Linieritas Kualifikasi Akademik Guru Pada PPGJ

Posted on

Sejak akan diberlakukannya Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ) pada tahun 2015 ini, banyak guru yang bertanya-tanya mengenai lineritas  terutama di wilayah Kalimantan Barat tempat saya bertugas.

Bagaimana nasib kami yang tidak linier ijazahnya dengan mata pelajaran (mapel) ? Kami kan sudah punya Akta Mengajar !

Apakah kami harus keluar dari jabatan guru dan menuju jabatan struktural yang sesuai dengan kualifikasi akademik kami ?

Begitulah kebanyakan guru yang bertanya mengenai linieritas ini, kemanakah nasib mereka dan apa yang harus dilakukan.  Sebelumnya memang kebijakan akan peraturan PPG ini telah disosialisasikan oleh Kemdikbud melalui buku pedoman yang dikenal dengan Buku 1, akan tetapi tetap saja menjadi pertanyaan bagaimana bagi guru yang sudah memiliki Akta Mengajar ? bukankah mereka sudah layak karena adanya akta ini ?

Sebagai informasi, bahwa sebenarnya PPG inilah pengganti Akta Mengajar sehingga secara otomatis penggunaan akta sudah tidak diberlakukan lagi.. artinya, tetap saja guru yang tidak linier tidak bisa mengikuti pendidikan keprofesian.  Patut juga kita pertanyakan mengenai kebijakan pemerintah ini, kalau pun memang Akta Mengajar ini sudah tidak diberlakukan lagi seharusnya program PPG ini juga diberlakukan pada saat semua guru yang memiliki Akta karena tidak linear ini dituntaskan melalui pola PLPG.

Akhirnya turunlah kebijakan baru pada akhir bulan april 2015, melalui Rapat Koordinasi yang dilangsungkan di tingkat pusat (Kemdikbud) bahwa tahun 2015 ini PPGJ dibatalkan dan kembali ke pola PLPG karena masih banyak terdapat guru dengan usia 50 tahun dan masa kerja 20 tahun atau yang IV/a belum bersertifikasi.  Alhamdulillah.. akhirnya banyak guru yang kini bernafas lega akan keputusan ini tetapi tidak dengan guru dengan TMT tahun 2006 keatas karena ternyata PLPG ini dikhususkan pada yang TMT tahun 2005 kebawah, mereka masih harus menunggu kepastian apakah tahun 2016 kedepan pola PLPG ini masih berlaku atau sudah ke PPG.  Sementara itu bagi guru yang ikut pola PLPG juga masih tetap harus dituntut linieritas nya, artinya guru tetap harus linier antara program studi kuliahnya dengan mapel yang diampunya.

Kemudian, apakah lineritas itu ?

Linear/Linier artinya adalah Sejajar/Berkesesuaian.  Linieritas adalah kesesuaian program studi ilmu akademik (S1/DIV) seorang guru terhadap mata pelajaran yang diampu dengan tujuan untuk menghasilkan profesi guru yang professional.

Bagaimanakah seorang guru dikatakan linier terhadap mapel/bidang studi sertifikasinya ? Mari kita lihat beberapa acuan berikut :

Menurut Surat Edaran DIKTI Nomor 887/E.E3/MI/2014 tentang linieritas bidang ilmu :

  1. Yang dimaksud dengan linieritas yaitu kesesuaian latar belakang ilmu yang diperoleh dosen pada program Magister atau Doktor dengan ilmu yang akan diajarkan untuk mencapai kompetensi atau capaian pembelajaran lulusannya pada program studi tempat dosen tersebut mengajar.
  2. Linieritas bukan diartikan sebagai latar belakang ilmu dosen, pada program S1 harus sama dengan S2 atau S3

Sedangkan menurut Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru Pasal 12 Point 5a :

Mata pelajaran yang diampu oleh guru disebut tidak linier apabila mata pelajaran tersebut tidak termasuk dalam rumpun bidang keilmuan yang dikuasai sesuai dengan kualifikasi akademik yang dimiliki.

Jadi, guru dinyatakan linear apabila mengajar sesuai dengan program studi kualifikasi akademiknya.

Contoh Kasus :

Linieritas Guru

Namun jangan kuatir, khusus untuk peserta PLPG 2015 (TMT 2005 kebawah) :

Bila guru tidak linear namun mengajar secara aktif pada mata pelajaran tersebut selama 5 tahun berturut-turut maka ia dapat menjadi peserta PLPG

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s