Kesehatan

Obat Anxietas dan Pengaruh Ketergantungan

Posted on

Berikut ini ada sebuah kutipan tentang penggunaan obat-obatan bagi penderita Anxietas atau Panic Disorder, termasuk saya sendiri yang juga merupakan salah satu penderitanya.  Awalnya saya juga sangat anti dengan obat-obatan karena takut akan efek sampingnya, sehingga saya lebih memilih menghindari hal-hal yang membuat cemas dibandingkan minum obat dokter.  Tetapi ada sebuah tulisan yang sedikit membuat saya tidak khawatir lagi (meski masih takut juga mencobanya), mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Baca entri selengkapnya »

Bagaimana Cara Masak Tanpa Vetsin (MSG) ?

Posted on

Vetsin alias micin bin Monosodium Glutamate (MSG) adalah suatu zat penguat rasa yang ditemukan oleh pakar kimiawi di masa lampau.  Dahsyatnya rasa vetsin alias MSG ini membuat masakan menjadi gurih dan maknyuss..

Rata-rata 90% ibu rumah tangga, rumah makan, warteg, mamang bakso, sampai chef terkenal tidak jauh dari zat penguat rasa ini.  Penggunaan zat ini juga banyak ditemui pada semua makanan ringan dalam kemasan.  Memangnya kenapa?? Nggak boleh ya pake vetsin? Jawabnya “boleh”, tapi dengan dosis dan takaran yang sesuai.  Sebelum memasak lihat instruksi yang ada dibungkusnya, rata-rata menyebutkan kurang dari 1 sendok teh untuk 1 panci… (ngomong2 saya kesal ni dengan MS-Word suka gantiin teh dengan the, sok tau amat dengan spelling :D)

Lalu mengapa orang menghebohkan zat ini? Katanya nggak boleh, berbahaya, dan sebagainya.  Ya karena menurut penelitian terbaru menyebutkan bahwa pemakaian MSG dapat menyebabkan berbagai penyakit didalam tubuh.  Karena zat dalam MSG ini dapat mengikat senyawa didalam darah kita bila penggunaannya berlebihan… entahlah katanya sih begitu.

Baca entri selengkapnya »

Hidup Sehat Sampai Tua

Posted on Updated on

Umur nasib dan jodoh adalah rahasia Allah semata, tiada yang dapat mengetahui segala sesuatu yang menjadi rahasiaNya.  Tetapi  sebenarnya terlepas akan hal itu kita manusia juga tidak boleh sembarangan dalam hidup karena pola hidup kita juga ikut menentukan kemampuan tubuh kita untuk tetap bugar sampai tua.

Berikut ini mungkin beberapa hal yang bisa menjadi faktor mengapa orang bisa sehat sampai tua dan hidup lebih lama :

  1. Pola makan, faktanya orang vegetarian lebih sehat dan berumur panjang ketimbang orang yang tidak ada pantangan dalam http://santirose.files.wordpress.com/2008/07/mr-six-old-guy-lg-small.jpgmakannya.  Ini karena makanan mereka lebih natural atau alamiah, tidak mengandung banyak lemak (misal daging).  Keteraturan makan juga berpengaruh bagi kesehatan, orang yang makan teratur tidak akan memaksakan organ tubuhnya untuk memproses makanan sehingga ia tetap bugar.  Dalam Islam dikenal dengan puasa, sebenarnya fungsinya untuk menjaga pola makan itu. Termasuk tidak memakan yang haram seperti alkohol atau beberapa daging yang memiliki dampak negatif bila kita memakannya sedikit atau berlebihan.
  2. Pola minum, orang yang banyak minum air putih hangat lebih sehat daripada yang suka banyak minum air putih dingin.  Orang yang suka minuman manis dan kalengan serta jarang minum air putih cenderung akan terkena penyakit.
  3. Istirahat, yang menjadi penentu bukan dari banyak istirahatnya tetapi kualitas istirahatnya.  Orang yang tidur berkualitas jauh lebih sehat dibanding orang yang banyak tidur tetapi tidak nyenyak.  Hal ini dipengaruhi oleh tingkat stress otak dan beban pikiran, orang yang kurang tidur juga akan berdampak negatif bagi kesehatan.
  4. Pola fikir, ini sangat berpengaruh sekali bagi tubuh karena pengatur utama tubuh kita adalah otak.  Stress akan banyak berakibat pada penyakit2 fatal yang datang mendadak, misal jantung, stroke, gangguan jiwa, darah tinggi dan beberapa penyakit yang berbahaya lainnya.  Orang yang hidupnya tenang, tidak stress dan selalu berfikir positif akan jauh lebih sehat.
  5. Beban pekerjaan, orang pekerja fisik jauh lebih sehat dari orang yang bekerja dengan otak (dibelakang meja).  Pekerja fisik seperti kuli angkut, petani, dan sebagainya sering menggerakkan badan sehingga jarang terjadi sumbatan dan pengapuran pada saraf, berbeda dengan orang yang hanya duduk diam dikantor ia jarang bergerak dan cenderung stress dengan beban fikirannya.  Semakin tinggi pangkat seseorang maka semakin banyak beban pikiran, semakin rendah pangkat seseorang maka semakin tinggi beban fisik yang digunakan.
  6. Resiko dan Jenis Pekerjaan, pekerja dengan resiko tinggi seperti polisi, tentara, ahli kimia, olahraga berbahaya cenderung lebih beresiko untuk mendapatkan kecelakaan dibandingkan dengan orang yang bekerja tidak berisiko seperti pekerja kantoran, olahraga tidak beresiko, investor saham, dan lainnya.
  7. Gaya hidup, orang kaya ‘cenderung’ malas bekerja, pergaulan anak muda perkotaan sering menjerumuskan pada narkoba dan seks bebas, suka bergadang dan minum minuman keras, merokok dan gaya hidup lainnya lebih beresiko mendapatkan penyakit dibandingkan orang yang gaya hidupnya sederhana dan tidak neko-neko.  Orang desa jauh lebih sehat dari orang kota, WHO banyak menemukan orang sehat dan berumur panjang diperkampungan terpencil dan mereka jarang menemukannya dikota besar.  Itu semua karena gaya hidup orang desa yang lebih natural, bebas polusi udara, dan pekerja keras fisik (bukan kantoran).
  8. Keturunan/Genetika, orang yang memiliki keturunan penyakit tertentu akan cenderung mendapatkan penyakit yang sama pada beberapa keturunan dibawahnya.  Orang yang memiliki keturunan tidak ada penyakit dan berumur panjang juga cenderung akan menurun ke generasi dibawahnya.
  9. Bentuk dan kondisi tubuh, orang yang memiliki badan tegap dan gigi yang kuat, wajah cerah tidak keriput di usia 50an cenderung lebih berumur panjang dibandingkan orang yang bongkok dan ompong, nampak tua dan keriput serta rambut banyak beruban pada usia diatas 50an.  Orang yang perutnya buncit dan kegemukan jauh lebih rentan penyakit daripada orang yang bertubuh normal dan tidak buncit.
  10. Kekayaan, Orang kaya (dengan gaya hidup normal) cenderung lebih sehat karena dapat mencukupi kebutuhan hidupnya dan tidak banyak beban pikiran.  Sedangkan Orang miskin harus memenuhi kebutuhan hidupnya dan cenderung memiliki pola hidup yang kotor dan kurang sehat.

Disamping dari faktor2 diatas masih banyak lagi faktor lainnya, tetapi faktor diatas yang paling sering ditemukan disekitar kita.

http://www.fansmania.wordpress.com

Benarkah Mie Instan Berbahaya ?

Posted on

http://harisslash.files.wordpress.com/2009/07/extra_fine_big.jpgKamu jangan suka makan mie instan sering2 ya? Mie instan itu nggak baik buat kesehatan… begitu kata orang2 disekitarku yang menegurku ketika aku sedang asyik menyantap semangkok mie instan makanan favoritku.

Mie instan seperti sudah menjadi menu wajib yang nggak bisa kutahan setiap harinya, maklum dulu sewaktu kuliah ini adalah makanan yang sangat dekat dengan anak kos2an yang males masak dan nggak punya banyak duit.

Sejak SMP aku sudah rutin memakan mie instan setiap sore, bahkan bapak selalu membeli satu dus mie instan buat stok 2 mingguan.  Begitulah betapa ngefans nya kami terhadap I***mie yang merupakan salah satu merk ternama mie instan.  Saat makan mie, justru aku lebih suka dengan cara direndam dengan air panas ketimbang dimasak karena praktis dan nggak repot.  Entah aku nggak pernah mikir baik atau buruk cara ini, tetapi aku lebih dulu menemukan cara ini sebelum akhirnya dikenal mie instan yang diseduh dengan air panas seperti P**mie.

Mie instan berbahaya, begitu rata2 kata orang2 yang ada disekitarku kecuali bapak dan mama dirumah.. wew benarkah? Entahlah tapi aku sudah lama sekali mengkonsumsi mie instan, dibandingkan dengan bakso aku lebih suka mie instan.  Menurut hasil investigasi salah satu media masa mie instan dianggap berbahaya karena :

  • Mengandung bahan pewarna yang cukup berbahaya bila sering dimakan,
  • Mengandung banyak penyedap rasa (Mono Sodium Glutamate)
  • Mengandung lilin untuk mengawetkan mie

Benarkah hasil investigasi itu semua ? yang jelas berita ini terkuak setelah dilaporkan ada seorang ibu yang tewas sehabis makan mie instan.  Tidak jelas apakah benar, karena tidak disertai hasil visum dari dokter atau secara medis.  Dulu saya pernah diperingatkan juga karena ada seorang temannya temanku yang meninggal dan ditemukan banyak serbuk-serbuk cabe mie instan di dinding ususnya yang dicurigai sebagai penyebab kematiannya.

Lalu kalo berbahaya mengapa nggak dilarang? Mengapa badan POM juga mesih memperbolehkan produk ini beredar? Dan bahkan merek mie instan makin banyak, ada yang mie goreng, mie kari, mie soto koya, maupun soto bahkan rasa sate juga ada.  Jadi ingat iklan mie instannya ST12.. nikmat S***mie Soto Koyo… Gurihnya mie Soto Koyo (dengung suaranya jadi kedengeran Koyo 😀 padahal Koya) ^_^

Terlepas dari semua itu setiap produk dalam kemasan pasti ada efek sampingnya, untuk itu ada beberapa tips aman makan mie instan yaitu :

  1. Seduh atau masak mie dengan air panas yang berbeda untuk kuahnya, artinya jangan memakan hasil seduhan atau masakan mie
  2. Jangan jadikan mie sebagai makanan pokok sehari-hari tanpa diimbangi makanan lain
  3. Dalam penyajiannya sertai juga nasi, sayur, dan bahan pelengkap serat lainnya
  4. Biar aman, gunakan saus cabe atau sambal bila suka yang pedas tapi jangan gunakan bumbu cabe yang disediakan dari kemasan
  5. Periksa batas kadaluarsa pada kemasan, bila tinggal 2 bulan lagi sebaiknya jangan dimakan

Tanggapan yang salah dari mie instan yaitu mie nya mengandung lilin, sebenarnya mie tidak mengandung lilin justru yang berbahaya sebenarnya terletak pada bumbunya yang cenderung banyak mengandung MSG dan serbuk cabenya yang tajam untuk lambung dan usus.

Sampai saat ini saya tetap maniak makan mie instan, tetapi saya harap jangan jadikan mie instan sebagai makanan pokok..belum ada larangan resmi makan mie instan, tapi jadikan hanya sebagai pelengkap, kalo anda kere sekali paling tidak campurin nasi dan daun ubi deh hehe

http://www.fansmania.wordpress.com
gambar : http://harisslash.files.wordpress.com/

Pantangan Makan dan Ramuan Herbal untuk Penyakit Berat

Posted on Updated on

http://itafera.files.wordpress.com/2009/05/daging-kambing.jpgSetiap penyakit pasti ada obatnya, demikian pula dengan penyakit berat yang sifatnya sudah merusak pasti ada obatnya meskipun harus penuh dengan perjuangan.  Penyakit berat seperti kanker membutuhkan perjuangan yang marathon untuk menggempurnya.  Namun sebaik2nya pengobatan adalah dari dalam tubuh kita sendiri…

Bagaimana cara kita melawannya? Yaitu dengan memutus jalur makanan musuh yaitu jangan memberinya makanan yang menunjang pertumbuhannya ditambah dengan meminum ramuan/obat yang dapat menekan pertumbuhannya.  Berikut beberapa pantangan makan dan ramuan obat untuk beberapa penyakit :

1. GAGAL GINJAL

Pantangan Makan : Selama pengobatan sebaiknya mutih saja, artinya hanya makan nasi putih dan minum air putih dibantu minum sari apel (juice apel) dan belimbing manis.  Cuci darah tetap dilanjutkan, bila perut tidak lagi mual, nafas normal dan kepala tidak pusing cuci darah bisa dihentikan sampai gejala muncul lagi.
Ramuan : Daun calincing, kunyit putih, meniran, daun rumput mutiara, daun pegagan, mahlota dewa, tapak liman, dan binahon.  Semua bahan direbus jadi satu dengan air 2 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Minum 2-3 kali sehari

2. HEPATITIS

Pantangan Makan : Daging kambing/sapi/kerbau, jeroan, lemak-lemak, otak, minyak, santan, pedas, alkohol.  Perbanyak santai, istirahat  dan jangan kerja keras.
Ramuan : temulawak, kunyit, adas pulosari, akar alang-alang, kumis kucing, daun meniran, gula aren, rebung/bambu muda. Semua bahan direbus jadi satu dengan air 2 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Minum 2-3 kali sehari. Ramuan nenek moyang : kutu kepala 2-3 ekor hidup2 diselipkan di pisang dan langsung dimakan/telan, lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

3. H.I.V. / AIDS

Pantangan Makan : Semua jenis daging kecuali daging biawak, jeroan, lemak, otak, udang, terasi, telur, ikan asin, alkohol, mangga, alpukat, salak, sirsak, petai, nangka, tape singkong dan pedas.
Ramuan : Kayu hitam, daun sambiloto, akar pinang, akar pepaya, daun pegagan, bidara upas, kunyit, jintan hitam, sirih, daun putri malu, buah merah, semua bagian tanaman meniran.  Semua bahan direbus jadi satu dengan air 2 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Minum 2-3 kali sehari (terus menerus karena berfungsi seperti Anti Retrovirus), 2 kali seminggu makan sate biawak.

4. JANTUNG KORONER

Pantangan Makan : Otak, telur, jeroan, lemak, daging sapi/kambing/kerbau yang berlemak, kulit daging ayam, semua gorengan, santan, emping, sum-sum, keju, kepala ikan, durian, alpukat.
Ramuan : Daun jati belanda, buah nanas, buah apel, belimbing, air jeruk nipis, buah muda delima putih, pepaya muda, daun dewa, daun sembung, bawang merah, daun tempuyung, daun sirih, daun ciplukan, mahkota dewa, temulawak, dan buah merah.  Semua bahan direbus jadi satu dengan air 2 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Minum 2-3 kali sehari

5. KANKER PAYUDARA

Pantangan Makan : Semua jenis daging (menjadi vegetarian, termasuk ikan dan udang), terasi, alkohol, makanan berpengawet, makanan berpewarna, semua makanan dan minuman dalam kemasan.
Ramuan : Mahkota dewa, umbi ceker ayam, temu putih, temu mangga, umbi rumput mangga, daun dan tangkai rumput mutiara, daun sambiloto, daun tapak liman, umbi bidara upas, daun muda cermai, umbi gadung cina, daun dewa, kunyit putih, daun jombang, umbi keladi tikus, daun pegagan, daun sambung nyawa, buah merah.  Semua bahan direbus jadi satu dengan air 2 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Minum 2-3 kali sehari
Ramuan Tambahan : Cicak rumah (warna putih) dibuang isi perutnya kaki dan kepala, dipanggang sampai agak hangus/kering lalu ditumbuk halus kemudian dimasukkan kedalam kapsul dan minum 2 kali sehari.  Tulang rawan ikan hiu atau tulang rawan pundak sapi yang masih muda ditumbuk dan dibuat serbuk kemudian dimasukkan kedalam kapsul isi 60 gram minum 2 kali sehari.  Makan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

6. KANKER HATI

Pantangan Makan : Semua jenis daging (menjadi vegetarian, termasuk ikan dan udang), telur, pedas, mentega, santan, alkohol, minyak atau gorengan, lemak, semua makanan dan minuman yang berpengawet atau dalam kemasan.
Ramuan : Daun daruju, buah merah, rumput mutiara, mahkota dewa, umbi keladi tikus, temu lawak, kunyit, tapak dara, benalu (semua bagian), madu asli.
Ramuan Tambahan : siput berukuran kecil bulat panjang yang berasal dari dasar sungai dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air sisakan hingga 1 gelas diminum sekali sehari dan dimakan dagingnya.

7. KANKER KELENJAR GETAH BENING

Pantangan Makan : Menjadi vegetarian (semua daging dan telur), tape singkong, salak, alpukat, nangka, durian, petai, sirsak, dan semua makanan dan minuman dalam kemasan.
Ramuan : Umbi gadung, kulit batang nyamplung, daun tarum, mojar, kulit batang bidara laut, jamur himpes, daun wungu, getah biduri, umbi bidara upas, daun cocor bebek, akar sidoguri, buah kacang hijau, mahkota dewa, buah merah.  Semua bahan direbus jadi satu dengan air 2 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Minum 2-3 kali sehari
Lakukan pijat refleksi seminggu 2-3 kali

8. KANKER PARU-PARU

Pantangan Makan : Daging sapi/kambing, jeroan, lemak, gorengan, telor, mentega, merokok, alkohol
Ramuan : daun dan bunga cakar ayam, buah merah, umbi keladi tikus, umbi bidara upas, daun sambiloto, mahkota dewa, daun dewa, daun dan buah makasar, temu putih, kunyit putih, bawang putih, daun waru landak.  Semua bahan direbus jadi satu dengan air 2 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Minum 2-3 kali sehari

9. KANKER RAHIM

Pantangan Makan : Menjadi vegetarian (semua jenis daging dan ikan), lemak, jeroan, alkohol, makanan dan minuman dalam kemasan, bumbu masak dalam kemasan seperti tepung goreng, pewarna, kepiting, udang.
Ramuan : Tapak dara, semua bagian benalu, mahkota dewa, kunyit putih, daun sambiloto, umbi daun dewa, umbi keladi tikus, rumput mutiara, buah merah. Semua bahan direbus jadi satu dengan air 2 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Minum 2-3 kali sehari
Ramuan Tambahan : Tulang rawan ikan hiu atau tulang rawan pundak sapi yang masih muda ditumbuk dan dibuat serbuk kemudian dimasukkan kedalam kapsul isi 60 gram minum 2 kali sehari.  Makan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

10. LEUKIMIA

Pantangan Makan : Menjadi vegetarian total
Ramuan : Tapak dara, akar comfrey, umbi keladi tikus, umbi gadung cina, daun encok, umbi bidara upas, kunyit, daun dewa, adas pulosari, mahkota dewa, temu putih, rumput lidah ular.
Lakukan pijat refleksi rutin 2-3 kali sehari, untuk daya tahan tubuh perbanyak makan bawang putih mentah atau sarinya.

11. TUMOR DAN KANKER OTAK

Pantangan Makan : Semua jenis daging dan ikan termasuk telur (vegetarian), bumbu masak dalam kemasan, makanan dan minuman dalam kemasan, alpukat, salak, nangka, durian.
Ramuan : Umbi keladi tikus, umbi bidara upas, daun jombang, daun sambiloto, buah merah.

12. DIABETES

Pantangan Makan : Kurangi yang manis tetapi jangan berhenti total karena akan membahayakan lever.  Daging kambing/sapi/kerbau, udang, kepiting, terasi, jeroan, lemak, pisang ambon, durian, air kelapa.  Perbanyak minum air putih, 2 liter sehari.
Ramuan : Daun sambiloto, kulit pulai, daun kembang tembaga, daun kumis kucing, batang brotowali, buah mengkudu, tapak dara, daun muda jati, biji duku, daun salam, ceplukan.
Bila gula darah sudah sangat parah jangan makan nasi, makanlah jagung yang sudah dipipil kemudian direbus dan makan keladi untuk mengenyangkan perut.  Makan sayuran dan buah-buahan segar, serta makanan yang pahit dan kecut.
Ramuan lain sebulan sekali menelan empedu kambing mentah-mentah, 3 jam sesudahnya makan atau minum yang manis kalau ada gunakan gula aren.
Untuk luka tumbuk halus gula pasir kemudian dicampur betadine atau obat luka, taburkan pada luka tersebut.

Keseriusan dalam menjaga pantangan sangat dibutuhkan untuk memerangi penyakit anda.  Untuk ramuan, bila ada 2-3 bahan yang susah dicari tidak apa2 tetap buat dan minum ramuan sampai penyakit anda sembuh.. aman karena ramuan herbal.

Pantangan makan banyak membuktikan kesembuhan alamiah dibandingkan pengobatan kimia, namun memang membutuhkan perjuangan dan dukungan yang tinggi dari keluarga disekitar untuk mengingatkan dan membantu.  Jangan kuatir kekurangan gizi, itu tidak akan terjadi bila anda sering juga mengkonsumsi buah-buahan..banyak para vegetarian yang hidup sehat tanpa makan daging jadi jangan percaya tentang kurang gizi bila mengikuti pantangan ini.  Ini sifatnya sementara (puasa), bila sudah sembuh boleh memakan semua pantangan tetapi dalam kadar kecil.

http://www.fansmania.wordpress.com
referensi : Buku Pintar Sehat Seumur Hidup, AR Mahmud D

Hal yang Jorok dan Kurang Sopan namun Sebenarnya Bermanfaat

Posted on Updated on

1.  Kentut

Kentut adalah hal yang cukup memalukan apalagi bila dilakukan ditempat umum dan baunya yang dahsyat.. dijamin teman2 anda disekitar pada mbok hehe… Kentut emang nggak pandang tempat dan waktu, kapan saja bisa terjadi hasrat pengen kentut 😀 lagi di kelas, lagi pacaran, bahkan lagi pidato juga bisa muncul hasrat ingin kentut.

Namun sebenarnya kentut adalah kebutuhan dan hasrat natural tubuh kita, menyegarkan anus karena letak anus yg ditengah dan tersembunyi hampir tidak pernah kena angin. Coba bayangin aja letak anus udah sempit, gelap, keringetan, lembab, sering kejepit ma pantat apa lagi yg badannya gemuk dan pantatnya gede bayangin aja klo ga sering disiram sama udara bakalan lembab dan baunya amit2 mengundang bakteri.  Kalo kita sering kentut maka kita bisa meminimalkan datangnya bakteri yg disebabkan lembab, keringetan dan bau yg astaga.

Menahan kentut dapat berakibat pada perut kembung, mules, panas dalam, masuk angin, gangguan pencernaan dan kejang otot perut.

2.  Sendawa

Ketika selesai makan dan kadang saat masuk angin kita sering bersendawa, suaranya pun beragam.. mulai dari kecil sampai dengan full bass 😀  Sendawa dianggap tindakan yang kurang sopan, namun sebenarnya ini juga adalah hasrat alami tubuh kita bila ada tekanan udara didalam perut.

Menahan sendawa dapat menyakitkan tenggorokan anda dan tentunya akan mengakibatkan gangguan di perut.  Perbedaan tekanan udara di perut dengan kondisi diluar tubuh akan menimbulkan sendawa.

3.  Mengorek Gigi

Sehabis makan tentu kita merasa kurang nyaman bila ada sisa nasi atau daging yang nyangkut disela-sela gigi kita.  Membiarkan sisa makanan berada di gigi anda akan berakibat buruk, karena bakteri bakalan nempel di gigi dan merusak gigi anda.  Emang sih bagusnya kalo abis makan harus gosok gigi, tapi kalo anda lagi makan di kantin atau café masak mau bawa sikat gigi kemana-mana?  Ya cungkil aja pake tusuk gigi kan beres… tetapi bila terlalu vulgar apabila nganga nya lebar2, tentunya akan lebih sopan kalo ditutupin dengan tangan.

4.  Ngupil

Kalo lagi melamun sambil dengerin dosen ngoceh2 didepan kelas kayaknya asyik banget kalo sambil ngupil… bisa pake jari telunjuk atau jari kelingking asal jangan pake jempol kaki 😛  Ngupil dianggap hal yang kurang sopan banget bila dilakukan ditempat umum.

Tetapi sebenarnya ngupil itu penting bagi kesehatan pernafasan dan hidung kita.  Sebab udara yang kotor disekitar kita akan membuat hidung kita menjadi kotor, agar kembali fresh maka ngupil adalah langkah yang tepat.  Bila kita tidak mengupil maka kotoran di hidung akan lengket dan kering, akibatnya akan sakit untuk dibersihkan.  Akibat lain adalah udara yang anda hirup menjadi kurang bersih karena banyak kotoran yang menghadang bulu2 hidung sebagai penangkap kotoran dan debu.

5.  Membuang ingus (menyisih)

Agak jorok ya? Kalo uda dengar kata ini pasti eneg deh dengernya… membuang ingus dianggap perbuatan yang menjijikkan karena disamping bentuknya yang weekkks, suara yang ditimbulkan ketika menyisih juga bikin mual orang lain.  Tetapi tahukah anda bila ingus dihidung anda tidak dibuang maka akan berakibat buruk bagi kesehatan anda, karena ingus tersebut mengandung kuman dan virus.  Maka buanglah ingus dengan cara yang tepat, misalnya dengan tisue atau pergi ke toilet dan bersihkan dengan air.. jangan membuang ingus sembarangan ditengah keramaian kecuali terdesak wkwkwk

6.  Meludah (membuang liur)

Meludah juga tindakan yang jorok dan kurang sopan apalagi bila dilakukan sembarangan.. tetapi apabila liur yang berlebih didalam mulut anda tidak dibuang atau ditelan maka juga tidak baik bagi kesehatan anda.  Sebab liur berfungsi sebagai pembasah mulut dan penangkap kuman dan bakteri jahat di mulut.. bila liur ditelan maka kuman akan masuk kedalam lambung dan bisa mengakibatkan anda sakit perut.  Maka meludah adalah solusi yang tepat bila anda kelebihan liur dimulut, tetapi buanglah dengan cara yang sopan dan tidak sembarangan… dan jangan sengaja dikumpulkan sebelum diludah.

7. Bersin

https://i2.wp.com/1.bp.blogspot.com/_MCdLOttsqWw/Shzb655zYgI/AAAAAAAACtw/hd-MlOSwiFY/s320/bersin.jpgKalo yang satu ini tentunya pasti tidak terlalu jorok, tetapi agak kurang sopan bila dilakukan saat didepan umum atau dikeramaian orang.  Bersin adalah respon tubuh kita yang otomatis terjadi saat hidung terasa gatal atau gangguan dari virus yang menganggu hidung.  Bersin bermanfaat untuk membuang virus dari dalam hidung, selain itu bersin juga berfungsi untuk mendorong sumbatan atau sesuatu yang menyebabkan gangguan pada hidung.  Bila anda menahan bersin maka selain rasanya tidak enak, anda juga akan mengalami mudah mengalami stress dan mudah pusing.  Untuk itu jangan menahan bersin, tetapi lakukan dengan benar… tutup dengan kedua tangan atau dengan lengan sebelah dalam… Huaaachhhiiihh!!!

8.  Menguap

Menguap ditempat umum sambil menganga lebar seperti singa memang terlihat kurang sopan… apalagi pas naik motor, berbahaya karena bisa kemasukan binatang.  Menguap adalah respon tubuh kita saat kekurangan oksigen atau mengantuk karena kelelahan.  Paru-paru kita akan menghirup udara sebanyak-banyaknya untuk mengambil oksigen dengan cara menguap.  Menguap tidak boleh ditahan, bila ditahan maka anda akan mudah lelah dan berbahaya bagi tubuh anda.  Menguap juga berfungsi untuk melemaskan syaraf-syaraf otak, itulah sebabnya kenapa sehabis menguap kita pasti keluar air mata.. jadi menguap itu sama pentingnya dengan melemaskan otot sehabis bangun tidur.  Saat menguap, tutuplah dengan tangan anda dan jangan berbunyi dengan keras…

Anda masih suka menahan hal-hal diatas ? berarti anda membendung hak asasi diri anda sendiri hehe… 😀

http://www.fansmania.wordpress.com

Turunkan Kolesterol dengan Jus Buah & Sayuran

Posted on

Buah dan sayuran yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di antaranya pepaya, jambu biji, apel, jeruk, nanas, belimbing, belimbing wuluh, kiwi, rambutan, mangga, kol, kembang kol, bayam, seledri, kapri, wortel, brokoli, avokad, jeruk lemon, pare, sawi hijau, labu kuning, taoge, paprika, bawang bombay, dan bawang putih.


Berikut ini sebagian dari resep jus buah dan sayuran yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, sebagaimana yang terdapat dalam buku “Rahasia Sehat dengan Jus Buah dan Sayuran” karya Budi Sutomo & dr. Gatot Ibrahim.

1. Kiwi Smoothie
Bahan:
– 150 gram kiwi, kupas, potong-potong
– 60 gram kacang kapri manis, potong-potong
– 150 ml yoghurt tawar/plain yoghurt
– 1 sdm air jeruk nipis
– 1 sdm madu
– 3 potong es batu

Cara Membuat:
Masukkan potongan kiwi, kapri, yoghurt, air jeruk nipis, madu dan es batu ke dalam tabung blender. Haluskan hingga lembut. Tuang jus ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.

2. Mango Juice
Bahan:
– 150 gram mangga, kupas, potong-potong
– 100 gram rambutan, ambil daging buahnya
– 1 sdm air jeruk lemon
– 3 potong es batu

Cara Membuat:
Masukkan potongan mangga, rambutan, air jeruk lemon, dan potongan es batu ke dalam tabung blender. Haluskan hingga lembut. Tuang ke dalam gelas saji. Sajikan segera.
Untuk 1 gelas

3. Spicy Juice
Bahan:
– 200 gram pepaya, kupas, potong-potong
– 100 gram nanas, potong-potong
– 50 gram taoge
– 1 siung bawang putih
– 1 sdm air asam jawa
– 3 potong es batu

Cara Membuat:
Masukkan potongan pepaya, nanas, taoge, bawang putih, dan air asam jawa ke dalam tabung blender. Haluskan hingga lembut. Tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan beberapa potong es batu. Hidangkan segera.
Untuk 1 gelas

4. Jus Pisang Avokad
Bahan:
– 60 gram pisang ambon, kupas, potong-potong
– 100 gram avokad, ambil daging buahnya
– 150 gram mentimun, potong-potong
– 1 sdm air jeruk nipis
– 1 sdm madu
– 3 potong es batu

Cara Membuat:
Proses mentimun dengan juice extractor, sisihkan sarinya. Masukkan sari mentimun, potongan pisang, madu, avokad, air jeruk nipis, dan es batu ke dalam blender. Haluskan hingga lembut. Tuang ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.
Untuk 1 gelas.

Beragam penyakit, mulai dari gangguan flu ringan hingga penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung bisa dicegah dan dikendalikan dengan terapi jus buah dan sayuran. Buku ini mengulas secara detail dan mendalam, tentang berbagai gangguan kesehatan dan penyakit yang bisa dikendalikan dengan terapi jus.

Berbekal buku ini, Anda akan mulai sadar dan mau menjalankan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan rajin mengonsumsi jus buah dan sayuran. Sehingga hidup Anda akan sehat dan bebas dari berbagai penyakit.