Miming Cathy, Boneka Tersayang Yang Tinggal Kenangan

Posted on Updated on

Miming Cathy begitu cara anakku Irley memanggil boneka kucing kesayangannya… Awalnya boneka kucing ini hanyalah boneka biasa yang ada disekitar anakku, ketika usianya masih 2 bulan pertama kalinya boneka kucing ini diberikan oleh kakak sepupunya Yoana yang dulunya merupakan kado ultah nya.  Boneka ini berwarna kecokelatan dengan baju berwarna pink dan dua kancing.  Pertama kali pada saat masih bagus, boneka ini memiliki bentuk mulut dan kumis selain itu juga bisa bersuara “meong.. meong..” jika di tekan perutnya.

Dicari Boneka Kitten Bisa Bersuara

Miming Cathy dokumen 11 juli 2011

Seiring waktu dan semakin besarnya Irley, ia sudah mulai bisa berjalan dan bermain dengan mainannya termasuk boneka.. namun boneka ini sangat istimewa di matanya.  Seringkali ku lihat ia mencium miming Cathy ini dengan penuh gemas dan sayang, sampai-sampai boneka ini kumal dibagian hidung dan mulutnya karena sering dicium olehnya.  Aku pun mulai sering mencucinya hingga akhirnya suara meong ketika di tekan pun sudah tidak bisa bersuara lagi.

Setiap hari sampai dengan umur Irley genap 2 tahun miming Cathy ini selalu jadi temannya, setiap ia pergi kemana saja tidak lupa dibawanya boneka ini bahkan ia memiliki tas sendiri yang digunakannya untuk membawa boneka kesayangannya itu.  Akhirnya karena sering kali di cium dan dimainkan perlahan Cathy mengalami kerusakan, mulai dari bulu kumisnya yang lepas dan harus dipotong karena mengganggu sampai dengan bentuk bibirnya yang sudah tanggal karena dibuat dari jahitan benang.  Terakhir hidungnya yang terbuat dari plastik pecah dan terbelah, beruntung anakku masih memberikan pecahannya sehingga bisa ku lem ulang.  Karena sering dimainkan hidung yang di lem ini juga seringkali lepas sehingga mungkin sudah 4 kali aku pasang dan lem kembali.

Tidak lupa setiap 1-2 minggu sekali miming Cathy ku cuci dengan mesin cuci sehingga selalu wangi dan bersih, meski warna kumal dan lusuh akibat usang tidak bisa dihilangkan.  Boneka ini sudah seperti bagian dari keluarga kami, karena ada miming Cathy ada Irley jadi boneka ini tidak pernah lepas darinya.  Kadang di saat tertentu ketika Irley keluar dibawa oleh Oma dan Opanya seringkali boneka ini bisa menjadi obat penawar rindu.

Boneka ini  juga telah berkeliling kemana saja Irley pergi, entah itu keluar kota maupun pada saat ia sakit miming itu juga selalu menemaninya di rumah sakit.  Pada saat ia ketakutan karena hujan atau guntur, miming inilah yang pertama kali dipeluknya sebelum ia berlari mencari ayah atau bundanya.  Betapa sayangnya Irley sehingga seluruh keluarga tahu bahwa ada Irley ada miming Cathy, dan itu selalu.  Sering juga Irley sembarangan meletakkan bonekanya, sehingga aku selalu berusaha mencarinya sampai ketemu.

Edhie susanto khar dan irley

Irley dan Miming Cathy

Irley saat lebaran tahun 2011 di kota Sanggau, boneka ini selalu dibawanya

Suatu hari Jumat 29 Juni 2012, hari ini aku mengantar istriku dengan mobil.. tidak seperti biasanya karena biasanya istriku ke kantor dengan motornya.  Kali ini rute ku adalah mengantar istri ke kantor kemudian mengantar Irley ke rumah Oma Opanya dan aku berangkat ke kantor ku.  Seperti biasa Irley membawa miming Cathy nya sebelum naik ke bangku tengah mobil.  Saat itu Irley tidak ingin di bangku tengah dan ia memutuskan untuk ke depan, giliran istriku yang duduk di bangku tengah.. sebelumnya ia sempat mengatakan “ini mimingnya simpan di depan aja”.  Dan ia pun membawa dan memeluk mimingnya itu… karena sangat ingin menonton film kartun Oggy di TV mobil, Irley pun memutuskan untuk kembali duduk di bangku tengah karena gambar TV terlihat jelas bila duduk disitu.

Kemudian saat itu aku pun sudah lupa apa yang telah terjadi, sepertinya Irley membawa mimingnya ke bangku tengah dan meletakkannya persis didekat tas kerja istriku.  Ketika sampai di kantor istriku, seperti biasa Irley bersalaman dan memberikan ciuman sebelum bundanya pergi kerja.  Dan ketika itu istriku menarik dan mengeluarkan tas kerjanya sambil berbicara dengan Irley, entah mungkin menurutku tanpa disadari miming Cathy juga ikut tertarik dan terlempar keluar dari mobil.  Sayangnya ketika boneka ini jatuh, tak satupun diantara kami yang sadar karena kami saling berbicara mengucapkan salam perpisahan sebelum pergi kerja.

Aku pun terus memacu mobil hingga sampai dirumah Oma dan Opa, kejanggalan terjadi ketika kulihat Irley tidak turun bersama miming nya itu.. “mana mimingnya ?” tanyaku.  Dan anakku menjawab tidak tahu, aku pun mulai memeriksa mobil dari bangku depan sampai bangku belakang dan firasatku mengatakan pasti dia terjatuh saat pintu dibuka waktu mengantar istriku dikantornya.  Aku pun segera menelpon istriku dan menyuruhnya untuk memeriksa di halaman kantor… tapi terlambat miming Cathy sudah tidak ada lagi disitu.

Istriku pun bertanya-tanya dengan orang disekitar dan sambil berkeliling mencari-carinya.  Seorang teman istri bercerita bahwa ia sempat melihat boneka itu tergeletak sendirian ditengah halaman, namun ia tidak terlalu memperdulikannya.. namun itu terjadi jauh 15 menit yang lalu.  Aku rasa untuk ini sudah tidak mungkin aku mencarinya, ia jatuh di lokasi yang cakupannya sangat luas tidak sama saat ia hilang di rumah yang masih bisa dicari.  Lemah sekali rasanya, dan hari itu kerja pun menjadi tidak semangat.

Mungkin lucu, kami harus bersedih karena kehilangan miming Cathy sebuah boneka yang sudah kumal lusuh dan juga benda mati.  Tapi kurang rasanya melihat Irley tanpa boneka itu.  Kini boneka itu tinggal kenangan, dan aku sangat menyesali mengapa harus hilang karena kelalaian.  Sesaat sebelum terakhir kali boneka itu hilang, aku sempat memainkannya didepan anakku seperti biasanya sambil menirukan suara kucing berbicara.  Dan ia pun sempat berkata sebelum pergi membawa boneka itu “Ayah ini mimingnya sudah bau, nanti dicuci ya ?”  Sungguh tak bisa ku pungkiri aku sangat sedih bila mengingatnya, dan tulisan ini kubuat sesaat setelah aku mencuci pakaian yang seharusnya bersamaan dengan mencuci miming Cathy.

Irley dan miming Cathy

Irley dan mimingnya yang begitu dekat selama 3,5 tahun (Dok. 18 Sept 2011)

Kini boneka itu sudah menjadi kenangan, bahkan aku pernah berfikiran bahwa akan menyimpannya nanti bila Irley sudah besar agar dapat menjadi kenangannya bahwa boneka itulah yang menjadi sahabatnya saat masih kecil, namun hal itu tidak sempat terjadi.  Mungkin ia sudah di takdirkan untuk hilang, entah mengapa kami yang begitu merasa sedih tetapi ku rasa setiap orang pasti punya suatu benda yang menjadi kenangannya masing-masing.

2 hari ini pula tak hentinya aku mencari boneka ini di internet, namun sepertinya sudah tidak produksi lagi.  Aku berharap bila ada yang tahu dimana ada tempat yang menjual boneka seperti ini bisa memberikan informasinya dan pasti akan kubeli berapapun harganya.

Write on 1 Juli 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s