Pilih Printer Canon atau Epson ?

Posted on Updated on

Mungkin anda saat ini sedang bingung mau pilih printer apa yang cocok buat dirumah atau di kantor anda, dan mungkin anda juga sedang pilih-pilih merk apa yang bagus kira-kira untuk printer dirumah.  Salah satu yang membuat bingung adalah jenis dan merk printer.  Pada dasarnya semua merk printer memiliki kelebihan dan kekurangan, semuanya sama bagus dan semuanya cocok untuk memenuhi kebutuhan cetak anda.  Namun tentunya kita ingin mengetahui mana saja printer yang sangat cocok bagi kita sebelum memutuskan untuk membelinya.

Saat ini ada 3 merk printer yang cukup mendominasi pasaran printer Indonesia yaitu Canon, Epson dan HP.  Saya kebetulan juga membuka usaha percetakan dan telah merasakan ketiga merk tersebut dan banyak type yang sudah saya coba.  Berikut ini saya bagikan kelebeihan dan kekurangan ketiga merk tersebut menurut versi saya.

Printer CANON

Kelebihan :

  • Canon memiliki kecepatan print yang baik, dalam mode Normal rata-rata mampu mencetak diatas 1 lembar dalam waktu kurang dari 1 menit dan hampir semua type memiliki kecepatan tersebut.  Hal ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencetak dalam jumlah banyak seperti kantor dan tugas kuliah.
  • Kualitas cetak yang baik, untuk mode standar saja Canon menampilkan hasil yang bagus bila menggunakan mode foto hasilnya jauh lebih sempurna.  Namun rata-rata Canon memiliki kelemahan di warna hitam, kadang untuk type tertentu warna hitam untuk mode foto agar pudar tetapi tetap hasilnya memuaskan.
  • Memiliki banyak pengaturan kecepatan, kualitas, terang gelap dan penggunaan kertas.  Canon memberikan banyak kebebasan bagi penggunanya untuk melakukan pengaturan tersebut.
  • Bila terjadi kesalahan ada beberapa yang dapat ditangani langsung tanpa harus membawanya ke bengkel service
  • Mudah dipasang sistem tinta infus (CISS)
  • Memiliki banyak jenis/variant yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda
  • Untuk type printer dengan ink tank, masa pakainya dapat lebih lama dibandingkan dengan sistem catridge

Kekurangan :

  • Sering terjadi pesan kesalahan, Canon memiliki banyak kode-kode kesalahan yang paling banyak disebabkan oleh kertas nyangkut, absorber penuh, dan kesalahan teknis lainnya sehingga terkadang repot bagi anda yang tidak mengetahui trik mengatasinya.
  • Rewel jenis tinta, terkadang gonta-ganti merk tinta sangat mempengaruhi umur catridge sehingga seringkali mengakibatkan catridge sumbat hal ini dikarenakan Canon menggunakan sistem busa didalam catridgenya dan noozle head cetaknya juga menggunakan lapisan halus seperti kain sablon.
  • Ada sistem absorber count, Canon memiliki masa pakai absorber sehingga bila itu sudah penuh maka printer tidak dapat ngeprint seperti biasa meskipun ada trik mengatasinya tetapi itu tetap menjadi masalah bagi orang awam.
  • Catridge mudah rusak karena alasan salah menyuntikkan/isi ulang tinta kecuali dengan type ink tank

Point 1-10 printer CANON menurut pengalaman saya :

Kecepatan : 8
Kualitas Cetak : 7
Masalah : 7
Penanganan Masalah : 8
Variant/Jenis : 8

Printer EPSON

Kelebihan :

  • Gradasi warna yang baik dan bagus sehingga cocok untuk mencetak foto atau cetakan lain dengan pixel yang tinggi
  • Cocok dengan banyak jenis tinta, Epson bahkan bisa mentoleransi tinta dengan kepekatan yang agak lebih padat seperti tinta pigment atau art paper dikarenakan head noozle nya lebih besar dan tidak menggunakan sistem busa
  • Sistem penarikan kertasnya dapat disesuaikan dengan jenis kertas, sehingga pada kertas tertentu seperti kertas foto dan glossy ia dapat perlahan menarik kertas tanpa banyak meninggalkan bekas
  • Cocok untuk pengusaha percetakan seperti sablon, cetak foto dan lainnya karena support banyak macam jenis tinta
  • Mudah dipasangi infus (CISS)

Kekurangan :

  • Mayoritas memiliki kecepatan yang sangat lambat (kecuali beberapa type tertentu) sehingga tidak cocok untuk mencetak dalam jumlah banyak seperti kantoran
  • Ada sistem reset catridge, Epson memiliki program untuk mendeteksi jumlah tinta pada catridge sehingga bila catridge dinyatakan kosong menurut program harus dilakukan reset terkadang cukup ribet meski sudah dipasangi infus.
  • Head seringkali kotor sehingga hasil sering bergaris dan harus dilakukan proses head cleaning terkadang harus sampai berkali-kali hingga baik kembali.  Menurut pengalaman, paling susah bila hal tersebut terjadi ditengah2 hasil print misal sebagian pas masih bagus sebagiannya lagi tiba2 bergaris sehingga kita harus mulai dari awal lagi.
  • Proses head cleaning memakan tinta yang cukup banyak sehingga menjadi boros tinta.

Point 1-10 Printer EPSON menurut pengalaman saya :

Kecepatan : 5
Kualitas Cetak : 8
Masalah : 8
Penanganan Masalah : 7
Variant/Jenis : 7

Printer HP

Kelebihan :

  • Kecepatan printer ini cukup baik, dan hebatnya lagi printer ini dapat mencetak full color pada mode Draft dengan tidak terlalu mengurangi kualitas.  Biasanya pada printer lain muncul garis-garis horizontal bila mencetak full color dengan mode Draft, tetapi pada printer ini garis-garis tersebut tidak terlalu tegas terlihat
  • Banyak pilihan kecepatan seperti halnya Canon yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • Kualitas cetak dengan mode foto sangat baik dan detail namun cukup boros tinta

Kekurangan :

  • Pada dasarnya printer HP banyak kekurangan di sistem penarikan kertasnya
  • Sistem penarikan kertas yang berada di bawah seperti sistem tray menyebabkan kita kesusahan mencetak dokumen seperti blanko isian karena kadang posisi penarikannya tidak tepat atau pencetakan tanpa tepi terkadang masih selisih.
  • Cukup susah bila mencetak pada kertas yang agak tebal, karena kertas tersebut akan cukup susah dibengkokkan oleh sistem tray
  • Pada mode draft kertas bisa berhamburan melompat jauh dari printer karena sistem penarikan yang terlalu laju
  • Susah dipasangi infus (CISS)

Ini hanyalah menurut pengalaman saya yang biasa mencetak dengan kedua printer tersebut, anda bisa sesuaikan dengan kelebihan dan kekurangannya.  Pengen cepat, banyak dan berkualitas pilih Canon.  Pengen hasil optimal, bisa cetak diatas banyak bahan pilih Epson. Pengen cepat dan berkualitas pilih HP.

Tulisan ini bukan untuk mensponsori ketiga merk tersebut, ini hanya membantu memberikan pilihan.

5 thoughts on “Pilih Printer Canon atau Epson ?

    sanggau said:
    27 Desember, 2012 pukul 1:49 am

    Sukses story menggunakan printer Epson L100, lebih tahan, udah menghasilkan keuntungan 3 kali lipat dari harga beli printernya.
    dan sampai sekarang stok tinta bonus bawan pabrik masih sisa 1 botol, irit dan tangguh jika untuk di gunakan usaha printing mau pun kantoran.
    investasi memang tidak murah, tapi biaya perawatan sangat-sangat murah, bahkan minim kesalahan, kadang memang terjadi paper jam, bergantung juga pada kertas yang di pakai dan setingan yang di pakai untuk printing di kertas yang akan kita print.
    🙂
    Indahnya berbagi…

    Jefry said:
    29 Januari, 2013 pukul 3:35 am

    masing-masing printer ini memiliki kekurangannya dan kelebihan
    postingannya bisa jadi bahan pertimbangan buat kita semua untuk membeli sebuah printer, terima kasih sudah berbagi info

    Reza said:
    9 Juli, 2013 pukul 12:24 pm

    sory gan, saya berniat membeli printer untuk percetakan kecil2an dirumah, (brosur, foto, dan kalau bisa untuk kertas art karton 260gr), kira2 printer apa yang cocok dengan saya? ( budget sekitar 3jtan )…

    kalau ada yang tau, silahkan infokan ke reza0896@gmail.com

    terima kasih….

    jibur said:
    31 Agustus, 2013 pukul 9:53 am

    Mau juga dong gan, recomendnya printer utk cetak a3 sampai ketebalan kertas 260gr. Tlg dijawab, atau kalo ga ngerepotin, kirim ke jibur_steineckert@yahoo.com. Makasih banyak.

    DEWA said:
    6 Agustus, 2014 pukul 9:34 am

    Gw pkai canon sdh 2thn lbh baru ada masalah. katrid hitam print bergaris. tp itu wajar, krn sdh pernah print ribuan lembar text dan ratusan lembar foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s