Mengetahui Trend, Teknik Bagi Yang Malas SEO

Posted on Updated on

SEO alias Search Engine Optimization bin optimasi mesin pencari adalah teknik yang harus dikuasai seorang internet marketter atau publisher.  Mengapa ? karena tujuan utamanya adalah mendapatkan pengunjung melalui mesin pencari seperti Google. Hampir semua publisher menggunakan teknik SEO untuk mengoptimasi blog/website nya sehingga memperoleh earning sesuai dengan yang diharapkan.

Tapi sampai sekarang konsep utama SEO belum diketahui secara pasti bahkan menjadi misteri, belum lagi Google dan search engine lainnya selalu merubah2 algoritmanya sehingga takkan ada habisnya untuk mempelajari teknik SEO ini.  Sebenarnya Google sendiri telah memberitahukan bahwa ada teknik ampuh tanpa kita harus memikirkan urusan SEO, diantaranya : “Content is a king” and “Trend is a power“.

Konten yang orisinil dan unik akan diperlakukan Google sebagai raja dan bila diperkuat dengan “trend” maka akan menjadi SEO yang paling ampuh.  Oh ya? tapi menurut saya hal ini tidak mutlak, toh ternyata beberapa konten saya yang saya jamin unik dan orisinil tidak menjadi yang teratas di search engine.  Mengapa ? ada beberapa faktor penyebabnya : (1) Ada blog lain yang memiliki kata kunci yang sama (meskipun isinya beda) dan kekuatannya yang lebih besar dari blog kita, (2) Ada pihak lain yang copy paste tulisan kita tanpa menyantumkan link sumbernya.

Saya pun penasaran, akhirnya saya coba buat satu blog baru yang juga copy paste tanpa memberikan link sumber namun sebelumnya saya harus mengetahui trend yang sedang banyak dicari pada saat ini.  Caranya, saya browsing satu kata kunci utama yang akan saya jadikan keyword utama blog baru saya misal “Celebrities Gossip” kemudian saya ambil satu website yang ada di halaman pertama dari pencarian tersebut.  Website ini kemudian saya kuntit (buntuti) setiap harinya, apa yang dia update saya update juga dengan teknik copas yang di random (paragrap nya diubah2 terus diberi kata2 pengantar supaya agak beda).

teknik tanpa seo

Benar juga, hanya dalam sebulan blog saya sudah bisa mencapai 1000 Unique Visitor per day murni Tanpa SEO.  Bahkan pada keyword tertentu saya bisa di posisi 1 mengalahkan sang sumber (jahat memang ternyata copy paste itu).

Lalu bagaimana cara kita membaca trend ? ini adalah pertanyaan terbesarnya.. apa lagi bila kita membidik trend yang ada di negara lain seperti USA karena notabene nya pageviews dan click dari negeri ini bernilai sangat besar.  Selama ini trend yang tidak pernah putus di dunia internet khususnya wilayah USA dan Eropa ada beberapa (berdasarkan pengamatan saya) :

  1. News, berita yang sedang hangat dibicarakan
  2. Entertainment news, misal gossip selebriti dan semua hal yang berbau dunia hiburan
  3. Movie and TV Shows, film2 kelas atas seperti Hollywood slalu muncul setiap bulan dan TV Shows dari premium channel di USA selalu menjadi trend di internet
  4. Product Review, produk2 baru sering bermunculan terutama produk elektronik maka biasanya orang banyak mencarinya di internet

Masih banyak trend lainnya yang belum digali dan hal ini memerlukan pengamatan dengan cermat.

Bagi anda yang bingung bagaimana mencari pengunjung dari USA, UK, dan Canada mungkin langkah diatas adalah yang paling tepat yaitu mencari sesuatu yang sedang trend disana maka pengunjung akan datang dengan sendirinya tanpa banyak menerapkan ilmu SEO.

Faktor terakhir yang sangat menentukan adalah waktu, semakin cepat kita mengupdate maka semakin besar peluang kita untuk menang di persaingan.  Oleh karenanya sangat penting mengetahui beda waktu di Asia Fasifik dengan wilayah Eropa dan America, usahakan segera posting sebelum didaerah sana masuk waktu sore karena biasanya pengunjung akan ramai pada saat sore setelah mereka pulang dari aktifitas kerjanya (biasanya jam 3-4 subuh waktu Indonesia).

Masih bingung ? kesimpulannya : Tentukan keyword yang akan dibidik sesuai dengan point trend diatas, ambil 1 – 3 sumber untuk dibuntuti, dan posting berita secara up to date.

Note : Cara ini hanya buat yang kurang ngerti istilah SEO dan malas menerapkannya, tidak ada jaminan cara ini pasti berhasil semua tergantung trend dan cara anda.

9 thoughts on “Mengetahui Trend, Teknik Bagi Yang Malas SEO

    TV series guide said:
    20 Juni, 2011 pukul 2:15 pm

    Betul bos, seperti blog saya bahas TV shows🙂

    inotwp said:
    4 Juli, 2011 pukul 9:02 am

    saya prnah membuat suatu keyword untuk postingan saya,
    setelah saya coba cari dGoogle dg keyword tsb yg muncul adalah web / blog dg keyword yg hampir mirip & waktu posting yg jauh alias jadul. justru artikel sya yg pny keyword spt itu malah tdk bisa muncul.
    tryta mesin Google tdk scr otomatis menampilkan postingan trbaru, justru qt yg harus mnyetel agar dpt postingn trbaru

    gumilda said:
    11 Agustus, 2011 pukul 4:50 am

    trims infonya gan

    nuraeni said:
    27 September, 2011 pukul 8:01 am

    terimakasih informasinya…

    New Blackberry Bold said:
    13 Oktober, 2011 pukul 6:19 am

    cara ini sebenarnya bukan curang lebih tepatnya mengedit artikel dari beberapa sumber kemudian disatukan dalam sebuah artikel

    Dedy Firnaz.S said:
    31 Januari, 2012 pukul 5:07 pm

    Ilmu baru nih…seperti belajar forex jak….waktunya di tentukan…tapi boleh di coba,Oh ya…bang Irfan,sy di Ponti juga boleh kenal dong,siapa tau boleh tanya-tanya soal SEO….thank’s atas postingannya…Good luck

    Jefry said:
    9 Februari, 2012 pukul 9:55 pm

    Tool untuk mengecek keyword yang lagi hot atau menjadi trend kira2 ada tidak ya. Mohon informasinya, terima kasih

    belumos said:
    24 Maret, 2012 pukul 3:17 am

    manteep nih ju..,,

    jammaghofir said:
    28 Agustus, 2012 pukul 3:42 pm

    terima kasih infonya mas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s