Kumpulan Permasalahan/Kendala Teknis di UKG Online 2015

Posted on Updated on

Kawan2 yang mungkin adalah operator Tempat Uji Kompetensi Guru (TUKG) mungkin menemui beberapa kendala selama pelaksanaan UKG Online 2015, demikian pula ketika saya melakukan pengawasan pada pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 terkadang terjadi beberapa kendala teknis dilapangan.  Berikut ini saya rangkum beberapa kendala teknis bagi operator TUKG.

  1. Muncul pesan “tidak ada jadwal ujian” pada saat peserta Login muncul tulisan ini.  Penyebab : Server pusat belum membuka jadwal ujian untuk waktu atau hari tersebut.  Solusi : Pastikan memang ada jadwal pada hari tersebut, biasanya server dibuka pada jam 07.45 s.d. pukul 19.00. Solusi lain Konfirmasi ke pihak operator E-Xam pusat
  2. Muncul pesan “Tidak terkoneksi dengan server” pada saat peserta Login. Penyebab : Koneksi antara Client dan Server terputus.  Solusi : Periksa lampu di LAN Card dan HUB/SWITCH bila tidak menyala kencangkan kabel, bila masih tidak menyala ganti kabel jaringannya.  Bila masih muncul pesan padahal lampu koneksi di LANCard dan HUB menyala, pastikan koneksi internet di server terhubung dengan baik.
  3. Proses rekam otomatis berlangsung sangat lama. Penyebab : Terputusnya koneksi antara client dan server. Solusi : Sama dengan point 2 diatas.
  4. Komputer Client nge-hang saat ujian berlangsung. Penyebab : Terjadi error pada koneksi maupun proses rekam otomatis. Solusi : Restart komputer Client kemudian cari nama peserta di bagian Pengawasan Pelaksanaan (Webmin Localhost:8416) kemudian buka gembok pada nama peserta tersebut.  Login kembali seperti biasa.
  5. Muncul pesan “Peserta sedang ujian” pada saat Login. Penyebab : Komputer Client mati mendadak atau terjadi error lainnya dan peserta tersebut sebelumnya sudah Login. Solusi : Sama dengan point 4 diatas.
  6. Nama peserta hilang dari pengawasan pelaksanaan (Localhost:8416) sementara ketika Login peserta muncul pesan “Peserta sedang ujian”.  Penyebab : Terjadi kesalahan pada koneksi.  Solusi : Masuk ke konsol Virtual Box, ketik #ukgtool unlock enter kemudian isi nomor peserta yang akan di reset
  7. Status 0 (nol). Artinya laporan ujian ke server pusat belum tuntas. Penyebab : Hasil ujian belum terunggah ke server pusat padahal ujiannya sudah selesai, dan pada saat ujian berlangsung terjadi pemadaman listrik/internet.  Solusi : Di Virtual box Ketik #ukgtool resetupl kemudian buka gembok (di pengawasan pelaksanaan) atas nama peserta yang bermasalah.
  8. Status 0 (nol) yang terjadi akibat pada saat klik “ikut ujian” belum keluar soal tiba-tiba listrik/internet terputus. Solusi : harus di reset oleh tim pusat

Kumpulan Tools UKG yang mungkin dapat membantu permasalahan (penggunaan di virtual box) :

  • Ukgtool install ukg-3 –> melakukan instalasi paket soal ukg-3
  • Ukgtool repairdb –> memperbaiki seluruh tabel database, apabila terjadi error pada database
  • Ukgtool resetupl –> mereset status unggah hasil ujian
  • Ukgtool update –> memperbaharui versi UKG e-Xam Pengelola
  • ukgtool reauth –> Ketika masuk pada uji coba soal, soal ujian masih muncul “Autentifikasi Pusat…” sementara koneksi internet masih bagus

Demikian untuk sementara beberapa kendala teknis dan solusi bagi Operator TUK UKG 2015, bagi teman-teman yang mempunyai kendala lain atau ada masukan lain silahkan berkomentar dibawah postingan ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s