Review Film Mama : Film Horor yang Buat Haru dan Buat Kaget

Posted on Updated on

Mama adalah sebuah film bergenre Horor yang mulai tayang pertengahan bulan Februari 2013 kemarin. Film ini mengisahkan tentang 2 orang anak yaitu Victoria (kira-kira berumur 5 tahun) dan Lily (berumur kurang dari 1 tahun)  yang hilang 5 tahun yang lalu, sejak saat itu paman mereka Lucas dan kekasihnya Annabel terus berusaha mencari jejak keduanya.  Dipenuhi dengan scene-scene mendebarkan dan buat jantung kita kaget karena penampakan yang datang secara mendadak.  Kali ini saya akan coba mereview film ini dari pandangan saya, mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang belum nonton atau kepengen nonton tapi masih mencari referensi biar makin mantab.

review film Mama

Berawal dari sebuah kejadian yang tidak terlalu detail dijelaskan, ayah dan ibu dari Victoria dan Lily sepertinya memiliki masalah keluarga sehingga keduanya bertikai dan menewaskan sang ibu.  Sang ayah pun membawa lari kedua putrinya ini keluar kota, naas menimpa mereka ternyata mobil yang dikendarai ayahnya tersebut tergelincir dan masuk kedalam jurang didalam hutan pinggiran kota.  Dari sinilah semuanya bermula, setelah kecelakaan itu ternyata mereka semua selamat dan memutuskan berjalan kaki masuk kedalam hutan belantara yang dingin.  Sesampai di tengah hutan mereka bertemu sebuah rumah tua yang sudah lama ditinggalkan penghuninya, disinilah mereka memutuskan untuk berhenti dan beristirahat.

Gubuk tua ini ternyata di huni oleh sesosok roh perempuan yang masih gentayangan, sosok ini sebelumnya sudah dilihat oleh Victoria anak sulungnya namun sang Ayah tidak menghiraukan itu.  Entah mengapa sang ayah ternyata ingin bunuh diri, dan ia memutuskan untuk membunuh kedua anaknya terlebih dahulu.  Saat itulah sosok hantu perempuan ini muncul membunuh sang ayah dan menyelamatkan kedua anaknya.  Menurut saya, disini kejadian awal ini hanya sekilas info dan bukan bagian pentingnya karena banyak informasi-informasi yang kurang jelas seperti kenapa ayahnya ingin bunuh diri dan membunuh semua anak-anaknya.

5 tahun kemudian orang suruhan paman Lucas (diperankan oleh Nikolaj Coster-Waldau) menemukan jejak kecelakaan mobil tersebut dan menyusuri hingga ke dalam hutan yang kemudian menemukan rumah tua itu.  Hal mengagetkan pada scene ini adalah dimana kedua anak tersebut diketemukan dalam keadaan lusuh dengan rambut panjang dan jalan merangkak seperti hantu.  Ternyata kedua anak ini mengalami kelainan perilaku sosial akibat selama 5 tahun diasuh secara liar di hutan.  Scene ini juga tidak terlalu detail dijelaskan karena tidak lama kemudian keduanya sudah nampak normal meski Lily sang adik masih nampak liar karena sejak kecil belum pernah menemukan manusia.

Hantu mama

Kedua anak ini ternyata di asuh oleh hantu perempuan itu dan memberi makan mereka dengan buah cerry dan ngengat (sebangsa kupu-kupu yang biasa keluar dimalam hari).  Seorang professor psikologi Dr. Dreyfuss mencoba untuk meneliti fenomena kelainan perilaku kedua anak ini, ia mencoba mendalami dan mencari info siapa sebenarnya yang selama ini mengasuh mereka.  Disini saya mengira Dr. Dreyfuss adalah pemeran utama yang bakal menyelamatkan kedua anak ini.

Trailer film Mama

Ketegangan muncul ketika kedua anak ini diasuh oleh Annabel (kekasih paman Lucas) dirumah lamanya sebelum dinyatakan hilang dulu.  Annabel adalah sosok wanita tomboy yang tidak pernah berurusan dengan anak kecil, pemain bass dan suka ngeband.  Paman Lucas mempercayakannya untuk menjaga dirumah karena ia harus bekerja sampai sore.

Tanpa mereka sadari ternyata hantu perempuan yang selama ini dipanggil “mama” oleh kedua anak ini ikut masuk kedalam rumah melalui dinding didalam lemari pakaian kamar anak tersebut.  Annabel seringkali menemui bayangan-bayangan aneh hantu ini tetapi Lucas selalu menganggapnya sebagai halusinasi atau perasaan saja, hingga akhirnya Lucas dicelakai oleh hantu ini dan membuatnya koma beberapa minggu. Dari sini saya baru menyadari ternyata pemeran utama di film ini adalah Annabel, sebelumnya saya mengira Lucas lah sebagai pemeran utamanya karena pada awal film ia yang paling sering disorot.

Seiring waktu Annabel merasa semakin sayang dengan kedua anak ini dan menganggap mereka seperti anaknya sendiri.  Hal ini lah yang membuat hantu Mama menjadi cemburu dan tidak suka dengan Annabel.

Hari demi hari Annabel lalui dengan penuh suasana mencekam, ia selalu dihantui sosok hantu wanita yang masuk kedalam mimpinya, ia juga merasa Victoria dan Lily sedang bermain dengan sesorang tetapi ketika di periksa ternyata tidak terdapat apa-apa.  Anda pasti akan menduga bahwa kedua anak ini mengalami halusinasi psikologis yang menganggap seolah-olah mereka gila.  Tapi ternyata sosok Mama ini adalah hantu yang nyata, hal ini lah yang ingin diungkap oleh Dr. Dreyfuss tadi sehingga ditemukanlah sebuah informasi mengejutkan olehnya.  Ternyata sosok Mama itu adalah roh seorang wanita gila pada tahun 1800an, ia merampas bayi yang diasuh oleh suster dan membawa lari ke hutan kemudian bunuh diri terjun kesebuah telaga namun naas ia mati sedangkan bayinya tersangkut disebuah kayu pohon dipinggiran jurang tempat ia melompat.

foto fim Mama

Di akhir cerita, hantu Mama ini menampakkan wujudnya yang seram dengan rambut panjang terurai melambai-lambai dan gerakan patah-patah khas hantu barat.  Mama sebenarnya merupakan hantu baik, ia merawat Victoria dan Lily dengan perasaan kasih sayangnya sehingga kedua anak ini menganggap mereka sebagai sosok Mama. Apalagi Lily yang memiliki memory tentang manusia yang sangat sedikit membuat ia merasa bahwa Mama yang sebenarnya adalah si hantu itu dan manusia selain kakaknya adalah sosok aneh. Film ini berakhir dengan kisah sedih, Lily ikut terjun bersama sang Mama ke dasar jurang sedangkan Victoria memutuskan untuk ikut bersama Lucas dan Annabel yang sudah dianggap orang tuanya.

Dari keseluruhan film, menurut pandangan saya tayangan horror hanya di awal dan pertengahan dan itu banyak berasal dari penampakan mengejutkan dengan cepat ditambah dengan suara musik yang bikin kaget.  Pada bagian akhir film ini justru membuat haru karena menunjukkan kasih sayang kedua Mama yaitu si hantu dan Annabel yang sangat menyayangi kedua anak ini sehingga mereka saling berebutan untuk memiliki Victoria dan Lily.

Lebih asyik bila di tonton langsung, rasakan suasana mencekam dan mengagetkan serta keharuan pada bagian akhir ceritanya.  Selamat menonton..!

Iklan

6 thoughts on “Review Film Mama : Film Horor yang Buat Haru dan Buat Kaget

    arjoona said:
    7 Maret, 2013 pukul 3:40 am

    wah gw terus terang kurang suka film horor…tapi baca reviewnya jadi pengen nonton hahaha….

    apung said:
    17 Maret, 2013 pukul 2:25 am

    iya nih, ane jadi ingin juga nonton ini film, entar deh cari di online siapa tau ada 😀

    lonita said:
    7 Mei, 2013 pukul 5:29 am

    film horror terkeren, ending akhirnya very touching !! aku smp 3x nontonnya 😀

    Fie Yuqo BestFriend said:
    17 Mei, 2013 pukul 8:28 am

    Pingin nonton >_<

    Fatimah azzahra said:
    22 November, 2013 pukul 6:57 am

    Gue udah nonton, gue liat di blog sebelah, katanya yang jadi hantunya itu emang begitu bentuk asli tubuhnya, dia juga bisa mergangkan sendinya sendiri, kan ada scane pas hantunya berjalan sambil kayang, katanya itu asli, yg gak asli cuma wajah, efek rambutnya terbang terbang, sama pas scane dia terbang dia kaya punya kelainan gitu

      fansmaniac responded:
      23 Desember, 2013 pukul 4:33 pm

      waduh seram ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s