Membuat Foto Landscape Menjadi Lebih Jernih

Posted on Updated on

Anda seorang fotografer yang sangat gemar foto landscape ? Tentunya anda pernah mengalami kendala kurang kontrasnya foto hasil bidikan anda atau pencahayaan yang sangat kurang saat pengambilan foto sehingga hasil foto menjadi tidak maksimal.

Bersyukurlah dengan adanya teknologi dibidang software fotografi saat ini, dengan adanya Photoshop foto tersebut akan bisa kita optimalkan hasilnya.  Saya akan tunjukkan bagaimana cara mengedit gambar dengan cara yang sangat simpel dan tidak anda duga sebelumnya.

Fasilitas yang saya gunakan adalah Auto Tone dan Auto Color pada Adobe Photoshop CS4, iya.. hanya itu.. dan anda boleh mengoptimalkan lagi hasilnya dengan teknik2 lainnya.. jangan kuatir pada seri CS2 dan CS3 menu ini juga ada.  Berikut akan saya tunjukkan betapa dahsyatnya Auto Tone dan Auto Color ini, namun sebagai catatan bahwa ini semua belum tentu bisa optimal pada foto2 tertentu.. anda bisa coba apakah penggunaannya tepat atau tidak.. kalo gk bagus ya di Undo saja.

Lihat pada foto dibawah ini, Lokasi foto saya ambil di Sungai Kapuas Kota Sanggau Kalimantan Barat siang hari pukul 11.00 WIB dengan kondisi udara berkabut asap (hal ini sering terjadi di daerah Kalbar, asap pembakaran hutan seringkali membuat udara berkabut).

Sungai Kapuas Saat Surut


Saya ambil dengan menggunakan kamera Nikon D5000, Filter CPL, SS. 1/80, F. 8 dan ini murni belum saya edit.

Nah apa yang terjadi bila saya lakukan editing dengan Auto Tone dan Auto Color.  Caranya : Klik menu Image > Auto Tone setelah itu lanjutkan dengan Klik menu Image > Auto Color.  Beginilah hasilnya :

Pasir Sungai Kapuas

Lihat, betapa simpel prosesnya bukan ? dan hasilnya pun menjadi lebih baik.  Gambar sungai yang sebelumnya hanya terlihat putih kini bayangannya menjadi jelas dan bersih.  Catatan : foto diatas sesudah di auto tone dan auto color saya cerahin lagi dengan menu brightness/contrast.

Ini contoh lainnya lagi, foto natural dengan shutter speed  lambat hingga 2 detik pada kondisi cahaya yang minim saat petang hari :

Samping rumah Irfan MarindraNikon D5000, Filter CPL, SS. 2 detik, F.1/40, Lokasi samping rumah jam 17.45 WIB (petang/maghrib)

Setelah menggunakan auto tone dan auto color hasilnya menjadi begini :

Samping rumah Irfan

Kalo gk percaya ada baiknya anda coba sendiri😀 Tapi teknik ini kebanyakan sangat cocok pada foto landscape.

Special Quote : Teknologi dibuat untuk semakin baik, mumpung ada teknologi canggih ya dipake aja.. kalo anda masih suka yang natural monggo silahkan.  Tetapi teknik ini bisa mengatasi masalah pada foto landcape yang mungkin susah teratasi dalam hal pencahayaan.

11 thoughts on “Membuat Foto Landscape Menjadi Lebih Jernih

    Deny Kurniawan said:
    20 September, 2011 pukul 4:43 am

    mantap.. ditunggu share yang lainnya mas

      fansmaniac responded:
      20 September, 2011 pukul 4:50 am

      @Deny Kurniawan : Sama2.. makasih ya atas kunjungannya🙂

    Freddy Hernawan said:
    20 September, 2011 pukul 4:58 am

    Special quotenya ada benernya juga fan. cuman bisa mengundang berbagai pendapat. menurutku yang namanya fotografi itu melukis dengan cahaya. terserah hasilnya seperti apa. hasil yang keluar dari dari rekaman lensa saat dibidik itulah hasil yang sebenarnya (fotografi). nah ketika masuk dalam tahap edit di digitalisasi itu namanya editing. cuman ada bbrp kalangan menganggap kalau fotografi adalah gabungan dari sesi pemotretan + editing. dan menganggap kalau hanya motret2 saja itu dikatakan “tukang foto” hanya sebagian kecil bagian dari bagian fotografi. (ada link penjelasanya lupa dimana). Padahal kalau hanya jago ngedit, foto2 orang lain pun bisa dipakainya juga (editor). beda dengandesigner yang buat gambar pure dari proses digitalisasi tanpa proses fotografi. ini hanya sekedar sharing pendapat. jadi kalau menurut saya mau di edit bagaimanapun juga, yah monggo, mau nature tanpa edit yah monggo. cuman kadangkala dalam lomba, hasil editan nggak berlaku atau nggak diperbolehkan. karena soal komposisi, perspektif dan lain2nya sudah harus diperhitungkan ketika kita melihat di jendela tinting di kamera.

      fansmaniac responded:
      20 September, 2011 pukul 5:38 am

      @freddy hernawan : Benar sob, pro kontra dalam hal ini jg pernah saya alami ketika bertemu dengan sobat fotografer lainnya. Namun dalam hal ini quote yang saya maksudkan adalah bagaimana cara menghadapi masalah yg mungkin tidak bisa kita atasi murni dengan kamera dan pencahayaan. Seperti halnya kabut dan petang hari membuat lensa kamera kita tidak bisa optimal dalam mengambil gambar yang baik dan notabenenya foto landscape adalah area luas yang sulit sekali dalam hal pencahayaan kecuali natural dari alam. Atau mungkin ada cara mengatasi hal ini tetapi kita sudah telanjur membidiknya dan membawa pulang hasilnya untuk diperlihatkan.

      Dengan adanya teknologi ini bisa kita dapatkan dengan lebih baik tanpa mengurangi makna artistik gambar dan makna fotografi itu sendiri. Lain halnya bila sudah kita poles (retouch) sehingga merubah konsep aslinya menjadi konsep baru yang lebih baik.. kayak jerawat2 yang ilang itu😀

      HIhi sekolah nya kita kan sama…
      Salam hangat sobatku, terima kasih atas kritik dan sarannya

    Freddy Hernawan said:
    20 September, 2011 pukul 5:00 am

    foto profilnya keren fan..😛 kapan sekolahnya…?

    nuraeni said:
    27 September, 2011 pukul 7:56 am

    waw
    sungguh indah sekali,,
    bagus bangetz jadi pengen foto-foto aku di jernihkan…

    jarwadi said:
    22 Oktober, 2011 pukul 12:20 am

    tutorialnya keren, ternyada kamera bagus bisa mengalami masalah gambar juga yah, saya kadang kadang maen maen sama image editing untuk benah benah jepretan kamera ponsel🙂

    Sugeng said:
    22 Oktober, 2011 pukul 2:32 pm

    LAngsung mencoba pakai CS2 mas, maklum saja photoshop ku cuma itu yang aku punya😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    oephank said:
    23 Oktober, 2011 pukul 7:41 am

    mas…kren tutorny….tp aku punya Photoshop CS versi 8.0 dan d menu Image tdk ada auto tone……mohon bantuannya….terima kasih

    nyong ambon said:
    29 Desember, 2011 pukul 1:32 am

    mantap mas

    syamsu muzakki(meiizha muzakki) said:
    12 Maret, 2014 pukul 2:07 pm

    asek asek,,,,,,salam pacitan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s