Tips Efektif Memasang Iklan Online

Posted on Updated on

Di era digital saat ini, internet menjadi konsumsi wajib bagi setiap orang… tidak hanya bagi generasi muda, generasi yang sudah berumur pun kini sudah “tertular” internet.  Bayangkan betapa banyak sisi positif yang didapatkan dari internet, anda bisa keliling dunia hanya dengan menggeser-geser layar smartphone.  Mau cari apa aja ada, cari teman, cari jodoh, cari lagu, cari game, cari duit, cari bahan contekan ujian sampai cari informasi lainnya kini semua bisa melalui jaringan internet.

Lalu, bagaimana kalo kita menggunakan internet untuk menjual produk2 kita ? hmmm.. menarik, tapi itu sudah basi.. dari dulu orang pun sudah tahu kalo kita bisa jualan lewat internet ya caranya lewat buat website atau blog.  Tapi, banyak pula keluhan bahwa meski kita sudah membuat website sekalipun pengunjung tak kunjung datang.. sampai pada patah semangat karena harus berhadapan dengan teknik-teknik marketting online seperti SEO.  Syukurnya saat ini sudah banyak perusahaan periklanan online yang mulai berseliweran di televisi, dulu saya ingat website iklan online pertama itu Toko bagus yang sekarang sudah menjadi OLX.  Selain itu ada pula cara memasang iklan online lainnya yaitu :

  • Iklan Google (Google Adwords), bagaimana cara kerjanya ? simpel, iklan anda akan muncul di setiap website yang memasang banner Google Adsense.  Hebatnya lagi ketika anda mengetik kata kunci di google maka iklan anda akan muncul di urutan teratas.  Menarik bukan ?
  • Iklan Facebook (Facebook Ads), konsepnya sama dengan Google Adwords yakni iklan anda akan muncul di layar kanan atau layar tertentu di Facebook, bahkan ia juga bisa membaca cookies pada browser sehingga apa saja yang pernah diketik atau dicari pada browser tersebut maka iklan yang berkaitan dengannya akan muncul otomatis.
  • Website penyedia jasa iklan online, sudah pasti anda kenal dengan Tokopedia, OLX, Bukalapak dan sebagainya konsepnya yakni mempermudah orang lain untuk mencari produk yang diinginkan berdasarkan kategori yang dipilihnya.

lalu Bagaimana Trik Efektif Memasang Iklan Online ?

Saya tidak mengklaim ini sebagai yang terbaik, tetapi menurut saya yang termudah berdasarkan pengalaman saya.. dan bahkan efeknya cukup luar biasa memuaskan.  Kalau anda disuruh memilih dari ketiga contoh cara memasang iklan online diatas mana yang akan anda pilih ? Google Ads, Facebook Ads, atau website iklan online seperti bukalapak atau OLX ?  Saya yakin bagi anda yang terbiasa bisnis online akan memilih Google atau Facebook karena anda familiar dengan hal tersebut.  Terus bagaimana bagi anda yang bahkan tidak punya website sama sekali ?

Jawabannya yang paling mudah adalah menggunakan jasa pengiklan seperti Bukalapak atau OLX tadi (maaf saya sebutin berkali-kali bukan buat promosi yah, banyak jasa iklan online lainnya).  Hal ini bisa anda pilih bila anda menginginkan ruang lingkup pasar lokal maupun nasional, caranya juga sangat simpel dan bahkan GRATIS.  Kembali ke topik bahasan, oke baik kalau ini yang menjadi pilihan kita apakah itu berarti iklan kita bisa diketahui orang lain dan mendapatkan banyak konsumen ? Jawabannya tidak semudah itu, ingat ini iklan gratis artinya masih ada ratusan penjual lainnya yang bersaing dengan anda untuk memasarkan produk yang mungkin bisa saja sama dengan anda.

Berikut ini tips dari saya dan sudah saya buktikan sendiri keefektifannya : Gunakan tawaran jasa BERBAYAR untuk pemasangan iklan di website tersebut.

Lha, katanya Bukalapak, OLX, Tokopedia itu gratis kok ada yang pake bayar-bayar ? Anda pasti mikir dong kalo semuanya gratisan darimana mereka dapat untung ? emangnya ada pengusaha sosial sampai berani buat iklan di TV.  Tentu tidak, anda juga ditawarkan untuk menggunakan jasa berbayar dari website tersebut.  Maksudnya ??? Iklan Anda akan menjadi diistimewakan tergantung dari paket iklan yang anda pilih di peyedia jasa tersebut.  Ada banyak tawaran fitur iklan mulai dari Rp. 10.000,- sampai Rp. 200.000,- tergantung durasi atau lamanya paket istimewa itu dijalankan.

Apa keuntungannya ?  Berdasarkan pengalaman saya untungnya adalah :

  1. Iklan anda akan diutamakan ketika orang mengetik atau mencari produk, iklan anda akan masuk jejeran paling atas dan di-etalase-kan.  Sehingga pencari tidak perlu geser-geser ke halaman yang jauh-jauh.  Ingat iklan anda akan terus tergeser kebawah ketika ada pengiklan lain yang masuk.
  2. Iklan anda tidak hanya istimewa di website penyedia iklan tersebut tetapi iklan anda juga akan muncul di Facebook dan Google !!  Haa gk percaya kan ? Kenapa??  Karena website itu tidak hanya beriklan di medianya sendiri tetapi mereka juga memasang iklan di Google dan Facebook.  Ini sudah terbukti ketika saya membuka Facebook saya menemukan iklan saya di situ, terlihat yang mengiklankannya OLX misalnya.  Ketika saya masuk ke website orang lain yang memasang banner Google Adsense hal serupa juga terjadi.  Wah ini sih iklan Combo !! Iklan saya bisa muncul dimana saja.
  3. Pembayaran yang mudah, kalau anda mengenal Google Ads dan Facebook Ads anda akan dihadapi dengan proses pembayaran yang rumit bahkan saking rumitnya ada penyedia jasa iklan Google dan Facebook… ya karena mereka meminta anda membayar dengan Dollar yang notabene nya harus punya kartu kredit atau minimal Paypal.
  4. Iklan anda juga muncul di mesin pencari baik Google maupun Yahoo, saya sudah buktikan.  Ini membuat anda tidak perlu capek2 mikirin SEO dan teknik2 bisnis online yang ribet itu.

Intinya jangan ragu untuk membayar lebih, karena barang murahan tentu tidak dijual diemperan bukan ? bisnis for bisnis… artinya berbinislah dengan cara bisnis, maka iklan anda akan berjalan dengan optimal.  Meski ini bukan jaminan 100% akan berhasil karena tergantung permintaan pasar (On demand), tetapi jangan menyerah karena untuk mendapatkan branding perlu waktu dan sedikit biaya.

Semoga bermanfaat

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s