Review Film Oblivion : Ketika Bumi Dikuasai Mahluk Asing

Posted on Updated on

Oblivion (2013) diperankan oleh Tom Cruise sebagai Jack Harper, film ini mengisahkan tentang cerita bumi dimasa depan yang telah dijajah oleh mahluk asing dari luar angkasa.  Film ini penuh tanda tanya diawalnya karena kita banyak kekurangan informasi dan ditambah lagi dengan narasi dari Jack yang membuat kita seolah-olah percaya dengan apa yang ada dibenaknya.  Oblivion sendiri maksudnya adalah terlupakan, atau memory yang pernah kita ingat namun terlupakan atau bisa dikatakan juga dengan pencucian otak.

Pada tahun 2070 bumi diserang oleh mahluk asing yang ingin mengambil sumber daya alam bumi terutama air, bumi porak poranda dan bulan juga hancur.  Menurut cerita diawal, pada saat itu manusia memenangkan perang itu namun sebagai gantinya bumi rusak akibat ledakan nuklir yang digunakan untuk melawan sehingga sudah tidak layak lagi untuk dihuni. Manusia akhirnya memutuskan untuk pindah ke salah satu bulan di planet saturnus dan membuat semacam mesin transporter raksasa yang berfungsi menyedot air dari bumi menuju titan yaitu sebutan untuk tempat dimana manusia berada sekarang.

PHmb5BwCKCmJpv_1_m

Pada bagian awal cerita, Jack selalu mendapatkan mimpi-mimpi aneh, dia seperti melihat masa lalu dimana ketika bumi masih belum hancur seperti saat ini.  Jack selalu bermimpi bertemu dengan seorang gadis yang ia rasa belum pernah dikenalnya sama sekali, tetapi didalam mimpi itu ia serasa dekat dan pernah bertemu.

Jack dan Victoria (Andrea Riseborough) adalah sepasang manusia yang ditugaskan untuk mengontrol dan merawat mesin tersebut di bumi, praktis yang ada dibumi hanya kedua orang manusia tersebut.  Mereka tinggal disebuah menara pengawas yang sangat tinggi namun dipenuhi peralatan yang super canggih. Victoria bertugas sebagai bagian kontrol sedangkan Jack sebagai petugas patroli yang bertugas mengawas langsung dilapangan dan memperbaiki robot-robot penjaga yang rusak akibat serangan mahluk asing yang tersisa dibumi.

Awalnya kita sedikit merasa deg-degan karena setiap Jack membetulkan robot penjaga ia selalu diawasi oleh mata mahluk asing yang mengintainya.  Namun letak anehnya adalah mengapa para mahluk asing ini sepertinya diam dan tidak menyerang Jack meski sebenarnya Jack rentan untuk diserang.  Suatu ketika Jack merasa curiga, akhir-akhir ini ia seperti dijebak oleh mahluk asing karena robot-robot terlalu sering rusak dan kadang ia menemukan beberapa transmitter sinyal palsu yang seolah-olah dinyalakan hanya untuk memanggil ia turun dan memeriksa.

Beberapa hari kemudian Jack mendapatkan sinyal aneh dari sebuah lobang bawah tanah yang berada cukup jauh dari pengawasan sehingga memaksa ia kesana dengan mengendarai motor.   Sesampai disana lagi-lagi Jack tidak menemukan apa-apa selain transmitter sinyal palsu itu, ia pun terkejut karena ternyata mahluk-mahluk asing itu berencana untuk menangkapnya bukan membunuhnya.  Ia berusaha untuk lari dari perangkap tersebut namun nyaris saja gagal sebelum akhirnya robot pengawas datang membantunya, namun sayang motornya dicuri dan ia terpaksa harus jauh berjalan untuk kembali ke menara pengawas.

Jack selalu bercerita tentang pengalaman anehnya ini kepada Victoria namun ia seringkali tidak percaya dan menyuruh Jack untuk tetap pada misi.  Jack juga sering mengajak Victoria untuk ikut patroli dan turun ke bumi bersamanya karena ia ingin memperlihatkan sesuatu yang belum pernah ia lihat, namun Victoria selalu mengabaikannya.  Ternyata sesuatu yang ingin diperlihatkan Jack itu adalah sebuah daerah dekat dengan wilayah bahaya radiasi nuklir, terdapat sebuah daratan yang masih hijau dan dipenuhi tumbuhan.  Disana Jack selalu mendapatkan kedamaian dan ketenangan dari tugas rutinnya sehari-hari, bermain basket, tidur-tiduran, mendengar musik, dan membangun rumah kayu.

Pada suatu hari Jack menemukan sinyal aneh itu lagi berada di sebuah menara kuno yang bila diterjemahkan kode tersebut seperti sedang memanggil sesuatu dari luar angkasa.  Distrik 17, itulah arti sinyal kode itu… dan ternyata benar saja beberapa hari kemudian Jack dan Victoria dikejutkan dengan munculnya pesawat dari luar angkasa yang jatuh terbakar ke area distrik 17.  Jack pun bergegas menuju lokasi tersebut meski sebenarnya itu terlalu bahaya baginya.

PHrRM9tp2oxjux_1_m

Anehnya isi kapal yang jatuh tersebut semuanya adalah manusia yang sedang tidur dalam peti/kapsul tidur, dan betapa terkejutnya Jack ketika melihat salah satu manusia tersebut adalah wanita yang biasa ada didalam mimpinya.. siapakah dia?? Jack penuh tanya sambil kebingungan.  Tak lama kemudian datanglah robot penjaga yang justru menghancurkan semua kapsul tidur yang berisi manusia tersebut.  Ketika robot itu datang dan ingin menghancurkan kapsul yang berisi wanita itu, Jack bersikeras melawan dan menutup-nutupinya hingga ia berhasil mengusir robot penjaga itu.

Jack pulang membawa kapsul itu, dan ternyata Victoria kurang menyetujui itu karena ia takut terpapar infeksi dan segala macam yang mungkin sudah menjadi rekaman di otaknya sejak dulu.  Begitu dibuka wanita tersebut langsung sadar, namun betapa terkejutnya mereka karena wanita itu mengenali Jack.  Bagaimana ia bisa mengenali Jack? padahal Jack hanya pernah menemuinya di mimpi.  Wanita itu bernama Julia (Olga Kurylenko).  Akhirnya Victoria melaporkan hal ini kepada Sally (Melissa Leo) yaitu seorang operator di Titan yang memiliki kontrol terhadap semua mesin dan robot.  Sally berkata bahwa ia harus membawa wanita itu ke Titan, tempat dimana para manusia tinggal sekarang.

Oblivion film

Misi Jack untuk membawa Julia terhalangi karena ternyata mereka dijebak dan ditangkap oleh mahluk asing yang kemudian membawa mereka kedalam suatu lokasi rahasia yang tidak diketahui oleh robot-robot penjaga.  Apa yang terjadi ? ternyata mahluk asing yang selama ini meneror itu adalah manusia!! Lalu apa yang sebenarnya terjadi ?? Anda pasti bingung ketika menonton scene ini.

Ternyata Jack telah dicuci otaknya, Jack adalah seorang pilot pesawat luar angkasa bersama Victoria… mereka memiliki misi untuk melawan serangan mahluk luar angkasa, karena terjadi kegagalan fungsi pesawat ia melepaskan partisi pesawat yang berisi 6 kapsul tidur salah satunya kapsul Julia.  Ya, dejavu atau mimpi selama ini tentang Julia ternyata benar ia pernah bertemu dengan wanita ini.  Dan ingatan salah tentang bumi adalah ternyata manusia kalah, bumi hancur karena serangan mahluk asing itu dan selama berpuluh tahun mereka menyedot sumber daya di bumi dengan memanfaatkan Jack dan Victoria sebagai pengawasnya.

Jack masih  belum percaya, tetapi Beech (Morgan Freeman) pemimpin pasukan manusia yakin bahwa Jack pasti akan sadar bila ia berani memasuki kawasan terlarang yang selama ini disebut sebagai kawasan bahaya radiasi nuklir.  Di menara pengawas, Victoria merasa kesal dan cemburu dengan Jack dan Julia, ia juga tidak bisa menerima kenyataan ketika Jack menyatakan perihal yang sebenarnya.  Namun sepertinya hal ini sudah diatur, ketika Jack dan Victoria tidak lagi memiliki kesamaan visi maka muncullah sebuah robot bersenjata yang bertugas membunuh keduanya.  Jack selamat, sedangkan Victoria mati akibat serangan robot pemusnah itu.  Jack pun lari dan mencoba membuktikan kebenaran tentang kawasan bahaya radiasi nuklir, ia ingin tahu apa yang ada didalam area bahaya radiasi nuklir itu.  Anda pun pasti juga ikut-ikutan penasaran pada secene ini.

Oblivion film 3

Betapa anehnya ternyata ada Jack Herper lain di kawasan itu, mana mungkin!! ada 2 Jack?? Sama persis semuanya, tidak ada bedanya yang menbedakan hanya tulisan di baju mereka yaitu nomor menara pengawas!! Ya Jack yang penasaran itu bernomor 45 sedangkan Jack yang ditemuinya bernomor 52.  Kedua Jack ini bertarung karena sama-sama kebingungan dan akhirnya Jack berhasil mengalahkan dan membawa pesawatnya.

Kini Jack telah sadar, dan ia tahu bahwa selama ini semuanya palsu…!  Ia mencoba terbang menggunakan pesawat Jack 52 tadi ke menara pengawasnya ternyata Victoria juga ada di menara pengawas itu.. tak mungkin!! berarti ada banyak Jack dan Victoria ???

Jack pun kembali menemui Beech namun ternyata jejak nya diketahui oleh Sally yang ternyata hanya sebuah tampilan maya manusia, Sally ini lah pelaku/musuh sebenarnya.  Beech berencana membawa robot rusak yang telah dimodifikasi menjadi bom nuklir didalamnya ke dalam Titan diluar planet bumi.  Namun bagaimana caranya ?? Jack baru teringat bahwa ia punya satu misi yang belum dilaksanakan, yaitu membawa Julia kepada Titan, inilah kesempatannya..! Namun ini berarti misi bunuh diri, artinya bom ini hanya bisa dilakukan secara manual dan itu berarti Jack dan Julia akan mati bersama.

Oblivion film 2

Apakah misi Jack ini berhasil ? Sepertinya tidak seru kalo saya jelaskan terlalu detail, anda akan kehilangan serunya saat menonton film ini.  Cari tau selebihnya yaa…?

Film ini sangat seru, atraksi action mungkin tidak terlalu banyak tetapi misteri dibalik semua cerita ini membuat rasa penasaran kita muncul saat menonton.  Selamat menonton..!

Direview oleh : Irfan M

4 thoughts on “Review Film Oblivion : Ketika Bumi Dikuasai Mahluk Asing

    rhesi said:
    21 Januari, 2014 pukul 2:04 pm

    saya udh nonton berkali-kali tapi tetap nggak ngerti maksud filmnya apa, masa jacknya bisa 2

      Dimas Purwiyantoro said:
      26 Februari, 2014 pukul 6:29 pm

      knapa jack bisa 2, itu karena makhluk asing pake teknologi kloning bro,

    Boy Tulus said:
    16 Maret, 2014 pukul 5:24 pm

    jadi yang menyerang bumi itu sebenranya bukan alien.. tapi “Jack” kloningan yang jumlahnya ribuan lebih… dan yang ciptain kloningan ini ya mereka alien itu…..
    tapi filmnya kurang ngejelasin sebenranya aliennya itu apasih dan darimana asalnya? masa cuman segitiga gitu doang..

      fansmaniac responded:
      17 Maret, 2014 pukul 12:55 am

      Iya betul mas boy, informasi tentang aliennya itu kurang jelas.. tapi mudah2an ada kelanjutannya jadi mgkn bisa dijelasin sequel berikutnya kali ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s