Kenali Ciri-Ciri Penipuan Online

Posted on Updated on

Pernahkah anda merasa takut ditipu ketika belanja online ? Atau anda pernah ditipu saat berbelanja online ? Jangan kuatir, belanja online sangat aman dan efektif selama anda mengenali ciri-ciri penipuan online.  Saya selama ini selalu berbelanja online dengan tempat dan orang yang berbeda-beda dan Alhamdulillah semua lancar, untuk itu saya akan membagikan tips dan trik serta mengenali ciri-ciri penipuan online yang sedang marak saat ini.

Media yang sangat sering dilakukan para penipu ini diantaranya : facebook, situs jual beli online misal toko bagus, kaskus, dan bahkan website sendiri.

Penipuan online di dunia maya sangat menganggu sekali, terutama bagi para pembeli yang sudah tertipu bahkan jutaan rupiah.. selain itu hal ini juga sangat merugikan pihak penjual online yang benar2 jujur sehingga peminat jual beli online menjadi sangat sedikit.  Berikut ciri-ciri penipuan online yang sangat umum :

  1. Harga yang sangat murah bahkan lebih miring dari pasaran, penipu online menjerat calon mangsa dengan memberikan harga yang sangat fantastis terutama untuk barang2 elektronik yang mahal seperti laptop, kamera, maupun blackberry.  Mereka meyakinkan pembeli bahwa barang ini asli bukan seken (bekas), dan bila ditanya mengapa sangat murah jawaban yang sering karena barang BM (Black Market).
  2. Informasi yang diberikan tidak jelas, penipu online sangat minim sekali berinteraksi.. Informasi yang diberikan sangat tidak jelas dan detil, bila kita tanya via sms dia akan jawab sepatah2 dan tidak jelas, bila itu di facebook biasanya komennya dimatikan atau bahkan tidak dijawab, kalo dijawab pun komennya sepatah2.  Hal ini disebabkan si penipu tidak mengenal detil barang yang ditipunya, beda halnya dengan penjual asli pasti tahu apa saja fungsi bahkan kelebihan barang yang dijualnya.
  3. Tidak ada negosiasi yang berarti, penipu online sangat minim sekali negosiasi bahkan dia dengan mudah melepas barang yang dijualnya berapapun harganya.  Berbeda hal nya dengan penjual asli, dia akan mati2an menahan harga supaya tidak jatuh jauh saat dilakukan penawaran harga oleh calon pembeli.
  4. Nama penjual yang meyakinkan, penipu online akan mencantumkan namanya dengan kesan yang meyakinkan dengan menambah kata Bapak atau gelar misal Bapak Anu, Bapak Anuhardi (hehe maaf yang namanya mirip2), Bapak Drs H. Anu, atau Drs. Anuhardi.
  5. Nama penjual dan rekeningnya beda baik alamat dan nama, bila sudah mencapai kata sepakat penipu ini akan memberikan rekening yang tidak sama dengan namanya bahkan kotanya juga beda misal di website tertera kota Malang tetapi di rekeningnya kota Kendari.  Bila ditanya, penipu akan memberikan jawaban yg meyakinkan misalnya “itu rekening bendahara saya” atau oh itu rekening sy waktu di kota itu..

Nah itu saja ciri2 umum yang patut anda waspadai, terutama pada point ke 1 diatas itu sudah bisa menjadi indikator awal yang sangat berharga bila anda ingin belanja online.  Bila anda menemukan penjual seperti ini, silahkan anda tinggalkan sebelum anda dirugikan.

Lalu, bagaimana belanja online yang aman ? Berikut Tips dan Trik Belanja Online :

  1. Carilah barang online dengan harga pasaran yang normal (untuk barang baru), kalau pun anda mencari yang murah carilah yang murahnya tidak kebangetan (masih normal)  kalo masih ngotot mau cari yang lebih murah lagi hebat donk berarti anda bisa jadi agen hehe… temui aja penipu2 itu pasti murah2😀
  2. Penjual asli tidak akan segan dalam berinteraksi, kalaupun barangnya seken dia akan jelaskan berapa lama pemakaian dan apa saja kekurangannya secara jujur misal ada goresan disini.. kondisi 97% dan sebagainya.  Kalau di sms dia akan balas dengan bahasa yang lazim kita dengar bila kita jual beli dipasar.
  3. Ada negosiasi yang tipis, penjual akan sangat bertahan pada harga yang ia tetapkan.
  4. Cara transaksi yang baik, pada umumnya transaksi yang benar jika belanja online yaitu :   Pembeli sms barang yang akan dibeli –> penjual akan memberi info harga dan cara transfer –> Pembeli kirim uang dan konfirmasi pembayaran –> Penjual akan mengirim no resi pengiriman –> Barang sampai di pembeli
  5. Menerima proses Rekber (rekening bersama) dan COD (Cash on Delevery), rekber adalah sebuah jasa yang memungkinkan pembeli merasa aman dalam bertransaksi.  Uang pembeli akan ditampung oleh rekber hingga barang penjual sampai kepada pembeli, bila barang tersebut sudah sampai maka rekber baru akan mengirimkan uangnya kepada penjual.
  6. Nama penjual dengan rekeningnya sama, kalau pun beda tidak apa-apa yang penting kotanya masih sama (ini bisa saja terjadi bila penjual tersebut jualan dadakan, misal jual barang seken miliknya dan sebagainya jadi kebetulan yang ada rekening adik atau istrinya) tapi untuk kasus barang baru dan penjualan dalam jumlah banyak pastikan nama harus sama.
  7. Googling sebelum transaksi, sebelum anda transaksi ada baiknya anda tanya mbah Google.. ketik aja “penipu nama si anu” atau “penipuan atas nama anu” kalo di google gk ada nama orang itu ya berarti masih aman, tapi sebaiknya anda perhatikan deh kelima ciri yang saya sebutin diatas, kalo uda pasti ada diciri tersebut gk perlu googling lagi.

Oke, itu saja yang bisa disampaikan.. intinya belanja online aman kok selama anda memahami ciri-ciri si penipu.  Selamat berbelanja😀

32 thoughts on “Kenali Ciri-Ciri Penipuan Online

    Kerja Online said:
    20 September, 2011 pukul 1:15 pm

    Abis komen mending cari duit.
    Cuma ngetik dapat dollar bro…!

    http://www.paidtotyping.com/?id=ptambu11

    Contoh Gaji:

      elly said:
      14 Agustus, 2012 pukul 10:39 am

      mau tanya, apakah ada yang pernah belanja online ke wonderland toko kado? bisakah dia dipercaya? thanks yg mau komen

    nuraeni said:
    27 September, 2011 pukul 7:58 am

    terimakasih atas informasinya….

    idham perdameian said:
    30 September, 2011 pukul 12:23 pm

    Nah ini dia yang patut dipelajari. Sekarang panyak penipuan dimana2.

    Uci Love Fici said:
    13 Oktober, 2011 pukul 1:40 pm

    wah trima kasih banyak ya mas atas infonya kebetulan saya mau beli barang online.

    fajar said:
    15 November, 2011 pukul 4:47 am

    Terima kasih atas infonya, semoga pembeli online ga takut lagi bertransaksi……

    Manfaat Kesehatan said:
    18 November, 2011 pukul 1:55 pm

    harus was-was jika mau belanja online,,cek dulu kebenarannya..hehe

    dea said:
    5 Desember, 2011 pukul 3:24 am

    iya nie,,,,,,,,penipu nah gag kasian banged sm yg pembeli……iya klo yg di tipu tu orng milyader la klo orng miskin lak kasian che……..

    anto11bc said:
    9 Desember, 2011 pukul 8:29 am

    Info bagus gan, kejadian temanku kena tipu jualan online tuh

    mita said:
    25 Desember, 2011 pukul 2:18 pm

    info yang bagus gan thanks

    willy said:
    29 Desember, 2011 pukul 4:24 am

    tirms bro infonya….membatu sekali…..

    Diana Melissa said:
    3 Januari, 2012 pukul 3:49 am

    sangat membantu supaya ga ketipu lagi!

    jannah said:
    3 Januari, 2012 pukul 8:25 am

    bermanfat banget infonya….

    leechienin said:
    22 Februari, 2012 pukul 7:41 am

    wah mantab gan,,, semoga dapat bermanfaat untuk para netter.. amin-3

    Jefry said:
    22 Februari, 2012 pukul 4:05 pm

    Kalau seperti itu harus berhati – hati juga nie buat transaksi di dunia online
    trims atas ulasan di atas

    codeck said:
    25 Februari, 2012 pukul 3:40 am

    Info yang sangat bagus

    surya said:
    15 Mei, 2012 pukul 4:37 am

    informasi yang menarik….

      sriyati said:
      10 Juli, 2012 pukul 5:17 am

      PT. Arminareka Sebuah biro haji dan umroh adalah perusaan Penipu, Nenek saya ikut umroh dan hilang di Madinah, Perusahaan tidak mau bertanggung jawab sampai saat ini sudah 2 bulan nenek saya belum kembali ke Indonesia, hati hati dengan perusahaan ini, Penipu di bekukan saja ijinnya

    atok said:
    11 Juni, 2012 pukul 9:13 am

    Ester Winanti Nugraheni alamat terakhir imam bonjol salatiga, lihai dalem menipu daN SEKarang minggat dari rumahnya, hati hati kalau ketemu dengan wjah gempal orang ini

    fani said:
    12 Juli, 2012 pukul 6:05 am

    saya juga baru saja kena tipu online shop lewat BBM.Alhamdulillah ga banyak si cuma 100 ribu, dan beberapa org ternyata jg mengalami hal yang sama seperti saya. ni nomor PIN BB penipunya 29113E27, transfer ke nomor rekening atas nama AJIANOR.
    semoga ga ada yg kena tipu lagi seperti saya, smoga ini bisa jadi pembelajaran utk teman-teman yg lain.
    memang harus terus waspada dan terus belajar jadi pembeli yg pintar

      elly said:
      14 Agustus, 2012 pukul 10:36 am

      jangan pernah percaya pembelian handphone lewat online, kecuali COD dan cek/test barang setelah diterima terlebih dahulu. saya sudah pernah kena tipu. no tiki tidak ada dan barang tidak pernah sampai.

      fansmaniac responded:
      30 Agustus, 2012 pukul 2:34 am

      Saat ini data kirim lewat TIKI JNE bisa dimanipulasi, jadi bagusnya cari yg bisa COD atau minimal bisa lewat Rekber

    ZFWeb said:
    14 Juli, 2012 pukul 1:01 pm

    Tips yang sangat bermanfaat. ..🙂

    Danaoktavia said:
    13 Agustus, 2012 pukul 4:20 am

    makasi bang udah ngasi ptunjuk
    tapi kalo dya gk trima COD dengan alasan takut ditipu gmna d0ng?
    Makasi bang

      elly said:
      14 Agustus, 2012 pukul 10:33 am

      sama, saya jg mau menanyakan ini. krn tdk bs COD kan susah juga. apa memang tidak bisa atau akal2an saja? jd mencurigakan kan…….

    dermastore.co.id said:
    13 November, 2012 pukul 5:23 am

    When someone writes an paragraph he/she retains
    the plan of a user in his/her brain that how a user can be aware of it.

    Thus that’s why this paragraph is amazing. Thanks!

    imam rifa'i said:
    23 November, 2012 pukul 4:25 am

    yang penting mantab pasti aman gan, saya termasuk pelaku jual beli online sementara aman aman saja

    Agung Wilis said:
    25 Desember, 2012 pukul 8:03 am

    Waduh, rame banget blognya ya kang. artikelnya mantap2, salam kenal aja kang dari pwo

      fansmaniac responded:
      4 Januari, 2013 pukul 2:33 am

      Salam kenal juga mas agung

    afina said:
    8 Januari, 2013 pukul 4:23 am

    Mw tanya dong.
    Aq kan mw beli ϐLάcκϐέггϒ®. Harga x miring banget. Ni mw transfer. Ee. Adaa mbh googling. Mending tanya dulu ajaa ..
    BNI no. Rek 0258053301 a/n MASNA
    Bank BRI SYARIAH no Rek 1008968175 a/n DENI NOVENDRI.
    Indo shoping full ☎/✉ 0823 3060 7567
    ituu identitas n toko nyasii penjual.
    Mohon di cek yaa mbh.

      afina said:
      8 Januari, 2013 pukul 4:25 am

      Oyaa. Penjual online nya dari batam toknya di Nagoya mall. Ditunggu Чªªª balesannya : )

    afina said:
    8 Januari, 2013 pukul 4:26 am

    Oyaa. Penjual online nya dari batam toknya di Nagoya mall. Ditunggu Чªªª balesannya : )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s