiskan waktuku sehari2 dengan menulis di blog ini terutama masalah kesehatan, dan dari blog inilah kubanyak mengenal blogger2 di berbagai penjuru Indonesia.  Namun, ada hal baru yang membuatku berubah.. seorang teman yang sangat kukenal ternyata seorang blogger ulung yang dapat menghasilkan puluhan juta hanya dari blog.  Cerita ini kudengar langsung dari sahabat setia yang sudah kuanggap adikku sendiri. Akupun berfikir, dengan kondisiku seperti ini kenapa aku tidak mencoba mencari nafkah untuk anak istriku meskipun sedang sakit ? Semangatku pun bulat untuk belajar lebih dalam tentang dunia blogging.

Sejak saat itu akupun mencoba mempelajari tentang internet marketting.. siapa guruku ? dialah Google.  Setiap hari kubaca artikel2 tentang internet marketting yang kudapat dari hasil pencarian di Google.

Dan pada awal bulan Juni aku memulai sebuah blog self hosted berdomain .com yang kutargetkan untuk internet marketting.  Ternyata memulai bisnis online bukanlah hal mudah, kita dituntut untuk konsisten, disiplin, dan mengatur strategi layaknya usaha didunia nyata.  Banyak mencari sedikit bertanya mungkin cara tepat untuk mulai belajar, aku lebih suka mencari di Google ketimbang bertanya2 kepada master yang notabene nya pelit bagi2 ilmu (nggak semua sih).

Blog yang kubuat pun ku monetisasi dengan berbagai macam mulai dari Dollarade, Smowtion, Bidvertiser, sampai Loudmo semuanya kugunakan.  Namun Google Adsense yang kuidamkan masih belum bisa kudapatkan karena selalu gagal ditolak saat pendaftaran.  Dan pada bulan Desember 2010 (6 bulan) pertama kalinya aku mendapat hasil dari Dollarade sebesar $215.60

Payment History Dollarade Dec - May 2011Gambar : Dollarade payments Dec – May 2011

Sedikit demi sedikit ilmu blogging mulai kukuasai, dan pada akhirnya aku bisa mendapatkan akun Google Adsense pertamaku pada bulan Desember 2010 setelah berusaha mendaftar berkali2 dan slalu ditolak.  Hasilnya sangat mengejutkan, bulan pertama aku mulai memasang adsense ini aku langsung bisa merasakan hasilnya karena sebelumnya memang blog ku sudah berjalan dan dimonetisasi dengan program lainnya.  Gaji Google Adsense pertamaku dibayarkan pada 28 Januari 2011 sebesar $184.07 bersamaan dengan itu aku juga mendapat gaji dari Dollarade $143.37 jadi total bulan Januari $327.44 sungguh diluar dugaanku sebelumnya.. Alhamdulillah.

gaji pertama google adsenseGambar : Gaji pertama Google Adsense

Karena kondisiku yang sedang sakit, maka semua akun kubuat atas nama istriku sehingga akan mudah dalam hal pengambilan karena aku nggak bisa kemana2.

Gaji Goole AdsenseGambar : Gaji Google Adsense Dec – May 2011

Smowtion Payments

Gambar : Smowtion Payments

Amazon Payments

Gambar : Amazon payments

Kini, aku sudah memiliki lebih dari 35 website yang berjalan otomatis dan mengantarkan pundi2 Dollar, 3 blog diantaranya kujalankan sendiri dan 2 blog lainnya dijalankan orang lain yang ku gaji.  Setiap bulan aku bisa mendapatkan setidaknya $1000 dari berbagai macam program monetisasi yang kuikuti hanya dengan ngeblog didepan laptop.  Alhamdulillah, bersyukur hamba padamu ya Allah atas segala rizki ini.

Dan kini semangat ngeblogku semakin berapi2 sejak aku bisa membelikan banyak barang buat anak dan istriku dari hasil bisnis online ini.  Sejak saat itu aku mulai lupa kalo aku sedang sakit, dan semangat hidupku bangkit kembali.. aku merasa bahwa penyakitku ini tidak bisa membuatku berhenti berkarya.

Tapi ini bukan berarti ngeblog hanya urusan earning dan pendapatan, ngeblog adalah hal yang luas.. dengan ngeblog kita bisa berbagi informasi, mendapatkan teman, dan hal lainnya.  Selain itu kini aku sedikit demi sedikit sudah bisa berbahasa Inggris gara2 ngeblog.. Ini hanya sebuah cerita bagaimana sebuah blog bisa memberikan banyak manfaat kepada kita.

Salam blogger Indonesia..

24 thoughts on “Ngeblog Merubah Hidupku

    techno blog said:
    26 Mei, 2011 pukul 3:33 am

    muantaabssss.. lanjutkan…. tegakkan…. hahah…

      fansmaniac responded:
      26 Mei, 2011 pukul 7:05 am

      @techno blog : kamsia le gan 😀

    Frans Doni said:
    26 Mei, 2011 pukul 2:21 pm

    gan…aq terharu bacanya….. 😉

    sukses selalu untuk kita ya gan……. ^_^

      fansmaniac responded:
      27 Mei, 2011 pukul 2:34 am

      @Frans Doni : Makasih kunjungannya gan…salam sukses bagi kita semua ^^

    Gusti Ramli said:
    28 Mei, 2011 pukul 9:43 am

    mantap…. pengen dapat duit dari ngeblog juga nih… heheheh

    salam kenal… semoga sehat selalu

    t a u f i x said:
    17 Juni, 2011 pukul 12:41 pm

    Hebat mas. Duh, jadi pengen juga nih nyari nafkah lewat blog.

    Tapi takutnya belum sukses udah keburu terlantarkan. soalnya sekarang belum bisa total n blog saya yg lg saya urus jg masih berkembang.

    O ya, ngomong2 salam kenal ya mas.

      fansmaniac responded:
      20 Juni, 2011 pukul 4:30 am

      @Taufik : salamkenal jg mas taufik.. menggali kesuksesan bisa dimana aja, tetap semangat mas 🙂

    Fajar said:
    20 Juni, 2011 pukul 4:44 pm

    cerita bagus….terus smangat bang…tp kalo udah banyak dpt dollar nti janji jgn pelit ilmu internet marketingnya ya bang….dishare ilmunya bwt tmn2 biar tambah berkah….amin ya rob

    Rudini Silaban said:
    21 Juni, 2011 pukul 7:43 pm

    Salam Blogger..
    Pengalaman yang sangat menginspirasi..
    Thanks sudah share Brother…
    SUkses Selalu 🙂

    inotwp said:
    4 Juli, 2011 pukul 8:51 am

    kereeennnnnn…..
    mantab mas bro
    jd kepingin neh

    muhammad suprayudi said:
    1 Agustus, 2011 pukul 12:40 pm

    assalamualaikum,salam kenal mas,semoga sehat dan sukses selalu,saya jadi terinspirasi oleh semangat dan sabarnya…muantap,jadi pengen juga nih…..(hehe),sementara itu aje deh,wass.

      fansmaniac responded:
      10 Agustus, 2011 pukul 1:41 am

      Terimakasih atas kunjungannya

    gumilda said:
    7 Agustus, 2011 pukul 3:20 am

    my good inspiration.

      fansmaniac responded:
      10 Agustus, 2011 pukul 1:37 am

      Makasih Gumilda atas kunjungannya 🙂

    GueStory said:
    15 September, 2011 pukul 3:17 am

    mantap! …
    jadi pengin nih

    sumardi bachtiar said:
    16 September, 2011 pukul 2:42 pm

    maaaannnnntttaapppppp………………..
    jd kepengen jg………………..

    HeQris said:
    21 September, 2011 pukul 5:40 pm

    waduh,,sampai segitu ya,,tambah pusing gan,,
    aku aja baru 1 blog,dah mumet kehabisan ide,,,
    bagi-bagi ilmu ya gan,hehe,,

      fansmaniac responded:
      26 September, 2011 pukul 4:19 am

      @HeqRis : Terus belajar pasti bisa 😀

    nuraeni said:
    27 September, 2011 pukul 8:03 am

    semangat terus untuk ngeblog…!!!

    BLOOGING AND BISNIS ONLINE said:
    7 November, 2011 pukul 10:58 am

    mantap isinya mas, saya pengen kayak gt , tp kok gak bisa2 ya, mohon pencerahannya , maklum masi newbi dalam blogging

    Roby said:
    27 Desember, 2011 pukul 4:50 pm

    Cerita yg sangat menyentuh.Aku pingin coba tapi ngak bisa.Selamat mas sukses terus semoga cepat di beri kesembuhan

    dinie said:
    22 Maret, 2012 pukul 12:40 am

    Subhanallaah, muantappp..

    Selama ini saya ngeblog murni cuman buat curhat saja. Hihihi..

    Bookmark dulu aaah halaman ini.. Buat dijadikan referensi utk bisnis online 😀

      fansmaniac responded:
      27 Maret, 2012 pukul 7:53 am

      Terima kasih atas kunjungannya mb Dinie 🙂

    sumurilmu said:
    20 Agustus, 2012 pukul 4:47 am

    kondisi saya tidak jauh beda,..bisa kah antum berbagi ilmu yang lebih luas?….

Tinggalkan Balasan

